all new fino all new gran filano
ini desain patent Fazzio/Filano/Fino 2022

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Tahun 2022 sudah memasuki minggu pertamanya, dan di kancah otomotif roda dua setiap tahunnya akan ada pembaharuan produk, baik itu hanya sekedar ganti stripes atau tambahan warna, hingga benar benar keluar model baru – penerus maupun totally new breed. Untuk Yamaha, pabrikan berlogo garputala ini sepertinya akan cukup banyak mengeluarkan model anyar, mengingat beberapa produknya sudah saatnya ganti model. Ini dia prediksi motor baru Yamaha di 2022.

Sebenarnya pada tahun 2021 lalu, KBY sudah membuat artikel yang mirip dengan judul Prediksi Motor Baru Yamaha di 2021 dan Ada Motor Baru Yamaha Di 2021. Namun tidak terlalu lengkap karena lebih mengutamakan tema ada calon motor baru Yamaha yang belum bisa ditebak apa nih hehe.

Sekarang di awal 2022, beberapa prediksi untuk tahun 2021 belum juga terwujud, ya kemungkinan besar karena masih dalam kondisi pandemi ya jadi reschedule istilahnya. So, masih mengambil data dari artikel sebelumnya, ayo kita coba flash back, siapa tau yang disebut akan hadir versi terbarunya di tahun ini:

PREDIKSI MOTOR BARU YAMAHA DI 2022

Di bawah ini adalah segelintir motor Yamaha di jelas skutik yang diperkirakan akan ganti kulit, yakni:

  1. Yamaha Lexi – lahir Januari 2018
  2. Yamaha Fino – lahir Januari 2016
  3. Yamaha X-Ride – lahir Juni 2017
  4. Yamaha Mio S – lahir Oktober 2017
  5. Yamaha X-Max – lahir Desember 2016

Dari daftar di atas untuk kelas skutik, Yamaha Fino adalah yang tertua! Sudah 6 tahun berarti sejak dirilis dan belum ada perubahan signifikan dari sisi desain atau bentuk, selama ini hanya ganti skin dan penambahan beberapa fitur.

So dengan adanya penampakan spy shot skutik Yamaha yang konon berkode BEJAT (BEJ-AT) dan terlihat memang sebuah skutik unik dan nyentrik (kalau kata komentator dari belakang kaya mukanya Squidward) maka kemungkinan besar skutik tersebut adalah All New Fino!

All New Yamaha Fino 2022 – The Squidward

Tapi ada kemungkinan lain lads, bisa jadi Fino selesai dan diganti dengan nama baru.. Kalau melihat bentukannya, ini modelnya ala ala Vestik alias Vespa Matik, dan kalau melihat desain seperti itu, Yamaha punya yang namanya Gran Filano, apakah motor pada spy shot itu sebuah All New Gran Filano? Bisa.

Yang kedua tertua adalah Yamaha X-Max, rilis pada Desember 2016, usianya sudah 5 tahun 1 bulan sih, tapi usia itu sudah cukup lama sebenarnya. Pun demikian, mengingat XMax merupakan produk global, jika berubah maka semua di belahan dunia lain harus ikutan, kecuali kasus NMax yang memang dapat privilege untuk Indonesia only.

Yamaha T-Max 2022
akankah XMax 2022 punya desain mirip TMax

Menurut kabar burung, sosok Yamaha XMax 2022 akan memiliki desain dari moge skutik Yamaha T-Max 2022, jika benar demikian maka ya cakep lah, asal jangan warna kuning aja, hehehe.. Terkait fitur, sepertinya cukup menambah lampu lampu All LED plus electric windshield, sudah jadi yang terbaik! Forza akan lebih melongo dibuatnya wkkwkw..

Berikutnya ada Yamaha X-Ride, pada Juni nanti skutik light adventure ini akan berusia 5 tahun. Akan sangat menarik jika All New X-Ride 2022 nantinya akan mengambil basis desain skutik tangguh bernama Yamaha Zuma, toh mesinnya sesama 125cc, apalagi tambah VVA, wuihhh.

Yamaha Mio S, lahir Oktober 2017, juga akan berusia lima tahun. Mio S sendiri dari depan sebenarnya tidak ada yang salah, cukup enak dilihat. Dua faktor yang harus dibenahi jika Mio S 2022 akan berubah, yaitu lampu rem alias bokong yang gak ganti ganti sejak Mio Teen, juga velgnya. Itu saja sudah cukup.

Lexi, sudah berusia 4 tahun di Januari ini, jika melihat urgensinya, Lexi belum perlu ubahan signifikan, toh penjualannya juga tidak terlalu baik dibanding Aerox apalagi NMax. Tapi silakan kalau ada sentuhan anyar sedikit, warna baru sepertinya menggoda. Lagipula Lexi ini identitasnya kurang kena, untuk para cewek tapi tinggi.

VARIAN SPORT

Kelas 150cc ada Byson serta Vixion series yang sudah saatnya dibenahi. Jika Yamaha melihat kedua produk itu masih bisa bertahan maka sudah saatnya FZ-S yang baru dirilis di India hadir di sini. Tapi sepertinya sudah pada skeptis ya untuk Byson, soalnya dilihat hanya kosmetik belaka, dapur pacu masih sama saja, bahkan bentuk knalpot pun gak berubah.

Yamaha Vixion, mantan Yamaha baby ini bahkan membuat KBY cukup bingung dibuatnya. Dibilang jelek gak juga kok, meski Sena berkomentar, “Gak suka aja liatnya”. Mungkin sektor belakang kudu diubah ya, karena terlalu kecil alias kurang lebar, jadi kesannya kaya motor gede di depan, kekecilan di belakang, keliatan banget kalau kita lihat dari belakang. Sisanya, pengaplikasian suspensi depan upside down sepertinya sudah cukup.

All New Vixion warna Metallic Yellow

Yamaha R25! Ini dia sport fairing 250cc yang sering disebut sebagai anak tiri bahkan oleh FBY-nya sendiri! Gak salah sih, soalnya memang R25 ini kurang banget DNA R series-nya. Udah sasis bukan delta box – tapi bisa dikesampingkan lah, toh moge R7 juga pipa – assist slipper clutch aja ga dikasih, alih alih traction control dan quick shifter.

Ini momen yang pas bagi All New R25 2022 untuk berbenah di tahun ini, dan kemungkinan punya tampang laiknya R15M atau R7, tapi itu jika Yamaha melihatnya masih potensial berhadapan dengan CBR250RR ataupun Ninja 250FI. Jika Yamaha merasa kelas ini udah berkurang geliatnya, maka lupakan ada ubahan signifikan terhadap motor 250cc full fairing ini.

r15m limited

Sebagai bonus, apakah moge Yamaha R7 700cc 2 silinder crossplane akan hadir di Indonesia tahun 2022 ini? Cukup sulit untuk diprediksi lads, jika melihat betapa lamanya Yamaha MT-07 hadir di nusantara padahal sudah sejak 4 tahun lalu mesinnya dirakit di sini, maka R7 bisa saja bernasib sama.

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

46 KOMENTAR

  1. Yaahgh jadi begini…menurut panduan kitab suci Snake Marketing Forecast atau mudahnya analisa market pasar ulerr, maka kondisi ini sudah gaswat!! Pabrik gurem hanya bisa ngebayar influencer gurem juga dan sebaliknya Sulthon ya pakai influencer kelas Sulthon juga 🤭🤭. Situasi Ini hanya bisa berubah kalau Elite2 Influencer (kurang ajar😆) ini mendapat hidayah (hmm..wakakak). Signs of desperation kah? Btw ane gak sepakat, mosok sesilit ehh sesulit itu sih merangkul kaum kasta kuli (begitu mereka menyebutnya) yang bertaburan ini? So pembukuan kantor Yierehe Currutahe sudah mencatat pengeluaran sia2 untuk kontrak TrenPitu, Subsidi Pulsa untuk InFluGuremer dan biaya kontrak kerja kemocengers. What a waste!! Betobatlah!! Bertobatlah!! Arrgghhh🤭🤭🤭

  2. MioS freego gear mioZ xride fino filano lexi soulgt mioJsmile mesin satu kelas yang membagongkan….

    Kenapa gak kaya bos H bilang ingin fokus di beat saja dengan menyetop vario110, beatpop dan spacy… hasilnya beat tambah edannn…🙂🙂🙂

  3. Baru buka website yamaha Indonesia, dan saya baru tau kalo mio 125 series masih ada. Kirain gear itu replacement. Dan semua varian nya mio 125 juga masih lengkap (include mio z & s)
    Bandingin sama website nya honda line up nya jauh lebih simple.

    Ngapain sih pertahanin line up ga jelas gini yamaha…..

    • Gerynya spongbubs cukup lumayan dijalanan sini lho. jaket risol dan jaket lemper mayoritas pemakainya.
      Kalau ada uang sisa mungkin ik akan beli 2nd nya 😇

      • prigo joss bgt…..pake 3 taun ufh 30rb km
        servis ringan cuma 2X, ganti oli pakai eneos per 3rb km, cvt blm pernah servis sama sekali,ganti kampas belakang 1 kali, ganti kampas depan 6X,ganti ban 1X
        kena recall switch rem belakang gratis,ABS dan keyles tidak ada kendala sama sekali

          • ya begitulah……boros di kampas rem depan……mungkin tergantung gaya berkendara juga…..klo gw termasuk kasar betot gas dan remnya

  4. Masalah di (hampir) semua motor Yamaha itu GA PROPORSIONAL. Dah itu aja. Aerox trrlalu gendut. Lexi ban blkg tll kecil. Nmax pun terlalu gendut (yg Gen1 lebih enak dulihat), untungnya PCX desainnya ga wow. PCX dapet all new sekali lagi, kayaknya Nmax bisa nyungsep tuh

  5. Masalah Vixion saya ga sependapat sama mang kobay.. Vixion mah jeleknya absolut.

    Lexi kurang laku tapi anehnya dijalan sliwar sliwer lumayan banyak. Kekurangan lexi menurut saya bukan desainnya, desainnya sih emang gabisa dibilang cakep.. tp ga jelek juga. Kekurangan lexi motornya serba nanggung. Buat cewek tapi tinggi, model maxy tapi bagasi + fuel tank kecil..

    • Trus dibilang sexy ….. Apanya ?
      Tapi itu dulu….sekarang gak ada lagi sebutan sexy nya . Udah gagal
      😂

  6. yah, cuma prediksi doang..
    saya yakin nih amplop nya hasil patungan ataw bisa jadi rasa kasihan mang kobay

  7. kemaren artikel soal 10 motor terlaris masuk kategori artikel ringan walaupun ternyata ga bisa di bilang ringan karna ternyata berat (diterima beye) dgn dibuktikan membludaknya komenan …
    nah artikel ini masuknya ke gosip tp malah sepi …. ini bisa jadi membuktikan klo beye ga suka gosip (sukanya denial fakta2 dan data2 entah apa namanya jika bukan dibilang gosip) …. mang

  8. di tmcblog udah muncul tuh si bejat, oke juga sih secara keseluruhan, good work buat yamaha.

  9. Disainnya gak nyambung antar depan dan belakang. Belakang nyomot2 qbix…depan nyomot TVS 😂

  10. Baru ngeh Yamaha Squidward speedonya masih pake kabel, kemungkinan berarti odonya masih model puter puter & fitur di speedonya minim (cuma ada speedo, fuel gauge & odo) Ayolah Yamaha.. beat aja udah pake sensor di gir.. kerasa banget Yamaha sekarang kurang all out, desain velg juga terkesan standar.. ga kaya scoopy yang desainnya berani.

    Terlepas dari itu Yamaha berani juga pake model HL di setang, meski ga seganteng saluto (beda segmen juga kayaknya) tapi lumayan lucu & fresh. Mudah2an bisa bersaing sama Scoopy.. kalo ga laku saya mau lah biar ga pasaran dijalan… Beli sekennya tapi wkwkwk.

    • Mudah2an speedonya digital, meski keliatan ada kabel setelah dipikir pikir bisa aja sih tetep model digital kaya speedo Pulsar/FXR. Kalau memang digital lumayan ningkatin sedikit daya gempurnya buat ngelawan Scoopy.. PR tinggal velg nih, mudah2an bisa jadi amunisi buat naikin MS Yamaha.. jangan sampai nasib Yamaha kaya Suzuki.

  11. Sayang merek Benelli belum terlalu menjual, secara proporsional dan retro looks Panarea lebih oke menurut ane. Tapi kita lihat bagaimana nanti si BEJ AtSquid ini😊😊😊 #bantu #prok3x

  12. Setuju kenapa klo update produk kok malah menurun bukannya diperbaiki kekurangannya,, nmax gen 1 lebih proposional dari gen ke 2 yang malah lebih njebeber kedodoran klo engine sudah oke buat nmax

Yuk Tinggalin Jejak Lads..