review yamaha r7 2022

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Yamaha R7 terbaru memang sudah rilis, meski entah kapan hadir di Indonesia, yang jelas di daratan eropa mah sudah ya. Nah terkait dengan perilisan model baru ini, ternyata di sana pun para bule ada yang pro dan kontra, terutama saat dikaitkan dengan Yamaha R7 lawas dengan kode OW02 buatan tahun 1999 lampau. Mau tau apa komentar netizen sana? Sekalian kuy kepoin hasil review Yamaha R7 2022 yang dilakukan oleh media inggris terkemuka, VisorDown! Ini dia kesimpulannya.

review yamaha r7 2022

Artikel ini merupakan terjemahan bebas dari sumber asli artikel milik Visordown yang ditambahkan dan disesuaikan dengan kebutuhan artikel. Thanks

baca juga lads:

Resmi, Harga, Spesifikasi dan Fitur Moge Yamaha R7 2 silinder 2021

Banyak banget netizen menyemburkan pendapat mereka di internet terkait penamaan Yamaha R7 ketika motor sport fairing 700cc 2 silinder tersebut diumumkan. Visordown memilih dua komentar yaitu: ‘That bike is a joke of a replacement of the original’, dan yang lainnya dengan murka berkata ‘Well that’s embarrassing, bet the R7 OW02 is crying.’

Visordown berasumsi kedua orang tersebut mengetik komentar dengan tangan terkepal dan mulut yang berbusa busa wkwkwkw.. Mirip ya sama netizen di sini awookkk.

review yamaha r7 2022

BUKAN PENERUS YAMAHA R7 OW02

Banyak yang tidak tahu, termasuk KBY tentunya, bahwa nama Yamaha R7 bukan kali ini saja hadir di tahun 2021, tetapi kembali sejenak ke tahun 1999, Yamaha Corp pernah membuat motor sport fairing dengan nama persis berkode OW02. Dari referensi yang KBY baca sih, R7 1999 sengaja dibuat agar bisa ikutan WSBK dan balap ketahanan Suzuki 8 hours saja. Oleh karena itu, jumlahnya hanya terbatas sebanyak 500 unit, singkatnya hanya untuk Homologasi balapan thok.

yamaha r7 ow02 1999

Makanya Visor Down menekankan bahwa Yamaha R7 2022 bukanlah sebuah generasi penerus OW02 – jadi bukanlah sebuah OW03 melainkan ya Yamaha R7 yang benar benar dibuat baru dan sama sekali gada hubungannya dengan produk lama tersebut, selesai, titik.

Meski terkesan membela Yamaha, namun visor down sangat benar adanya, dikatakan bahwa kebanyakan netizen yang kesal tersebut hanyalah para keyboard warrior yang tidak pernah memiliki Yamaha R7, alih alih mengendarainya. Memang inginnya kalian itu Yamaha memberi nama apa? MT-07 RR? Udah terlalu banyak kode RR di pasar, jadi menggunakan ciri khas “R” pada produk R series Yamaha, ya sudah cukup.

Okey, get over it yes, kita langsung menuju ke pembahasan Review Yamaha R7 2022 terbaru ini.. gassss

REVIEW YAMAHA R7 2022

Moge ini memiliki ubahan dan sederet update dari generasi terakhir mesin MT-07, meski secara spesifikasi memiliki tenaga yang lebih rendah dari saudaranya tersebut yaitu 689cc inline twin DOHC 8 klep Crossplane, berpendingin cairan yang sudah memenuhi regulasi Euro-5, power puncak motor ini mencapai 73,4 Ps pada putaran 8750 Rpm dan motor ini menawarkan torsi melimpah diangka 67 Nm pada putaran rendah 6500 rpm, 72bhp pada 8.750rpm.

Dari spek tertulis, fix ini moge sarungan bukan tipikal motor yang hi-rpm khas motor bertorsi, bagi yang demen hi-rev mungkin gak cocok memilih moge ini. Karakternya akan mirip dengan motor motor cruiser seperti Vultus misalnya. Tapi bukan berarti pelan, tentu saja tetep kenceng lah wkwkwk..

Tim visordown melakukan test dan review ini dua tempat, yang pertama di jalanan raya Andalucia dimana mereka memberikan jempol terkait kinerja assist slipper clutch Yamaha R7 yang halus dan dirasakan kinerja tuas kopling lebih ringan sekitar 30 persen.

Berkat adanya sirip ikan hiu di sisi atas tangki depan Yamaha R7, suara mesinnya terdengar lebih parau dari saudaranya. Suara bising saat tengkurap di balik windshield lebih diperhatikan, membuat jika pemilik memasang Akrapovic full system maka geraman dan kenikmatan suaranya akan lebih mantap lagi saat track day.

Yamaha R7 Review: chassis, suspension, and handling

Meski basisnya Yamaha R7 serupa dengan MT-07, tapi kurang fair jika dikatakan sama, serupa tapi tak sama singkatnya. Frame terasa lebih kaku/rigid dan perbedaannya lebih terasa saat di tikungan cepat. Geometrinya jelas berbeda dari saudaranya, wheel base lebih pendek dan sudut caster dikurangi memang hanya sedikit ubahan, namun terasa bedanya di jalanan maupun sirkuit.

System suspensi terbarukan adalah perubahan paling mantap, bagian depan yang upside down 41mm KYB memiliki fitur preload, rebound dan compression damping adjustability. Sementara rem depan sudah model radial, 4 pot 298mm disc. Fitur preload dan compression damping adjustability juga hadir di mono shock belakang.

Bagi rider yang lebih berpengalaman, setingan dasar (bawaan pabrik) mungkin akan dirasa kurang cihuy, butuh setingan lebih lanjut biar pas. Meski untuk rider pada umumnya, ya akan terasa menyenangkan saja. Ban Bridgestone Battlax S22 dirasa agak kurang cepat panasnya, mungkin karena sang tester berharap terlalu banyak hehe..

Makin dibawa jauh di jalanan Andalucia, makin terasa enaknya ini motor, makin terasa juga perbedaan dengan saudaranya. Kecepatan pun ditambah, ban juga sudah menuju peak performanya, sudah lebih mantap.

Yamaha R7 memiliki bagian depan yang bikin pede pengendara, juga memberikan feedback yang akurat dan membuat perubahannya terasa pada motor ini. Rem baru terasa responsif namun kepakemannya tidaklah berlebihan. Dan meski tanpa adanya ABS yang dikontrol oleh IMU (cornering ABS dll), tester tidak pernah takut untuk melakukan pengereman di tikungan.

Jika motor ini harus memenangkan hati tester, maka harus terasa perbedaan dengan MT-07, kalau sama aja apalagi kurang, ya gak deh. Ternyata pembaharuan yang dilakukan Yamaha dilakukan pada tempat yang tepat! Secara keseluruhan motor ini memang beda dan lebih baik, sangat cocok menyandang nama keluarga R.

Meski enak dilihat dan dipandang serta visualisasi dari kecerahan speedometer pas di mata, namun posisinya sedikit terganggu kabel kopling serta rumah kunci. Ada fitur asik dari YamahaApp dimana saat kelar riding, kita bisa melihat gaya riding kita, seberapa miring misalnya.

Yamaha R7 comfort

Ada kesamaan dari posising riding antara R7 dan R6, sehingga saat turing melewati kota yang lumayan macet, bikin cepat melelahkan, pun begitu saat lowong ya enak lagi. Foot stepnya cukup tinggi sementara setang rendah, dan bokong kita berada di jok yang tinggi. Namun demikian, tidak sengeri yang disebutkan kok, tidak separah itu kondisinya.

Saat di sirkuit, naaah di sini lah posisi riding menjadi benar benar pas. Fairingnya cukup besar untuk “ngumpet”, termasuk bagian sisinya, hanya sedikit nongol doang bodi kita.

Yamaha R7 – verdict

Yamaha R7 2022 (£8,200 – IDR 160,369,237.88) memberikan tamparan ke tengah tengah generasi baru motor supersports, model ini hadir dengan sempurna untuk membuat jarak di antara Aprilia RS660 (£10,150 – IDR 198,505,824.94) dan Kawasaki Ninja 650 (£7,349 – IDR 143,726,040.14). Lebih sporty, lebih focus dari Kawasaki, namun memang lebih murah – meski sedikit kurang canggih dibanding sang pemimpin kelas RS660. Moge ini juga mudah dikendarai, sempurna untuk pengendara anyar (yang baru naik kelas) serta layak menyandang nama sebagai Baby Yamaha R1.

Aprilia RS660 2021 Indonesia, Spek dan Harga, Ekslusif Punya!

Apakah sesempuran itu moge ini? Tidak 100 persen, dashboard perlu diposisikan ulang terutama saat digunakan di sirkuit, bagian depan alias front end akan terasa gemeretak saat dipaksakan.

Visordown juga mengatakan, kenyataannya, rider baru dan mereka yang mau naik kelas dari motor yang lebih kecil, tidak dapat mencapai level Yamaha R7 ini, tidak di tahun pertama atau keduanya (In truth, newer riders and those moving up from smaller bikes will likely not reach this level, not in their first year or two anyway!). Maksudnya apa ya?

Dan menurut KBY pribadi juga ulasannya kurang saat di sirkuit, terutama kitiran dan karakter tenaganya, bahkan top speed pun gak disentuh untuk dibahas. Mungkin gak boleh? Bisa jadi.

sumber: Visordown

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

38 KOMENTAR

  1. Aprilia RS660 (£10,150 – IDR 198,505,824.94)

    Nyampe di indomaret kok 650jut🙄🙄
    3,22222222 kali lipat😭😭😭😭

  2. visordown :

    R7 Topspeed 350km/H

    Tapi masih keliatan diSpion CBR 400 CC yang 280 km/H
    😄

  3. Visordown

    NB : R7 Topspeed 350 km/h
    Masih keliatan di Spion cbr400 di kecepatan
    300km/h
    😄

      • Real dong Mang kobay 😄
        Ada proyek yang mesti ay kelarkan…perlu fokus dikit tanpa gangguan . Jadinya off komen dulu beberapa bulan

          • Alhamdulillah ay sehat2 selalu mang , udah Vaksin 2x kok ( disuntik ) bukan ditenggak kek lawan disebelah 😂
            Lagi fokus kerjaan….lagi males baca2 berita , tapi ngebut2 d jalanan sih tetap 🤣

  4. Visordown
    Nb : Topspeed R7 350 km/h
    Masih keliatan di Spion cbr400 dengan kecepatan
    280km/h

  5. Kirain mang kobay sendiri yg ngereview, eh ternyata

    Btw, yg dimaksud dgn “In truth, newer riders and those moving up from smaller bikes will likely not reach this level, not in their first year or two anyway” itu ada kaitannya dengan perjenjangan kelas sim di eropa. Yg mana A1 kudu make motor <125cc, A2 cuma dibatasi power motornya sampe 47hp, lalu akhirnya full A licence

    Nah, di artikel sumbernya, sebelum kalimat itu kan ada statemen, "and at the very limit on the track, the front end would chatter if you really pushed it. That said, you also have to look at the segment the bike is being pitched at", dia merefer ke statemen ini. Yamaha R7 ini bisa dipake buat rider2 pemula yg baru naik kelas ke lisensi A2 (semua motor dikelas middleweight ~650cc bisa), cuma karena mmg power motornya harus direstriksi ke 47hp, maka chatter front end ini mungkin gak bakalan kerasa bagi para pemula ini. Beda ketika rider tsb udah dapat full licence dan motornya udah di-derestricted, barulah limitasi di suspensinya itu tadi bisa mulai kerasa.

    Btw sori rada ranting mang wkwkwk

  6. Motor lawakan yamaha
    R15 mesin sohc bukan dna racing
    R25 rikol 4x
    R7 mesin ngeden,ga bisa tereak
    R1 udah bertaun2 terlemot power 198hp…semuanya udah diatas 200hp
    Ada yg mau nambahin….

      • Numpang tanya, R1 berapa kali jurdu WSBK dibanding motor 200 hp di brosur doang, wkkkkkkk

    • akwkakw ngatain mulu r25 rikol 4x. Faktanya yang udah pernah make ninja terus jadi owner r25 jadi senyum gegara part nya murahmurah dan relatif lebih gampang dicari

    • Historis R15, awalnya pake mesin pikson yang dibore up dari juminten mx 135 karena standar pabrik mentok 16,5 ps & sering ngebut karena pake blok silinder 1 peak. Akhirnya untuk berkompetisi di kelas 150cc menggunakan mesin nmax offside cc dengan penamaan 2 digit untuk kamuflase mesin yang offside CC.

      • Gmn nasib si BERUK ..?
        Wkwkwk dah sepuluh tahun selalu dikepretin r15.
        Si Beruk cm bisa ngowoh

        • Wkkkkkkk, hasil balapan berbanding 180 ° dengan standar pabrikan, wkkkkkkk. Kalo selalu juara, kenapa harus offside CC untuk mengalahkan motor pecundang, wkkkkkkk. Ayo pake logika berpikir elu, wkkkkkkk.

    • R25? Keluaran tahun2 berikutnya kan gk ada recall lg, diperbaharui, lagipula bertanggung jawab mau ganti parts motor konsumen gratis. Selama ini buat pemakaian harian jg enak banget, gk harus top speed lebih tinggi, sparepart juga gk semahal merek tetangga.
      Trus bilang 198hp itu lemot?
      Emang situ sering naik moge?
      Emangnya perbedaannya itu kerasa di jalan harian?? Orang superbike yg lebih gede powernya pun dibatasi limiter kok.
      Ini buat yg di jalan ya, bukan buat race, itu lain cerita.

  7. Waaaawww…masterpiece lagi!!!!🎉🎉🎉 Segerakan hadir disini karena kaum Sulthan Smraatt sudah tak mungkin menunggu lagi (semoga doa ane jadi kenyataan). Tapiii..tolong dibantu beli ya😆 prok3x. BTW reviewer boleh ya dilarang untuk mencari limit?😁😁..atau gak boleh semuanya dipublikasi? Kayak data AISi aja..wakakak

  8. Nih motor sejak lahir kemaren gak dapet sambutan.
    Mangkanya dipromosikan dikit sama visordown 😂
    Khabarnya bakal segera disuntik matot
    🤣

  9. Nih mongtor ngapain dikasih Kebaya coba , jika yang nakednya malah lebih ngibrit 😂
    Buat tetap punya / ngisi lineup doang sekalian nutupin keKopongan ?
    Lagian review-nya ini real atau kaga…jangan2 deep review virtual doang ? km d speedonya masih n0l 🤣

  10. Inyong komen dewekan di artikel pesenan,
    Ora nana sing maca artikele kayane.
    Asyem tenan…. sad…
    Judul artikel e: astra-honda-virtual-safety-riding-instructors-competition-2021
    Bahkan yang punya warung juga gak baca artikel itu setelah artikelnya terbit di warung ni….
    Loro ati, wes tatas,,,,,Lemah teles, Gusti sing bakal males, hehe

  11. Bukan ga boleh keknya, lebih ke memalukan ya akwkakw

    Mungkin mereka kecewa tapi harus netral juga karna mereka media. Kalau ga pernah nyicip r6 mungkin gaakan komplen sama karakter tenaganya

    kok mungkin mungkin mulu dah ? yaiyalah saya kan sotoy akwkakkw

Yuk Tinggalin Jejak Lads..