GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrrr.. Motor yang akan KBY bahas kali ini memiliki sejarah yang sangat panjang dan legendaris untuk pasar sepeda motor jenis sport di Indonesia. Sepak terjangnya mampu membuat sukses dalam menggiring kelas sepeda motor sport “bapak bapak” yang jadul dan konvensional ke era modern yang trendy dan futuristik. Dia adalah Yamaha Vixion! Nama yang membuat kompetitor merinding hingga kasak kusuk pontang panting membuat lawan yang sepadan.. Sayang, mantan mesin uang dan Yamaha darling tersebut kita seakan terlupakan! Ini dia Sejarah Yamaha Vixion dari generasi ke generasi.

Siapa yang gak kenal Yamaha Vixion? Kalau pemerhati otomotif roda dua pasti tau lah.. Pelopor motor sport injeksi di kelasnya, nama yang membuat pecinta motor sport jatuh cinta, hingga berbondong bondong membeli motor sport 150cc nakedbike ini.. Nama legendaris yang membuat tetangga sebelah merah padam sehingga kozel kozel kebakaran jenggot menciptakan produk yang setara untuk menghadapinya.

baca dulu: Vixion, Sang Legenda Yang Mulai Pudar

Ini adalah kisah mantan kekasih Yamaha alias Yamaha Darling yang dahulu sempat menjadi mesin uang Yamaha Indonesia sebelum era Maxi series menyerang.. Gada salahnya kita flash back sejarah Yamaha Vixion yang melegenda hingga terpuruknya di generasi terakhir.. siapa tau tiba tiba ada generasi anyar yang menggebrak!

YAMAHA VIXION GENERASI AWAL (V1 2007 – 2010)

Yamaha Vixion lahir semester kedua di tahun 2007, ini lah dimana masa era keemasan motor sport bapak bapak jadul mulai berakhir akibat kelahiran satu sosok segar yang mampu diterima banyak pihak khususnya anak muda dan yang berjiwa muda.. Gebrakan jenius dari Yamaha Indonesia!

Desainnya yang futuristis dan sporty saat itu mampu membuat banyak konsumen berpaling dan berkata cuih pada produk kompetitor. Era jenis sport dengan mesin penyemprot bbm alias injeksi juga dimulai dari Vixion generasi pertama ini, singkat kata, kompetitor yang tadinya adem ayem dengan penjualannya tiba tiba mampu dibuat jengah dan keringetan padahal sedang di ruangan ber-ac yang dingin!

Yamaha Vixion Setiap Generasi – Generasi pertama lampu bulat

Sudah pasti, kehadiran mesin hasil R&D Motori Minarelli Italia ini memang lebih advance di kelasnya, membuat sang Vixion 150 seakan akan hadir dari masa depan. Bayangkan, sebuah motor dengan rangka atau sasis delta box yang saat itu hanya bisa ditemui di kelas kelas premium bisa dihadirkan pada kelas 150cc lokal dengan harga yang masuk akal!

Tak pelak, banyak anak muda kesengsem dengan motor yang punya nama lain FZ150 ini. Desainnya mengalir mantap dan pas dari depan dengan lampu bulat hingga belakang yang sangat enak dilihat. KBY pun sempa tertarik memiliki motor ini, pilihan diantara Pulsar 220, Byson dan CBR150 karbu Thailand, sudah tau dong akhirnya jatuh kemana.

Mesin 3C1 yang merupakan pengembangan dari Jupiter MX 135 memang dapat banget kesan canggihnya, berpendingin air, 149,8 cc dan 4 katup, mampu memuntahkan tenaga hingga 11,1 kW dan torsi maksimal 13,1 Nm. Powerful, irit dan minim trouble tersebut telah menjelma menjadi mesin favorit banyak konsumen.. Tidak 100% sempurna memang, tapi di era desain jadul, Yamaha Vixion sudah menggebrak pasar dan mengacak acak bakul kompetitor!

salah satu korban Vixion

YAMAHA VIXION GENERASI KEDUA (FACELIFT 2010 – 2012)

Don’t change the winning theme berlaku untuk generasi kedua yang lebih pantas disebut versi facelift karena ubahannya tidak banyak. Masih sama garisnya dari depan hingga belakang, hanya kali ini batok lampu yang tadinya lebih ke retro berbentuk bulat dibikin menjadi lebih futuristis mengikuti garis tajam bodinya.

Tidak ada perubahan juga pada mesin, selain lampu, seperti biasa permainan warna seperti delta box menjadi hitam dan grafis bodi mewarnai generasi ini. Untuk fitur sudah ada AHO (Automatic Headlamp On) yang mengikuti peraturan pemerintah saat itu. Penjualannya juga masih mantap lads.. Tak tergoyahkan!

Nah di tahun 2012 ini lah Honda menjawab tantangan Yamaha dengan merilis Honda CB150R Streetfire generasi pertama yang punya desain mirip dengan CB600 Hornet atau juga moge CB1000R. Di tahun ini lah kompetisi keduanya dimulai.

Yamaha Vixion Setiap Generasi - Generasi kedua

baca beberapa tautan berikut:

YAMAHA VIXION GENERASI KETIGA (NVL 2013 – 2015)

Di tahun ini barulah Yamaha Indonesia melakukan ubahan yang cukup besar besaran.. garis lekukan desain Vixion diilhami dari gerakan Cheetah saat berlari, ramping dan kesan cepatnya sudah kena dalam satu penglihatan. Karena banyak ubahan, maka generasi ketiga ini layak menyandang nama All New Vixion, tapi Yamaha sendiri memberi nama dengan New Vixion Lightning yang sering disingkat NVL.

NVL lahir pada bulan Desember 2012 dan diluncurkan di Bandung. Versi ini diperkenalkan dengan nama New Vixion Lightning (NVL) dengan perubahan yang menyeluruh, mulai dari desain lampu depan, tangki bahan bakar, hingga bodi belakang di mana handle didesain menyatu dengan body.

Beberapa fitur terbaru yang menarik juga ditambahkan, diantaranya speedometer yang merupakan kombinasi analog dan digital, meninggalkan full analog.

Tampilan motor yang sempat menjadi motor sport 1 juta umat ini semakin gagah berkat ukuran roda belakang yang semakin lebar dan gambot, dari sebelumnya 90/90–17 menjadi 120/80-17. Penambahan rem cakram pada roda belakang juga patut mendapat acungan jempol karena mempertegas kesan sporty.

NVL mengusung mesin baru 150CC 4 Langkah, 4 Valve SOHC yang lebih powerful berkode 1PA, meninggalkan 3C1. Mesin ini mampu memuntahkan tenaga hingga 12,2 kW dan torsi maksimal 14.5 Nm. Namun menurut sejarah per-Vixionan yang ada, 1PA ini dikenal sebagai mesin vampir dibanding 3C1 alias rakus oli.

New Vixion Lightining alias NVL juga punya julukan lain yaitu Vixion “Shinchan”, ini karena bentuk mika lampu utamanya yang terlalu cembung sehingga mengingatkan pada wajah dan pipi tokoh kartun Jepang Crayon Shinchan.

Bersambung ke Part 2: Terima Kasih Yamaha Vixion!

Yamaha Vixion Setiap Generasi NVL Vixion Lightning

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

81 KOMENTAR

      • Vixion old emang motor legend tuh mang, gw pernah punya lansiran 2012 warna putih. Irit, ga rewel, mesin bandel, di ajak nanjak naik turun gunung manteplah. Tp itu dulu, motornya udah dilego, soalnya semenjak merit jadi jarang banget dipake cuma disimpen doang sampe berdebu wkwkwk. Yg bikin nyesek ntu motor cuma ditawar 8,5 juta njir padahal udah gw upgrade 6 speed pake rasio r15 sama asc nya R15 v3. Cuma ya itu gw males bayar pajaknya, ngapain motor dipake jg kagak tp bayar pajak tiap tahun makanya dah gw jual.

    • om Martin ini sang pemerhati helm kan ya.. hehe, dulu kayaknya pernah komen kalo merk eReSVe ‘kacau’ maksudnya gimana ya? kurang bagus kah? ane lg nyari helm fullface di kisaran harga segitu, idaman sih jelas TTC, cuman gaib bgt sekarang, sampe mau beli mesti bundling lah, wkwk. sori om kobay kalo OOT

      • bukan pemerhati helm sih, ane punya kyt 5x, ink 1x (yang masih ada 2 kyt + 1 ink), semuanya miring… jadi ane kesel juga mo cari helm merk lain (nanti ane mo cek njs sama snail), soalnya klo beli agv trus lecet di tempat penitipan kan kesel juga.

        kalau rsv itu busanya tipis sama kasar, shellnya juga klo diteken² kayaknya ga sebagus kyt-ink. ane cobain di showroom rsv yang di deket lampu merah relasi (kebon jeruk), mendingan cek fisik dulu deh baru mutusin.. beli mah mo online/offline itu bebas

        • thank you om Martin testinya.. eNJeeS ZX menarik jg sih, cuman kayak kurang original yah desainnya dan gak suka double visor sih

          oke meluncur fitting dulu deh, pengen up budget tp masih ngeri nyesek dan gak rela kalo digondol maling pas dipake ngebolang, hahaha

  1. Vixion Led (all new vixion) tetap laris manis dijalanan makin buuaaanyak bersileweran, lama dipandang ternyata lebih elegan dan mewah ( juga simple) dibanding vixion advance…
    Tentu jangan disamakan dgn trend sebelum maxi sejuta umat Nmax viral seperti saat ini…

    R15 Vva sumpah nih dijalanan gua lebih sering banget ketemu itu motor ketimbang cbr150r (Tanda laris manis) gak bisa dipungkiri R15 vva saat ini adalah motor tergagah dan terganteng dikelasnya (fiturnya juga paling lengkap sih) walau harga paling mahal dikelasnya tp sesuai dgn apa yg didapat.

  2. Paling demen design gen 1 sih, masih ramping dan proporsional dibanding motor keluaran baru sekarang yg rata-rata didesain kayak terpaksa jadi moge, ya wajar sih namanya juga selera pasar demenya gituan..

    Btw judulnya kenapa mengenang ya kang 😂 mancing² nih 🤭

  3. Menurut kata temen gua yg pernah piara Old Vixion 2008 yg lampunya masih bulet dan ganti ke NVL, menurut dia kualitas mesinnya lebih bagus Old Vixion 2008 dibanding NVL, tapi kalo dicek omongan dia valid juga, karna kalo dicek di katalog sparepart Yamaha harga blok silinder OVL lembih mahal dibandin NVL.
    Oh iya ngemeng-ngemeng pas awal rilis penulisan nama Vixion itu sebenernya V-Ixion loh

  4. Dulu pakai meg*pro,lalu keluar vixion gen1.
    Auto ganti krn modelnya keren.Tidak seperti motor pak de pak de.
    Mesin juga enak,operan gigi halus.

    Tp semua berubah.
    Gen 1 seolah gadis cantik yg masih polos.
    Gen 2 gadis polos mulai pakai lipstick.
    Gen 3 mulai suntik silicon.
    Yg sekarang malah pasang implan tp juga sedot lemak.

  5. Desain vixion gen pertama bener2 everlasting mang, ada benernya jg orang yg bilang desain terbaik yamaha ada di setiap gen pertama produknya, setelah facelift justru makin berkurang cantiknya.
    Sekarang CBSF pun dah nyampe di titik jenuh soal design & terkesan facelift main aman, gw gak yakin jg yamaha mau effort lebih buat kasih design yg bener2 fresh ke vixion. Justru Bandit 150 yg sebenernya nerapin konsep vixion 1st gen yg ringkas, lincah & ukuran body sesuai kapasitas mesin justru gak laku.
    Mungkin selera pasar skrg lebih ke moge look tp entahlah mang, kangen jg padahal sama desain motor 2 tak dan 4 tak awal yg gak lebay & proporsional sesuai kapasitas mesin ny

  6. Kalo mau liat pigson led dijalan harus baca mantra sama jng pake sempak….baru keliatan

    • oh pantes saya ga pernah lihat…

      terus ajian supaya bisa liat Gear gimana ya? soalnya entah kenapa jumat kemarin perasaan saya ga pake ritual apa2 bisa ngeliat 2 gear (1 pagi, 1 malem),
      abis itu sampe hari ini ga pernah liat lagi di jalan….

  7. Dan pola yang sama juga terjadi pada MiOng series, Bysong dan TeKorpio😁. Oiya jangan lupa Jupie series juga secara brutal dibuat “harakiri” oleh disain yang entah kayak apalah itu. Makanya tak heran kalau kerja kompetitor semakin ringan jadinya🤭🤭🤭. #peningnyales

  8. Vixion emang edan sih pada jamannya. Megipret, tigor dibabat habis, bahkan sodaranya sendiri pio dan bison nyampe ga berkutik. Waktu jaya2nya vixion jualannya bisa tembus lebih dari 30 ribu unit sebulan edan ga tuh buat sekelas motor sport 150 cc. Sampe ahm ngeluarin old cb vixion malah facelift dengan mesin lebih powerfull dan desain lebih gambot bikin old cb zonk jg dan balum 2 tahun udah suntik mati. Vixion baru ada lawan setelah ahm keluarin ncb nah waktu itu baru deh duel sengit jualan salip salipan.
    Tp semua itu sudah terlambat karena emang motor sport trennya menurun kegeser maxi skutik, yg edannya lagi jualan nmax bisa tembus lebih dari 30 ribu unit perbulannya.
    Jaman now vixion dan cb mau facelift kaya gimanapun ga akan pernah sanggup kalahain jualan maxi skutik.

    • Nah ini betul dan sependapat sekali kalau Ncb itu telat lahir, desain nya gua akui bagus karna njiplak NVA (vixion advance) tapi soal kenyamanan, durability dan build quality nya kita semua tahu masih jauh dibawah vixion advance…

      • Betul sih saat NCB lahir th 2015 yamaha sudah siapkan Nmax (maxi sejuta umat) dan sukses besar, jadi setelah sukses dgn gebrakan vixion di th 2007, yamaha kembali bikin trending di 2015 dgn lahirnya Nmax…

  9. pernah pegang Gen awal 3C1. Gantengnya everlasting. desain overallnya mengingatkan pada Suzuki SV-650 yg retro modern. hanya agak beda di frame terllisnya. Sayang jadi rejekil maling. kalo ada kesempatan pengen angkut lagi yg gen awal ini

  10. Vixion akan tetap abadi sebagai salah satu ‘breakthrough product’ sih, mungkin tanpa vixion motor sport Indonesia akan gitu-gitu aja, pemandangan jadi kayak Bangladesh apa Pakistan tuh yg om Kobay (atau siapa yak) pernah bikin artikelnya.

    Btw om Kobay saran tulis artikel review helm lokal mana yg terbaik (dan terburuk, wkwk) yg pernah om Kobay coba atau rekomen, dan kesimpulannya apakah helm lokal sudah layak atau masih jauh levelnya dengan helm luar (tentunya yg harganya gak terlalu beda jauh ya, kayak beda 3-4 kali lipat ya beda kelas lah, hehe) thank you

  11. Di tunggu part 2 nya mang, meskipun vixion udah ga jadi mesin uang yamaha, tp apakah yamaha ga niat facelift vixion? Desain vixion paling keren menurut gw ya nva lansiran 2015.
    Vixion generasi sekarang desainnya malah stagnan menurut gw, kalo ga mau dibilang kemunduruan. Vixion sekarang desainnya udah kalah sama cb, yg mending cuma vixion r doang, itupun ketolong mesin yg powerful.

  12. Kepincut piksyen gen 1 tp gara2 sering nganterin (stut) piksyen temen2 yg beli duluan klaim garansi mulai dari kopling, gearbox, injeksi. Jd sayang sm megipret 2002 yg ga pernah rewel.
    Keluar NVL kumat lg kepengennya. Tp udah jaman metik si nyonya bisa ikut pake.
    Sekarang naksir xsr.
    Asyem tenan..

  13. sebagai FBH saya pernah tertarik sama yamaha vixion generasi awal.
    saya bahkan rekomendasiin vixion ke sepupu saya di 2009 (walaupun akhirnya dia tetep beli bang Tigor). ya tapi tetep bisa dibilang ini kemurtad-an saya yang paling parah sebagai FBH.
    endingnya saya dibeliin cbr150 ditahun itu sih 😀

    hancurnya vixion udah keliatan dari generasi NVL (saya sih lebih suka nyebutnya ini generasi ke-2, bukan ke-3), yes penjualan tetep lancar, tapi dibaliknya banyak yg kecewa. di kantor ada 3 yang pake, semuanya bilang boros oli, rantai cepet kendor, dan silinder baret….
    efeknya ya new vixion advance (NVA, gen-2 facelift saya nyebutnya) yang ga laku biarpun desainnya paling keren menurut saya, gilanya ni motor pernah di-sale di kantor saya bulan juli 2017 dengan harga cuma 15jt off the road (produksi 2016, motor hasil tukeran biaya iklan ke kantor saya)

    untuk vixion SPBU (gen-3) ya ga usah ditanya lah, dengan desain paling elegan dari semua vixion, tetep paling laris kalo kata si sonwep dkk….

    • Seperti yg sudah saya bahas di awal klo New cb150r 2015 itu njiplak vixion advance / nvl, baik secara model, dimensi, pakai ban gambot, posisi kunci kontak ditangki, mesin jadi overstroke (dohc heloo)

      • Dan sekarang vixion led pakai kondom, kunci kontak kembali ke setang juga di ekorr lagi muehehehehehe…..

        • soal ngekor2an itu sudah biasa lah,kyk ya hama gk pernah ngekor aja.
          yg parah itu copy paste fitur
          iss>>>smart
          acg>>>smart
          switch stand>>>>smart
          hand brake>>>smart
          untung cbs di patenkan,klo gak…

      • ya emang gitu harusnya, yg bagus di kompetitor ditiru.
        nah ini udah bagus kok dibikin jelek, udah tau ngebul n vampir oli kok ga dibener2in…

        • terus kenapa vixion sekarang gak copy paste dari motor yg lebih laku? (eh emangnya vixion ga laku ya?)

          • Ya nggak perlu ngapain juga bro… Paling km nya aja yg terlalu percaya sama dogma (penggiringan opini) yg bilang “viksen gak laku”, gua aja sempat terpengaruh loh dgn masifnya gerakan marketing di beberapa blog yg berusaja menjatuhkan nama besar vixion dengan bilang gak laku lah, ini lah, itu lah….

            Fakta dijalanan beda bro… Gua tambah sering ketemu vixion led dijalanan, dan lama-lama dipandang ternyata desain vixion led itu lebih elegan dan mewah dibanding Nva… Bukti vixion tetap sangat kuat image nya,

          • robotic.munky
            29/06/2021 At 16:27
            terus kenapa vixion sekarang gak copy paste dari motor yg lebih laku? (eh emangnya vixion ga laku ya?)

            “YNTKTS”

          • ya ampun, stelah baca penjelasan dari om vision, saya langsung tercerahkan. ternyata vixion masih laku lho.

            tega banget itu blogger2 ternak yang bilang vixion ga laku. nyebarin berita bohong cuma demi amplop.

            semoga setelah baca ini, di artikel lanjutannya, mang kobay lebih bertanggung jawab atas tulisan mengenai nasib vixion SPBU yang ternyata laris.

      • Karena penguasa Market yg diatas 70% membuat opini publik bisa terpengaruh, termasuk sales2 kompetitor.. kurang sehat, tp itu dah terjadi bertahun-tahun sampe data dikekepin..
        Kasian dealer2 banyak yang tumbang..

          • Hnda tinggal ngandalin mbit dan scupi (low-end) saza sih, untuk kelas medium-high kayanya masyarakat lebih percaya sm yamaha, baik di indo dan global….
            🤣😂

          • Wah iya bener juga makanya Honda di kelas medium high Indonesia dan global gak laris ya….

            NGARANG…!

            Wkwkkwwk…

        • wah jadi dengan data dikekepin, sales yg jualannya ga laku tetep bisa ngecap,

          intinya begitu ya maksudnya?

          • Bukan cuma itu.. mekanik, sales, pekerjanya lebih banyak yang make produk kompetitor (bahkan fans nya sendiri).. itu yang bikin seperti promosi gratis tuk kompetitor..
            Amblezz wiss..
            Kasian..

          • Kan ay bilang, tanpa ada data siapapun bisa bilang jualannya nomor 1, kaya kecap 🤣🤣🤣

            Kalau ada data, ya keliatan lah

          • tetangga ku aja yg kuli panggul biasanya bongkar unit baru ya hama 2 colt diesel setiap bulannya,sekarang 2 L300 setiap bulannys.gimana mau bilang itu laris.
            ahh sales selalu berlebihan

Yuk Tinggalin Jejak Lads..