banner

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Masih ingat artikel KBY pada akhir tahun 2022 lalu terkait calon skutik model retro buatan Honda yang ceritanya akan bermain di segmen yang kurang lebih serupa dengan skutik legendaris asal Italia?? Yak memprediksi bocoran bentuknya sih memang seakan berenang di kolam yang sama dengan Vespa series.. tapi apakah benar satu kolam atau sebenarnya membentuk kelas sendiri laiknya ADV160? Coba kita telaah lebih lanjut yuk, nama Honda Stylo 160 2023 yang konon sudah terdaftar sejak Nopember tahun 2022 lalu dimana awalnya KBY beri nama panggilan Scoopy 160. Cekibrot. Siapa sih yang dibidik sebenarnya??

Gosip akan adanya skutik Honda bermesin 160cc seperti laiknya para saudaranya yang lebih dulu yaitu PCX, Vario dan ADV, memang gencar sejak akhir tahun 2022 lalu. AHM Honda memang dapat dikatakan belum memiliki satu model yang bermain untuk level mid premium. Model itu adalah retro modern. Kalau premiumnya? Sebut saja sudah ada Forza 250.

Bahkan para yutuber tukang click bait dengan sengaja menempelkan skutik Thailand Alpha Volantis Horizon sebagai thumbnail untuk menjaring banyak view.. kampret emang wkwkkw..

Alpha Volantis Horizon 300 black

PCX merupakan kelas mid premium yang cenderung memiliki desain elegan sporty, sedangkan Vario 160 sudah naik kelas dari skutik yang benar benar andalan harian menjadi mid premium daily scooter, tugas sebelumnya diserahkan ke saudaranya yang bermesin 125cc.. meski tentu saja kelasnya Vario masih tetap di bawah PCX. Sementara itu ADV sudah menciptakan kelas sendiri, advance adventure mid premium scooter.

Nah gada kan yang model retro modern? Kalaupun ada masuknya ke medium, yaitu Honda Scoopy.. Jadi ada satu ruang kosong untuk kelas 160cc yang memang sangat masuk akal untuk diisi dalam rangka memenuhi line up, yaitu retro modern 160!! Dia adalah Honda Stylo 160, nama yang sudah kadung bocor dan dapat ditemukan sudah terdaftar di PDKI – Pangkalan Data Kekayaan Intelektual.

HONDA STYLO 160 – BIKIN KELAS SENDIRI??

Pada artikel sebelumnya (Honda Stylo Akan Ada Varian ABS?)  KBY memprediksi bahwa meski konon senjata yang disiapkan itu untuk melawan dan menghadapi Vespa, namun moncongnya diarahkan ke musuh bebuyutan Honda, yaitu Yamaha dengan Grand Filanonya.

Tapi sepertinya prediksi KBY meleset, Stylo 160 ini justu berada di tengah tengah, tidak terlihat membidik sapapun dan manapun alias menciptakan kelas sendiri dan kolam sendiri.. Wah netral dong?? Terlihat seperti itu, tapi tengok lebih lanjut, efeknya ke bawah dan ke atas loh.. Hmm kok bisa gitu?

TERGANTUNG HARGA

Jadi menurut opini KBY pribadi, harga adalah kunci, tergantung harga jual nantinya. Mari kita berandai andai lebih dahulu. Sebelumnya kita cari tau dulu harga Vespa termurah sebagai bidikan level atas, dan harga Yamaha Grand Filano sebagai bidikan di bawahnya.

Harga Vespa termurah dimiliki oleh Vespa LX 125 i-GET, yak sesuai namanya kapasitasnya masih 125cc dengan harga Rp 44.5 juta.. Meskipun 125 vs 160 tapi set up Vespa dari dulu memang kelas premium jadi kapasitas mesin tidak mempengaruhi harga. Nah sementara Grand Filano termahal itu ada di harga Rp. 27.5 juta..

Dengan bocoran kalau Honda Stylo 160 akan memiliki varian ABS dan anggaplah berada sedikit di bawah PCX 160 ABS yang harganya 35.6 juta, maka akan di dapat prediksi harga sekitar 33-34 juta. Ini dengan asumsi positioning Stylo diset up di bawah PCX.. Jika dianggap sama hanya berbeda dari sisi bahasa desain maka bisa saja harganya mirip. Sementara itu Varian CBS akan lebih murah 3-4 juta.. artinya bisa pas 30 atau 31 juta.. Ini dia!!

Yamaha Grand Filano

Untuk Stylo 160 ABS anggap saja 34 juta maka akan ada gap 10 jutaan dengan Vespa LX 125.. Gurih!! Targetnya adalah mereka yang ingin punya  Vespa tapi masih mikir mikir. Nah “mikir-mikir” ini yang akan diselipi oleh sang Stylo!! Ada desain mirip, fitur lebih banyak, lebih bertenaga, lebih irit, durabilitas sudah teruji, bengkel dimana mana, nama terjamin dan tentu harga lebih murah!!! Bakal terjaring banyak di area ini lads menurut KBY sih.

Sedangkan untuk Stylo 160 CBS dengan harga 30 juta sepertinya lads sudah bisa nebak, yak yang kena adalah Filano seharga 27,5 juta.. nambah 2.5 juta dapat mesin 160cc powerful, irit dapat, fitur banyak.. water cooled pula.. nah loh.. hiks..

Yah kita liat aja deh ke depannya, prediksi akhir Maret 2023 ini akan dirilis, paling lambat sebelum lebaran 2023, iya dong biar jalan jalan Lebaran atau mudik dan pake motor baru.. widiiiwww

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing ๐Ÿ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

27 KOMENTAR

  1. Sayang buatan ahm ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ kualitasnya aduh kapok dah. Kalo filano aslinya jelek, harga nya juga gak sesuai dengan apa yg dikasih alias overprice.

  2. Gak mungkin deh 30jt, pcx aja 31.
    Ahaem ga akan bikin ini saling gigit.

    Filano bukan ancaman, dan kalo emang Vespa jadi target, ya jangan jual murah, orang2 beli Vespa karena pengen beda,

  3. positioning harga di antara paria dan picex. setelah demand stabil, picex diganti porja.. game over๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡

  4. Stylo ini pengganti SH150i yg kemarin gak laku karena harganya kemahalan kah?

    BTW kalau search stylo di google kok hasilnya tentang kecantikan ya.

  5. Mang kisi kisi desain na mirip naon engke na? Apa vespa pisan atawa malah siga giorno rada manjang jika? Nuhun ๐Ÿ™

  6. Sekenan sprint s dengan stylo baru pilih mana mang?
    Klu tg 125 jujur ane ga ngelirik sama skli design blkgnya itu yg bikin cacat

  7. Sekenan sprint s dengan stylo baru pilih mana mang?
    Klu tg 125 jujur ane ga ngelirik sama skli design blkgnya itu yg bikin cacat..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini