Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Mobil TNGA SUV Berbasis Innova Zenix? Jangan jangan RAV4 Lokal untuk lawan CRV? Setelah kode keras Toyota Yaris Cross kelar, sambil menunggu versi 7 seater (tujuh tempat duduk) yang konon akan menjadi Toyota Rush FWD, tiba tiba saja ada bisikan seputar produk baru Toyota lagi! Dan uniknya, kelas atau segmen nya masih SUV lads.. padahal Yaris Cross sendiri baru baru saja dirilis. Oh tentu saja tidak akan sekelas dengan si Yaris dong, kemungkinan besar bermain antara di bawah Fortuner meski tidak menutup kemungkinan di atasnya juga.. kita kepoin lebih jauh kuy

SUV BARU TOYOTA BERBASIS INNOVA ZENIX

Bisikannya memang masih mentah dan sangat awal nih, jadi sifatnya masih nebak nebak, seperti bentuk, dimensi, mesin apalagi harganya. Yang jelas kode-nya sih secara samar samar sudah ada, terlihat seperti angka 3*0D..

Bayangannya, SUV ini berbasis TNGA yang serupa dengan Innova Zenix, tidak aneh sebenarnya, karena meskipun Toyota Zenix itu merupakan sebuah MPV, namun Toyota sendiri menyebutnya sebagai MPX – Multipurpose X-over (crossover). Nah Crossover kan identik dengan SUV ya hehe..

Seperti biasa trik pabrikan pada umumnya, satu platform dibuat untuk sekian jenis produk, maka ga aneh jadinya, kalau soal kode sih kan bisa bisanya pabrikan aja hanya untuk mempermudah perbedaan..

ini cuma ilustrasi, Toyota RAV4 2023

SUV C SEGMENT?

Kabar lainnya, SUV Toyota terbaru yang masih jadi hot gosip ini merupakan kelas atau klasifikasi C Segment, dimana sesuai abjad maka dimensi C segmen ini seharusnya sekelas dengan Honda CRV.. Soalnya kalau lebih besar seperti Fortuner atau Pajero misalnya, diinfokan masuk ke segmen D dengan mayoritas row alias baris berjumlah 3.

Pun demikian agar lebih jelas, sejumlah literatur menjelaskan bahwa untuk kelas SUV, tidak ada segmen A, hanya B, C dan D.. dimana kelas/segmen C ternyata termasuk Hyundai Creta, dan sudah pasti seperti Honda HRV serta Suzuki Grand Vitara masuk di segmen ini.. Tapi daripada bingung kita pake kode di Indonesia aja deh wkwkw.. di kelas compact SUV Toyota sudah rilis Toyota Yaris Cross kan? Jadi gak mungkin di kelas yang sama.

MEDIUM SUV LAWAN CRV?

Nah ngomongin CRV, Toyota belum punya kan produk yang selevel dengan andalan Honda tersebut? Artinya di medium SUV ini produk Toyota masih kosong. Sebagai informasi di kelas ini yang jadi penguasa adalah Honda CRV dan Wuling Almaz.. lengkapnya silakan baca SUV Terlaris Mei 2023.

So sudah mulai terbaca nih tujuannya, di compact SUV sudah dirilis Yaris Cross untuk lawan Honda HRV dan Hyundai Creta, Suzuki Grand Vitara, Wuling Alvez dll.. di atasnya, Toyota terjun dengan SUV terbaru TNGA C berbasis Zenix ini..

RAV4 2024
ilustrasi RAV4 2023

Desain sih sudah bisa dibayang bayang lah ga terlalu jauh dari Zenix, karena Innova Zenix sendiri justru lebih terlihat SUV dibanding MPV.. untuk baris tempat duduk belum jelas, kayaknya sih 5 seater meski tidak menutup kemungkinan 7 seater juga bisa.

Mesin? Ini juga bisa dibayangin, gakan jauh dengan mesin Innova Zenix lah.. menggunakan seri M, yaitu M20A, akan tersedia gasoline dan hybrid.. M20-FKS dan M20-FXS.. gampang ya kalau dah tau polanya mah wkwkwk..

Nah sekarang pertanyaannya apa namanya Toyota RAV4 2024? Bisa jadi, bisa juga gak.. Kapan rilis? Kemungkinan tahun depan, tahun ini pasti masih fokus ke adiknya si Yaris Cross.. Harga? Ya liat aja CRV yang sudah 600-an, gakan jauh dari situ lah.. Kuy kita tungguin dulu..

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

12 KOMENTAR

  1. Itu beli pake duit, Mang Bay??😥🤣🙏
    Semoga yang beli senang/puas, termasuk tetangganya yg gak mampu jg senang bisa liat mobil bagus..👍(kaya saya jg)..

  2. Soale lingkar Roda Zenix..kekecilan menurutku..kl di naikin lingkar Rodanya jadi deh SUV..hiahiahia
    Paling gampang gitu deh..

    • si zenix emang bukan SUV sih, wheel acrh nya kekecilan, kalopun velg digedein bakalan sempit sisa spacenya.

      tapi sizenya emang udah pas banget sih kalo di SUV-in buat lawan CRV, kalo strateginya tepat bisa banget jadi saingan CRV.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini