Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Mendengar berita motor skutik Suzuki, bagi kebanyakan orang mungkin sudah apatis yak, bodo amat lah singkatnya. Gak bisa disalahkan juga mengingat model-model skutik yang hadir di nusantara ini dapat dikatakan nyeleneh semua modelnya. Tapi nanti dulu buat yang satu ini! Yak Suzuki Burgman Street EX 2024!! Skutik yang pada aslinya punya desain menarik ini sejatinya sudah cukup lama dipersiapkan untuk hadir di Indonesia, dan kini dengan kaki alias roda belakang yang lebih mekar yakni 12″, sepertinya akan membuat Suzuki Indonesia cukup pede merilisnya! Apalagi kelebihannya? Cekibrot..

Suzuki Burgman Street EX 2024

Ngomongin Suzuki Burgman Street tanpa embel embel “EX” di belakangnya, maka lads akan teringat si unit uji coba yang sempat ditayangkan dan dipajang pada event Pekan Raya Jakarta tahun 2019 lampau, yak tak terasa sudah 4 tahun ya??

Begini Penampakan Suzuki Burgman Street 125 Yang Ada Di PRJ [Galeri]

Bahkan sebelum unit tersebut dipajang di PRJ, KBY sudah mencobanya dalam kondisi statis juga loh.. Cekibrot artikel dan reviewnya di bawah ini:

Suzuki Burgman Street 125 Indonesia First Impression, Ah Andai Rodanya Lebih Besar [Video]

BATAL HADIR

Sayangnya (atau malah bagusnya??) Suzuki Burgman Street generasi pertama tersebut batal dihadirkan ke Indonesia oleh Suzuki Indonesia. Informasi liarnya, yang pertama dari sisi proporsional teknis yaitu roda belakang yang kecil banget, sangat tidak disukai oleh konsumen Indonesia, karena terlihat aneh.

Yang kedua, sempat akan diputuskan untuk masuk pada akhirnya, namun masih tarik ulur terkait harga. Dikabarkan Suzuki India mematok harga terlalu tinggi yang membuat harga jual di Indonesia jadi tidak ekonomis lagi.. Sudahlah desainnya gak proporsional, harganya tinggi, ya siapa yang mau lirik?

Namun kasus tersebut akhirnya tembus juga pada sosok Suzuki Avenis 125 yang dijual di Indonesia, desain nyeleneh iya, harga tinggi iya. Ya gimana lagi wkwkwk..

SUDAH (LEBIH ) SIAP HADIR??

Suzuki Burgman Street EX 125 sebenarnya sudah diperkenalkan kepada khalayak ramai pada ajang Intermot Oktober tahun 2022 lalu, dan skutik 125cc ini memang baru diperjualbelikan di triwulan pertama 2023.. jadi bisa dibilang masih baru sih. Dan untuk desain sendiri tidak berubah, Suzuki awet juga ya desainnya, sejak 2019 loh.

Suzuki Burgman Street 125EX 2023 Hadir Di Intermot 2022!!

Entah bagaimana ceritanya, konon Suzuki Burgman Street gen 1 beroda 10 inci dibelakang tersebut keukeuh kudu dijual di Indonesia, tapi kemungkinan besar Suzuki India berkaca pada penjualan Avenis yang gagal total di Indonesia berkat bodi Rambo kaki Rinto tersebut.

FITUR 2024

Namun pada akhirnya tersiar kabar bahwa model Suzuki Burgman Street EX 125 2024 yang terpilih dan akan segera diboyong ke Indonesia berkat beberapa hal berikut ini:

SPEEDOMETER Suzuki Burgman Street EX 2024

  1. Yang paling utama: Kaki alias Roda Belakang sudah  ikut depan yaitu 12 inci!! Ini jauh membaik sih dari sisi penampilan ya, meski kalau pakai 14 pastinya akan lebih proporsional lagi. Tapi ukuran 12″ di Suzuki Burgman Street 125 EX 2024 sudah jauh lebih baik!
  2. Fuel Injection, betul, yang lama sesuai foto foto di atas masih karburator loh..
  3. Sudah Silent Starter System – tanpa bletak duor, kalau di Honda ACG Starter, kalau Yamaha punya SMG System, intinya sama semua, starter hening.
  4. Sudah punya EASS – Engine Auto Stop Start, sama kek ISS dan SSS lah di Honda dan Yamaha
  5. Mesin 125cc dengan SEP Alpha – Suzuki Eco Performance
  6. Blutooth connection – Suzuki Connect – Map Digital
  7. Side Stand Interlock – kaya skutik Yamaha Honda juga lah, side stand switch
  8. Tidak disebutkan rem CBS dan adanya parking brake lock seperti pada Avenis 125
  9. Sisanya seperti versi lama; bagasi luas 21.5 liter, speedometer digital (kayaknya lebih lengkap dengan AVG BBM), dua laci depan, lampu utama dan rem LED, USB Socket di kantung kiri, dll

Suzuki Burgman Street 125 Banyak Fiturnya, Kaki Bisa Selonjoran, Masuk Indonesia Wajib Operasi Kaki!

ban Suzuki Burgman Street EX 2024

SPESIFIKASI SUZUKI BURGMAN STREET EX 125 2024

Berdasarkan informasi dari lama Suzuki India, ini dia di bawah ini, spesifikasi yang diusung sang skutik:

ENGINE

Engine Type 4-Stroke, 1 Cylinder, Air Cooled
Valve System SOHC, 2 Valve
Displacement 124 cm³
Bore x Stroke 52.5 x 57.4 mm
Engine Output 8.6 ps @ 6 500 rpm
Torque 10.0Nm @ 5 500 rpm
Fuel System Fuel Injection
Starter System Kick And Electric
Transmission Type CVT

DIMENSIONS & WEIGHT

Overall Length 1 875 mm
Overall Width 700 mm
Overall Height 1 140 mm
Wheel Base 1 290 mm
Ground Clearance 160 mm
Seat Height 780 mm
Kerb Mass 111 Kg
Wheels Alloy
Fuel Tank Capacity 5.5 L

BRAKES

Front Disc
Rear Drum

TYRES SIZE

Front 90/90-12 54J Tubeless
Rear 100/80-12 56J Tubeless

SUSPENSION

Front Telescopic
Rear Swing Arm

ELECTRICAL

Battery 12V, 6Ah
Headlight LED

HARGA

Berkaca dari harga Suzuki Avenis 125 yang nggilani yaitu 30,1 juta, kemungkinan besar harga Suzuki Burgman Street EX 2024 juga akan berada di rentang harga yang sama, apalagi jika bluetooth connection-nya ikut disertakan. Menurut KBY pribadi, 28 juta udah paling mahal sih harusnya..

Tapi kalau keukeuh – karena CBU – harganya main di 30 jutaan, 31-32 juta misalnya, ya mohon maaf, KBY pun gak tertarik, paling nunggu diskon gila-gilaan seperti yang terjadi pada Avenis belakangan ini.. Saat harganya udah 25 juta apalagi di bawahnya, insya Alloh gassss tumbasssss hehehe

Kalau sama kaya di India, maka pilihan warnanya cuma ada tiga:

Black
bronze

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

25 KOMENTAR

  1. Okey sudah dengar tentang Burgman kayaknya sebelum pandemi Covid, sampai 23 belum ada, untuk 24 juga masih tanda tanya.

    Mungkin kurang sat set, sat set ya Kang?
    (ya kan perlu dipertingbangkan dengan masak dan SEKsama dan sek sek yang lain, maka butuh waktu yang tepat dan bla bla bla bla)
    Okeylah kalau begitu.
    Semoga lariz manis.

    • Kalau yg EX 12” kan emang baru Oktober 2022 lalu di intermot…

      Yg dijual duluan sesuai info Intermot, si Address sama Avenis awal 2023, si EX nyusul belakangan..

  2. Jangankan ini , yahampas saja masih bertekuk lutut ngeladenin rangka esaf yang seperti gak bergeming dengan teriakan2 medsos 😂
    Konsumen masih mendapat banyak keuntungan memiliki produk esaf dibanding produk pabrikan lain . Superioritas 110 CC tak da yang bisa memungkiri… Ngiritnya pun ga boong , model ciamik… Compact dan pastinya nyaman diajak hidup bersama. 125 merk lain sekalipun pake Pea Pea dijabanin , kurang apa coba 😂
    Pilihan tetap pada produk esaf , daripada hidup H0ror dengan mesin yang gak jelas , 3-4 bulan udah bikin was was adanya nyanyian , 6 bulan mumet …bulan 8 dst bikin hidup menderita 😂

    • Cuma model Address ini yang dianggap kurang trengginas … bakal kebanting – setidaknya prediksi sana..

      Waktu barengan dipajang di PRJ 2019, si access alias Address Eropa ini gak ada jejaknya sama sekali loh…

  3. Tapi nganu e Kang..yg UEDM n JDM address pake fender belakang yg beda dg India…dah lebih cakep..tp kayake ga banyak nolong sih..lampu belakang e mendolo/jenong macam mata ikan…

    Iya wis saya setuju.. mending brugman street Ex ajah…
    Tinggal pasang harga yg cakep

    • motor yg ujung ujungnya, seumur hidup ga perlu ke beres cukup ganti oli wk wk wk..moga moga ga kemahalan lah, atau ngilu elmu mang kobay, nunggu diskon wk wk wk

  4. Burgy Street EX secara paket produk sih sudah ok dan bisa menarik selera konsumen Indonesia

    tinggal ramuan harga aja nih jangan ng-gilani macam Avenis yang ujung-ujungnya kasih diskon gila-gilaan

    yuk Juki … bisa kali

  5. Fascia nya terlihat tua, outdated, lelah tidak bergairah.

    Jan blachowicz/glover teixeira, mereka pernah berjaya, tetapi bila dipaksakan, mereka akan ditelan hidup-hidup oleh sean strickland. Jorge masvidal mungkin seorang model juga, tetapi semua orang harus jujur, dia tidak punya peluang samasekali di depan alex “poatan” pereira.

    Salahsatu fascia paling ganteng saat ini adalah gsx-s1000gt milik suzuki, mengapa tidak di-emulasi-kan pada fascia skutik suzuki 250cc ke bawah? What a waste?

  6. Lebih baik diperbaiki yang ada,
    Si address naikkan gc dan ubah kelistrikan.
    Si nex ii besarkan bagasi dan tangki bensinnya.
    Smash fi nya jadikan j crossover.
    Motor dari negeri hindustan, knalpotnya anehhhh, bannya anehhh, untuk seleraku lah mang

  7. Asa teu kahartos naha Suzuki teh meuni resep pisan kanu modelan india.
    Tapi nya rada leuhueng ieu sih ari tina badag mah. Mun ningali dina video nu Filipin mah sabelas dia Bellas lah jeung si NMAX, tapi tong mahal mahal teuing bisi siga Avenis meunang disko gegeloan tea hehe

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini