Review Kawasaki KH400
iklan gma

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Sepertinya sudah sangat lama KBY gak pernah bahas rare bike alias motor langka ya? Nah si KH400 ini bisa jadi pembuka lagi dalam melakukan ulasan motor langka di blog ini hehe. Review Kawasaki KH400 buatan tahun 1976 ini memang sesuai dengan judulnya, yaitu motor sultan beneran! Kok bisa? Karena motor 400cc 2 tak tiga silinder ini memang sesuai STNK-nya masih mengatasnamakan Sultan Solo! Seperti apa sih motor berusia 46 tahun ini saat KBY tes? Cekibrot lads!

REVIEW KAWASAKI KH400 1976 2 TAK 3 SILINDER

Motor sport tanpa fairing ini KBY tes pas di awal awal bulan puasa kemarin. Unit milik sobat Harris juragan Berkah Scooter, kang jual vespa vespa klasik dua tak hehe. Di suatu sore, beliau dah istri wasap dan minta ijin berkunjung ke Kobayogas Manor.. alhamdulillah silaturahim memang insyaAlloh memperpanjang usia dan menambah rejeki.

Review Kawasaki KH400

Dan rejeki bagi KBY ya melakukan review motor klasik berusia 46 tahun, Kawasaki KH400 berkapasitas 400cc tiga silinder dengan konfigurasi dua tak! Nah penasaran kan seperti apa bunyinya? Sama!! Wkwkwkw.. Sebelum video youtube di Kobayogas Sena Channel meluncur, silakan simak dulu yang ada di Instagram nih

By the way, sebelum dilanjut berikut KBY kasih link motor motor langka yang pernah KBY tes dan review selama ini.. cekidot di bawah yes.

DESAIN

Tidak ada yang terlalu nyeleneh dari motor ini, biasa aja, motor sport lawas pada umumnya. Kalau biasa liat Honda GL atau CB lawas bisa lah terbayang, eh ga usah dibayangin deng, kan ada fotonya di bawah ini hehe..

Review Kawasaki KH400

Tapi karena kapasitas mesinnya yang cukup besar di jamannya (bahkan untuk saat ini juga masih relate dan relevan sih) jadi KH400 ini lebih lebar dan lebih panjang. Kalau ngomongin ganteng sih, yaaa Suzuki Thunder 250 sih bisa dibilang lewat. Dan sebagai pendahulu seri Z, menurut KBY Z900 saat ini ada aura aura buyutnya.

Seperti motor klasik pada masanya, shock dobel merupakan ciri khasnya. Lampu lampu tentu saja masih menggunakan bohlam, dan pemilik ini mengganti lampu depannya dengan bohlam yang lebih terang.

Review Kawasaki KH400

TEST RIDE KAWASAKI KH400

Di awal KBY gak ngeh ini motor knalpotnya ada tiga buah! Iyes tiga lads, bukan cuma dua hehe. Begitu keliatan wah langsung kepikiran jangan jangan ini motor tiga silinder! Maklum belum cari tau banyak soal spesifikasinya, dan juga belum kepikiran kalau mesinnya merupakan jenis 2 tak alias 2 stroke!

Review Kawasaki KH400

Karena tiga silinder, maka dia memiliki tiga karburator! Memang sayangnya karena usia pula, karburator asli sudah gak laik pakai, menurut mang Harris, karburatornya pakai punya si Raja, alias RX King. Dalam keadaan dingin uniknya, kalau mau menyalakan, maka choke yang jumlahnya tiga buah wajib diaktifkan, biar gampang starter maksudnya.

Kekurangannya, karena ada karburator di posisi tengah, tangan harus masuk dan akibatnya kena senggol karburator lain sehingga tangan sudah pasti tiap tiap akan sedikit hitam kehijauan dan bau bensin wkwkkw.. Ribet juga kalau motor ini dipake buat aktivitas harian ya hihihi..

Terjebak dalam mindset kapasitas mesin 400cc dan jumlah silinder tiga, KBY langsung menganggap ini motor kencang.. Ternyata setelah digeber, sama CBR250RR ya dapat dikatakan kalah jauh wkkwkw.. Langsung teringat, hey ini motor usianya 46 tahun! Di eranya jelas sangat kencang sih, tapi sekarang ya gak, jadi ingat selalu itu ya.

Tapi untuk ukuran motor berusia hampir setengah abad, semuanya terasa sangat baik, laiknya motor di awal tahun 2000an, lampu lampu menyala. Bobotnya yang berat membuat ampeg saat berkelana di kecepatan 80km/jam. Tapi akibat umur, selain kopling yang masuk kategori sangat keras dan berat, remnya juga sudah kurang nyaman dan aman. Buat harian kena macet KBY sih gak rekomen, kerasnya kopling dah kaya MV Agusta punya! Wkwkwwk..

Oia pengoperasian perpindahan giginya seperti MotoGP! Tepatnya sih seperti motor bebek wkwkkw.. Bedanya, kalau bebek semua Gigi ke depan, Kawasaki KH400 ini gigi 1 ke belakang alias diungkit, berikutnya hingga gigi 5 ke depan semua. Eh MotoGP gitu kan ya? Lupa..

Yang jelas, seperti naked bike lain pada umumnya, ergonomi cenderung nyaman, setang tidak terlalu jauh ke depan. Joknya khas motor jadul tebal banget kaya roti tawar, dan empuk pastinya. Bukaan joknya juga unik, yaitu ke samping, tidak dicopot seperti motor motor sport saat ini.

Ruang bagasi minim, hanya ada di belakang menyatu dengan ruang lampu rem. Lumayan sih toolkit dan kain chamois masih bisa ditelan disitu.

LAIN LAIN

Tidak mungkin mempertahankan semuanya serba orisinal, misal ban, masa iya awet bener selama 46 tahun wkwkkw.. Ada beberapa part juga yang tidak orisinal misal lampu sein, KBY lupa om Harris bilang pake punya apa gitu. Begitu juga part yang sifatnya habis terpakai, kanvas rem dan kopling misalnya.

Motor ini entah sudah tangan ke berapa, namun orisinal dan bukti otentik bahwa pemilik pertama adalah seorang Sultan Asli tetap dipertahankan, buktinya nama pada STNK adalah Sultan Solo – KGPA Mangkunegoro

KAWASAKI KH 400 SPECS

Menurut sumber yang KBY dapatkan, aslinya motor ini dibuat pertama kali tahun 1976 hingga 1978 meskipun ada juga sumber mengatakan buatan tahun 1975. Warna asli juga bukan hijau seperti pada foto, melainkan merah maroon. Tenaganya tau gak berapa? 38HP@7000 RPM dengan torsi yang sama 38Nm!! Di masanya jelas kencang, meskipun saat ini mesin 4 tak 250cc 2 silinder sudah melampauinya. Tapi 46 tahun lalu? Ya wow lah!

Untuk teknologi di masa itu sepertinya sudah muktahir, yang jelas RPM gak bisa teriak tinggi seperti halnya motor 2 tak menuju era modern, mungkin karena terbatasnya teknologi ya, masih karbu plus pendingin udara.

Itu dia lads review Kawasaki KH400 1976 bekas milik seorang Sultan Asli. Spesifikasi lengkapnya ada di bawah ini ya. Oia meskipun enggan dilepas, tapi mang Harris mempersilakan jika memang sangat ingin memiliki motor sport antik ini.

ManufacturerKAWASAKIEngine TypeAir-Cooled 2 Stroke Piston Valve Parallel 3 Cylinder
Model NameKH400Starter
GradeMaximum Output (ps)38ps(28.0 kw)/7000rpm
Drive TrainMaximum Torque (kgf/m)3.9kg-m(38.2N-m)/6500rpm
Model TypeKH400ACurb Weight
Displacement400Dry Weight162
Sales Launch Year1976/1Fuel Efficiency by Catalog
Height/Width/Length-/-/-Fuel Tank Capacity
Seat HeightDistance to Empty
Front Tire IndicationFuel SupplyCarburetor
Rear Tire Indication

 

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

13 KOMENTAR

  1. aihhh… ni kalo full modif sama AC Santuary (atau paling gak ala2 lah) pasti bakalan keren banget deh.

  2. Motor langka euy … itu dulu unitnya rakitan lokal atau CBU Mang ?

    Paling jauh ingatan ane motor Kawak itu AR125, Kawak Binter Merzy K200, Binter GTO… hehehehehe

  3. Duh gimana kalau di lampu merah..bisa buyar semua sesek napas.. hehe..bapak saya pernah punya seperti ini tapi merek Suzuki..3 silinder juga..pernah saya adu trek lurus sama Yamaha RX Z.. menang loh walaupun motor jadul..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..