Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr… Meski tidak semua, namun biasanya setiap produk biasanya memiliki generasi nenek moyangnya, yang kemudian beberapa belas atau puluh tahun kemudian diwariskan kepada generasi terbaru. Bisa beneran garis desain atau hanya sekedar nama yang diteruskan, salah satunya adalah skutik terlaris di dunia dan mesin uang AHM, Honda Beat. Jangan kaget kalau melihat bentuk nenek moyangnya di jaman dulu sangat jauh dari sosok saat ini!

Mungkin tidak banyak yang tahu, termasuk KBY, bahwa Honda Beat yang kita lihat dalam kurun waktu satu dasawarsa ini memiliki nenek moyang yang jauh dari desain skutik modern terutama generasi penerusnya. Sungguh gada kemiripan sama sekali kecuali genrenya yang sama sama skutik hehe..

Dibagikan di grup facebook Bekakas, sosok nenek moyang dari Honda Beat sangat jelas terlihat. Bentuknya untuk kebanyakan kita di saat ini jauh dari kata bagus, aneh adalah kata yang tepat kayaknya ya wkwkwk..

Bentuk mbah buyut Honda Beat seperti motor di era tahun 80-an lads, mengotak persegi nyaris tidak ada lekukan dinamis. Bahkan bentuknya seperti odong odong di toko swalayan, seperti campuran kepala mobil yang di atasnya dikasih setang wkwkw..

Honda Beat ini hanya dipasarkan selama tiga tahun saja lads. Honda menyuntik mati Beat pada 1986. Perbedaan lainnya adalah mesin, di tahun 80-an adalah wajar mesin mesin motor bermesin dua tak, termasuk Honda Beat 1983 ini.

Pun begitu, menurut KBY setidaknya terlihat tiga keunggulan Honda Beat Lawas dibanding generasi modern saat ini, yaitu jok yang tebal terlihat nyaman, dek bisa selonjoran meski gak maksimal, dan speedometer dengan RPM alias tachometer!

lihat juga motor aneh lainnya: Honda Helix CN250 Mbahnya Honda Spacy Yang Mirip Bemo

Data spesifikasi Honda Beat 1983:

PxLxT: 1690 x 580 x 985Axle1,140 mm
Berat: 65 kg
Mesin: typeAF07E / Water-cooled 2-stroke single cylinder
Kapasitas mesin: 49cc
Tenaga maksimum: 7.2PS / 7000rpm
Torsi maksimum: 0.73kg-m / 7000rpm
Kapasitas tangki bahan bakar: 4L
Suspensi depan: Teleskopik
Suspensi belakang: Swing unit
Ban depan dan belakang: 3.00-10-2PR

Sebenarnya unik juga ya kalau memelihara motor aneh kek gini kekekeke… Jadi itulah asal usul Honda Beat lads..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing šŸ™‚

20 KOMENTAR

  1. GW ABIS GAMPARIN SI MONKEY GEGARA KUALITAS ARTIKEL NYA MENURUN GKKK ENAK DI BACA, ULASAN MOGE NYA BERKURANG AMPEE NANGIS NANGIS DIA MINNTA MAAF KE GW

  2. Angga Yunanda pake motor ini, dibanding ane pake Ninja ZX25R… di saat itulah ane menang ganteng… wkwkwk..

  3. water cooled loh ….
    yg skrg air sepoy2 mang ….
    emg ya kayanya jaman dlu tuh pabrikan bikin sesuatu ga mikir rugi ….. yg penting bikin aja dlu laku atau ga urusan blkng

  4. Bikin artikel matik 2 tak pertama di dunia bang ( kalau ada matik 2 tak ) entah brand apa, dan yang pernah masuk ke Indonesia

  5. Ternyata sama saja gak bisa selonjoran…. hahaha . Bagusan Matik Taiwan sekelasnya bisa selonjoran…. Hahaha

  6. Wah ini kendaraannya satria baja hitam, kalok lawan monster pakai belalang tempur, kalo ke indomaret naik ini, orong-orong tempur..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..