Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Salah satu daya tarik kendaraan listrik yang menjadi nilai jual para pabrikannya adalah dengan iming iming pajak tahunan alias STNK yang murah alias rendah!! Ya tentu saja dengan rayuan rendah pajak sangat diharapkan akan banyak konsumen yang tertarik, kan salah satu target pemerintah dimana tahun 2030 diharapkan sekitar 2jutaan kendaraan listrik ada di Jakarta, eh apa Indonesia yak, lupa wkwkw.. Nah faktanya gimana? Kita cek langsung aja deh biaya pajak STNK tahunan Wuling AIR EV, mobil listrik mungil yang lagi naik daun.. cekibrot..

baca dulu ini: KENDARAAN LISTRIK BENAR TANPA EMISI? dan TARGET 2 JUTA MOTOR LISTRIK DI 2025

PAJAK TAHUNAN STNK WULING AIR EV

Sebenarnya insentif penggoda seperti ini bukan hal baru di dunia otomotif lads.. dulu saat mesin diesel sudah masuk era direct injection, di eropa sih pemerintahnya sudah memberikan keistimewaan bagi konsumen yang membeli mobil diesel.. di sini? boro boro malah lebih mahal harganya..

Begitu juga saat era hybrid.. di eropa dan Amerika konsumennya dimanjakan dengan harga yang menarik serta pajak yang rendah bagi mereka yang membeli kendaraan bermesin hybrid.. Di sini? Lagi lagi mahal doang..

Begitu masuk era kendaraan listrik.. entah ada agenda apa lah, iming iming pajak murah mulai dikumandangkan.. padahal dari sisi fasilitas penyokongnya dapat dikatakan masih sangat minim..!! Belum lagi kalau ada trouble di stasiun pengisiannya..

Ya, trouble.. kaya yang dialami Ridwan Hanif di postingannya.. di area SPBU Cirebon dua hari kemarin.. charging stationnya rusak.. jadi akhirnya solusinya dia harus putar balik tol, ke SPBU sebrang.. Oke ini karena masih 1-2 atau 3 mobil doang.. kalau dah banyak?

Kembali ke biaya STNK Tahunan Wuling Air EV, ini kalau KBY ga salah baca, maka biaya pajak tahunannya cuma 400 ribuan!! Kalau untuk tahunan setau KBY yang dilihat itu PKB (patokan di STNK si Aness di bawah) sama SWDKLLJ, kalau ditotal ya jadi 580 ribu, gak sampe 600 ribu!! Wewww masih mahalan si Zeref hiks..

pajak STNK wuling air ev nanjak

PAJAK STNK SUZUKI ERTIGA

Coba kita bandingkan dengan pajak STNK mesin konvensional, Suzuki Ertiga Suzuki Sport aja deh, buatan tahun 2019, si Aness punya KBY. Dilihat dari PKB-nya doang saja sudah 4 jutaan.. ditambah SWDKLLJ 213 ribu.. 4,3 juta setahun.. buseeddd 8x lipatnya!!

Pajak STNK all new Ertiga

Intinya sih memang niatnya bagus, biar konsumen itu mulai berpikir ke kendaraan listrik, jangan mesin konvensional.. Tapi balik lagi, mobil atau motor listrik itu gak kaya HP, semahal mahalnya mobile phone ya yang beli masih bisa jutaan orang.. dulu bisa di switch paksa dari qwerty ke touch screen.. selama hp jadul susah dicari karena semuanya sudah beralih ke touch screen, maka orang akan langsung males, beli yang ada aja..

Nah apa kendaraan listrik bisa seperti itu? Misal dibuat langka aja kendaraan mesin bakar, disediakannya hanya kendaraan listrik.. Ya memang orang gakan ada pilihan banyak, tapi harganya gimana? Bisa kaya harga HP? Gak mungkin, paling mungkin itu ya seharga LCGC atau LMPV saat ini.. kelas dimana paling banyak penjualannya.. Tapi Wuling Air EV yang bantet aja 300 jutaan yang enak diliat dan full fitur wkwkwk.

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

6 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini