Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Mudik Lebaran di sini bukan lebaran idul fitri ya lads, tapi lebaran haji alias idul adha kemarin hehe.. Memang awalnya pengen banget dibawa pas idul fitri, tapi nyonya gak ngasih, nah kali ini maksa karena dah gatel banget mau nyobain turing jauh pake si Deku. Akhirnya mudik Lebaran pake Yamaha Xmax 2023 Connected kesampaian juga hehehe .. Seru sih, tapi yang jelas bikin penasaran banget, senyaman apa dalam perjalanan kurang lebih 165 kilometer tersebut pakai Xmax terbaru? Apa jangan jangan cape? Pegal-pegal? Nah ini dia reviewnya..

RENCANA MUDIK

Ini adalah solo turing KBY pertama sejak 2016 lampau, pakai moge CBR650F, yak sudah 7 tahun ternyata yak… lama beud (baca: Mudik Pake Moge CBR650F)

Seperti KBY sebut di atas, sebenarnya keinginan ke Bandung pakai Yamaha Xmax si Deku ini sudah sejak lebaran Idul Fitri, tapi istri gak mengijinkan, bareng aja pakai si Aness katanya… ya udah akhirnya sekeluarga bareng berangkatnya..

keasikan geber gerbang tangkuban perahu sampai keliwat 😀

Nah ketika ada Idul Adha, KBY melihat kesempatan lagi.. kembali Nyonya gak ijinin, udah tua katanya.. bused sembarangan!! Wkwkwkw.. Yang jauh lebih tua aja banyak yang sampai Bali, masa ini ke Bandung aja beluman.. waduuhh wkkwkw..

Akhirnya, dapat juga restu setelah si sulung Sena ikut berkomentar, gak apa apa kali Mi, kan si Deku Xmax emang buat jarak jauh juga, biar aja Papi nyobain.. biar di sono juga bisa jalan jalan ujarnya..

Awalnya berangkat itu mau hari Selasa, tapi paginya KBY dapat pesan dari Penguasa Rider Spot (kalau kata Mbah Sattar sih gitu wkwkwk) buat mampir sebelum turing mudik pake XMax.. sooo ga mungkin dong mampir ke sono cuma sebentar doang, benar aja, berjam jam ngobrol di sana, kalau berangkat pasti udah terlalu sore, sampai sana malam, males aahhh..

OUTFIT TURING MUDIK LEBARAN

Akhirnya KBY jalan di hari lebaran, hari Rabu, semuanya udah siap.. Deku insya Alloh sehat buat digeber jalan jauh, dari kaki kaki, mesin hingga pengereman sudah ready to go lah.. Begitu juga dengan outfitnya.. Apa saja? Ini dia..

  • Helm MT Helmets tipe Jarama 2023 warna Baux – hijau selaras dengan Deku
  • Jaket Yellowcorn model apa ya nyebutnya yang kaya gini, pokoknya bukan model sport/racy lah.. lebih pas dipakai untuk Vespa atau skutik maxi gini.. cocookkk
  • Yellowcorn Man Sleeve plus protector siku
  • Jeans dari RRMF dengan Knee Protector
  • Sepatu riding boot lawas sejak 2019 dari TCX Mood Gore Tex
  • Glove Yellowcorn
  • Tail Bag Skymotosport sejak 2016

JALUR MUDIK

Dari dulu kalau sendirian sebenarnya gak pernah suka lewat Bogor, Puncak, Cianjur.. pasalnya pas sudah di ujung alias Padalarang Cimahi, itu macetnya gada obeng karena bukan bengkel.. Males dari Cimahi ke Kotanya alias Dago dan Cigadung, berasa lebih jauh karena macet.

Jadi enakan lewat Bekasi, Karawang, Cikampek, Purwakarta, Sadang, Subang, Ciater,  Lembang.. turun udah ke Setia Budi, Pasar Dago, Tubagus Ismail, Cigadung deh … mana rute di Ciater sampai Lembang asik, sejuk..

GARMIN MAP XMAX CONNECTED 2023

Nah karena Yamaha XMax Connected itu sudah ada peta Garmin dedicated, jadi asik dong kita manfaatin fiturnya secara maksimal. Sayangnya ada yang kocak nih wkwkkw.. Yaitu kepedean langsung masukkin alamat Jalan Cigadung Wetan di aplikasi Garmin di HP. Sekilas sih terlihat si Peta mengarahkan lewat Jonggol yang tembus Cianjur.. Ah cuekkin aja nanti juga menyesuaikan di tengah jalan.

Lewat Bekasi, sampai situ mah dah yakin apal.. Begitu lewat perempatan besar agak bingung, lurus apa kanan, setau KBY sih lurus terus menuju Cikarang dan Karawang nantinya.. Lihat Peta nyuruh ke kanan, ah abaikan, pokoknya terus lurus aja.. hingga sampai mana KBY lupa, mulai bingung lagi.. akhirnya berbekal keyakinan si peta XMax Connected 2023 sudah menyesuaikan, diputuskan ikut arahan..

Putar balik, belok, kiri, kanan, lurus.. hingga kurang lebih 10 kilometer KBY sudah mulai curiga, soalnya kok marka jalan menunjukkan Cibarusah.. ini jangan jangan KBY diputerin tetap harus lewat Jonggol.. Akhirnya buka Google Map, benar juga, tetap keukeuh gw kudu lewat Jonggol dong.. wowkwokwok.. orang ogah lewat Cianjur kok dipaksa..

Akhirnya pilih stop rute, dan masukkan alamat baru di HP, kali ini pilihannya Karawang.. Nah baru deh diarahin ke sana.. dan tau gak, puter balik lagi dong wowkowowk.. Kampreettt ada kali 30-45 menit mah habis muter muter doang .. Tapi harus diakui, yang salah itu KBY, Map XMax 2023 si Garmin hanya memberikan rute tercepat..

SHORT CUT

Setelah lancar tiba di perempatan Sadang, foto foto dulu dong Jepret.. perempatan Legend nih wkwkwkwk.. Kaya wajib berhenti dan foto dulu gitu..

sampai di Sadang, cekrek upload dulu ahhh

Tiba di Jati Mulya mampir di Masjid, sekalian aja lurusin kaki dulu, sebat, minum dan shalat, karena kebetulan dari rumah sebelum Zuhur, jadi di-jama aja sama Ashar sekalian.. Alhamdulillah.. nikmaaattt.. dari situ lanjut. Masih mengandalkan peta, sengaja ingin tau dibawa kemana nih KBY sama si Garmin yang ada di Yamaha Xmax 2023 connected.

mudik pake Xmax connected

Sampai satu pertigaan masih di daerah Sadang menuju Subang, map menyuruh belok kanan, ikutin aja deh.. di situ sudah mulai mendung.. 10 menit kemudian turun hujan.. Berhenti dulu pakai Jas Hujan. Ternyata jalannya lewat Situ Wanayasa lads.. kena hujan sekitar 15 menit dan berhenti.. Sama Garmin, Deku Xmax dibawa melintasi pedesaan.. asik sih.. hingga satu titik ada spot cantik.. Berhenti dulu dong, jepret hehe..

mudik pake Xmax connected mudik pake Xmax connected mudik pake Xmax connected mudik pake Xmax connected mudik pake Xmax connected mudik pake Xmax connected Ikuti jalan terus, cukup kecil dan pas pasan untuk dua mobil ya.. jalanannya campur, ada yang jelek dan ada yang mulus. Tapi mayoritasnya sih bagus ya, suspensi Profender X Series yang sudah terpasang di si Deku Xmax 2023 ini terbukti sangat maknyusss kinerja, kestabilan dan kenyamanannya.. Ditambah joknya sudah KBY ganti kan pake Latex.. ah pokoknya perjalanan gada lelahnya…

Ternyata tembusannya itu di Ciater.. waaahh udah motong banyak juga ternyata ya, gak lewat Subang kota.. Ya sudah lanjutttt.. Tanjakan Ciater menuju Gunung Tangkuban Parahu seperti gada apa-apanya untuk Xmax 250cc ini.. gas terus tanpa susah payah.. enteng banget buat ngelibas tanjakan panjang ini.. Apalagi kirian sudah dimodif dan knapot pakai Akrapovic Slovenia.. makin mantap aja..

Tikungan panjang sambil nanjak juga alhamdulillah ecesss.. perpaduan shock Profender X Series, ban Pirelli Diablo Rosso Scooter dan tenaga mantap dari si Deku Xmax ini membuat tikungan jadi sangat menyenangkan, menantang dan dilalui dengan stabil tanpa kesulitan..

Bersambung Part II hehe..

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

7 KOMENTAR

  1. Kemaren idul adha jg mau mudik ke Cigadung awiligar cukangkawung naik WR ,tp pas ngicip dr Bekasi ke BSD balik Bekasi lg ampun sayah mah … Udah paling bener naik primajasa aja mudik mah 😂🤣😂🤣

  2. Solo touring emang mantap sih
    Bukan berarti kalo bareng keluarga gak enak
    Lbh ke bisa lebih banyak menikmati setiap kilometernya

    Dan kemarin lepas Idul Adha ane juga mudik ke Malang daerah bendungan Karangkates arah Blitar dr Surabaya naek Aerox Connected
    Dan krn ane tipikal yg lbh enjoy di perjalanan bukan sampe di tujuan ya gk krasa capek krn brgkat pagi juga sih

    Padahal itungannya ergonominya agak tegak dan konsumsi bbmnya isi Shell V Power full tank 5.5 L sampe lokasi msh ada 2 strip jarak kurleb 130 km an

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini