Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Akhirnyaaaa lads, sang pemilik maxi skutik bermesin 250cc yang kemarin hadir di artikel KBY berkenan menjawab pertanyaan seputar Honda Spazio yang dimilikinya. Mengapa KBY tertarik dengan skutik bongsor yang punya nama lain Helix dan Fusion ini? Ya karena kepo kepengen tau alasan dibalik pemilik menebus motor yang desainnya jauh dari selera kebanyakan konsumen Indonesia ini.. Kuy simak penuturan mang Rey yang bersemangat dalam menceritakan motor miliknya ini, termasuk apa sih yang bikin capek?..

Sebelum lads menyimak isi artikel ini sampai habis, ada baiknya asal usul singkat tentang mbahnya Honda Spacy dan Honda Forza ini dibaca terlebih dahulu, biar enak dan nyambung loh.. berikut link-nya:

Semua bermula saat KBY di DM via instagram oleh follower, dia bilang ketemu motor unik yang sering terlihat parkir di BEC, ini fotonya di bawah.. Nah sekarang kita baca deh kisah sang pemilik mendapatkan Honda Fusion miliknya, cekidot.

KISAH HONDA FUSION 250 INDONESIA

Seperti yang dituturkan oleh Mang Rey juragan @jayalawas asal Bandung melalui email dalam merespon pertanyaan KBY, berikut hasil jawabannya (diedit agar lebih mantap dibaca)

  1. Kapan pertama kali membeli Honda Fusion tersebut?

Tepatnya sudah lupa, pertama beli mgkin tahun 2014-2015

2. Alasan meminang Honda Fusion?

Awalnya ga niat beli, tapi saya liat spec motor ini lumayan, ini motor enak diajak touring jika melihat spec sumbu roda depan dan belakang, dan suspensi. Sudah kebayang handling pasti enak, liat spec unik juga liat panjangnya serta besar bodi kebawah, bukan keatas kaya matic-matic 250cc yg beredar di sini.

Honda Fusion 250cc build up Japan, kalo eropa namanya honda Helix, and italy honda spazio, semua model sama, hanya beda nama saja.

3. Bisa diceritakan bagaimana mendapatkan unit tersebut?

Dapat dari seseorang dari Jakarta, kebetulan masukin mobil ada space (ruang) buat honda Fusion ini, jadi langsung angkut sekalian.

4. Berkenan membocorkan harga saat menebusnya?

Waktu dapat menurut saya harganya murah, yaitu 35jt, kosong, NP (No Paper), ga terlalu mahal karena nyelip ikut bawa mobil 1 kontainer.

5. Kesan unik saat pertama kali riding Honda Fusion?

Pertama pakai ni motor agak cape, cape ngejawab pertanyaan rider sebelah saat di lampu merah. Selalu saja ditanya motor apa, tahun berapa, dan berapa cc…hehe. (Wah ternyata ini toh yang dimaksud bikin cape wkwkwk – red).

6. Bagaimana dengan perawatannya?

Perawatan agak sulit di spare part, harus indent, mau aplikasi part motor yang beredar di sini ternyata berbeda, tapi buat saya aman saja sih karena saya main motor tua, jadi ya wajar, namanya cari part yang sulit ya harus santay hehe..

7. Saat pertama kali dapat unit, langsung siap pakai atau restorasi dulu?

Pertama dapat langsung dipakai , berhubung dapat bekas, Honda fusion saya ini rakitan 2006, jadi di saya pakai terus selama 2 tahun, baru kemudian ada kerusakan tapi ga berat, seperti kabel speedo putus, rotak bensin, master rem dan ban aus, motor tua, jadi wajar hehe..

8. Biasanya bagaimana cara mendapatkan part Honda Spazio ini?

Cari part di eropa ada, biasa lewat ebay atau web helix parts. Semua sama, mau fusion, spazio, helix, tinggal cari nya harus sesuai tahun saja. Beda tahun beda juga soket kabelnya soalnya.

FAVORIT SANG ISTRI!

Yang istimewa, menurut mang Rey, motor ini menjadi favorit sang istri untuk riding jarak jauh, karena kalau turing pake si Honda Fusion 250 ini, nyonya pasti ingin ikut! Pasalnya menurut istri mang Rey, kalau bepergian naik motor 250cc ini nyaman punya! Weleh pantesan jadi favorit nyonya ya!

Untuk rute terjauh yang pernah diarungi mang Rey bersama Honda Fusion alias Spazio ini adalah ke Pangandaran, sementara untuk short turing, dari Bandung ke Subang sih sering, jawabnya. Soal kenyamanan gada persamaan dengan skutik yang beredar di sini.. Sumpah jadi penasaran nih KBY wkwkkw..

KUALITAS MATERIAL ADUHAI!

Sebagai penutup, tanpa ditanya, Mang Rey menjelaskan.. “Pengen cerita sedikit, saya juga main moge, wajar mahal dikit material bagus. Nah menurut saya si Honda Fusion ini bukan moge tapi kualitas materialnya oke banget! Contoh, posisi radiatornya ada di depan, tapi jalur ke belakang itu melewati sasis, bukan pipa atau selang seperti pada umumnya! Berarti sasisnya terbuat dari bahan apa coba.. haha..” tutupnya..

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

14 KOMENTAR

  1. knp wajah istri nya di blur …. eh
    lgi ngomongin motor ya …. lupa saya mang
    btw ga ada nopol depan … apakah aman dari polkis

  2. Numpang tanya bang misal kita beli ( import ) motor kondisi no paper
    Misal mau dipakai di jalan , misal mau dilengkapi paper nya itu apa bisa mang, atau gimana urusnnya

  3. yakinnn … sasis nya terbuat dari kue Odading Mang Oleh yg bisa bikin sasis terasa ala Ironmennn

    #anjiiimmm

  4. Kebetulan saya kerja di PT samudera Indonesia Belawan Sumut.. urusan export import yg kapal perna di bajak Somalia…

    Sekedar info,, kendaraan bekas yg masuk ke Indonesia… Tidak bisa di urus surat ” nya… Sampai mampus Ya NP.. tapi kalo sampean petinggi bea cukai lain cerita 🤭🤭

    Krn dokumen , Rata rata yg kami angkut dari luar negeri masuk ke Indonesia soal kendaraan bekas .. dokumen masuk di sparepart bekas … Jadi mau sampai mampus pun gak bisa bikin jadi full paper… Krn maen nya pasti ke bea cukai, keluar suratnya baru bisa ajukan penerbitan surat kendaraan . Sedangkan peraturannya kendaraan bekas masuk ke Indonesia tak bisa di urus surat suratnya. Beda dengan kendaraan baru…
    Makannya di Belawan Sumut , ada penjagalan kendaraan bekas dari luar negeri ,, Lamborgini aja ada di bela

  5. Naik motor NP wani wara-wiri Bandung-Lembang-Subang ?
    Hmmm..pasti abang ini punya temen ironmen 😂😂

  6. pasti rangkanya paralon ya bang, kan bisa mengalir sampai jauh airnya , aer radiator maksodnya..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..