Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Sudah lama yak KBY gak bikin artikel review motor, mohon maaf sibuk di bengkel KBY Garage nih, yang belum mampir servis atau modif silakan ya hehe.. Nah kebetulan belum lama ini KBY sudah menghabiskan waktu bersama motor on-off dari Kawasaki, review KLX 230SM SE 2023 yang KBY gunakan sebagai tunggangan harian. Menempuh jarak hampir 200 kilometer selama digunakan, apa sih kekurangan dan kelebihan motor yang disebut Kawasaki sebagai SuperMotard yang dirasakan? Biar gak pinisirin geber dulu kuy.

KLX 230 SM SE dirilis berbarengan dengan model yang biasa alias umum, yaitu motocross, tentu saja namanya tanpa embel embel SM. SM di sini bisa supermoto tapi Kawasaki sendiri menyebutkan sebagai Supermotard lads.. Nah kepanjangan SE sendiri merupakan Special Edition, alias warna khusus lah, cuma satu satunya warna ini. Jadi bisa dianggap benar benar spesial.

Kawasaki KLX 230 2022 SE
230SE
Kawasaki KLX 230 2022
KLX 230SM
Kawasaki KLX 230 2022
model SM

Baru! Kawasaki KLX 230 2022, Ada Model SuperMoto Segini Harganya

REVIEW KLX 230SM SE

Unit ini bukanlah pengganti dari D-Tracker 250, karena ada produk dengan nama baru D-Tracker X yang sama sama menghela mesin 250cc, dan meski KBY menyebut KLX230 SM 2023, namun pada dasarnya unit ini tidak ada perbedaan dengan versi 2022 yang dirilis pada bulan Juni tahun kemarin tersebut. Sebagai informasi, versi SE memiliki perbedaan dengan tipe SM sebagai berikut:

  • Pelindung tangan (hand guard)
  • Stang tipe besar
  • Velg Alumit Gold
  • Shock USD gold
  • Pelindung frame dan skid plate
  • Warna dan grafis spesial edition

Yak lebih ke aksesoris aja. Tapi untuk ketinggian tempat duduk, antara S dengan SM ada perbedaan 15mm, S lebih rendah yaitu 830mm sementara SM maupun SM SE sama sama 845mm.. ya beda 1.5cm aja.. Apakah jinjit balet kang?

Kawasaki KLX 230 2022

DESAIN

Untuk desain KBY gakan bahas banyak, karena pada dasarnya motor jenis on-off, dual purpose atau cross gini ya dari tahun ke tahun begini begini aja, mau merek apapun, akan terlihat sama, khas.. jadi ya gitu deh hehe..

KLX 230SM SE

Hanya saja, karena review KLX 230SM SE 2023 ini merupakan tipe yang Special Edition (SE), jadi lebih terlihat lebih ekslusif aja dengan warna hitam garang dilabur padu padan warna emas dari Upside Down hingga Velg..

Selain itu, kode SM yang kepanjangan dari Super Motard memiliki penampilan khusus tak seperti saudaranya yang cross banget.. Yang terlihat jelas adalah tipe ban.. Yang sayang sekali Kawasaki memberikan ban yang benar benar aspal oriented, apalagi kalau bukan si Road Loser eh Winner..

Kawasaki KLX 230 2022

Andai diberikan tipe dual purpose seperti milik ADV ataupun Aprilia SR GT misalnya, pasti akan lebih ciamik lagi, tak hanya tampilan tapi juga grip-nya yang bisa kemana mana.. Tapi sisi positifnya, pemiliknya pasti akan langsung ganti sih, soalnya gakan kepake kalau KBY mah.. wkwkwk..

KLX 230SM SE KLX 230SM SE

ERGONOMI

Lagi, pada dasarnya mirip antara merek satu atau produk satu dengan yang lainnya, sama sama tegak, sama sama punya jok yang khas yaitu kecil/ sempit dan panjang dengan porsi depan lebih banyak hingga menutupi tangki.. Begitu juga dengan KLX 230SM SE ini.. Jadi tidak ada isu dari sisi ini, tegak dan cenderung santai.

KLX 230SM SE

Bagaimana dengan kaki? Dengan Tinggi Badan 165cm selama menggunakan alas kaki yang proper, sepatu atau sendal dengan tapak cukup tebal, maka semuanya masih aman. Saat menggunakan sepatu, kedua ujung kaki masih menekuk sekitar 1/4 lebih.. Cekidot video di bawah ini.

Review KLX 230SM – TENAGA

Ini dia yang mantap… informasi dari Kawasaki Indonesia, model ini memiliki keunggulan spesifikasi teknis sbb:

Motor trail dengan kapasitas mesin 233cc ini, memiliki tiga fitur utama, yaitu tenaga yang lebih stabil, rugged chassis dan high-performance capability. Jantung teknisnya menggendong transmisi enam-percepatan. Dibekali silinder tunggal dengan dual katup, membuat motor itu mampu menghasilkan tenaga 18,7 HP, serta torsi maksimum 19,8 Nm.

Dibekali mesin injeksi berpendingin udara ke dalam rangka perimeter yang kompak, KLX230SM menawarkan motor supermoto kuat, ringan, dan mudah bermanuver di dalam kota. Tenaga kedua sepeda motor ini juga disebutkan lebih stabil, membuat KLX230S dan KLX230SM memiliki torsi rentang rendah hingga menengah yang mudah dikendarai. Sementara desain two-valve SOHC-nya yang simple namun tangguh, serta perawatan yang mudah membuat motor ini sangat cocok untuk dikendarai.

AKSELERASI KUAT!

Dan klaimnya dapat dikatakan tepat! Dari mesin “jadul” 230cc ini torsinya sangat sangat melimpah! Namun tetap controllable dan tidak menyendat.. Akselerasinya khas mesin 1 silinder dengan kubikasi di atas 200cc.. sangat kuat, kalau iseng, KLX 230SM SE ini bisa dengan mudah melakukan wheelie hingga di gigi 2 sekalipun.

review KLX 230SM SE

Meski cukup terasa namun getarannya dapat dikatakan minim, dan juga khas motor trek, setingan giginya pendek pendek, terutama gigi 1 dan 2.. gigi 3 lumayan panjang, kemudian dari gigi 4 hingga top gear (6) terasa panjang memadai.. gigi 6-nya juga tidak diset up sebagai over drive.

Torsi yang meledak ledak ini juga membuat KLX 230SM SE terasa anteng bermain di gigi berapapun.. siap ngegas bahkan jika lagi santai di gigi 4 atau 5 pun, tinggal puntir gas maka motor akan melesat… Mantap sih memang khas 1 silinder yak..

LINCAH & STABIL

Sasis perimeternya juga terasa ciamik, cukup kaku, stabil namun sekaligus lincah dalam bermanuver dan meliak liuk di antara kendaraan lain. Digeber di atas 100km/jam pun motor jangkung ini tetap standby dan stabil di jalurnya. Hanya grip ban saja yang mengurangi kemantapannya di kecepatan tinggi..

Kestabilan tersebut juga didapat berkat setingan suspensi yang tepat dan pas, Suspensi USD yang disetting berorientasi aspal jalanan dengan pegas yang lebih kaku dan travel yang lebih sedikit dibandingkan suspensi long-travel KLX230S (depan: 204mm & belakang: 168mm). Pengaturan yang lebih kaku menawarkan ketenangan yang lebih besar (bagian depan menukik lebih sedikit dibanding KLX230S saat terjadi pengereman) dan itu terbukti.

KENYAMANAN

Suspensinya terasa firm, tapi sebenarnya pas, dan shock belakang bisa disetel preload-nya ke yang lebih rendah – empuk. Yang mengurangi kenyamannya adalah tipikal motor cross dual purpose yaitu jok yang tipis dan kecil. Hal ini kerap ditemui pada jenis motor yang sama, jadi bukan ada di KLX 230SM SE ini aja..

Begitu juga untuk pembonceng, pada dasarnya motor jenis ini bukan untuk boncengan sih, dari ukuran joknya saja sebenarnya sudah kelihatan wkwkw.. Tapi ga tau kenapa ukhti demen banget dibonceng beginian yak.. apa karena terasa lebih intim.. uhuk!

Untuk pengereman sangat baik, rem depan mampu dengan responsif dan cekatan sigap menahan laju sang motor.. Nice!!

KESIMPULAN REVIEW KLX 230SM SE 2023

Beberapa kekurangan dan keunggulannya sudah disebut di paragrap atas, tapi secara brief ini dia kekurangan dan kelebihan dari motor supermotard Kawasaki 230SM..

Kelebihan:

  • Tenaga yang besar
  • Akselerasi yang kuat
  • Stabil
  • Lincah
  • Cukup irit, bermain di angka 34km/liter

Kekurangan:

  • Harga bisa lebih murah
  • Mesin terkesan konvensional
  • Kabel rem depan menghalangi pandangan speedometer
  • Grip ban standar

Kawasaki KLX 230SM SE yang KBY gunakan ini dijual oleh Kawasaki Indonesia seharga Rp 56.7 juta.. Sebenarnya tidak terlalu mahal, tapi kalau sudah ngomongin fitur ya motor kaya gini bisa dibilang gada fitur gimmick-nya hehe.. Andai bisa bermain di 50-51 juta untuk tipe ini sepertinya lebih ajib ya..artinya varian di bawahnya bisa lebih murah lagi.

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

7 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini