bagasi avanza veloz 2022

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Meski masih jadi misteri alasan Toyota kali ini memisahkan nama antara Avanza dengan Veloz, namun mengingat masih keluar dari satu rahim, maka sosoknya ya banyak persamaan dan kemiripan dong. Tapi bagaimana dengan perbedaannya? Sebanyak dan sejauh apa? Setelah tahu yang berbeda pada bagian eksteriornya pada artikel artikel terdahulu, kini giliran ngintip dashboard dan interior dari Toyota Avanza 2022 dan Toyota Veloz 2022, apa iya material plastiknya mirip Raize dan Rocky?

Belum habis juga Toyota (dan Daihatsu pastinya) melakukan kampanye terselubung akan calon mobil terbarunya yang sudah menjadi rahasia umum. Meski baru akan diperkenalkan secara resmi di ajang pameran otomotif GIIAS 2021 mendatang, namun kita sudah bisa melihat potongan potongan video maupun foto terkait Toyota Avanza dan Veloz 2022 serta Daihatsu Xenia 2022.

Daihatsu Xenia FWD 2022, Avanza Ternyata Gak Sendirian!

Kali ini lads, yang akan kita bahas adalah bagian interior dari produk Toyota, yaitu Avanza FWD 2022 serta saudaranya Veloz 2022 terbaru, sementara untuk Xenia tidak akan berbeda dengan Avanza, palingan perbedaan ada di bagian lapisan door trim saja, jadi bisa kita abaikan lah ya sementara ini Xenia 2022.

Heboh Sosok Toyota Avanza 2022 Dan Xenia Yang Lebih Ganteng Dari Veloz!

Kita bahas interior dan dashboard milik Avanza dulu, yang sayangnya KBY hanya menemukan sedikit, lebih banyak Veloz. Tapi gapapa yes.. Here we go.

veloz 2022

INTERIOR DAN DASHBOARD AVANZA 2022

Jelas berubah total dan signifikan, jika dibandingkan yang lawas. Bagi yang suka neat alias mulus rapi mungkin akan sedikit kecewa karena Toyota memberikan dashboard model berlipat dan bertingkat serta banyak lekukan. KBY gada komplen sebelah sini, karena kalau lurus doang kok so yesterday dan membosankan.

Posisi monitor atau head unit persis seperti pada Raize (lihat foto bawah), kisi kisi AC tengah juga ada kemiripan, termasuk penempatan tombol lampu Hazard yang berada di tengah, diapit ventilasi ac kiri kanan. Hanya saja kalau panel milik Raize seperti terpisah dari garis dashboard, Avanza ini tidak.

Panel AC digital Avanza juga menyatu dengan rumah transmisi, hanya saja terlihat pada foto arahnya benar benar ke tengah, sementara Raize cenderung miring ke arah driver, singkatnya, driver oriented.

Perkara material plastik yang menempel di kabin depan, jika hanya melihat pada foto semata, terlihat sama dengan versi lama, yang mana menurut KBY cukup baik, tapi bisa saja selevel dengan Raize, yang setelah dilihat memang terkesan murahan atau cheapy. Soal ini harus melihat langsung, seeing is believing hehe.

Geser sedikit ke belakang, kita lihat dari sisi baris kedua alias di tengah. Nah dari sini jelas keliatan yang berbeda dari Veloz, lihat ke atap, tidak ada yang namanya Roof Monitor. Terlihat selain kisi kisi AC di atap yang modelnya seperti air flow Calya Sigra juga pengoperasian on-off nya keren, model rotary, keknya KBY baru liat model ini nih. Masa iya sensor asap wkwkkw..

INTERIOR DAN DASHBOARD TOYOTA VELOZ 2022

Selesai sudah bagian dari Toyota Avanza terbaru, sekarang kita beralih ke Toyota Veloz 2022 terbaru yang foto fotonya beredar lebih banyak. Sudah siap?

Toyota Avanza 2022 Terbaru dan Veloz, Fiturnya Bikin Kompetitor Melongo!

Langsung ke foto pertama di bawah, meski identik dari sisi desain dengan Avanza, namun  terlihat bahwa panel AC terlapisi oleh plastik mewah yang kerap disebut sebagai material black piano, berkilau dan elegan. Panel plastik berkilau tersebut juga hadir pada cover transmisi hingga tombol parkir electronic dan HOLD. Oh ya harus beda dong, kan dah pisah ranjang ceritanya wkwkkw..

dashboard veloz 2022

Dari foto di atas juga terlihat ada kantung wireless charging yang terpotong, persis di belakang tombol electronic parking brake. Nah kolom pergerakan transmisi juga berbeda di Veloz lads, silakan lihat lagi ke atas untuk Avanza, di Veloz 2022 ini tidak membentuk huruf L terbalik, lurus lurus aja. Untuk panel soft pad nya sepertinya ada pada bagian yang terdapat emblem dengan warna putih/ivory.

Masih di bagian depan, sebelah kanan di bawah AC ada kotak yang KBY masih bingung, mungkin lads malah lebih tau, apakah cup holder atau tempat uang koin receh dengan tutup? Dari sisi ini juga kita jadi lebih tau bahwa panel dan rumah speedometer Avanza, Veloz dan Xenia itu berbagi dengan Raize-Rocky. Apakah termasuk fitur di dalamnya?

dashboard veloz 2022

Daaan ternyata yes, sama dengan milik Raize lads, hanya opening welcome-nya saja yang berbeda dan default penampakan saat pertama kali mesin On. Terlihat pada foto di bawah ada Driving Mode 2 tahap, ECO dan POWER. Sayang dari sini pun kita bisa melihat tipe Veloz ini belum ada cruise controlnya, apakah ada di versi TSS tertinggi? Mungkin ya.

Fitur Bejibun Toyota Raize GR Sport Toyota Safety Sense, Bikin Ngiler!

 

Geser ke belakang, nah di atap baru deh terlihat langsung perbedaannya di Veloz ini. Ada roof monitor lads. Sementara bagian lainnya juga sama. Untuk bungkus jok terlihat beda dengan bagian belakang supir terdapat dua kantung kecil dan besar.

fitur toyota avanza veloz

Sekarang kita menuju ke bagian paling belakang alias bagasi. Kebetulan fotonya semua bangku sedang dalam kondisi dilipat. Berbeda jelas dengan versi sebelumnya yang karena ada bonggol besi gardan, pelipatan bangku paling belakang pun tidak bisa lipat rata lantai. Kini Avanza dan Veloz 2022 yang sudah FWD bisa melakukan pelipatan jok rata lantai, mantap! Meskipun ga rata rata amat sih, tapi lebih baik dari Ertiga yang baris keduanya gak bisa dilipat sama sekali, hanya dimajukan.

bagasi avanza veloz 2022

Masih ada satu rahasia yang belum terungkap, yaitu ada apa di bawah lantai bagasi ujung? Kayaknya sih pasti ban serep wkwkkw.. Apakah ada dua lantai seperti halnya Raize Rocky? Nah ini yang kudu dicari tau.

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

24 KOMENTAR

      • Betul bang , tapi sebelum itu…kue rush bisa tetap rusak , kecuali tahun 2022 harga rush semua tipe berada diatas new avanXen semua tipe juga .
        Bakal ajaib jika new AvanXen hadir dengan New , tapi naik hanya 3 jt ….hancur persilatan mobil 😂

    • Kayaknya pembeli rush udah punya segment sendiri. Stidaknya Masih bisa jualan RWD…

  1. Bermanfaat Kang,
    Suwun……
    Harga second e berapa Kang? hahaha

    Karena sudah betebaran, kayaknya ini bocor alus yang dibocorkan ya Kang? hehe
    Tidak “ditutup rapat-rapat di zona merah dengan garis police” hehe

  2. Avanza n xenia tetep 4 wheels disc bake?
    Apa hanya veloz aja?
    Xenia facianya sporty bgt cakep d banding veloz n avanza malahan
    Mudah2an smw varian 4 wheels discbrake
    N telescopic steering juga lah, jangan mw kalah sama xpander
    NVH nya jga d improvelah, kalau bs ajdi yg paling hneing d kelasnya
    Nah kalau udh bgini tgl yg lain ikutan aja
    Kalau BQ sih gw yakin suzuki msh bertaji, dulu punya ertiga lawas jga mantab lah BQ nya, waktu pertama kali keluar mobilio sempet tertarik, eladalah pas masuk interior, acak kadut bgt, kyk mainan lote, msh ada sisa castingan plastik yg gak d trim, paraah bgt, jdi illfil makanyalari k ertiga, lbh nyamna n hneing jga ternyata

    • Kayanya ini improvmen banyak dr yg lama soal keheningan dan kenyamanan… Malah bisa2 lebih nyaman dr merk lain yg sdh ada di pasaran

        • Kalau road noise sih, monokok msh kalah d banding ladder frame, atau monokok yg pke subframe di bagian undercarriage nya, soalnya kalau monokok biasa, suspensi langsung bolt on ke sasis jadinya road noise bakal kedengeran parah, mw pasang peredam pun gak ngaruh banyak

  3. Kl liat di foto, pilar C nya kayak lurus ya… Tp pas liat di tiktok, kayak turun macam calya sigra.

  4. Untuk konteks Indonesia, bagaimanapun MPV sasis (semi) ladder frame RWD mutlak lebih unggul daripada MPV monokok FWD.. ingat kepenjangan dari MPV: Multi Purpose Vehicle alias Kendaraan Serbaguna.. bagi masyarakat Indonesia MVP benar-benar dipakai untuk segala hal: angkut banyak penumpang dengan relatif aman&nyaman, angkut barang, menjelajah pelosok dengan berbagai kondisi jalan.. jelas RWD ladder frame lebih dapat memenuhi kebutuhan itu daripada FWD monokok.

    lantas kenapa Avanza jadi FWD monokok? Jawabannya satu: regulasi PPNBM berdasar emisi yang sedianya mulai berlaku Oktober 2021 ini…namun mengigat pandemi covid ada diskon 100% PPNBM hingga Desember 2021, aturan itu baru akan efektif diterapkan pads 2022…ingat ya sekali lagi kata kuncinya: EMISI

    Mobil dengan PLATFORM sasis (semi) ladderframe plus RWD jelas bakal ketetaran dengan adanya regulasi emisi itu…dibuatlah avanza dari basis raize/rocky dengan PLATFORM sasis monokok yg lebih ringan plus FWD plus turbo plus ISS plus CVT… semua itu pada pokoknya adalah untuk menekan EMISI

    jadi kalau ada yg bilang Avanza jadi FWD adalah bukti keunggulan FWD, itu salah kaprah.. sekali lagi, untuk konteks Indonesia, RWD plus sasis (semi) ladderframe jelas lebih unggul secara fungsi.. idealnya Toyota/Daihatsu bikin RWD dengan tetap rendah emisi.. apakah bisa? jawabannya bisa,, tapi apakah bisa disetting dengan harga terjangkau? jawabannya amat sangat susah bahkan mustahil dan apabila dipaksakan skala keekonomiannya ga akan bisa tercapai…

    jadi ya begitu,,,akhirnya dipilihlah jalan ninja (maaf)”downgrade” dengan riasan tebal berupa gimmick2 fitur kekinian…

    tapi sebenarnya Toyota/Daihatsu ga perlu sebegitunya untuk menghadapi regulasi emisi…solusinya jelas kok: bikin mobil listrik (full Electric Vehicle)…bedakan dengan hybrid ya…hybrid itu seharusnya cuma stop gap (jembatan peralihan) dr mobil BBM ke mobil listrik tapi Toyota malah keenakan keterusan bikin hybrid tanpa bikin mobil listrik… sampai suatu ketika muncul Tesla, diikuti BYD, Wuling dll yang diam2 mengacaukan dunia persilatan… masalahnya Toyota bebal, dan justru tertangkap basah melobi pemerintah USA untuk memperlambat pengembangan mobil listrik..

    intinya, era mobil bahan bakar fosil sudah akan berakhir.. MPV yang ideal buat masyarakat Indonesia di masa depan adalah mobil listrik RWD, atau lebih baik lagi mobil liatrik 4×4,,MPV non-listrik RWD adalah pilihan terbaik kedua… bukan MPV FWD 3 silinder apalagi transmisi CVT… alamak

    maaf jika berpanjang lebar. semoga bermanfaat.

  5. Fix,
    ini momentum Wuling dengan Confero’nya untuk ambil alih market LMPV luar Jawa khususnya , karna orang2 di Pulau Jawa pedalaman pasti bakal berburu Avxen second ,
    Kalo FWD apa bedanya sama yg lain,,,
    wkwkwkwk ,,
    Kalo saya pribadi mau beli baru ea mending ngambil New BRV , dapet gengsinya juara F1 2021 lho’ ,,,
    wkwkwkwkwk lagi

Yuk Tinggalin Jejak Lads..