Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrrr… Daihatsu Terios facelift 2023 bisa jadi akan menjadi satu satunya LSUV (Low SUV) berpenggerak roda belakang (RWD) dalam beberapa tahun ke depan. Kenapa bisa jadi? Karena kembarannya, yaitu Toyota Rush sangat santer diberitakan akan meninggalkan penggerak legendaris tersebut dalam waktu dekat. So, apa saja yang berubah di versi facelift terbaru ini? Kemon gas kita kepoin bareng bareng lads.

Baru beberapa hari kemarin ini Daihatsu Indonesia memperkenalkan versi terbaru dari Low SUV andalan mereka, yaitu DAIHATSU TERIOS FACELIFT 2023. Namanya facelift, tentu sifatnya minor change, atau biasa dikenal dengan istilah MMC yaitu Minor model change.

DAIHATSU TERIOS FACELIFT 2023

Baik Toyota Rush maupun Daihatsu Terios sejatinya merupakan buatan asli Daihatsu, sesuai kebijakan dari sang pemilik yaitu Toyota Corps, mesin 1500cc ke bawah dan kelas menengah ke bawah segmen people carrier akan dibangun atau develop oleh Daihatsu, Toyota tinggal rebagde alias ganti emblem dan menyesuaikan spesifikasi serta fitur sesuai dengan keinginan mereka.

Nah yang unik, untuk kelas B Segmen atau biar ga bingung kita sebut aja langsung kelasnya, yaitu Low SUV – karena KBY juga masih suka bingung sih wkwkwk – Toyota mencoba melepaskan diri dari imej Daihatsu, so singkatnya, pabrikan berlogo tiga elips tersebut akan memiliki sendiri produknya, meski konon, rumornya yang bikin sih Daihatsu juga, tapi khusus Toyota, alias produk logo D itu gak boleh ikutan jualan juga wkwkkw..

Tapi rumor tetaplah rumor, yang jelas nantinya Toyota Rush akan punya penggerak anyar yaitu jadi FWD alias penggerak depan, yang artinya, meninggalkan Terios sendirian di kelas LSUV yang punya penggerak belakang atau Rear Wheel Drive – RWD.

BLESSING IN DISGUISE

Akan menjadi dua efek ke depannya, apakah dengan berjalan sendirian si Terios ini justru benar benar akan melenggang laris, atau justu malah kepayahan karena gak ditopang oleh nama Toyota pada Rush?? Kalau ternyata laris ya bagus dong..

Pasalnya, tanpa si Boss besar, pabrikan D ini punya brand image yang sebenarnya masih di bawah Suzuki.. meski keduanya pada dasarnya punya pasar yang sama. Jadi ketika Toyota punya ALL NEW RUSH atau apapun namanya nanti, apakah pecinta RWD akan tetap memilih Daihatsu, atau sebenarnya RWD asal Toyota? Kalau bukan Toyota gak apa apa FWD? Wallahu alam.

Daihatsu Terios facelift 2023

DESAIN

Jika dilihat hanya sekilas atau sekelebatan, bentuk fascia atau muka dari Daihatsu Terios Facelift 2023 ini seperti Honda BRV lawas.. Yah namanya juga sekilas kan.. Tapi begitu dilihat lebih dekat, ya gak mirip.. mungkin efek hidung yang lebih menghadap ke atas.. Kebetulan KBY sudah lihat langsung di PRJ kemarin Rabu..

Daihatsu Terios facelift 2023

Untuk efek “produk anyar”, jujur lumayan dapat, seakan akan dari depan Daihatsu Terios Facelift 2023 ini merupakan model All New… Sayangnya, kecuali bumper, tidak ada sentuhan apapun di sektor buritan, padahal kalau di jalanan itu yang paling sering terlihat kan bagian belakang ya..

Daihatsu Terios Facelift 2023 FITUR

Mungkin karena sudah diberikan kebebasan untuk tarung sendirian, Daihatsu pun memberikan beberapa fitur dan sentuhan anyar terutama di bagian interior.. Apa saja? Cekidot..

wireless charging
  • Sudah ada wireless charging mulai dari tipe X ADS
  • Panel soft pad pada tipe R Custom
  • Leather Combination seat (R Custom)
  • HU Smart Phone Connection (mulai tipe R)
  • 6 Airbags (KBY lupa ini peningkatan atau sama aja)
  • VSC, HSA, ABS EBD
  • Around View Monitor
  • Key Free Entry

fitur Daihatsu Terios facelift 2023

SPESIFIKASI

Tidak ada yang berubah dari sisi spesifikasi teknis mesin, masih menggunakan mesin lawas 1500cc 2NR-VE DOHC Dual VVT-i bertenaga 104PS dengan torsi 139Nm.

HARGA & VARIAN

Daihatsu adalah jagonya dalam memberikan varian, tipe dan pilihan yang luas bagi konsumennya, meskipun setiap tipenya memiliki perbedaan tipis tipis tapi rentang harganya jadi sangat luas untuk calon konsumen mereka.

Meski penamaan hanya ada dua, yaitu X dan R, tapi kedua tipe ini punya varian “sempalan” yang banyak banget dengan masing masing 5 pilihan sehingga totalnya ada 10 opsi! Ini dia pilihan dan harganya:

R AT CUSTOM MC Rp 303.250.000
R MT CUSTOM MC Rp 292.750.000
R AT ADS MC Rp 290.450.000
R AT MC Rp 280.450.000
R MT ADS MC Rp 279.950.000
R MT MC Rp 269.950.000
X AT ADS MC Rp 258.400.000
X AT MC Rp 246.450.000
X MT ADS MC Rp 248.000.000
X MT MC Rp 236.050.000

Oia untuk ADS di sini bukan merupakan system safety ya, tapi kepanjangan dari Astra Daihatsu Styling yang artinya sudah dilengkapi dengan aksesoris tambahan, baik di bagian interior maupun eksterior. Jadi lebih ke aksesoris aja.

Awas ya jangan ketukar dengan A.D.A.S (Advance Driving Assistant System) dimana Daihatsu punya A.S.A (Advance Safety Assist) yang hanya ada pada Daihatsu Rocky. Okey? Eh mang Okey itu mah wkwkwk..

So bagaimana menurut lads nih si Terios 2023 facelift ini terutama nanti tanpa kehadiran duet mautnya si Rush??

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

5 KOMENTAR

  1. Suwun beritane Kang K0bay,
    Melegakan sekali sudah ditayangkan.
    Mantul.

    Masih sibuk urus bengkel apa Kang? Kok artikel terhenti.

  2. Walah, ngono to.
    Sehat-sehat Kang, ojo kekeselen,
    (wah jan perhatian, koyo bojone wae perhatian, wakakaka)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini