MITSUBISHI MINICAB MIEV 2023
banner

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Tak lama lagi Indonesia akan ketambahan mobil kecil bertenaga baterai, singkatnya mobil listrik atau EV lads. Dan yang menariknya, bukan dari kubu Cina atau K-Pop alias Korea, tapi dari pabrikan Jepang!! Yak kabar ini bukanlah gosip, melainkan informasi resmi yang dirilis sendiri oleh pihak Mitsubishi Indonesia loh. Mitsubishi Minicab MIEV 2023 akan segera diproduksi dan tentunya dijual resmi di Indonesia!! Waaah menarik, kira kira fitur apa yang bakal diusung ya, dan harganya apakah bersaing dengan produk tirai bambu Wuling Air EV? Cekibrot…

MITSUBISHI MINICAB MIEV 2023

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memberikan kejutan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 lalu, dengan menghadirkan model Minicab-MiEV sebagai model kendaraan listrik (BEV) niaga ringan. Langkah tersebut akan mengukuhkan Mitsubishi Motors sebagai brand otomotif Jepang pertama yang memulai produksi lokal untuk BEV di Indonesia, sekaligus membuat Indonesia menjadi negara pertama di luar Jepang yang menjadi basis produksi mobil listrik kompak Mitsubishi Motors tersebut. Jadi siap-siap, Mitsubishi Minicab-MiEV segera diproduksi dan dijual di Indonesia!

“Untuk memenuhi permintaan EV yang terus meningkat di kawasan ASEAN, kami memutuskan untuk memproduksi kendaraan ini secara lokal di luar Jepang untuk pertama kalinya. Selain terus mendukung perkembangan industri otomotif Indonesia, kami berharap dapat berkontribusi pada inisiatif lingkungan negara,” ucap President and CEO Mitsubishi Motors Takao Kato, seperti dikutip dari automotiveworld.

Untuk memuluskan rencana tersebut, sebelumnya MMKSI sudah melakukan Proof of Concept (POC) Mitsubishi Minicab-MiEV di Indonesia. POC melibatkan beberapa perusahaan besar, untuk memanfaatkan fungsional mobil listrik Mitsubishi itu dalam mendukung operasi bisnis mereka. Di wilayah Jakarta studi bersama dilakukan dengan PT Pos Indonesia, PT Haleyora Power, Gojek sebagai bagian dari GoTo Group, dan DHL Supply Chain Indonesia. Sementara itu untuk area Bali telah dilakukan dalam agenda EV Joint Project untuk mendukung operasional salah satu perusahaan yang bergerak penunjang pariwisata yaitu Be Sanur.

Studi bersama yang telah dilakukan menunjukkan hasil yang memuaskan dalam kaitan untuk mendukung bisnis secara efektif dan efisien, sehingga Mitsubishi Motors akan segera siap untuk menginisiasi segmen pasar baru yang sangat berbeda untuk BEV komersial di Indonesia, tidak hanya untuk menjual, namun juga memproduksi mobil listrik model Minicab-MiEV di fasilitas produksi Mitsubishi Motors yang terletak di Karawang, Jawa Barat pada 2024 mendatang.

“Prioritas pertama adalah memproduksi mobil ini di Indonesia dan menjualnya ke konsumen di Indonesia,” ujar Naoya Nakamura selaku Presiden Direktur MMKSI. Artinya pemenuhan kebutuhan utama mobil listrik Mitsubishi Minicab-MiEV adalah untuk pasar tanah air.

DESAIN

MITSUBISHI MINICAB MIEV 2023

Minicab Miev tidak memiliki tampilan yang wow, namun karena bentuknya yang cukup kompak dan imut plus warna putih, kita seakan akan disuguhi Kei Car ala JDM. Sooo cukup menarik meski agak sulit jika tujuannya untuk flexing. Tentu saja yang KBY bahas adalah berdasarkan foto di atas ya.

Begitu juga dengan kabin di bagian depan atau area dashboard. Tidak seperti Wuling Air EV yang terkesan kekinian dan futuristis, panel dan bentuk dashboard mobil listrik kecil dari Mitsubishi ini tidak memiliki efek seperti itu. Seperti mobil (niaga) pada umumnya lah. Sekali lagi opini KBY berdasarkan foto di bawah ya.

MITSUBISHI MINICAB MIEV 2023Apabila Mitsubishi ingin dilirik banyak konsumen (tepatnya sih konsumen berduit yang sebenarnya gak peduli peduli amat sama Green Environment – yang penting punya duluan dan bisa flexing) maka setidaknya interior dan eksterior harus ada ubahan, tentu saja ditambah fitur gimmick yang menarik. Kecuali tujuannya buat fleet ya.

SPESIFIKASI MITSUBISHI MINICAB MIEV

Untuk diketahui, Mitsubishi Minicab-MiEV pertama kali diluncurkan Mitsubishi Motors pada Desember 2011 di Jepang. Pada saat itu, mobil tersebut menjadi satu-satunya mobil listrik komersial kelas Kei-car pabrikan Jepang pertama. Mitsubishi Minicab-MiEV dikembangkan dari generasi ke-6 keluarga Mitsubishi Minicab yang legendaris yang ada sejak 1966.

Mobil komersial ringan kecil (LCV) tersebut memiliki baterai lithium-ion sebesar 16-kWh yang dapat menempuh jarak sejauh maksimal hingga 150 kilometer dalam sekali pengecasan. Menariknya, durasi pengecasan baterai dari 0-80% bisa dilakukan antara 15-35 menit saja. Selain itu, mobil listrik ini digerakkan oleh motor listrik tunggal dengan daya maksimal 40 hp dengan torsi 196 Nm yang membuatnya terasa bertenaga.

HARGA??

Penempatan baterai Mitsubishi Minicab-MiEV terletak di bawah bagian tengah lantai sehingga komponen EV tidak memakan kapasitas kabin. Dengan demikian, mobil listrik ini akan tetap memiliki ruang kargo yang besar untuk mengangkut penumpang maupun barang. Makanya tak heran jika mobil listrik kompak Mitsubishi ini sangat disukai khalayak sampai saat ini. Jadi, kita tunggu saja kiprah Mitsubishi Minicab-MiEV lokal tak lama lagi! Prediksi KBY Mitsubishi Minicab MIEV 2023 ini seharusnya gak dijual lebih dari 130jt sih..

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

8 KOMENTAR

  1. cocok buat bikin usaha angkringan … sembari ngetem di tkp dan jualan, bisa sambil nge-cass baterai*)

    *) tapi nge-cass nya kemana yak heheheh

  2. Prediksi KBY Mitsubishi Minicab MIEV 2023 ini seharusnya gak dijual lebih dari 130jt sih…

    Nanti akan lebih mahal dari itu Kang.
    Karena ini adalah M1tsubishi,
    bukan Mit-Amit Jabang Bayi…..

  3. batere li-ion 72v 20ah 1,44 kwh untuk motor listrik saja sudah 9 jutaan. kalau miev itu baterenya setara dgn batere wuling ev 17,3 kwh itu artine minmal 130juta hanya untuk batere saja. harga mobilnya paling murah juga setara wuling ev, bahkan bisa lebih karena efek arogansi dan eksklusivitas brand Jepang.

  4. Apakah mungkin ada hidden agenda dibalik percaya diri nya diproduksi scara lokal ni model ya. Minicab ini versy piçk up diproduksi di taiwan dg merk lokal CMC veryca.

    Apakah mungkin nantinya minicab d sini jg ada versi pikap arau bahkan dg mesin ICE macam veryca sepagai penerus T120ss yg diskontinyu bbrp taun lalu.

    Juga akan menarik jika ada versi wagon 4 atau 6 siter dan baiknya jg ada versi ICE

    Dengan begitu sepertinya akan efisien untuk memproduksi minicab ini scara lokal dan mungkin itu susah dicapai bila hanya mngandalkan minicab EV doang…tp mungkin beda cerita jg bila untuk ekspor dan fokus d EV untuk model ini

    Dan apakah ada korelasi nya jg produksi model ini dengan pindah nya produksi L300 k filipin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini