Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrrr… Nama Toyota Avanza FWD makin ramai dibicarakan, terlebih pertanyaan terkait penggeraknya, Avanza terkenal tangguh di segala medan berkat penggerak roda belakang, lah kok sekarang malah jadi flamboyan ke FWD? Awalnya Daihatsu terkesan diam gak ikutan, namun ternyata Daihatsu Xenia FWD pun akan hadir mengiringi saudaranya. Apa alasannya? Bukannya Xenia akan tetap RWD seperti sebelumnya?

Terkait info Toyota Avanza FWD tanpa kehadiran Daihatsu Xenia FWD, silakan cekidot beberapa artikel terdahulu di bawah ini:

DAIHATSU XENIA FWD 2022

Kalau sudah baca link di atas, berarti tahu bahwa info di awal menyebutkan bahwa yang akan terkena pembaharuan total hanyalah Avanza dengan bertransformasi menjadi Avanza FWD, sementara untuk tetap “melayani” konsumen yang keukeuh ingin RWD, maka Daihatsu Xenia dibiarkan tanpa ubahan all out.

Daihatsu Xenia FWD
Desain Daihatsu Xenia FWD pastinya akan mirip juga

Jadi Daihatsu Xenia ceritanya akan menjadi pilihan satu satunya yang berpenggerak roda belakang di kelas LMPV Jepang karena saudaranya akan berubah menjadi front wheel drive. Tidak ada yang salah di sini, namanya juga strategi bisnis ya lads.

Namun beberapa waktu ke belakang, KBY dapat wangsit bahwa keputusan akhir adalah merubah keduanya, termasuk menjadi Daihatsu Xenia FWD! Lupa artikel ini tersimpan di draft dengan sangat rapi wkwkw.. Jadi seperti pasangan yang loyal, duo kembar ini akan seiya sekata sekali lagi sejak mereka lahir berbarengan lebih dari satu dasawarsa lalu, yaitu dengan menjadi duo FWD!

Terkait desain pastinya akan sama, dengan sedikit pembeda seperti emblem dan part minor misal grill maupun racikan bumper. Dan seperti biasanya, terkait fitur, Toyota pasti akan lebih banyak bertabur fitur lads, seperti TSS. Daihatsu sih punya ASA (Advance Safety System) yang tercakup di dalamnya adalah Pre Collision Brake dan Lane Departure Warning. Saat ini fitur tersebut ada di Daihatsu Rocky.

Jadi tebakan KBY adalah, baik Toyota maupun Daihatsu berencana memperkenalkan gerak roda depan (FWD) di produk baru mereka (Avanza dan Xenia FWD) secara masif ke masyarakat, menanamkan mindset terbalik, kalau dulu andalannya adalah jualan RWD, sekarang mungkin akan berkata FWD gak kalah juga hehe. Daripada single fighter, ada rekan seperjuangan kan lebih baik yes?

Dengan adanya keputusan Daihatsu Xenia ikutan menjadi FWD – gerak roda depan, maka kira kira apa dong andalan Astra di kelas LMPV untuk konsumen yang tetap mengabdikan dirinya untuk RWD? Hmmm kasih tau gak ya? nanti aja deh kalau udah mendekati rilis hehehe… So stay tune yes.

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

62 KOMENTAR

  1. pastinyah. kembar siem. mau brojol gen keberapa kalo dimasak / diuleknya barengan dari wajan yg sama pake cobek yg sama ya nongolnya sarua2 keneh hehe

  2. Gak mungkin itu saudara kembar idenrik koq
    Pasti ngikut 1 platform, kemungkinan pakai platform DNGA macam raize n rocky
    Pasti sama beda facia aja, n fitur, orang yg buat daihatsu koq, mesin tetep sama kyknya, atau toyota mw pake 1nr fe?
    Gak mungkin sih, yg bkin daihatsu koq. Pasti pake 1nr ve

  3. ada yang jilat ludah berjamaah mang, dulu sepander keluar yg nyinyirin tetap tangguh apanja menang RWD ( tahulah pansboy sikaleng kon ngguang). sekarang sesembahan nya ngikut FWD…. mampoosss.
    RWD dan FWD punya plus minus masing masing, tinggal nikmati aja gak usah mendewakan RWD atau FWD.
    Gue mah gak ambil pusing RWD atau FWD secara mau nikmatin RWD tinggal kluarin 4D56 turbo, mau make FWD tinggal panasin K14B

    • Ga ada yg jilat ludah sendiri.. para penggemar Avanza satupun ga ada yg pgn FWD. Itu jg jd alasan gua Milih Avanza dripda rivalnya krna avanza satu”nya RWD d indonesia. fWD ga kalah sama rwd klo nanjak? Sampai sekarang blom terbukti, yang test d youtube itu tanjakannya ga seberapa.. gua udh coba banyak Mobil dr yg 2wd 4 wd fwd rwd Awd dll.. smpe saat ini antara FWD ama RWD masih tetap Less Worry RWD krna bsa segala Medan. Udh pernah make dan liat orng pake mobil fwd Nanjak, parkir nanjak. Parkir nanjak pas Hujan atau jalanan nanjak Berbatu kerikil, pake fwd Susahnya Luar biasa dan lebih sering Muter di tempat bannya krna gripnya kurang pas nanjak.

      Klo Avanza xenia akhirnya jdi fwd, fix kgk ada Harapan lgi buat meminang avxen, mnding beli Innova Seken sekalian krna dia masih RWD.

      Secanggih”nya FWD tidak seenak dan tidak se nyaman dan tenang pake RWD.

  4. Dan tiba2 si RWD malah diwariskan ke calya – sigra si kaleng krupuk 🤭

    • Bisikannya sih ada .. tapi ragu nih, soalnya justru bakal ada pengganti CalSig… ultra lmpv.. pastinya agak Lebih kecil dan kayaknya gak mungkin rwd, harganya bisa naik…

    • Duid orang Indonesia mayoritas itu pas2an. Beli LCGC karena murah dan terjangkau. Irit BBM pulak. Klo masuk ke listrik gak bisa mudik jarak jauh.

    • Gw ga tau kenapa masih agak sarkas n reluctant sama moblis..

      Bukan gak suka teknologi sama mobilnya, tapi lebih ke persiapan di sini, gembar gembor Mulu tapi gak pernah didukung maksimal 🤣🤣

      Ga usah listrik deh, diesel itu sebenarnya lebih ramah lingkungan dan cuma hemat BBM… Kagak diurus bener juga kan?

      Di luar negeri itu mereka yang beli diesel dapat keringanan pajak loh.. insentif harga juga ..

      Coba kalau serius, mobil2 kecil di sini udah pada diesel keknya..

      • betul mang, tujuan orang Indonesia beli mobil terutama 250jt kebawah itu mayoritas buat mudik bukan buat gaya. klo mudik terus listrik mw habis apa mw ngantri di pom pengisian berjam2 bahkan bisa seharian? wong yg skrg aja ngisi bisa 2-3 jam 1 mobil. Lha klo mudik jutaan mobil keluar dr Jabodetabek mengarah keluar apa gak kelenger itu nungguin pom pengisian. blm lg pajaknya, mobil listrik dan hybrid cenderung lebih mahal drpd yg BBM. harusnya yg Hybrid dapat keringanan pajak.

        wkwkwkwkkwk

  5. berarti Daihatsu yg RWD nantinya tinggal Granmax / Luxio ya.
    dan kalau pengin merk Toyota RWD musti keluar duit lebih banyak 2x lipat buat nebus Hilux STW (alias Fortuner).
    atau sekalian naik kelas beli mobil Jerman RWD.

    lama2 yg sanggup beli mobil RWD cuma sultan doang.

    • eh iya, lupa kalau masih ada Confero. haha.

      @john lee
      kalau punya Hino mah masuk kategori juragan atuh.

      btw, kemarin ada sumber yg ngomong kalau Xenia RWD masih tetap akan diproduksi karena permintaan mobil RWD masih banyak, terutama di kota kecil dan di luar Jawa.
      jadi kayanya ada kemungkinan kalau saudara kembar Avanza FWD nanti bakalan pakai nama lain (bukan Xenia).

  6. Harusnya versi RWD tetap dijual buat masa transisi selama 1-2 tahun, kalo beneran udah gak laku ya suntik mati permanen aja.

  7. Pupus sudah mobil rwd d harga 200jutaan.. apa si bagusnya rwd. Gua selama pake mobil fwd ngeri” sedap klo udh ketemu Hujan dan jalan nanjak. Mobil” lain sih memang lebih enak dr avanza klo di jalan Normal, tp ttp klo pake avanza less worry keberbagai medan jalan krna rwd nya.. satu”nya Pilihan skrng cuma Innova, klo trun ke calsig kan Gengsi bnget wkwkwk rush terios? Bukan mvp kan

    • Berarti lu ga bisa nyetir

      Asal lu tau aja, FWD di jalan licin/nanjak lebih aman tancap gas kenceng, karena ga mudah ngepot
      RWD kalo ngegas kebanyakan bam selip ngepot tak terkendali

      Rushter sama avansa mah cuma beda ban dan exterior aja
      Kursinya sama2 jongkok, di jalan rusak oleng
      Pake ertiga/mobilio/xpander di jalan rusak tinggal trabas aja tetap stabil, avxen rushter musti pelan2 kalo ga mau kepala kejedot kaca samping

  8. CONFERO apakah nanti akan PANEN lagi kayak pertama kali muncul mang?
    Semoga saja karena lmpv yg rwd nanti hanya tinggal confero🤭

  9. Confero kalau sudi ganti desain ala expander atau r 3 bahkan model ala avanza/ xenia sekarang, ada peluang. Tp kalau ala boxy macam sekarang, ground clearance rendah, ruang sisa untuk ganti pelek lebih besar dan ban besar sempit dan boros bbm, tetap peluang confero kecil…

    • Confero secara desain kudu bebenah, desainnya keliatan ketinggalan 2 dasawarsa.. bahkan Cortez yang lebih baik pun udah mulai terlihat ketinggalan zaman..

    • Ya kelemahan wuling mw yg mana aja boros bbmnya d banding rival2nya
      Mesin 1500 turbo aja cma 14km/l luar kota aje gile dah, sma cx5 yg 2500cc udh jauh bsa 18km/l
      Sma cx3 jga kalah jauh bgt bsa 21km/l
      Saingannya crv turbo bsa tembus 18km/l
      Kalah jauh teknologi mesinnya

        • Ya 1 reviewer
          Memang unggulnya gimmick technologynya kekinian, fitur unggul untuk harganya, model kurang, confero kyk mobil. Niaga bgt
          Mesin dan transmisi jga msh ketinggalan

          • Noted … Bisa dipahami sih..

            Saat mereka agak lemah kalau mau bicara soal kehebatan mesin, karena biar gimanapun merek² yang sudah established akan lebih dipercaya..

            So kebijaksanaannya akhirnya, Yaudah lah mesin B aja asal kita kasih semacam gimmick (turbo) untuk menutupi kelemahan mesin N/A nya..

            Trus bermain lah di gimmick fitur… Yang memang jadi senjata penarik utama mereka…

            Salah satu fakta betapa B nya mesin mereka, diajak lari lari kecil di Cipularang pada mengkeret 😁.. pdahal turbo..

            Ama CalSig aja gak jarang gw liat dilibas…

  10. sesuai kodratnya MPV sebagai kendaraan serba guna, satu kendaraan untuk semua urusan, saya sendiri prefer RWD cuma sayangnya ngga banyak pilihan mulai dari MPV kecil sampe MPV gede, akhirnya saya beli yang FWD juga.

    ngga ada perdebatan lah dengan yang komen sebelumnya, RWD lebih bisa diandalkan di segala medan. bertaun2 nyetirin kijang kapsul 97 punya bapak ke mana mana, ngga pernah kuatir.

    giliran ada rejeki punya mobil FWD, baru deh beberapa kali ngerasain ban depan slip kehilangan traksi pas nanjak dari posisi diam. padahal ngga seberapa, misal tanjakan basement salah satu hotel di Yogya yang extra curam krn lahannya pas pasan. memang harus pake ancang-ancang dulu, agak tricky dan horor. untung basement kosong dan ngga ada mobil di belakang jadi bisa mundur lagi buat ambil ancang2. kebayang kalo di jalanan umum ketemu kondisi macet dengan medan yang lebih parah misal jalan licin krn hujan.

    yakin sih setelah ganti FWD pun duet maut ini akan tetep laku, yakin faktor penentu avxen laris bukan cuma karena RWDnya, produsen pasti lebih paham makanya berani ngubah ke FWD.

    tapi sangat disayangkan kalo misal ngga ada pengganti/penerus MPV RWD setelah avanza-xenia berubah FWD. penggerak belakang yang jadi pertimbangan penting bagi sebagian orang, jadi makin sedikit lagi pilihannya.

    • Ya sejak xpander muncul kan avxen rushter mengkeret penjualannya
      Di jalan lintas sumatra aja dilibas ama calsig

      Yang viral malah fortuner selip di sitinjau lauik, padahal jazz, calya, dll lancar jaya

      • benar, RWD juga bukan jaminan ngga akan selip ban belakang. tapi lebih mudah diatasi lah pake cara klasik yang ngga mungkin diterapkan di FWD.

        cuman yang bingung kenapa di lokasi yang sama kok fortuner selip, sementara yang FWD malah lancar. apa karena torsinya besarnya bikin akselerasi awal terlalu liar? tapi kan udah ada traction control yah..

  11. Dgn adanya kputusan Daihatsu Xenia ikutan jadi FWD, maka kira kira apa dong andalan Astra di kelas LMPV untuk konsumen yg tetap mngabadikan dirinya utk RWD?
    ijin jawab: nampaknya Duo Rush Ter

Yuk Tinggalin Jejak Lads..