Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Pada artikel sebelumnya terkait harga Mitsubishi XForce, KBY sudah sebutkan bahwa tugas (sangat) berat sudah menanti SUV andalan pabrikan berlambang tiga berlian tersebut. Yak, pasalnya dengan harga yang dibanderol 419 juta, konsumen mendapatkan banyak pilihan yang notabene “lebih baik” dari sisi kelengkapan fitur. Bahkan diantaranya sudah memiliki nama kuat di Indonesia. Kita sebut saja, Honda HRV dan Toyota Yaris Cross. So ini dia first impression Mitsubishi XForce versi Kobayogas ditambah komparasi dengan kompetitor di kelasnya. Yuk geber..

FIRST IMPRESSION MITSUBISHI XFORCE

Mitsubishi Xforce adalah mobil yang wajib KBY lihat langsung, so saat ada kesempatan main ke GIIAS 2023, lepas acara perilisan resmi Honda EM1 e, langsung aja kaki kita seret menuju booth Mitsubishi. So bagaimana impresi awal KBY terhadap SUV terbaru buatan pabrik tiga berlian ini??

harga Mitsubishi XForce

EKSTERIOR

Gada komplen – meski tentu saja ini adalah kembali ke selera masing-masing yes. Intinya, XForce akan dapat membuat siapapun suka pada pandangan pertama, gak harus mikir dulu kaya Hyundai Creta wkwkwk.. Cuma bedanya adalah, suka banget atau biasa aja. KBY pribadi cenderung ke suka banget.

Tapi memang urat dan otot-nya cenderung over alias lebay di beberapa tempat, hal ini mengingatkan kita pada Honda Civic generasi ke 10 yang berotot dan lancip tapi banyak fake honeycomb. Secara general ya cakep lah.. nilainya 7.5-8 dari 10.

INTERIOR

Secara desain sih KBY juga gada komplen di sana sini.. bentuknya oke, cukup modern dan ada kesan hi-tech akibat adanya palang persegi panjang yang mewah. Apalagi ketika di beberapa bagian ada lapisan soft pad (touch) berlapis kain yang mengingatkan kita pada mobil listrik Honda E.

Mitsubishi Xforce interior

Sayangnya hanya sebelah situ doang yang bagus, material plastiknya KBY temukan sih mengecewakan ya. Misal door trim depan dan belakang. Oke lah pintu belakang gak perlu dikasih soft pad, tapi ternyata hal tersebut juga berlaku di bagian depan! Laaahh..

Soft pad lapis kainnya juga tipis banget.. kaya gada busanya sama sekali. Ditambah material plastik yang melingkari tuas transmisi (console tengah) terkesan cheapy alias murahan! Material tersebut terus berlanjut ke cup holder tengah bahkan hingga ke arm rest. Bagusnya bagian atasnya sudah berlapis busa. Ini jadi kaya liat kabin depan Raize atau Alvez.

Untunglah beberapa part diberikan plastik black piano berkelas yang mampu mendongkrak plastik murahan di bagian lainnya menjadi sedikit terlupakan. Lagipula, bentuk joknya cakep dengan busa tebal.

MITSUBISHI XFORCE VS KOMPETITOR

Sudah tau kan di kelas apa Mitsubishi XForce ini bermain? Yak di kelas compact SUV yang diisi oleh pemain pemain kuat seperti: Honda HRV, Hyundai Creta, Wuling Alvez, Suzuki Grand Vitara dan terakhir yang belakangan login; Toyota Yaris Cross!! Bahkan Chery Omoda 5 juga masuk kategori kuat karena mampu menyalip penjualan Vitara lads di bulan lalu (baca: SUV Terlaris Juni 2023).

SUV Terlaris Juni 2023 Di Indonesia, Siap Siap CRV 2024?

Nah, setelah melihat langsung eksterior dan interior dari Mitsubishi XForce serta membandingkan langsung fitur fitur yang diusungnya dengan kompetitor, maka ini dia hasilnya. Oia KBY gakan bahas penampilan ya, karena sulit, itu soal selera, yang kurang dari pemain yang disebutkan di atas cuma 1, Hyundai Creta, itu juga bagian bokong doang.

FITUR VS KOMPETITOR

Mitsubishi XForce memiliki fitur-fitur penunjang kenyamanan sbb:

  • Digital meter cluster (ultimate 8″, Exceed 4.2″)
  • 12.3″ touchscreen HU
  • Soft touch panel
  • Synthetic Leather Seat
  • Wireless Charger
  • Ambient Light
  • Cooler Box
  • 20 glove box
  • Dynamic Sound Yamaha Premium
  • Dual Zone AC
  • Power Tailgate Kick Sensor

Dengan rentang harga yang sama 400-416jt atau lebih rendah 295-385jt, dari sisi ini paling telak kena adalah Grand Vitara, paling miskin fitur, tapi HU paling kecil justru dimiliki HRV dan Creta yaitu 8″, tanpa Tailgate Kick Sensor (HRV, GV, Creta, Omoda 5 dan Alvez). Tanpa wireless charging (HRV). Sound system biasa saja dimiliki oleh HRV, GV, Alvez dan Yaris Cross.

Grand Vitara 2023 GX

Keunggulan XForce terhadap kompetitor ada di:

  • Cooler Box (selevel dengan Omoda 5)
  • AC Dual Zone (selevel dengan Omoda 5)

Keunggulan kompetitor ada di:

  • Paddle shift: HRV, Grand Vitara, Yaris Cross
  • atau tiptronic (Alvez dan Omoda 5)
  • Panoramic Roof: Grand Vitara, HRV, Omoda 5 dan Alvez
  • Electric seat adjuster: Yaris Cross & Omoda 5
  • Seat Cooler: Omoda 5 dan Creta
  • Voice Command: Alvez dan Omoda 5
  • Super large screen 20.5″: Omoda 5
  • CVT 9 speed: Chery Omoda

Untuk kabin, baik desain dan kualitas material, Chery Omoda 5 adalah yang terdepan. Luar biasa sih merek satu ini soal build dan material quality.

SPEK & TEKNOLOGI VS KOMPETITOR

Setelah siwer mata ini ngeliatin satu persatu fitur Xforce vs rival, sekarang kita bahas spesifikasi, teknologi (safety features) yang dimiliki Mitsubishi XForce ini vs kompetitornya. Are you ready??

Melihat karakter mesinnya, tidak ada yang spesial, alias sama aja dengan Xpander series. 1500cc tenaga 105PS torsinya tapi besar, 141Nm. Tentu saja yang paling digdaya dari soal power ya nomor 1 adalah sbb (mengabaikan bobot kendaraan):

  • Chery Omoda 5: 145PS 230Nm
  • Honda HRV: 121PS 145Nm
  • Hyundai Creta: 115PS 144Nm
  • Toyota Yaris Cross: 106PS 138Nm
  • Wuling Alvez: 105PS 143Nm
  • Mitsubishi XForce: 105PS 141NM
  • Suzuki Grand Vitara: 103PS 137Nm

Bagaimana dengan fitur keselamatan?? Ini dia rangking-nya:

  1. Chery Omoda 5, Honda HRV, Toyota Yaris Cross, Hyundai Creta, Wuling Alvez
  2. Mitsubishi XForce
  3. Suzuki Grand Vitara

Hyundai Creta Black Edition

HARGA VS KOMPETITOR

Penutup, tentu saja faktor harga dikombinasikan dengan apa yang didapat. Mengabaikan soal brand awareness – murni desain kemudian harga ke fitur dan performance, maka ada dimanakah posisi Mitsubishi XForce di kelas Compact SUV di Indonesia ini?

  1. Wuling Alvez (295 juta) – terima kasih pada harganya yang murah gila
  2. Chery Omoda 5 (Harga 404,8 juta) paling lengkap meski tanpa kick sensor
  3. Toyota Yaris Cross (407.7 juta)
  4. Hyundai Creta (408.3 juta)
  5. Honda HRV (416.1 juta) – kalah karena gada driving mode
  6. Mitsubishi XForce (419,1 juta) – spek nanggung harga tinggi
  7. Suzuki Grand Vitara – (384,4 juta), dah lah kalah banyak

wuling alvez

Sooo semoga artikel first impression Mitsubishi XForce vs Kompetitor ini bisa membantu lads dalam menentukan pilihan. Jika memikirkan brand, tentu saja nomor satu bisa jadi antara Honda atau Toyota.

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

16 KOMENTAR

  1. Dlu awal awal liat sih wah. Cuma kog cepet banget bosen liatnya. Palaagi liat designya kayak mobil murah xpander dpan sama belakangnya. Tetep HRV pilihan yg ketar ketir creta sama grand vitara

  2. Alves gila harganya.
    Kok eike malah tertarik sama Chery PAgoda 5 ya Kang?
    Kang K0bay tertarik gak sama si PAgoda 5?

  3. Hyundai Creta juga ada paddle shift, dan full sun roof (beneran kebuka, angin masuk, bukan sekedar kaca), dari ujung depan sampe belakang, buka tutup secara elektronik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini