banner

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Kali ini KBY mau kasih kabar sekaligus bergosip ria seputar Suzuki Indonesia nih lads, terkait dengan calon produk barunya yaitu Suzuki Gixxer SF250. Motor 250cc fairing yang punya mesin 1 silinder oil cooler tersebut ternyata masih dalam kondisi tarik ulur antara PT SIS dengan Suzuki India. Keduanya digosipkan belum menemukan titik temu terkait harga! Cekidot lengkapnya di bawah ini..

Tentunya lads masih ingat kaba terkait calon motor baru Suzuki Indonesia yang akan hadir di tahun 2021 ini. Yang pertama adalah Suzuki GSX-250R (baca: Nama GSX-250R Santer Hadir di Indonesia?) namun kemudian kabar berubah menjadi Suzuki Gixxer 250SF India yang justru akan dihadirkan di Indonesia.

Bicara produk, jujur aja, keduanya baik Gixxer SF250 ataupun GSX-250R akan sulit bersaing di bumi pertiwi.. Gampang dan mudah kok untuk menebak mengapa kedua produk tersebut akan kesulitan dalam menjaring banyak konsumen.

Kita tinggal lihat saja kelas 2 silinder dulu, dimana GSX-250R jika jadi hadir pasti akan masuk kelas ini. Kelas yang diisi oleh para pemain handal, ada Honda CBR250RR yang full fitur dan powerful, ada Kawasaki Ninja 250FI yang namanya sangat terkenal dan ada Yamaha R25 meski paling lemah tapi tetap dia mengusung mesin dan fitur yang lebih digdaya dari GSX-250R..

Artinya, Suzuki GSX-250R bakal jadi pesakitan di kelas ini, model biasa saja, fitur sederhana, tenaga juga menjadi yang paling loyo. Satu satunya yang mungkin bisa dijual adalah harga menjadi yang paling murah.. tapi mau dijual berapa?

Kemudian Suzuki Gixxer 250SF, Gixxer fairing ini kalau hadir akan bermain bersama dengan Kawasaki Ninja 250SL, sesama mesin 250cc 1 silinder. Tapi kembali model ini menjadi yang inferior di kelasnya, karena dari sisi teknologi yang hanya mengandalkan pendingin oli (oil cooler), terkesan jadul banget di era pendingin air.

Belum lagi tenaganya tidak superior, 26ps vs 28ps. Tapi dijamin mampu bejaban sih mengingat bobotnya sama sama bermain di 150kg kecil dan torsi sama persis yaitu 22.6Nm. Bahkan kalau akselerasi, Gixxer 250SF bisa menang karena torsi dan tenaganya diraih pada jarum RPM yang lebih rendah yakni 9000 dan 7500. Ninja SL sendiri pada 9700 dan 8200.

Pun begitu, dari sisi desain Gixxer 250SF akan mampu berbicara banyak sebenarnya dibandingkan Ninja 250SL, lebih fresh dan secara umum serta keseluruhan bentuknya lebih enak dilihat.

Nah terakhir, sesuai info di awal, pada dasarnya unit Suzuki Gixxer 250SF ini sudah ada beberapa unit di Indonesia loh.. Hanya saja konon belum ada ketok palu dari kedua belah pihak karena terkait harga!

HARGA SUZUKI GIXXER 250SF INDONESIA

Kita semua tau Suzuki tidak memiliki produk superior di kelas ini, kalau mau ya harus keluarin duit lagi untuk membuat – misal GSX-R250 yang gak jadi jadi, butuh dana gak sedikit lads!

Nah mengingat kiblat sepeda motor Suzuki Jepang itu saat ini tertuju kepada penjualan yang ciamik di India, maka sebutlah India menjadi anak emas Suzuki. Dan, efeknya Suzuki Indonesia menjadi wajib tunduk pada India, dimana negara Vrindapan tersebut menginginkan Gixxer 250SF dijual di nusantara ini.

Tak bisa menolak karena merupakan produk wajib dijual, Suzuki Indonesia mencoba bernegosiasi terkait harga jual. SIS menginginkan harga jual untuk konsumen Indonesia di angka 30 jutaan, yang diamini oleh India asal mengambil sekian ribu unit dalam setahun..

Jumlah unit tersebut dirasa berat oleh SIS karena sadar Gixxer 250SF ini bukan produk ideal untuk dijual di Indonesia.. Masalahnya kalau cuma ambil 1000-3000 unit saja, harganya melonjak menjadi 40 jutaan! Ini yang sulit lads… jelas susah untuk bersaing..

Ah nasibmu Suzuki.. KBY ikut prihatin… mana FBS demennya beli seken, dan bangga banggain produk lama melulu.. tapi produk anyar gak dibeli beli..

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

107 KOMENTAR

  1. oh jadi si bombay yang maksa jepang buat dijual disini? man-management bombay sih ga beres juga, ane masih inget dulu kasus claim garansi apache ane (shock depan bocor) & p180 temen ane (lampu rem mati, shock belakang ambles) susahnya minta ampun… tvs masih mending soalnya waktu itu orang dalemnya bisa bantuin ane. lah bajaj? sampe tu motor abis masa garansi, sampe si bombay kabur, ga ada tuh cerita garansi.

    udahlah lupain aja jual tu motor disini, disain begitu, speknya bukan selera orang sini juga

    • apa iya ya tipikal indihe tu pelit tp mungkin ga semua ya… ane denger temen ane d salah satu perusahaan baja dr indihe jg gitu

  2. fbs
    bapaknya:vitara
    emaknya:ertiga
    anaknya:satria
    lah si onoh,bpk,emak,anak tarik tiga naik vega

    ???

  3. FBS : Hai PT. SIS tolong jual Burgman 180 dan Saluto 125 yg diproduksi lokal biar harga bersaing dgn kompetitor

    SIS : OK … nih motorsport Barongsai ajah, selamat menikmati yaa

    #angelwisangel

    • duhhh klo suzuki jdi masukin ni motor,, ttp aja gua cari seken cbr sempak… lebih bagus modelnya dan lebih bertenaga.. mau di jual 30 jutaan jg ttp mnding cbr seken 250,, harganya udh sekitar 16-20 jutaan.

  4. Fbs malah beli merk lain buat dites. Udah gitu fb yg motornya dites Kl hasil tesnya jelek mbuli abis abisan, kl tesnya bagus ga ada trimakasih nya hahahaha

  5. Semoga SIS bisa mempertimbangkan lagi selera dan disain yang diterima di Indonesia. Mending VStrom dan Saluto jadi prioritas ntah gimanalah cara mendatangkannya dengan hitungan yang tepat. Kalau YaMaap mah sekarang posisi hitung mundur ke arah tiarap..kalau SiSon masih berkeras gak beli baru alias cinta mati sama itu Burhan????….prok3x tolong dibantu. GeaRott boleh WeReng boleh eMpTy boleh hehehe

  6. FYI bikin Burhan kencang mudah..tinggal dicantol ke pesawat yang mau lepas landas..300km/jam di darat dan wusss langsung ke nirwana????

  7. Merasakan efek jambak Pea2 Mode On adalah pada saat 50km/jam..merem dulu baru gas dibetot, lidah keluar sambil ileran…awas tiang listrik di depan…wussssss????

    • gimana mau beli baru kang kobay kalo dari segi selera saya gak ada yang masuk di produk suzukinya, jujur sebagai Fbs kemarin nunggu2 Bandit 150, pas keluar eh amsyooong asu.
      sekarang kalau dengar berita soal suzuki selalu bikin emosi

  8. Kalau mau masuk Pasar kudu bikin harga penetrasi di bawah Ninja 250SL yang kemarin sempat diskon gila-gilaan, bakalan cukup menggiurkan kalau harganya beberapa juta d bawah motor fairing 150cc pabrikan jepang lain.
    soal model debatable sih, susah karena kebanyakan model suzuki hora umum dan tidak photogenic, kayak pas GSX S150 ama R150 baru dikeluarin, rata2 blogger bilang bagusan kalau diliat langsung, ya ga

  9. pas baca judul saya sempet terbersit bahwa suzuki india yg maksa jualin tu produk karna mengingat ni produk jg dijual resmi d jepang padahal kalo saya liat kok ngga jepang binggo produknya….tapi suzuki india atau pusat(jepang) ya yg sebetulnya “maksa”
    dan trnyata bener dijelasin d artikel ini…KASIAN SUZUKI INDONESIA…maju kena mundur kena..kanan kiri ngga oke…

    eh om tp saya jg lbh suka ploduk2 suzuki trdahulu lo….tp bukan FBS seh

  10. Al kisah warisan dituban yg dpt gusuran pertamina
    Fbh…istri dibeliin jazz anak dibeliin sonic
    Fbs …istri dibeliin ignis anak dibeliin satria
    Fby…istri dibeliin bison anak dibeliin vega dorce
    Ketemu dikondangan fby ditanya kok ga beli mobil…enakan bawa motor hujan ga kepanasan,panas ga kehujanan…ekekekekek

  11. Dalam sejarah F1..tentunya sebelum Soichiro lahir?? YiaMaap pernah coba2 tampil bikin mesin, namun lengking swara suling tak sebanding dengan prestasinya. Alhasil Xu Ying San memilih pamit akibat mengalami sesak modal dan pembalapnya, Damon Hill mengalami sesek nafas akibat terus menerus diasapin McLaren yang mesinnya apa coba??? ?????

  12. Nah kan nggak ada hujan nggak ada angin jadi melebar kemana-mana gara2 itu. Neh gw tambahin : HA-420 pakai mesin HF-120

    • Asal tau saZza, pada zaman dahulu, tentunya sebelum Soichiro lahir, yahaha udah punya pengalaman bikin baling-baling buat pesawat tempur pasukan kamikaze Dai Nippon Teikoku Rikugun Hikosentai ?

  13. Alhamdulillah…
    Akhirnya jargon “sebelom Soichiro Honda lahir” sudah sering dipake…
    Penerimaan komentartor positif ni mang….
    Semoga bisa mengangkat MS..

  14. Ni motor dirilis dimarih buat edisi perpisahan sebelum pabriknya dimarih benar2 tutup….suzuki mo fokus jualan roda 4

  15. vanvan, brugman 180, vstrom250, saluto, dan bila perlu rebond skydrive/wive.

    ini lebih bagus daripada yg mau di datangkan dari negri bombay

  16. Sebenarnya memang dilema kalau gerak dan Ruang itu sudah diGenggam Sang Sultan Hnd ?
    Makanya Suzi santai disini..karena diIndia R2 mereka bergairah , disini R4 mereka juga tidak mampet.
    Mereka / Suzi udah berfikir Realistis…andai mereka hadirkan produk yang kita anggap bakal keren….dan mungkin bakal Laku , itu hanya sesaat…sedangkan investasi untuk itu cukup mahal , seperti yang Mang kobay bilang…jualan tentu mencari untung…setidaknya balik modal , modal kaga balik yow rugi …malah jadi besi tua digudang kek Sebelah ? .
    Ente mau Saluto? Kita yang Nasfu…Suzi udah tau…jika mereka hadirkan , … dalam waktu sejenak si Sultan mungkin langsung keluarkan Scoopy 125 atau tandingannya dan Pecah konsentrasi pasar ? .
    Ente mau Van2 yang mesinnya masih mirip thunder ?
    Dalam sejenak nongol Cb Retro 150 atau tandingan sang Sultan ?
    Kita wajib Acungkan jempol saja buat Suzi …dengan jiwa kesatria dia ” Mengakui ‘ bahwa lahan tsb Sudah Kuat digenggaman Sultan Hnd , Suzi gak mau jadi korban Babak Belur hancur Lebur dan jadi teman siSon Wet ??

  17. Dalam pandangan lain….Suzi gak mau FBS nya ngangkut2 Karung nguBek2 Limbah Plastik kek Fby ????. ??……

  18. Kang, kalau besok ada sesi test ride tolong coba buat boncengan gimana rasanya.. cukup nyaman ga
    Mungkin bisa masuk buat segmen bapack2 yg pengen nyari sport non pasaran buat komuter plus anter anak sekolah kaya saia.
    Sport fairing yg lain terbang semua boncengernya..
    Kl harganya masuk dan nyaman buat komuter mungkin masih ada harapan..
    Mungkin sih… ?

  19. Kalo begitu kenapa gak masukin yang naked aja trus kasih nama GSX 250 Thunder (reborn)? Cocok buat umur 25 tahun keatas yang gak perlu gaya di garang2in, yang penting enak buat harian dan touring.
    Satu2nya saingan cuma duke 200/250 yang jarang dibeli, z250sl udah wafat, Benelli sama aja kayak KTM.

  20. udah lah petinggi suzuki ga usah banyak cakap lah… maxi scooter yang di tunggu2 ga kelar2 lah lawak kali petinggi suzuki malah keluarin motor sport 250 cc yang dah jelas penjualan di indonesia sedikit… ah malas kali lah aku sekarang tengok2 suzuki

  21. Halah ninja ma cbr aja empot2an ini malah ikutan nyemplung. Harusnya masukin saluto kek, van van kek atau maxi scooter saingan pcx ma nmek gitu, yg jelas2 gampang dijualnya…

  22. Ane liat secara fisik di dealer suzuki di saudi. motornya keren kalo liat langsung build quality bagus body bongsor, design suzuki emang beda dari yg laen. cuma kl masalah harga motor 250cc satu silinder dikasi harga 40jt up pasti gak laku, ninja RR sampe obral 35 jt aja msh tetep gk laku.

      • Emangnya suzuki suka latah ngasih harga overprice ya ? Bukannya bisa paling murah diantara saingan sesama jepang misal kayak gsx gitu ?

  23. Sonwep lu dimari di ecengin yg punya warung sama kroco kroconya. Mereka saking terkojel kojel nya sama komen lu sampe bahu membahu buat ngejatuhin si sonwep seorang.
    Segini baru lawan si sonwep belum kalo lawan darmo ?
    Keliatan kan mana yg cuma ngaku netral ?

    • ah c’mon …. take it easy bro
      kita ga ngejatuhin siapapun di sini
      yg ada ente bang gepeng or ada nickname lain ?
      yg udh menyerang personal yg punya warung ….
      jelas2 mang kobay bilang cuma lucu2 an aja di kolom komentar ini …
      yah klo ente sm bang sonwep emg “LAGI KERJA” mangap …. wkwkwk

    • Gue bukan mau ngejatuhin seseorang.
      Cuma kalo ente tahu,komen² sonwep itu lama² bikin ketawa & bikin gemes.
      Dgn pembelaan dia yg mati²an terhadap merk pujaan nya..pasti dia pakai motor superior dong ?
      Nah gue penasaran dong,sehebat apa tunggangan si sonwep.
      Kalau ternyata tunggangan sonwep beneran joss,gue angkat 2 jempol deh.
      Tapi tiap gue tanya..kaga pernah dijawab ??

      • Xu Ying San..mohon dibantu ada penggemar garpu yang dah 10 taon gak beli unit baru.??? .padahal loyal beratttt. Agar dapat diapresiasi sepantasnya. CC: NgapNgapDin

  24. Kesian amat yang mabok bin halu. Ngemeng Dunga dungu..ngaku2 tau teknologi terkini tapi hari2 nyemplak motubang dah 10 taon sejak Soichiro belum lahir???…seperti biasanya ane ingatkan bantu beli GeARoottt buat bantu MS. Itung2 balas budi santunan paket data ?????

  25. Gak lama lagi PR yahaha indo diambil alih dan dipindah ke India , si Sonwet hijrah ke India dengan Karungnya ?
    Jupiternya dikasih pelindung kain Sari ?
    SonWet makin Remuk diGanyang Fbh India

    Mueeeehehehehehe Yahaha Suuuuurrrrrraaaaaaammmm?

  26. SonWet Semaput dalam 15 jam ?
    Bangun2 masih nggigau…belum mampu komen ??
    Yahahaaaaaaaa surrrrraaaaaammmm ?

  27. Btw mang, gak berencana bikin artikel penjelasan tentang dynotest ‘bodoh’ PCX yang konon on crank bisa nyampe 19HP ntu? Sekalian bikin bahan biar makin rame disini

    I know mang, dynotest on crank itu gak asal sekedar nyantolin gear depan/as pulley depan ke mesin dynamometer. Matic itu beda, coz gak ada gearbox samsek didalam mesin. Coba ah ikut nimbrung disana, pengen tahu kek gimana entar roastingnya wkwkwk

    • Nanti gw buat deh, keknya udah mulai ngaco soalnya..

      Kudu dapet referensi dulu yang valid.

      Ini gegara om ADK realty yg masukkin itu angka di videonya..

      Gw aja gak percaya.. makanya nanya dulu ke orang Axis nya

      Ternyata bener kan ga valid buat CVT

  28. setuju beh. yg ditunggu burgy 180 sm saluto lah yg diributin masuk malah motor vijay. suzuki ride the wind of indihe

  29. Ga niat jualan nih si juki
    Masa motor indihe yg notabene ga di sukai gara gara desainnya malah mo di pasarin di sini,
    Noh saluto datengin…
    Auto laris dh.
    Hadeh…juki juki..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini