banner

Benelli Zafferano 7

Kobayogas.com  – Salam geber lads.. Ini adalah kali kedua KBY bertemu dengan Benelli Zafferano, skutik bongsor merk asal Italy. Kali ini lebih dekat dan intim lads..Pada sesi pertama ini, KBY akan membahas lebih dekat sosoknya dan melakukan review Benelli Zafferano yang dijual di Indonesia melalui APM Benelli Indonesia. Termasuk fitur serta akomodasinya tentu. Sesi kedua nanti adalah seputar test ridenya, kenyamanan serta performanya.

Kali pertama bertemu Benelli Zafferano…

DESAIN

Benelli Zafferano Indonesia ini milik tetangga mertua di Bandung. Atas ijinnya KBY puas mengabadikan setiap lekuk bodinya. Bodi Zafferano jelas bongsor, mengintimidasi skutik-skutik lain yang lebih banyak lalu lalang di jalanan Nusantara.

Sebenarnya garis desain Benelli Zafferano merah ini agak kaku, penuh dengan sudut-sudut lancip, tidak seluwes SYM, Kymco atau bahkan yang kelasnya di bawahnya seperti Suzuki Burgman, Yamaha NMax ataupun New Honda PCX. Sementara bentuknya sendiri memang lebih mirip dengan Kymco dan SYM.

Namun akibat bodinya yang cukup massive, tentu efek visualnya sangat kena, siapapun akan tertarik memandang Benelli Zafferano ini meski hanya sekejap. Apalagi dengan pilihan warna merah cabai yang cerah, siap-siap saja menjadi pusat perhatian lads..

FITUR

Apa yang diberikan oleh Benelli Zafferano kepada pembelinya? Untuk area kemudi lads dapat menemukan hal-hal berikut ini diluar kelengkapan standar secara umum ya..

  • Passing beam dengan pengoperasian mirip Honda New Megapro FI (ala skutik eropa kebanyakan)
  • Tombol lampu Hazard
  • Engine Cut/ Run Off

Rumah kunci kontak Benelli Zafferano tidak lah istimewa, seperti motor kebanyakan. Pengoperasian buka alas jok mirip dengan Yamaha punya.. klik ke kiri dari posisi standby.

Pada area speedometer dari Benelli Zafferano 250 cc ini, lads dapat melihat tachometer (RPM) analog sebelah kanan, dan kiri adalah speedometer. Di tengah, ada kotak mungil penunjuk odometer dan tripmeter yang bisa di set baik kilometer maupun mil. Sayang selain jam digital, penunjuk suhu mesin dan indikator bensin tidak ada gimmick lainnya.

Bergeser ke bawah sedikit, lads akan menemukan tutup tangki Benelli Zafferano dengan sistem buka kunci ala manual, namun tutup tangkinya menyatu alias lads tak perlu memeganginya, seperti motor sport lah..

Dual disc brake di depan
Dual disc brake di depan

AKOMODASI

Jika kita membuka laci Benelli Zafferano bagian depan yang dapat dikunci, lads mungkin akan sedikit kecewa, karena yang besar hanya dimensi luarnya saja, sementara bagian dalamnya minim. Hanya ada dua laci kecil di baliknya.

Sementara bagasinya sendiri besar dan panjang namun tidak terlalu dalam, alhasil Benelli Zafferano memiliki coakan besar di balik joknya untuk mengakomodir mengangkut barang yang besar seperti helm.

KUALITAS MATERIAL

Benelli Zafferano memang dibuat sedemikian rupa agar harganya terjangkau bagi mereka yang menginginkan skutik bongsor, oleh karena itu beberapa partsnya dibuat di bawah ekpektasi.. Plastik bodi bagian atas terasa solid dan kuat, namun bagian bawah kebalikannya..

Mika-mika motor merek Italy namun buatan asli Cina ini juga kurang baik kualitasnya, lampu rem LED Benelli Zafferano di bagian kanan belakang sudah terihat ngelotok bagian dalam. Lampu LED nya juga terlihat seperti buatan aftermarket namun sinarnya sendiri sangat baik..

Pun begitu, bagian kaki-kaki dari Benelli Zafferano terlihat kokoh baik bagian depan maupun belakang dengan warna arm black piano yang membuat kesan mewah. Bahan bungkus jok serta kualitas busanya menurut KBY patut diberikan jempol. Tidak licin dan empuk lads.

Kualitas catnya sendiri baik, terbukti warnanya muncul dan begitu halus saat diraba, namun pengecatannya yang masih kurang mantap menurut KBY, masih terlihat efek kulit jeruknya lads..

Next article KBY akan membahas sisi kenyamanan, pengendalian serta performa mesin dari Zafferano ini.. stay tune lads..

Baca juga artikel lainnya ya lads, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: [email protected]
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

43 KOMENTAR

  1. Elek pol bang kobay desainnya yakin kalo orang awam yang ga tau merk benelli liat bakalan bilang motor cina(apa emang rakitan cina kaya tnt 250 bang?)
    AHM liat tuh matic aja pake cut engine+pass beam masa sportmu ga pake? Emang sepele tapi kadang diperlukan
    #fbhtulen #jadifanboykritis #kritikprodukbiarmaju

  2. 3 masalah yg bikin males ambil zafferano: keeway rebrand, konsol speedo yg ngikutin belok setang jadi gak kelihatan mewah, dan tampang mukanya. hehheeehe. bongsornya sih keren. bangku penumpang yang lebar bakalan bikin pegel nggak karena ngangkang terus?

  3. kaku ah matic benelli mah.

    ayo dong bkin yg aga langsingan dikit ben, buntut ama mukanya dibikin meruncing ae

    btw brp harga benelli matic 250 ini y?

  4. Dulu hampir2an beli motor ini
    tp banyak review yg kurang bagus, g jd deh
    tp katanya yang rakitan sekarang2 udah bagus ya? Bener ga?

  5. Kenapa handling payah banget…
    Kopling suaranya dan tarikan pada putaran rendah payah…gak spt N Max bagus bingitz and nyaman…

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini