Top Speed Yamaha R15M

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. naaah setelah puas baca dan nonton review lengkap Suzuki Gixxer SF 250 kemarin, sekarang bakal bahas yang lebih puas lagi yaitu test Performa dan top speed Yamaha R15M! Yes, satu kesempatan dan ajakan yang sangat menarik dan sangat sulit ditolak datang dari dua kubu, adalah GMA Product Series dan Yamaha SBW yang mengadakan event bertajuk GMA Track Day Experience dengan menggunakan dua Yamaha R15M! Bagaimana hasilnya setelah KBY menghabiskan belasan lap? Bagaimana dibandingkan dengan Suzuki GSX-R150? Ini dia faktanya.

Pada hari Kamis tanggal 6 Januari 2021 kemarin menjadi momen yang tak terlupakan bagi KBY dan tiga dulur blogger lainnya, Ari Pitstop, Iwan Banaran dan TMC Blog. Karena pada kesempatan tersebut kami dipersilakan sampai muntah muntah mengetes dua Yamaha R15M di sirkuit Sentul! Gimana gak excited coba? Yuhuuu.. 

Acara test ride Yamaha R15M di Sentul tersebut bertajuk GMA Track Day Experience yang didukung penuh oleh Yamaha SBW dan Zuttoride Indonesia. Sebagai informasi, GMA merupakan produk aksesoris dan performance part (silakan check IG-nya GMA Product Series), sedangkan Yamaha SBW merupakan dealer Yamaha (IG-nya Yamaha SBW) dan Zuttoride Indonesia adalah towing service kendaraan bermotor (IG Zuttoride Indonesia). 

Sebelum menuju hasil dan review test ride, kondisinya adalah, satu unit Yamaha R15M ABS berwarna silver black milik SBW dan satu lagi R15M ABS warna WGP 60th Anniversary milik GMA yang sudah dimodif menggunakan tiga parts; busi BRISK, rantai Regina dan “kabel malaikat” Maxxwire. Demi keamanan dan kenyamanan para tester, kedua motor sudah mengganti ban menggunakan Pirelli Rosso Corsa II di depan berukuran 110/70 untuk depan, dan Diablo Rosso Sport 140/70 di belakang.

Jadi satu hal yang jadi catatan penting, ini motor dapat dikatakan milik konsumen dan yang versi Yamaha SBW itu full standar, gada dioprek oprek apapun. Kedua R15M ABS tersebut juga diisi dengan menggunakan Ron 92 tepatnya pertamax. 

TEST PERFORMA & TOP SPEED YAMAHA R15M

VERSI STANDAR

Tentu saja kita wajib mencoba versi standar dulu lads sebelum nyobain yang versi modif. Meskipun sentuhan modifikasinya ringan, tapi tetap saja judulnya modifikasi alias di luar standar, ocey?

Karena ergonomi sudah dicoba dan dibahas pada artikel sebelumnya (baca: First Impression Review Yamaha R15M), jadi KBY hanya mencoba beradaptasi dulu di atas joknya mengingat wear pack yang jarang digunakan butuh stretching sesaat wkwkw, tapi berat badan sih konsisten 70-71kg gak pernah lebih atau kurang. Setelah mengetahui fitur track yang ada di speedometer dan siap menggunakannya, motor pun dijalankan keluar pit. 

Sampai ditrek, langsung digeber, oia motor ini sebelumnya sudah dites lebih dahulu oleh TMC Blog dan Ari Pit yang turun duluan secara bergantian (karena unit hanya ada dua). Gigi 1 sudah kena limiter, gigi 2 juga kena.. eh buset kitiran mesin R15M ini cepat juga! Setelah diintip beberapa kali akhirnya paham kalau redline ada di 11,500, jadi biar gak kena limiter terus mata mau gak mau wajib lirik terus sih. Ada fitur shift light, sayangnya gak disetel berkedip, hanya sampai 4 bar saja.

TOP SPEED YAMAHA R15M PER GIGI

Sesuai video, top speed Yamaha R15M gigi 1 dapat 44km/jam, gigi 2 di 71km/jam, gigi 3 di 93-95km/jam, gigi 4 pada 110-113km/jam, gigi 5 136-137 dan final gear alias gigi 6 ada di 139 setelah harus mengerem. Angka tersebut sekaligus menjadi angka terbaik alias top speed Yamaha R15M yang mampu KBY raih sebelum harus mengangkat badan dan mengurangi gas. 

Angka di atas dari hasil yang KBY dapatkan sifatnya tidak absolute, karena bisa berubah gimana kondisi kecepatan dan pengereman saat itu, jadi sifatnya kurang lebih fleksibel. Seperti gigi 3 bisa top-nya di 95, gigi 4 top-nya 113 dst. Kecepatan tertinggi Yamaha R15M yaitu 139km/jam KBY dapatkan di lap ketiga dan kelima dari total 7 laps (termasuk kembali ke PIT). Mau dibandingkan dengan GSX-R? Klik link berikut Top Speed GSX-R150.  

Top Speed Yamaha R15M

Jika diperhatikan, Variable Valve Actuation (VVA) aktif di 7000an kecil (bisa 7200 atau 7500), dan jika dirasakan memang terasa perbedaan dorongan (meski terasa halus) saat VVA bekerja. Tentu saja halus, karena VVA ini bukanlah turbo yang terasa signifikan dorongannya saat aktif hehe. 

Top Speed Yamaha R15M

Top Speed Yamaha R15M

Dari segi performa, dapat dikatakan memang Yamaha R15 ini berada di tengah tengah jika ingin disandingkan dengan dua kompetitor lainnya. Bicara tarikan awal sampai tengah, DOHC nearly square CBR150R memang langsung terasa betotannya, sementara tengah hingga atas R15 lah juaranya, meski untuk terus berkitir dan bertahan pada putaran atas, GSX-R150 gada lawannya. Namun ketiganya – atau tepatnya keduanya yakni R15 dan GSX-R150 sekencang kencangnya 150cc, gak lebih. 

Oia untuk lap time yang terekam oleh mode TRACK, KBY dapat 2:28:59 dari 2 lap (plus minus human error). Kok cuma dua lap? Soalnya yang 4 lupa gak dipencet.. hiksss.. Ini tentu berada di bawah catatan waktu saat ngetes Suzuki GSX-R150 (baca: Catatan Waktu Suzuki GSX-R150). Andai gak lupa, mungkin dapat 2:27++ kali ya karena KBY merasa ada beberapa lap yang terasa lebih cepat. 

FITUR MENDUKUNG TRACK DAY

Kita lupakan sejenak soal performa dari mesin 150cc. KBY kemudian fokus ke tiga fitur yang ada pada Yamaha R15M yaitu: Assist Slipper Clutch, Quick Shifter dan Traction Control. KBY tetap pada opini awal dimana fitur fitur tersebut sebenarnya tidak dibutuhkan pada kelas 150cc.. tapi KBY tidak pernah mengatakan tidak berguna loh. Cek saja artikel terkait R15M hehe. 

Kalau fitur itu sudah ada, nah tinggal kita mencoba dan menikmatinya dong, iya lah kan sudah ada, toh pada dasarnya fitur fitur tersebut mengasyikkan. Fitur tambahan yang akan disebut adalah TRACK yang sebenarnya merupakan lap timer seperti pada CBR250RR, jadi bukan riding mode ya, confirmed. 

Ketiga fitur yang KBY sebut di atas sangat bermanfaat dalam mendukung kegiatan track day lads, karena memang pada dasarnya, untuk itulah fitur tersebut hadir dan ada. Kalau untuk harian tidak akan terasa maksimal, di sirkuit lah fungsi maksimalnya dapat dikeluarkan dan dinikmati sepenuh hati. 

ASSIST SLIPPER CLUTCH

Assist Slipper Clutch (ASC), seingat KBY, ini adalah fitur yang kedua kalinya KBY nikmati di sirkuit. Untuk pertama kalinya, fitur fitur di atas ada pada Kawasaki Ninja ZX25R. Dan ini adalah saatnya untuk mencoba ASC di mesin 150cc di atas aspal sirkuit! 

Dan benar saja, ASC membuat masuk tikungan lebih percaya diri! Saat downshift, mesin meraung, RPM naik tapi ban diam! Asiiiikk! Gada gejala ban ngesot akibat terkunci efek dari engine brake. Ini membuat waktu masuk ke tikungan seperti S kecil jadi lebih cepat loh yang dirasakan. Bekerjanya sangat maksimal, benar benar gada gejala ban ngesot! Mungkin efek dari ban yang lebih baik dari standar juga kali ya?

QUICK SHIFTER

Ini adalah fitur yang benar benar membuat KBY merasa ndeso! Seperti pada ZX25R beberapa waktu lalu, KBY selalu lupa kalau motor ini sudah quick shifter (up shift). Kadang kalau ingat, dipakai, begitu lupa, tetap saja tarik kopling wkwkkw.. hadeuh bener-bener kudu punya motor yang ada quick shifter-nya ini mah biar terbiasa! 

Top Speed Yamaha R15M

Sudah begitu, tetap saja saat QS dipakai, beberapa kali gas gak dipanteng, tapi diblip (tutup dan geber), padahal sebenarnya gak perlu. Pertahankan saja si gas, quick shifter milik Yamaha R15M bekerja sangat baik kok, tanpa jeda – meski tetap saja RPM-nya drop lumayan saat dari gigi 4 ke 5 atau 5 ke 6. 

TRACTION CONTROL

Ini fitur yang sebenarnya bagaikan buah simalakama bagi KBY, idealnya memang Traction Control itu diset ke OFF untuk kondisi track day, sekali lagi, idealnya. Karena ditengarai lumayan mengganggu performa maksimal mesin ke ban. Namun KBY tidak melakukan hal itu, lebih karena lupa sih wkwkkw..

Namun ternyata kenyataannya justru TC banyak membantu KBY lepas dari selip di tikungan, yaitu pada lap kedua di tikungan tricky 3 dan 4, masuk tikungan ke 4, KBY terlalu melebar dan melindas apex (cek video). Pada dasarnya melindas apex itu gak masalah, tapi mengingat aspal Sentul yang sangat halus wkkwkw, membuat ECU membaca ban belakang selip sehingga traction control indikator berkedip kedip, hohoho.. keren. 

Top Speed Yamaha R15M

KESIMPULAN dan FAKTA

Yamaha R15M ABS tentu memiliki bobot yang lebih berat dari R15 connected non ABS, perbedaannya sebesar 3 kilogram (137 x 140kg berat isi). Sayangnya di sirkuit tak ada versi connected, jadi tidak ada pembanding untuk top speed dan catatan waktu. Suzuki GSX-R150 punya bobot lebih ringan yaitu 131kg (non ABS) berat kosong, tidak ada info berapa berat versi ABS, jika diasumsikan sama sama bertambah 3kg, maka beratnya menjadi 134kg (kosong), jika kondisi isi kita asumsikan nambah 2kg menjadi 136-137kg, ya masih ringan GSX sih. 

Untuk handling, Yamaha R15M (seharusnya yang connected sama sih) layak dapat acungan dua jempol, saat GSX-R150 terasa terlalu ringan terutama kita keluar tikungan, R15 ini dapat dikatakan anteng! Masuk dan keluar tikungan terasa nurut, tidak perlu banyak rebah karena kelas 150cc bodinya termasuk kecil dan ringan, sedikit ayunan badan sudah nurut gak kaya moge. 

Oia sektor pengereman juga bagus walau gak pakem pakem banget, tapi responnya baik. Dan meski beberapa kali diajak hard braking hingga ABS-nya bekerja (dengan sangat baik, berdenyut hanya pada kondisi ekstrim), namun selama total 8 lap (1 lap keluar pit, satu lap masuk pit) tidak ada gejala fading. Next article adalah perbandingan dengan versi modif! Stay tune

Top Speed Yamaha R15M

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

86 KOMENTAR

    • Yamaha sudah all out dan sepertinya sudah mentok, pusing mikirin diet vs Suzuki masih santai belum dikorek….

  1. Andai punya duit Rondo GSXR 150 wae lah..biar tahu rasanya pelihara montor sujuki ku naiki..hehehe

  2. Wih itu list blogger nya ahmplopan banget!!!
    Ini bner yamaha udah baikan sama mereka2?
    Kenceng ya transferannya mang?

  3. Wihhh, test ride yamaha jalur “Indie” ini. wkwkwkwk

    SBW aman tuh, ngundang blogger “Blacklist” 😀

    sehat sehat mang

      • ini pola pikir yg bener … yg penting jualan lancar … masa sekelas pabrikan baperan kan ga lucu …. mau MS di bawa 20% trus ya silahkan …

    • Bukannya dealer sistem jualan putus? Ya suka2 lah. Juga selama ini yamahmud budeg soal dealer2 nakal yang maksa kredit jadi ya kenapa dealer mesti dengerin list blacklistnya mereka 😂

      • Sebagian iya , sebagian konsinyasi…daripada numpuk d gudang …baik didrop dulu aja titip jual .
        Kek ngedrop kerupuk keliling 😂

  4. setelah saya baca berulang ulang ternyata oh ternyata undangan dari dealer bukan langsung dari pabrikan. yah palingan amplopnya di ganti sama makan siang bareng

  5. Kirain produk 3 serangkai ( India Chaina indo ) makin kencang …rupanya tetap gak beda dengan yang 17 hp .
    😂

  6. Hai sayang…..tumben pagi2 telpon ??
    Hai uga bang joki….
    Ani tar sore mau k cafe bareng temen2 …Abang maoh ikut ?
    tuuut….tuuut…..tuuuttt….
    Loh kok putus ? Apah bang joki marah ?
    😂

  7. Ga head to head, 1 mesin pure sport, 1 mesin matic, wkkkkkkk. Btw. Sesuai namanya, R155 M(atic), tambah CC lagi biar kencang, wkkkkkkk

    • Untuk mesin sport berkubikasi kecil (under 250cc) sohc sudah paling pas sih, karna disegmen ini banyak yg pakai buat harian yg butuh torsi ringan dan irit bensin tp buat kencang juga hayuuk siap melibas semua merk dohc tetangga 🤭…

      Terbukti di ajang balap underbone nasional maupun asia dan dunia, Mx king 150 adalah maharaja nya…. 🤭

      Sohc superior juoosss 😂

      • Muehehehe cukup pake sohc buat ngamplengin semua merk dohc tetangga loh😂😂😂, Sultan gak perlu repot2 bikin dohc wala-wala yg kencengnya jg gak seberapa tp cuma bikin boros bensin 😂😂😂

        Mau dohc real bikinan sulton ? Noh R6 dan R1 🤭

        • Menang di sirkuit karena ga standar lagi, tapi produk massal nya jadi bulan2an tetangga, wkkkkkkk

        • Botol 😂 motor klo dasarnya udah kencang dioprek ya tambah kencang, klo dasarnya lemot di oprek ya tetep lemot malah resiko bisa meleduk 🤣

          • Jadi ingat R15 yang mentok 16,5 PS, WKKKKKKK. Sejak tambah CC, baru bisa lawan tetangga, wkkkkkkk.

      • Banyak dipakai harian ????
        Jualan semua sport Yhm cuma 38 ribuan , setara jualan Cb150
        😂

  8. Nggak fensboy nggak petingginya 11/12 baperan wkwkk🤣🤣🤣koar koar sohc superior beloknya tetep ke showrom honda kridit Genio/mbeat tuh juragan rondo baperan

      • All out untuk bisnis, ane acungin jempol dah👍👍👍…sayangnya kok malah dicela oleh kaum JasJesJozz. Malah harusnya (dari kemaren2) dukung dengan bantu beli. Ayo didukung👏👏👏

        • All out ada dasar/kriterianya juga Mang …

          -Mengeluarkan Produk karena keSuksesan dan
          -Mengeluarkan produk karena Kesusahan .

          Yaaa…kalau muter2 diPantura ehh diJawa +- 800 ribu unit dibanding tetangga yang 4 jt unit , maka masuk dalam kriteria keSusahan 😂

      • Mestinya inisiatif begini mendapat support. Ini malah budget dihambur2 gak karuan sampai2 GelengCocot bisa2 balik lagi ikutan balap itik🤣🤣🤣. Dan Nur Amalia pun tersenyum🤭🤭🤭

  9. Harusnya memang begitu ,
    Yang gini disupportlah …kan pasti punya nilai jual. Gak kuat ngasih kopi apalagi jalan2 , yaa silaturahmi saja baik2…. ,
    Owh…mau silaturahmi tapi perlu ongkos ? Tenaaaang ….tar blogger2 patungan ngasih ongkos.
    Masih kurang ?
    Ngadu ke Ay
    😂

  10. Joki……!!!???
    Ya Maaak ( suara dari belakang )
    Emak : nih anak suaranya kok dari belakang mulu ya

    😂

  11. Dah dibisikin nyentul bareng naik BeJat Bastardo gak, Mang? Kan kalau dari kroni Sulthon gak bakalan, dikarenakan hati yang luka😜😜😜. Ane penasaran itu squid enaknya ditepungin dulu atau langsung digoreng ..tandemnya sambel kecap🤭🤭🤭

  12. balik lagi keselera..mau seganteng apapun mau sekenceng apapun ini cm 150cc….kalo dirmh udah ada yg 250cc terkencang dikelasnya mah ga napsu liat 150cc..

    • Nah ini …sepaham kita Mang
      Apalah 150 suaranya mirip metik 150 .
      Larinya ketaker 😂

  13. Bang Eka……!!! Bentar bentar bang …
    Ya Da apa lagi wiyah ? Kan duit sayur udah abang taro Deket kompor…apa kurang?
    Kaga , bukan itu bang
    Wiyah akhir2 ini bingung lihat abang , kok berangkat kerja selalu bawa kardus ya ?
    Iya ni Yah , ..persiapan biar nanti gak repot lagi , tar mau taro di loker kerja.
    Emang isinya apaan bang ?
    Kamocheng anyar Yah.
    🥺……( Wiyah langsung kabur kebelakang )
    Sesaat kemudian
    Baaaaaaaaaaaangggggg…….
    Ayam ku gundul semuaaaaaaaaa

    😂

Yuk Tinggalin Jejak Lads..