Test Ride Yamaha E01
banner

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrrr… Waaahhh rasa penasaran pecah juga kaya bisul hihihi.. Dari sekian test ride motor listrik yang ada di Indonesia, motor listrik E01 dari Yamaha adalah yang paling penasaran untuk diicip icip.. Alhamdulillah kesampaian juga lads, berkat undangan dari Yamaha Jawa Barat, Kamis kemarin (12/1/2023) KBY dan beberapa dulur blogger Jawa Barat (D’Gujubar) hadir di Bandung, daerah Batununggal. Yaudah langsung aja kuy gas video test ride Yamaha E01 yang yakin bin pede banget KBY bilang motor listrik ternyaman.. faktanya gimana?

YAMAHA E01

Ini merupakan pertemuan kami yang keempat kalinya. Yak pertama kali itu saat di IIMS bulan April 2022 (cek videonya di bawah), kemudian yang kedua ada di PRJ pertengahan tahun 2022 lalu.. ketiga ada di IMOS juga 2022 lalu dan ini yang terbaru, di Bandung Batununggal Buah Batu!!

Dan ini merupakan hal yang spesial, kalau sebelumnya hanya bisa lihat lihat, megang aja susah, kali ini gak cuma megang tapi sekalian nyobain!! Nah bagaimana menurut KBY si motor listrik Yamaha ini? Buat yang demen nonton, langsung klik di bawah.. Yang senang baca scroll lanjut yes..

TEST RIDE YAMAHA E01

MATERIAL DAN BUILT QUALITY CIAMIK!!

Seputar desain gakan KBY ulang, bisa klik di artikel ini – first impression Yamaha E01. Kali ini KBY bahas dari sisi materialnya.. dan harus diakui, si E01 EV ini berada di level yang berbeda dari kebanyakan motor listrik yang ada di Indonesia, termasuk PCX EV? Sabar..

Pertama, hal yang wajar, karena skutik listrik ini merupakan CBU Origin alias asli CBU Jepang!! Hanya 1 bagian yang buatan Indonesia, yaitu ban!! Yak dari IRC made in Indonesia (cek video yes). Jadi secara keseluruhan baik material maupun built quality-nya ya mantap punya. Termasuk seputar tombol juga catnya yang tebal.

Unit Yamaha E01 menurut Kang Andri dari Yamaha Jabar, hanya ada 20 unit saja, dan Jawa Barat hanya ada tiga unit. Keseluruhannya tersebut hanya ada untuk 4 kota di Indonesia. Jakarta, Bandung, Bali dan Medan.

Oia dibanding PCX EV gimana? Pada dasarnya nyaris 11-12 sih, tapi karena PCX itu dah tau dan hapal banget basisnya jadi terkesan biasa saja jika dibandingkan dengan si E01 ini.

FITUR

Kita kenalan secara singkat dulu dari fitur yak.. Riding mode jelas ada, seakan menjadi standar untuk motor motor bertenaga baterai alias listrik. Ada ECO, STD dan SPORT. Fitur mundur ada, seingat KBY sih PCX EV belum ada deh.. Yak hingga saat ini memang spesifikasi PCX listrik sejauh KBY tau belum ada ubahan, jadi sebagai salah satu pelopor bisa dibilang paling ketinggalan, performanya juga diklaim hanya sama dengan motor 125cc bensin.

Kembali ke test ride Yamaha E01.. fiturnya cukup lengkap, ada mundur, ada TCS, ABS dual channel, display pada saat regenerative brake (aki terisi saat deselerasi atau ngerem). Tripemeter juga ada. Pengoperasiannya dengan tombol tombol yang mewah kaya di T-Max. Nah sayangnya nih, display speedometer kalah sama sejumlah motor listik lain, belum TFT dan model LCD-nya persis kaya NMax facelift 1 yang subtank.

KBY dah kasih masukkan sih kalau nanti masspro semoga dikasih model TFT. Sekaligus tanpa kehadiran cruise control!! Yak harusnya udah ada nih nanti, soalnya uwinfly aja udah punya loh wkwkwk..

THE TEST RIDE YAMAHA E01

Karena disebut sebut punya platform yang sama dengan sang maxi Yamaha NMax, jadi pada dasarnya ergonominya memang mirip!! Tapi dengan seat height yang lebih bersahabat alias lebih rendah, dengan posisi riding mirip namun joknya punya kualitas dan material busa yang luar biadab. Terkesan tipis tapi empuk dan nyaman lads!

Test Ride Yamaha E01

Bagian kaki agak sempit dan terasa lebar dengan jarak antar kaki terasa jauh, sepertinya batang underbone-nya memang lebih lebar dari NMax, lebih kaya X-max jatuhnya, tapi bukan hal yang besar.. itu hanya masalah feeling aja, sama sekali ga ganggu kenyamanannya.

Test Ride Yamaha E01

Dan.. kinerja shocknya itu loh, ya ampun, terutama bagian belakang.. super nikmaaatttt.. KBY berani dan pede bilang, di kelasnya, mau listrik ataupun bensin, Yamaha E01 ini yang terbaik. Racikan asli Jepang emang beda yak wkwkkw.. Empuk, lembut sekaligus stabil.. Terbaik lah dari semua skutik bensin dan listrik yang KBY pernah coba..

Test Ride Yamaha E01

Pengereman sangat baik tapi tidak terlalu istimewa, positif responsif dan pakem. Bagaimana dengan performanya? Ada 3 mode ya, ECO, STD dan SPORT. Pada semua mode yang berbeda hanya pada akselerasinya saja.. kalau kecepatan tengah sih tetap mirip. Hanya menurut official Yamaha Jabar, untuk mode ECO top speed yang dapat diraih sekitar 68km/jam, sementara STD dan SPORT beda tipis, 90-an dan sekitar 107km/jam.

Test Ride Yamaha E01

KESIMPULAN

Sebelum menuju akhir, satu lagi yang membuat KBY terkesan, yaitu akomodasi!! Bagasi E01 ini ternyata nyaris selega NMax.. beneran.. Tidak sebagaimana skutik listrik pada umumnya yang menghabiskan space bagasi, ini gak loh.. mantap lah!!

Jika Yamaha ingin menjadikan E01 ini sebagai produksi massal, ya segerakan sih wkwkw.. Untuk harga mungkin akan tergantung strategi, mau ditaro dimana ini produk? Jika mid to high level maka harga jelas gakan bisa di bawah 35 juta.. Tapi dengan fitur dan spek yang ada sekarang jangan lebih dari 45 juta.. dan itu TFT wajib loh, biar lebih enak dilihat hehe.

Tengok bagian arm dan kaki kaki belakang yang sangat solid laiknya sebuah moge 600cc ke atas.. Bahkan spakbor ala mud guard-nya pun keren abis material dan kualitasnya!!

Test Ride Yamaha E01

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

13 KOMENTAR

  1. Dibandingkan dengan molis Alfa mart eh Alva One lebih Bagus mana bang? secara bentuknya kan mirip-mirip

  2. Motor Listrik Ternyaman Nih??
    Syenggool Dhooong.

    Kang Kobay, kalau saat ini antara N-max sama si E01 ini, kalau udah sama-sama produksi massal, dengan spek masing-masing dan harga masing-masing, Kang K0bay pilih mane? dan why?

  3. Kang, gak ada semacam komparasi head to head, hand to hand, hair to hair antara motor minyak dan listrik ini?
    Kalau ada di artikel, bagikan dhoong…. Suwun.
    Itu artikel si rush juga ditunggu ya Kang.

  4. Pak Eka masih siapkan promo Grendel depan itali tiongkok belakang Pantura bantar gebang bonus Kamocheng , ev belum masuk kalendernya…masih Proto takut di PHP
    Wkwkwk

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini