Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Sebelum KBY membahas hasil test ride Yamaha R15M di Sentul Kamis kemarin, kita akan kupas tuntas dulu hasil test ride Suzuki Gixxer SF250! Iyes, KBY sudah melakukan test ride motor 250cc terbaru Suzuki tersebut di pertengahan Desember 2021 lalu. Nah seperti apa hasilnya? Apakah asik buat selap selip di jalanan ibu kota yang macet? Bagaimana akselerasinya? Tenaganya? Kenyamanannya? Nah stay tune dan silakan scroll ke bawah yes!

TEST RIDE SUZUKI GIXXER SF250

Baik untuk pertama-tama, KBY akan jelaskan dulu koridor pengetesannya yes. Gixxer SF250 berwarna hitam ini milik salah satu dealer Suzuki di Jakarta dan memang dipergunakan oleh salah satu tim marketing mereka untuk calon konsumen yang menginginkan test ride.

Kedua, arena test ride Suzuki Gixxer SF250 ini di jalan raya, tepatnya di daerah Kemang Jakarta Selatan, waktunya pas banget jalanan lagi lucu lucunya alias macet! Tapi kapan sih ya Kemang daerah McD itu ga pernah penuh? Wkwkwkw.. Blessing in disguise-nya meski gak bisa dapat top speed, tapi justru bisa tahu semudah apa motor 250cc full fairing ini selap selip diantara mobil, atau justru sulit?

Test Ride Suzuki Gixxer SF250

ERGONOMI

Kesan pertama KBY terhadap ergonomi Gixxer SF250 berubah total sejak mencoba menaikinya di GIIAS tempo hari. Yak berhubung unit di GIIAS itu pakai paddock, jadi terkesan nungging dan gak terlalu jauh dengan CBR250RR.

Begitu di aspal, barulah terasa bedanya. Posisi ridingnya rileks, setang cenderung tinggi mengisyaratkan ini motor “nyaman” buat riding apalagi gaya santai. Tak pelak posisi setangnya menjadi yang ternyaman tentu jika dibandingkan sesama sport fairing 250cc. Bisa dibilang lebih mirip CBR150R posisinya.

Test Ride Suzuki Gixxer SF250

Jok jika kita tekan, dapat dikatakan tidak terlalu empuk, namun beda lagi saat kita mendudukinya, terasa pas berkat konsturnya yang sesuai dengan posisi duduk, sehingga empuk tidaknya jok jadi terlupakan.Β Posisi foot step depan juga dibuat untuk kenyamanan, tidak tepat ditengah, hanya sedikit geser ke belakang dan sudah cukup untuk membuat kaki yang menekuk terasa rileks.

MESIN & PERFORMA

Saat starter ditekan, mesin menyalak halus dan cukup nyaring. Kalau digeber suaranya lebih mirip suara mesin dan knalpot Yamaha yang khas, cempreng dan menjerit. Tuas kopling ditarik, ringan alias enteng, indikasi gakan cepat pegal di kemacetan. Masuk gigi 1, cekrek, halus dan sigap, oke kita bersiap ke jalan raya.

Test Ride Suzuki Gixxer SF250

Keluar parkiran, langsung disambut dengan kemacetan wkwkwk, yaudah kita justru mencoba gigi 1 dan dua serta kemudahan dalam berpindah jalur dan manuver diantara kendaraan lain, tapi nanti akan kita bahas sektor ini yes.

Lampu merah McD, KBY pilih Shirat al-Mustaqim alias jalan yang lurus, karena terlihat di depan lumayan lengang daripada belok kanan yang penuh. Baiklah, begitu hijau, langsung coba geberrrr… ngeeeeng mesinnya meraung dan tretretret.. langsung kena limiter! Laahh pendek banget itu redline! Kecepatan puncak gigi 1 Suzuki Gixxer SF250 ada di 51km/jam.

Test Ride Suzuki Gixxer SF250

Gigi dua, KBY coba geber lagi, mata fokus ke pergerakan RPM dan tepat sebelum 10,000 dimana disitulah batasnya, gigi langsung dipindah ke tiga. Sebelum redline itu kecepatan maksimum gigi dua adalah 70km/jam. Sementara gigi tiga tidak dapat dilakukan hingga redline akibat jalanan yang crowded.

ENGINE BRAKE HALUS

Catatan menarik dari KBY terkait mesinnya adalah, engine brake-nya yang halus seakan akan menggunakan assits sleeper clutch alias ASC, apakah mungkin teknologi khas Suzuki yaitu SAPECS (Suzuki Advance Power Engagement Clutch System) yang sudah hadir sejak RC100 dan berlanjut ke Sprinter, Tornado, Shogun dll ditempelkan di Gixxer SF250? Sangat mungkin, meski nama SAPECS sendiri gak pernah lagi digaungkan sebagai fitur/ teknologi oleh Suzuki.

Engine brake halus ini banyak positifnya, misal, rider tidak akan cepat lelah untuk menahan tangan di setang akibat efek ngerem dari mesin tersebut terutama di lalu lintas yang padat. Dari gigi 1 dan 2 dimana engine brake biasanya sangat terasa, KBY tidak merasakannya, padahal silinder tunggal itu efeknya pengereman mesin biasanya terasa besar loh.

Karena tidak memungkinkan mendapatkan tenaga peak di gigi 3 dan seterusnya, jadi kemudian KBY fokus ke hal lain. Yaitu pengendalian alias handling dan pengereman.

HANDLING, PENGEREMAN DAN SUSPENSI

Motor ini terasa kompak dan lincah berkat dimensinya yang tidak terlalu besar, ditambah bobot yang relatif ringan untuk 250cc. Kelincahannya juga terbantu berkat setang yang cenderung tinggi ya.

Saat dicoba selap selip dan bermanuver diantara kendaraan, terbukti lagi dimensi yang kompak membantunya untuk mudah nyempil diantara dua mobil serta tidak sulit melaju di tengah tengah celah antara mobil. Keseimbangannya pun dapat dikatakan sangat baik. Singkatnya, motor ini memang nimble dan agile.

Sektor pengereman, karakternya sama seperti pada motor motor ber-rem ABS, agak ngeloyor dan butuh dua atau tiga kali sebelum benar benar gigit. Zeref pun begitu. Kecuali dibantu oleh rem belakang, maka gigitannya akan lebih terasa sejak awal.

Kinerja suspensi cenderung moderate, di trek yang ada sepanjang test ride ini, kalau bertemu patahan atau lubang, akan terasa firm, namun mengayun halus saat ketemu legokan atau elevasi kontur jalan yang berbeda. Misal masuk atau keluar SPBU.

FITUR

Mungkin sektor ini yang paling disayangkan oleh KBY. Speedometernya sih oke, kontrasnya baik dan semua pergerakan terlihat jelas. Sayang, pilihannya terbatas. Hanya ada trip 1 dan dua, sudah. Tidak ada AVG BBM, tidak ada oil change. Terlalu sederhana! Dibanding GSX 150 series sih jelas kalah komplit!

KESIMPULAN Test Ride Suzuki Gixxer SF250

Secara kesimpulan, motor ini cocok buat mereka yang demen turing santai dengan motor berfairing, dan juga untuk lifestyle! Tenaganya sangat cukup untuk sekedar memacu adrenalin dan melibas jalanan kosong setiap kota saat berpetualang. Tapi untuk dipacu abis abisan seperti track day, ya gakan kena. Pun demikian, KBY sendiri penasaran kalau digeber di Sentul kira kira dapat berapa ya top speednya?

Untuk kata lifestyle ini, mungkin banyak yang tidak setuju, karena dianggap kurang stylish juga si Gixxer SF 250 ini hehe. Namun gaya hidup yang KBY maksud ini lebih ke motor yang akan sangat jarang terlihat di jalan, pride-nya ada, cocok buat jadi perhatian hehe. Gitu loh. Semoga artikel Test Ride Suzuki Gixxer SF250 ini bermanfaat lads.

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing πŸ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

110 KOMENTAR

  1. Di bulan Desember berapa kali ketemu GrARrrot di jalan, Mang?😁…dan seandainya mesin ini dibalut pake body replika Katana 1.0 apa lebih menjanjikan kah??

  2. Kalah dong mang larinya ama gsx-r150 gua
    Gigi 2 aja tembus 90 mang
    Malulah Ama adeknya 😁😁😁

    • beda karakter lah,,yg pasti diajakin drag 0-500meter ya good bye gsx ente karena ane pernah coba langsung wktu ke india,,ini tarikan awalnya cepet bgt n masih mau lari 149-150kpj on speedo(berat pengemudi 99kg),,gsx ente apa bisa lari 148-150 dengan pengemudi 100kg 😎

  3. Kalah dong mang larinya ama gsxr150 gua
    Gigi 2 aja tembus 90 km/jam,
    Malulah Ama adeknya 😁😁😁

  4. Orang yang nge-bully motor ini pada gak paham ini motor apaan. Padahal motor fairing yang ga nunduk-nunduk amat itu lumayan lumrah di luar negeri, contoh: CBR650R, Ninja 650, VFR series.

    Masalahnya Suzuki juga ga paham ini motor bisa dibikin seperti apa, makanya packaging-nya nanggung. Padahal Gixxer punya potensi jadi sport-touring 250cc yang cakep, cocok buat orang berduit yang pengen punya motor sport RINGAN tapi punggungnya sakit gegara keseringan BOD meeting sambil duduk.

    Saya bayangin kalau fairing dibuat lebih tinggi, jok belakang lebih rendah, & pasang pannier pasti bisa lebih ganteng.

  5. Kasian yamaha ga punya mesin 250cc jomblo…yg ada bison dikasih sarung power 12hp saza…zluub

  6. SF (sarungan facia). Ya menurut pribadi sayam, laku sih laku tapi ga bakalan laris. Bahkan mungkin secara penjualan masih banyak mono daripada gixx perbulan. Secara hype aja cmn laku 80 setelah 3bln. Mungkin terjual 200 unit buat tahun ini udah terbaik

    • Unitnya terbatas kalau habis ya berarti laris manis, kalau unit banyak masih sisa banyak berarti bubruk walau jumlahnya masih lebih banyak dari yang terbatas.

    • Karena emang per batch nya gak banyak, cuma 40-60 unit… dimana menurut ay angka itu justru sangat masuk akal bagi Suzuki.. gak kebanyakan.

      Kalau satu tahun 3x batch dan habis, hitungannya laris dan sukses sih…

      Kaya jaman PCX CBU dan beberapa produk CBU lainnya yang kudu inden kalau mau beli…

      Tapi memang yang kudu dikawatirkan adalah, saat hype nya lewat sementara kontrak pengiriman s.d 3 tahun misal ..

      Nah di ujung itulah bisa ada penumpukan stok …

      • Kalau produk sebelah kaga laku barangkali karena saran dari Sales2nya ..
        Baiknya nunggu batch ke 2 πŸ˜‚

  7. seperti yg orang2 bijak selalu berkata selama ada yg jual pasti ada yg beli … laku pasti tapi laris beda cerita

  8. Kalau mau koleksi , baiknya yang warna kebanggaan ( Biru )
    Hitam gini bikin kurang ngeh mata.
    Tapi Velg-nya yakin sih , banyak yang Naksir πŸ˜‚

      • See…..
        Masih ngebatin dia πŸ˜‚ orang yang nyusahin hidupnya sendiri ya tipe gini.

        Jangankan ginian, R4 pun bisa Gonta ganti Gonta ganti kalau gua mau….Merem.
        Gua bukan tipe orang yang haus punya barang ini itu , baik gua puter duitnya diproperti Gua , mana tau ntar bisa selevel Podomoro , mimpi gratisss πŸ˜‚

        • yang incomenya ratusan jt sebulan aja ga kerajinan beli ini beli itu, okb banget sih komennya 🀣

          • Iya , risih sebenarnya kalau bahas gituan…πŸ˜‚
            Pola pikir dia masih ortodoks.

          • ya wajarlah ngebatin.
            dengar orang punya penghasilan 25 juta, sebaliknya berapalah gaji jadi joki, itupun tidak selalu ada

          • Masa gua ceritain lagi sejarah gua nge BC ?
            πŸ˜‚
            Emang gua harus Ngotot dengan Penghasilan gua biar Lu percaya Mang ? Apa guna ? Elu siapa ? Untungnya di gua apa ? Barangkali gaji yang gua bayar buat asisten gua jauh lebih gede dari penghasilan lu .
            Rumah gua pun udah laku 4 unit .
            Nambah2 deh Sirik lu Mang πŸ˜‚

          • kan udah dikasih hitungannya, gaji 25jt setara berapa menit. berarti waktu luangnya banyak, dipakai lah buang nge-BC πŸ˜‚ πŸ˜‚ πŸ˜‚

  9. Keluarin artikel Giyono anak metropolitan melawan Paijo ya Mang.. biar ramai terus πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

  10. mengenai ketersediaan spare part gmn mang
    apakah bisa common part dengan model lain gitu

  11. Produk orisinil nongol dari pabrikan , pasti ada terlintas dibenak kita bagaimana bentuk jika dimodif .
    Nah modif ini ada yang simple ada yang heboh , ada yang banyak ditambahin dan ada yang di kurangi.
    SF diatas , cukup dikurangi. Tarik k 2 spion rapat k visor , lepas undertail sama spakbord yang diatas ban. Kemudian teguk dulu kopinya trus bayangin….keren juga sih πŸ˜‚

    • Sebenarnya maunya itu saluto, kan waktu itu ke jepang rame2 🀭 tp yg nongol malah Yamaha Fazzio πŸ˜‚

      • Ente bener…yang diinginkan Saluto , yang nongol malah yang hancur ( Pitak = Paijo kotak ) πŸ˜‚

      • Itulah luar biasa nya, walau ada yg bilang katanya baperan tp tahu2 nongol Fazzio 🀭

        Lah yg rombongan piknik pengen saluto malah tidak di uprove kan? malah dikasih produk india 🀭.

        • Yoi…ente lagi2 bener , yang nongol itu bikin si Baper makin Baperan.
          Ada 7 125 yahama tapi gak mampu numbangin Scoopy…jelaslah ya , angka Scoopy itu udah mirip2 sama Total angka yahama , 3 125 nya saja belum mampu numbangin angka Genio.
          Sekarang tambah 1 jadi 8 Doong ? Atau sipinokio udah resmi dilebur buat bahan DaurUlang ?
          Yang Baper akan semakin Baper πŸ˜‚

      • Untung mang kobay kaga Sorot tuh tulisan Made in China ,
        Bisa bikin bertumbuh Bapernya tar πŸ˜‚

  12. Ntar lagi nongol artikel yang kencangnya ga sampe 140 kmh … Sami mawon sama 17 hp 🀣🀣

  13. Bakalan lebih seru berita launching Squizzo Bastardo kayaknya😁😁😁..soale ini info test ride Suzi, ehhh benyek ngalihin terus, apa 3 artikel kemaren masih kurang juga?? Wakakakak

  14. Saya pemakai bandit ( baru kali ini pake Suzuki) sebelumnya kalau ga Honda ya lebih sering Yamaha. Saya rasa banditt fiturnya yg lumayan adalah speedometer dan mesinya yg lain masih lebih bagus Yamaha dan honda. Nah kalau yg segmen 250 aja speedonya malah lebih sederhana dari bandit apakah ga makin dibelakang? Krn harganya juga ga murah loh.

    • Mungkin jadwal piknik nya kudu ditambah biar di aprove S pusat mang…. πŸ˜‚ Dulu ke jepang, next ke india 🀭

      • ngemengin piknik ke jepun gw juga ngerasa aneh bin kesel sih dengan outputnya. masak jalan jauh2 kesana dan ngasin input konon macem2 tapi ujung2nya malah outputnya maceman bandit (lebih pantes dibilang badut sih..sory ye) mana pas pulang artikelnya malah ngereview kebaikan petinggi sijuki…dan barengan pula kek yang dibilang petinggi yamahmud dulu artikel vcd bajakan wkwkwk… cmon lah…kami2 dulu nunggunya artikel inputnya apa aja dulu. kesan mereka gimana ke depannya gimana buat sijuki…kalo ngereview kebaikan petinggi ya iyalah elu2 pada diboyong je jepang jelas orang2nya baek. sory ya mang, no hard feeling

        • Ya setidaknya tujuan jalan2 dulu kan bukan pingin maksa kasih input.
          Tapi emang dikasih kesempatan buat melihat secara terbuka produk2 Suzi .
          Jalan2 dan hiburan …suguhan yang disajikan pihak Suzi serta menikmati Negeri Sakura adalah Bonussss besar dan sangat berharga..
          Wong gratis sopo Ra gelem .
          Cuman yang ginian malah bikin pabrikan sebelah Baper.
          πŸ˜‚

        • Wkwkww fix ga dibaca baik baik semua artikel Juki terutama yang terkait input output…

          Yah gw gakan komen apa apa kalau ga nyambung mang… Diketik ulang lagi juga males dah, wong udah tertuang di banyak artikel Juki.

          Ibarat orang ngajak diskusi MArket share, ngata ngatain pembodohan otomotif tapi artikelnya aja dibaca judulnya doang 🀣🀣🀣

          Waktu ay diajak ke Sepang dua kali Ama Juki, gak bahas soal petingginya sama sekali

          Diajak Turing Malaysia Ama Honda, gak gw colek kebaikan petingginya…

          Waktu bahas petinggi Suzuki di Jepang yaitu Itayama san, itu murni dari impresi gw terhadap orang nomor 1 Suzuki di Indonesia, dan kalau yang Laen merasa sama berarti memang beliau orangnya down to earth banget…

          • Yang Namanya pabrikan Baper ya gitu Mang ..Sensitif .
            Harusnya tunjukkin juga bahwa .. mereka jg mampu 🀭

  15. Gear 125 apakah bener enak / nyaman? Jadi pertimbangan soalnya,, selain Scoopy dan calon matic baru Yamaha ( Fazio??)

    • tanya ama tak ada yang bisa…..pokoknya klo kata dia mah yamaha semua buruk…….pokoknya klo honda semua bagus biar kata batok scoopy bunyinya kemratak pokoknya asal honda pasti bagus……

      • Kan mirip sama Lu Fby πŸ˜‚
        Apa aj merk Hnd Lu bilang jelek hancur…tapi Lu gak nyadar….Junjungan Lu makin lama makin dibungkam / terbungkam.
        Saat Lu makin terpojok …Lu Minta dikasihani , dengan Cara menyalahkan Fbh…dengan membalikkan kesalahan sama orang Lain , sama Gua ( kalah saing nge BC sama Gua ya ) πŸ˜‚ .
        Bagus ngga nya serahin ke Konsumen
        Gua koar2….elu Koar2….apa ngaruh ? Kaga .
        Banyak pilihan jatuh k Hnd…itu keputusan konsumen yang beli.. duit2 mereka .

        Rosi aja gak punya daya Jual apalagi Sales kayak Lu bang πŸ˜‚

        • mirip mirip kelakuan si permana, banyak fby koar koar bejat akan dibenturkan dengan genio, eh dia malah gk terima, bilang itu BC an pesaing yg ingin ngejatuhin bejat sebelum keluar..mirip bocoran new aerox di jalanan thailand, banyak yg meyakini, itu memang bentuk asli new aerox, tp dia gk terima, sampe nyampein kalo itu hanya modif fiber jalanan di thailand(artikel di sini ada kok), dan siapa yg tertawa sekarang.. digrup be***** dia gk terima bejat dikomper dengan metik murahan tetangga(tabiatnya keluar, BC tetangga, tp dikatain fby gk mau, maunya fb netral) ada ada aja kelakuan panglima by..

          • Genio adalah versi generik dari Scoopy , banyak Lapak yang udah menerangkan termasuk diLapak ni.
            Maunya siPaijo dikompare sama Scoopy ? Boleh jika harganya memang buat melawan Scoopy , tapi siPaijo kan prediksi harganya untuk tandingan Genio( sambil nunggu rilis harga resmi )
            Harusnya bangga dooong….biarpun ngelawan Genio tapi kan ngelawan Sultan …terlalu jauh gapai kepala ,ya main dijari kaki saja πŸ˜‚

    • menurut gw yang paling bagus value for money di entry level yamahmud adalah freego, mesin cukupan, bagasi luas, isi bensin di depan yang sangat praktis, dek juga lumayan

      • freego harganya bukan entry sih, ketinggian hampir se spooky, dan freego cuma imut kalo liat gambarnya aja, aslinya sih gede dan tinggi lho.

        • Sebagian orang udah bahagia BEJAT akan jadi trend masa depan menyaingi Spooky,
          bagaimana jika orang lain juga mebuat Genio facelift nya dan Spooky naik jenjang jadi matik 157,6cc …..
          ingat 3besar matik terlaris honda sudah bisa bawa namanya masing2 di masyarakat indo loh…

          • iya juga, tahun ini genio pas 3 tahun, dan honda emang agak ‘gila’ di motor matic untuk urusan facelift.

            tapi kalo spooky naik kelas dan 110cc nya ilang sih saya ragu, karena salah satu point plus nya ya mesin kecil dan iritnya itu.
            paling mungkin sih tambahan di kelas 125cc honda, dimana isinya cuma vario125 aja.

  16. Di India motor ini dipasarkan sebagai supersport, disini ngeles jadi sport touring wkwkw
    Lagian kalo mau positioning gitu kok 1/4 matang? Minimal ganti tuh windshield lebih tinggi, pasang aksesoris touring punya gsxs touring edition yang numpuk di gudang terus bikin iklan foto brosur ke photoshop profesional seolah-olah lagi touring biar jelas marketnya.

    • Mungkin maksud bro ini Sport Bika..bukan SuperSports.
      Karena diweb Suzi India pun gak ada keterangan ini SuperSports.
      Mungkin gua salah.

    • Kalau bener di India sebagai SuperSport, fix emang nehi aca itu ngawur dan seenak udelnya ..

      Udahlah nama Gixxer yang legendaris diacak acak… 🀣🀣🀣

      Mana ada SuperSport ergonominya kek CBR150R dan motor sport tourer kebanyakan..

      Noh supersport itu kek CBR250RR, gsx-r150, R15.. yang kurang nyaman buat harian hehe…

  17. Kopi Pagi .

    Motor ini ibaratnya titip jual disini , dan nyatanya laris dan kita percuma mengeluh ke Sis.
    Namun…..
    Setidaknya kita bisa membayangkan…jika jualan titipan ( 49 jt ) saja bisa laris , bagaimana nantinya jika diproduksi lokal oleh sis.
    35 juta untuk GsxR250 ( walau 1 cyl ) dan bukan GixxerSf ? Hancur permotoran 150
    Ngeri juga bro πŸ˜‚

  18. Ani ????
    Ya Tante….
    Makin cantik kamu naik Scoopy …
    Ah emak bisa saja , emak memang tau pilihan Ani ( tersipu sambil buka helm pink nya ) .
    Aneh memang , punya anak laki seleranya kok Standar bawah.
    Ya emang benerlah Mak , kalau standar diatas trus kebalik namanya Tanduk .
    Nah itu coba , makin pinter lagi kamu sejak naik Scoopy…
    Joki ….??
    Ya Mak ( suara dari belakang …)
    Emak ; Jangan lupa kasih makan ayam !!!!

    πŸ˜‚

  19. masih ramey juga nih artikel test ride si Gixxer 250 SF …

    apalagi ntar Mang Kobay rilis artikel test ride New R15 di Sentul yak … bisa tembus 200an komen itu artikel

  20. @Blur@vision@jangan lupa paket data diperpanjang Test R15M udah mau tayang ama mang kobay tuh

  21. Heran di lapaknya Suzuki orang malah debatin si BEJ-AT sama Genio sampai matic merk tetangga yg lain yg ga ada sangkut pautnya samsek sama motor yg di-review wkwkwk

  22. Suzi yang malangπŸ₯΄…dibuatin artikel tapi kolom komen diaduk2 Beie🀭🀭🀭..ayo tunjukkan gebrakan yang lebih hebring!!! Padahal gak ada lagi pemain di silinder jomblo250 kan??? Tetep aja dikerubungin ealahhhh….#saluto??

  23. Raih profit setiap saat dengan berdagang dibroker forex terbaik di asia. ( forex, Bitcoin, Saham) kelebihan trading di Meefx :
    1. Bonus 5 usd, tanpa melakukan deposit
    2. 0 biaya swap
    3. 0 komisi
    4. deposit minimal 5 usd
    5. deposit dan penarikan dapat menggunakan bank lokal indonesia
    6. 45 USD \ Lot Rebate untuk mitra
    ————————————–
    Info lengkap langsung kunjungi website kami: https://meefxid.org

Yuk Tinggalin Jejak Lads..