test ride honda adv 160

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Waduh sori ya lads, artikel test ride Honda ADV 160 ini sempat tertunda hehe, yet better late than never yes?? So ini adalah impresi KBY setelah mencoba sebanyak 7 lap dari lintasan atau trek yang disediakan oleh Astra Honda Motor di arena tes pribadi mereka di bilangan Delta Mas Cikarang. Dengan menggunakan semua unit varian tertinggi yaitu ABS dengan fitur anyar HSTC (kontrol traksi) bagaimana hasilnya saat KBY tes dengan HSTC ON dan OFF? Juga saat windshield disetting HIGH dan LOW? Cekibrot..!!

Soal desain KBY tidak akan ulang lagi ya, silakan saja klik artikel ini First Impression New ADV 160, jadi di sesi artikel ini akan fokus ke hasil test ride Honda ADV 160 ya..

Test Ride Honda ADV 160 ini akan meliputi:

  • Ergonomi
  • View (penglihatan ke area dashboard dan jalanan)
  • Kehalusan mesin
  • Performa mesin (akselerasi & top speed – tenaga atas)
  • Suspensi (ayunan, kenyamanan)
  • Handling (kelincahan)
  • Pengereman
  • Kapasitas bagasi

TEST RIDE HONDA ADV 160

ERGONOMI

Seperti yang disebutkan dalam spesifikasinya, New ADV160 ini memiliki seat height atau ketinggian tempat duduk yang lebih rendah 15mm, dari 795mm ke 780mm.. apa pengaruhnya? Jelas untuk rider dengan tinggi badan di bawah 165cm akan sangat terbantu. Konon tidak sedikit calon konsumen yang mundur untuk menebus ADV 150 karena tingginya..

test ride honda adv 160

So dengan penurunan seat height pada ADV 160, diharapkan tak hanya rider cowok bertubuh pas pasan yang akan tertarik, tapi juga kaum hawa tidak lagi ragu untuk menebus sang skutik advance ini..

Dari sisi segitiga ergonomi, tidak ada isu di sini, tapi ada kemungkinan bagi rider bertubuh 175cm ke atas posisinya akan sedikit jongkok ya, alias kakinya akan lebih menekuk, bagi KBY sih pas..

VIEW

Dari sisi pengendara, vision aka blur eh bukan deng, penglihatan ke area dashboard maupun jalan di depan sama sekali tidak terganggu, apalagi untuk rider tinggi ya.

Di siang hari warna dan kontras dari speedometer terlihat baik, hanya saja kalau dari video apabila terkena cahaya memang terlihat gak jelas karena mantul/ silau. Hal yang biasa terjadi sih, jadi bukan big issue, mungkin ke depannya kalau bisa pakai full TFT biar makin cihuy.

new adv 160 speedometer

Kemudahan pengoperasian tuas tuas sebenarnya cukup mudah dan terjangkau oleh tangan karena posisi joystick yang persis di depan setang. Konsentrasi rider tidak harus terpecah banyak dari sisi ini. Pun demikian sekali lagi, andai joystick tersebut pindah ke area setang, akan makin ciamik lads.. selain kaya moge atau motor eropa, masa kalah sama Namec yang one touch operation hihihi…

KEHALUSAN MESIN

Saat starter ditekan, ciri khas mesin eSP plus ACG starter Honda yang halus langsung terasa dan terdengar. Mesinnya bergetar sangat halus meski getaran tetap ada dan tak bisa dibohongi dari spion yang bergetar, bukan big issue, mesin terhalus sekalipun tetap akan bergetar saat posisi standar tengah dinaikkan. Kymco, yang diklaim memiliki gerakan CVT terhalus sekalipun getarannya mantap saat idle wkwkwk..

test ride honda adv 160

PERFORMA MESIN HONDA ADV 160

Nah ini yang kita semua tunggu, performa mesin 4 katup milik New ADV 160 turunan dari PCX 160!!! Meski saat digas hentakannya terasa halus, tapi tenaganya langsung terasa perbedaannya dengan yang lawas.. Kehalusannya mungkin menutupi karakter asli 4 buat klep, tapi percayalah, perbedaannya nyata terasa!

Dari sisi akselerasi mungkin butuh perasaan yang lebih untuk mendapatkan apa yang terasa beda, karena dua katup pun dapat dikatakan hampir sama responsifnya kok. Makanya konsentrasi KBY ada pada dual hal, akselerasi keluar tikungan yang sekaligus merepresentasikan simulasi menyalip, serta tenaga kitiran atas.

Kelemahan dua klep adalah, ketika harus mengerem sebelum menikung, kemudian putar gas saat keluar tikungan.. terasa kurang responsif, nah dengan tambahan 2 klep lagi maka pasokan udara dan ledakannya bisa lebih banyak dan besar.. di sini sudah terbukti dari test ride Honda ADV 160 saat keluar tikungan langsung merespon!!

HSTC ON & HSTC OFF

Apa perbedaannya? Bagaimana dengan tenaga putaran atas..?? Oke karena ada dua motor lagi yang memiliki mesin yang sama-sama 160cc yaitu PCX dan Vario maka komparasinya ADV 160 ini akan terhadap dua saudaranya tersebut.. hasilnya??

Untuk performa dan tenaga keseluruhan Vario 160 adalah yang terbaik, tak diragukan karena jelas bobot lebih ringan.. kedua adalah ADV160 dan paling buncit PCX 160. Yak ADV 160 atasnya masih lebih powerful dari PCX, itu yang KBY rasakan. Kalau si Peceka kan kaya ditahan demi efisiensi BBM, sedangkan ADV 2022 ini agak dilonggarkan sedikit.

Makanya top speed pun lebih baik dari PCX 160 vs ADV 160 di trek yang sama.. Saudaranya yang Xaloon tersebut hanya mampu mencapai 92km/jam, sedangkan si Advance – New ADV 160 2022 terbaru, bisa mencapai 95km/jam.. seharusnya bisa lebih sih kalau gada gangguan.

Top speed ADV 160 bisa KBY dapatkan dalam kondisi HSTC ON dan Windshield posisi low.. Untuk windshield, hukum coefficient drag (cd) sangat berlaku.. Sayang pada saat HSTC Off, ada rider yang ngerem lebih awal sehingga KBY juga harus mengurangi kecepatan.

test ride honda adv 160

Nah ngomongin mode tersebut, ini yang KBY rasakan ya – pada saat HSTC Off hentakannya lebih terasa, namun menurut literasi, meski kondisinya Off tapi sebenarnya tidak benar benar mati, hanya saja interupsinya dibuat lebih bersahabat.

KINERJA SUSPENSI

Berikutnya adalah ini.. Sebenarnya agak sulit untuk mendapatkan impresi seberapa “hebat” kinerja suspensinya. Salahkan pada trek milik AHM yang super halus wkwkkw.. So untuk trek aspal halus suspensi ADV 160 ini layak diacungi dua jempol, stabil dan mantap!

test ride honda adv 160

Untungnya AHM memberikan simulasi polisi tidur alias speed trap yang berjumlah 4 buah berjejer.. Nah KBY melewati poldur ini dalam beberapa kondisi; berdiri dengan kecepatan menengah, duduk mid speed serta duduk low speed. Hasilnya?

Jelas kalau berdiri tidak terasa apa apa di bokong, nah begitu duduk baru terasa perbedaannya.. saat mid speed justru terasa mantap meski bokong cukup terpental pental, saat low speed, meski gak sampai lompat, tapi KBY merasakan naiknya si shock masih terlalu cepat.. Kayaknya memang paling pas kalau berduaan, which is sadly, KBY gak melakukannya.

test ride honda adv 160

HANDLING ADV 160

Yang KBY rasakan tidak banyak berubah dari versi lawas ADV 150, yang mana bagus sih, masih tetap lincah dengan tenaga yang bertambah.. Melewati semua putaran, gejala understeer cukup minim.. bagaimana jika dibandingkan dengan dua saudaranya? PCX 160 dan Vario 160?

Dengan Vario 160 sebenarnya gak sepadan, jadi kita coret aja. Dengan PCX? Nah ini, yang KBY rasakan, saudaranya tersebut memiliki handling dan kelincahan yang lebih baik! Bukan berarti ADV 160 buruk, tapi PCX memang yang lebih baik, berkat perbedaan ukuran roda juga kali ya.. PCX 160 terasa lebih menurut saat ditekuk..

test ride honda adv 160

test ride honda adv 160

PENGEREMAN

Tidak ada big issue di sini, baik depan dan belakang bekerja sangat baik, terutama belakang yang lebih responsif dari depan yang ber ABS satu channel. ABS nya juga nyaman, butuh ditarik keras dalam kecepatan minimal 40 km/jam, baru terasa bergetar dan berdenyut.. nice!!

Catatannya, seperti karakter ABS kebanyakan, responnya agak slow kalau bicara kepakeman, mungkin butuh 1 kaliper lagi ya..

BAGASI

Dari hasil test ride Honda ADV 160, KBY juga menyempatkan untuk mengetes kapasitas bagasinya yang diklaim lebih lebar dan dalam dari yang 150cc. Hasilnya? Simulasi menggunakan helm Colemax alias INK CL-Max full face, mampu ditelan cukup baik meski sedikit ada pemaksaan, tapi jok mampu tertutup rapat. Setidaknya helm tersebut bisa jadi acuan.

test ride honda adv 160

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

23 KOMENTAR

  1. Kira2 jok nya di ganti ama adv 150 lama pnp ga ya? Kalo ga ya custom tukang jok aja biar tinggi lagi wkwkwk

  2. woles aja sembari riding pake Juki Saluto … sembari dilirik ciwi-ciwi geulis .. bales senyum rada genit dan … byurrrr

    Beh … bangun napah, onoh ayam pada petak-petok blom dikasih makan … ngimpi jorok ya kok tidur nya senyum genit gituh

    nasib cuman bisa ngimpi

Yuk Tinggalin Jejak Lads..