iklan gma

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Setelah membahas Vario yang naik kapasitas mesin dari 150 ke 160cc dari sisi first impression, kini saatnya kita kupas tuntas hasil test ride Vario 160 2022 terbaru ini. Tentu harus digarisbawahi terlebih dahulu, bahwasanya sesi tes diadakan pada ruang lingkup terbatas, yaitu di sirkuit internal AHM dengan dibentuk sedemikian rupa untuk mendapatkan impresi berkendara seperti riding position, akselerasi/ tarikan awal, kelincahan, tenaga tengah dan pengereman serta kenyamanan. Bagaimana hasilnya? Cekidot dulu lebih lanjut

Test Ride Vario 160

KBY tidak akan mengulang pembahasan terkait desain ya, karena sudah dibahas dengan komprehensif di artikel berikut: First Impression Honda Vario 160 2022. So artikel ini khusus untuk membahas hasil test ride-nya, bukan yang lain ocey? Setuju ya? Gak setuju ya bodo amat, ini kan blog guweh wkwkwk.

Video Test Ride Vario 160

TEST RIDE HONDA VARIO 160

Oia perlu diketahui kalau lapangan luas AHM untuk latihan safety riding ini disulap sedemikian rupa dengan cone cone dan peserta test ride akan mengikuti petunjuk. AHM menyulapnya jadi dua trek, kami dibagi kanan dan kiri kemudian bergantian.

Test Ride Vario 160 2022

Secara umum kedua trek tersebut tidak banyak berbeda, sama sama dibuat untuk mendapatkan aspek kelincahan, akselerasi saat keluar tikungan, dan tenaga tengah serta pengereman. Menarik! soalnya unit tes kami ini dibekali rem depan anti ngesot dan ngunci dengan Anti-lock Braking System alias ABS. Bahkan trek lurusnya pun jaraknya dibuat sama, meski yang kiri terlihat lebih panjang akibat trek yang lebih lebar.

Test Ride Vario 160 2022

Sekali lagi sebelum jalan KBY memastikan dengkul! Ya ternyata masih aman sentausa dengan tinggi 165cm. Bahkan dengan maju sedikit agar kaki mampu menapak tanah leluasa (mengkondisikan di lampu merah) dan kaki kembali dinaikkan, gak mentok, hanya jaraknya jadi berkurang yang tadinya sekitar 10cm jadi 6-7cm. Kalau yang kakinya panjang mungkin di kondisi ini bisa bermasalah sih.

AKSELERASI & PERFORMA

Start mesin saat test ride Honda Vario 160 ini ternyata sudah seperti PCX, tinggal putar kenop ke ON, starter deh, kalau Vario 150 yang lama kan starternya kudu ditekan dua kali biar mesin nyala. Dari sisi safety maling sebenarnya Vario lawas lebih aman sih, dua kali verifikasi istilahnya wkwkw, tapi dari sisi kemudahan, ya model PCX jelas.

ACG-nya nyala dan mesin berputar dengan bersuara lirih nyaris berbisik, halus, sangat sangat minim getaran. Putar gas, jelas gada gredek, lah motor belum lagi mencapai 500km, kalau sudah ribuan ya wallahualam ya. Sentakannya terasa laiknya Vario lawas, lah jadi bedanya dimana? Sabar ya..

Akselerasi atau tarikan awal berguna dalam kondisi bawah tengah, misal kalau mesin lama 2 katup itu agak ngowoh jika harus melakukan take over tapi kudu ngerem dulu karena kendaraan di depan ternyata mengurangi kecepatan misalnya, nah mesin 160cc 4 katup ini tidak demikian, masuk tikungan ngerem, gas lagi langsung nampol! Bahkan karena Vario cenderung punya bobot ringan, dia dengan cukup mudah terangkat ban depannya!

Sayangnya, karakter PCX juga kental di Vario 160 ini lads, yaitu sangat kuat di bawah hingga tengah, kemudian cenderung flat di kitiran atas, ini yang membuat tenaga atasnya menuju top speed terasa kehilangan dorongan dari sebuah mesin dengan jumlah klep empat buah.

HANDLING DAN KELINCAHAN

Honda Vario 160 2022 memiliki dimensi yang melar dari pendahulunya, bodi lebih besar, lebih lebar dan lebih panjang. Bagaimana dengan handling dan kelincahannya? Itulah ternyata fungsi dari sasis terbaru dari eSAF (enhance Smart Architecture Frame). Meski lebih bongsor di versi terbaru ini, namun dapat dikatakan kelincahannya mendekati Vario 150 lawas.

Artinya, meski sudah lebih besar dari berbagai sisi, namun kelincahannya laiknya motor atau skutik yang lebih kecil, bagus dong berarti? Diajak meliak liuk diantara cone yang disusun, sesi test Ride Honda Vario 160 ini dapat dikatakan mengasyikan, selap selip kiri kanan, very nimble.. kalaupun belok tekor, mampu dengan mudah diatasi alias predictable dan controllable.

Hanya ada satu catatan KBY, jika belok kanan terlalu kencang seperti tikungan parabolic, Vario 160 cenderung understeer, yaitu moncongnya cenderung mau lurus aja. Mudah mengatasinya, kurangi gas, miringin lagi bodinya, gas lagi.. wuussss… sama kaya di mobil kok, kalau belok moncong maunya lurus, ya kurangi gas, belokin lagi setirnya, gas lagi. Understeer cenderung mudah dikendalikan dibanding oversteer yaitu body belakang ngepot. Mungkin efek dari single shock yang adanya di kiri ya?

Untuk kestabilan di kecepatan tinggi mungkin kurang fair ya, mengingat trek lurusnya hanya mampu hingga 92 kilometer saja, tapi ya saat menuju kecepatan tersebut stabil aja sih, no issue.

PENGEREMAN

Untuk dua putaran pertama di sebelah kanan, KBY gak mencolek rem depan sedikit pun (kecuali setelah trek lurus), karena rem belakang sudah cakram, KBY penasaran dong dengan performanya. Dan ternyata memang memuaskan hehe.. pakem sampe sliding sliding dah wkkwkww..

Test Ride Vario 160 2022

Barulah setelah pindah trek ke sebelah kiri, giliran rem depan ber-ABS yang dites. Menurut KBY kehalusannya masih kalah dengan PCX. Karena yang dirasakan kinerjanya itu datang lebih awal dibandingkan saudaranya tersebut, sehingga denyutannya pun lebih awal terasa di tangan meski ban belum benar benar mengunci. Apakah ada perbedaan spek? Bisa jadi.

Test Ride Vario 160 2022

KENYAMANAN

Masih relate dengan handling sebenarnya, yaitu kinerja dari suspensi monoshock-nya. Sekali lagi mungkin hasil ini kurang mewakili penggunaan harian mengingat trek semuanya didominasi oleh aspal mulus. Jadi batasnya hanya review di trek saja – maka yang terasa adalah suspensinya moderat, tidak keras, tidak terlalu empuk, mantap dan stabil meski cenderung understeer kalau belok kanan.

Test Ride Vario 160 2022 iwan banaran

Kenyamanan kali ini ada di joknya, kembali dengan kondisi yang terbatas hanya ada di trek yang disediakan, maka KBY merasa nyaman nyaman saja, yang jelas slope atau bentuknya ergonomis dalam menyokong bokong. Hanya saja memang tidak dapat dikatakan lembut, yaaa khas kebanyakan motor Honda gimana siy, tau lah ya.

Kenyamanan ini juga KBY tes berdua boncengan dengan Alki Indoride, akan dibahas pada artikel terpisah ya hehe.

test ride Vario 160 boncengan
Test Ride Vario 160 boncengan

KESIMPULAN HASIL TEST RIDE HONDA VARIO 160

Dengan dimensi yang mekar dibanding Vario 150, Honda Vario 160 terbaru ini sudah sukses mempertahankan ciri khas sebuah nama Vario dari sisi kelincahan, yaitu tetap lincah dan mudah dikendarai – secara umum seperti kebanyakan skutik kelas Vario ke bawah.

Kinerja rem yang mumpuni, yang dirasakan secara feeling jauh lebih baik dari versi lawas, intuitif dan responsif tanpa berlebihan dan tentunya lebih pakem. Hal tersebut berlaku di kedua rem, depan dan belakang. Soal CBS entahlah, gada sesi test ride-nya varian tersebut.

Kinerja mesin sudah dapat ditebak sebenarnya, yang dirasakan tidak jauh dari karakter milik PCX. Sangat responsif di bawah hingga tengah, kemudian cenderung flat di putaran atas. Diakui oleh AHM bahwa karakter bawah tengah menyesuaikan dengan kebiasaan kebanyakan konsumen terutama di kota besar. Atasnya diatur agak mampu mengolah bbm secara efisien (biar hemat BBM kamsudnya hehe)

Test Ride Vario 160 2022

Terkait harga, terutama yang ABS, mungkin terlihat mahal, tapi sebenarnya perbedaaan tidak sampai tiga juta sebenarnya termasuk murah untuk sebuah ABS ya. Vario 160 CBS dijual dengan harga Rp. 25,8 juta, naik 1,5 juta dari harga 2020. Sementara Vario 160 ABS dijual Rp 28,5 juta. Memang Vario ini sepertinya diset naik kelas alias to the Next Level. Apakah akan ada penggantinya di kelas yang ditinggalkan?

Test Ride Vario 160 2022

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing πŸ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

147 KOMENTAR

  1. Laris manis tanjung kimpul.bapak2,ibu2,anak2 muda masih cocok make ni motor.masih fungsional dengan dek ratanya.

        • Kalau bertulang punggung kan ada Adv….motor Indonesiah….Asiah…dan Amerikahh
          πŸ˜‚

        • User Vario160 : dek nya rata bisa bawa galon dan gas 3 kg

          Hari gini mah tinggal whatshap aja udah dianterin sama tukang gas dan galon kerumah kali bro 🀭,

          • Kebanyakan tukang gas pake motor bebek yg dikasih keranjang besi kanan kiri… Mungkin karna lebih kuat sasis nya karna pake dua shocbreaker nya, coba klo pake vario 160 mungkin bisa miring 🀭

          • Betul , padahal lebih leluasa galon di Paijo Panjul dan Lexong dan saudara2nya kan ya daripada metik2 Hnd dek rata ? πŸ˜‚

  2. Gile….foto2nya bening2 Mang .
    Mau dilihat dari depan samping belakang tetap ga berubah
    Layaknya Super Car πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ˜‚

  3. Tadi di dealer Gede deket rumah , langsung 2 truck nurunin Vario 160 semua , gak ada campur2 .
    Paling lama seminggu habis tuh πŸ‘πŸ˜‚

  4. Waktu LeXong dirilis petinggi Jepunnya mau aja disuruh2 promosi galonπŸ™ƒπŸ™ƒπŸ™ƒ…padahal tinggal telpon diantar tohh?..wakakak #janganlupa

  5. Fitur istimewa GeARrrot apa hayo??? Cantelan plastik kresek sekujur tubuh🀣🀣🀣..so kalau di kiri bisa gantung plastik isi tahu, di kanan pisang, di dek yang super guedee bisa naroh tomat dll..lanjut masuk perumahan pagi2 jualan sayur..wakakak..bukk sayur bukkk…biasaaa langganan🀭🀭🀭 #sesuaikasta?

  6. Lhaa Paijo gimana? Karena breket samping yang super strong sudah tersedia…cocook buat boks untuk…usaha bakso bakar!!!..Hmm sesuai buat nampil di sekolahan.Murid2 tetep naik SiKupi ajaπŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

    • Kalo satu vendor keteter sering tertunda, kaya kasus velg aja sampe bikin pabrik sendiri hondanya, nggak ngandelin 2vendor velg..

  7. Demi apa ahm membesarkan body vario?

    Dulu kalau mau matic 150, body ramping ada vario
    matic 150 body bongsor ada pcx

    lah sekarang semua jadi bongsor

    mungkinkah ada pengganti untuk matic 150 body ramping?

    • Sesuai trend sama permintaan pasar om.. sekarang kalau motor 150cc keatas orang maunya yg punya body bongsor ala moge biar lebih gengsi padahal beda cuma 25cc sejauh apa sih beda tenaganya..

      Jujurly saya juga kurang suka sih sama tren mocil oversize kayak yg sekarang ini, beruntung kelas bebek sama matic <125cc kebanyakan masih wajar dimensinya

      • gw juga ga suka sih…body vario paling bagus itu menurut gw versi 2015-2017…size pas banget dan tampilannya keren sampai sekarang

    • Gak Maxi gak laris 🀣🀣

      Yak sebenarnya diakui tren ke depannya bakal gini…

      Bodi besar mesin kecil bukan pertama kok, cek X-Max dan Forza 125 aja yg gampang…

      • X-Maxsa Forza 125 ?
        Saya aja belom pernah liat langsung…apalagi Eka dan klan yang mainnya diGudang πŸ˜‚

      • X-Max 125 sama Forza 125 dibikin bongsor buat badan orang eropa yg emang bongsor, kalo disini dibikin bongsong cuma buat gaya-gayaan doang padahal orang kita rata-rata tingginya di 160an cm yg naik Beat aja jinjit 🀣

        • POV konsumen memang gitu maunya, gimana donk wkwkw…

          Kalau maunya om Leopold justru terbalik, kalau bisa skutik 250 pun desainnya Segede NMax atau PCX aja…

  8. Karena belum liat langsung saya masih percaya bahwa motor ini jelek, nanti coba liat langsung ke Diler terdekat jika sudah ada,

    Komentar yg mpunya blog nih motor asik bngt buat harian jika boleh tempe, dikelas metik Gambot gini yg di bawah 160cc metik apa yg paling asik mang??

    • Definisi asiknya disamain kaya review ya? Hmmm… Tentunya di luar V160 kan?..

      Hmmm..

      Beat sih, gada lawan kalau tujuannya pecicilan biar cepet sampe 🀣🀣🀣

      Itu skutik mudah memancing semoi…

      Kalau ada lagi tar gw jawab, masih loading

      • Motor yang ” katanya ” duduk kek lagi ditoilet itu ya mang .
        Sebelah auto semoi memang , tapi apa daya 125 nya setara 110 yang ringan πŸ˜‚

        • Adalagi bodi gede otak ehh mesinnya kecil…yaitu XmaxSa πŸ˜‚
          Dites di dyno yang sama rupanya Powernya dibawah Pcx160
          🀣🀣🀣🀣🀣

  9. Lelucon apalagi yang nantinya akan ditampilkan….
    Terupdate di antartika ada cheetah.
    Sepertinya benar dugaan komentator robotic, memang dia itu dibayar untuk menjadi efbenyek bego…
    Masak sekelas pabrikan yamlehoy yang mampu menjadi sponsor balapan motobiji menghire orang bego kayak dia…
    Hadeuuuuh….

  10. Nunjuk2 metik Honda dek rata buat ngangkut galon..
    Eehh lupa kalo pas loncing metik dek rata yamlehoy malah ada galonnya segala dibawa2…
    Padahal waktu loncing BeAT, Vario dan Scoopy yang semua dek rata, ga pernah tuuh ada galon dipanggung….
    Mau dosa takut ketawa…

    • Loh kok sekarang lu sudah tidak mau mengakui keunggulan dek ratanya vario160? Apa karna sudah gua counter attack klo mau beli gas dan galon tinggal whatshap sm tukang gas 🀣🀣🀣

      Lu klo udah keok cuma bisa “baper”….🀣🀣🀣

      • Gak ada keunggulan Vario dengan Galon. Kalau yhm cocok , dek ratanya luas2 semua …apalagi langsung di Demo oleh petinggi 🀣🀣

  11. Dari kasus galon pas rilis LeXong ternyata lebih mudah ngibulin Jepun ketimbang konsumen Indonesia🀭🀭🀭. Smart??

  12. Makin diliat makin mirip barongsai kek picek 🀣
    Bodi rambo kaki ranti 🀣🀣🀣

  13. Mau order galon kok pake bawa2 dimotor, lhaa tinggal lewat WA/sms aja dianter kok..
    Itu emg petinggi yamlehoy waktu loncing lexong belom tahu apa kalo galon ga perlu dibawa2 pake motor…

    • Harusnya sebagai efbenyek militan ngasih tahu ke petinggi yamlehoy kalo order galon itu tinggal lewat WA/sms, ditunggu aja dirumah pasti nyampe tuuh galonnya..
      Ga perlu ngangkat2 galon dipanggung…
      Kayak kuli panggul aja…
      Wkwkwkwkwk…..

  14. banyak di Instagram yg komen vario160 lebih unggul dgn dek rata karna bisa bawa gas/galon langsung gua counter attack “klo beli gas – galon tinggal whatshap ke tukang gas” 🀭

    berarti yg pake vario160 adl tukang gas dan galon🀣,

  15. Keunggulan metik dek rata itu bisa buat bawa galon dan gas..
    Tapi masak mesti ditunjukin langsung sama petingginya dengan mengangkat galon ke motor waktu loncing..
    Itu petinggi perusahaan apa tukang kuli panggul yak…..
    #sesuaikasta

  16. Mang KBY.
    Rekues donk, boleh dishare pas loncing metik yang ada galonnya..
    Barangkali mang KBY masih ada file nya..
    Makasih mang…
    πŸ™

  17. Kalo geroot banyak tempat cantelan barang..
    Berarti yang pake geroot tukang sayur donk..
    Buat nyantelin sayuran2 dipagi hari keliling komplek…
    Hiks..hiks…hiks…

  18. Walau banyak anak-anak Instagram dan Ytb yang gua counter dgn kalimat beli gas dan galon tinggal whatshap terus mereka bingung jawabnya setidakya mereka tidak baper 🀣, ini malah ada yg baper di blog…. Katanya orang lama lagi 🀣…

    • Kalau gua sih bacanya Fby 2 kopong yang baoer menggiring Opini supaya jangan sampe nyerempet2 k produk Yahama yang Dek nya memang lebih luas2 daripada dek metik Hnda πŸ˜‚
      Eeehh si Mamang okey memang kurang ajar….yang terlupakan malah Di Ingetin lagi
      Dan nyatanya memang diSahkan oleh Petinggi yhm feat Galon 🀣🀣🀣🀣🀣

    • Loh loh bukannya kemaren katanya fungsi utama ini motor buat nyolong mangga tetangga ya hahaa

  19. Mang..
    Jawab jujur ni…
    Menurut mang KBY, kalo reply komen dengan nyebut binatangΒ² “kunyuk” itu termasuk BAPER ga sih….?

    • Santai Mang, itu karena gak punya argumen cerdas..wakakak IQnya kena limit. Tambahan lagi ngeBC sambil jongkok, modal WiFi gudang. πŸ™ƒπŸ™ƒπŸ™ƒπŸ™ƒ

      • Bingung aja sih om..
        Ngata2in orang baper tapi kok bales komen pake ngatain kunyuk…
        Lhaaaaaa apa ga super duper BAPER tuuh….

        • Kayak ga kenal aja kelakuan mereka kan emang gitu, nuduh baper sendirinya ngerendahin pribadi sama kerjaan orang

  20. Petinggi yhm narok Galon πŸ˜‚

    ” INI DAYA JUAL PRODUK KAMI ”

    🀣🀣

    • Huss ….
      Kata panglima FBY beli lexi gratis galon, kaya paket bundling gtu πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£

      • Kemudian nongol statemen petinggi yhm..
        ” siapa bilang Maxi tidak bisa bawa Galon ? Ini buktinya ”
        πŸ˜‚πŸ˜‚

  21. Suasana pagi di perumahan, GeARrott masuk bertabur plastik kresek🀣🀣🀣 bukk…sayur bukkk, biasaaa langganan🀭🀭🀭 wakakak. Siangnya masuk LeXong bawa galon, sore Paijo datang, dikiri kanan ada box tahu gejrot…asekkk πŸ‘‹πŸ‘‹πŸ‘‹ tengkiu Ajinomoto San

  22. liat vario 160 pake decal repsol gahar juga … mang
    liat di tmcblog ….
    cakep seriusan tuh vario …

  23. Pada saat bilang Vario dek rata buat tukang galon dan gas, apa ga inget ya petinggi yamlehoy ngangkat galon ke motor langsung saat loncing produk baru…
    Disaksikan pembalap motobiji rosimin dan pinales pulak….
    Dalam hati mereka berdua (rosimin dan pinales) mungkin bilang, nih motor kok yang loncing tukang galon sih…
    Wkwkwkwkkwk….

    • Aerox155 nyaman buat Touring jarak jauh, buat sekolah, kuliah, dan karyawan kantoran….

      Vario160 dipake tukang gas bro 🀣

    • Akibatnya Vinales mending kabur , dan rosi jadi pensiun .
      Gak bunyi rekening mereka jualan seret πŸ˜‚πŸ˜‚

  24. Coba simpulkan sendiri, teks Sempakin Di Depan dah ilang dari Fairing eMWan, GelengCocot downgrade ke balapan itik, spion Megalitikum didaur ulang gak abis2, mentok gonta ganti kelir mesin itu2 jugak🀭🀭🀭. Disisi lain Satu Hati masih mentereng, Tim Satelit bertabur sponsor lokal..ada apa?? Makanya bantu beli biar ada pemasukan..kesian wakakak.πŸ‘‹πŸ‘‹πŸ‘‹ #pilih2kawan

  25. Atau boleh jadi Sempakin Di Depan masih ada di fairing, tapiii liatnya pakai…mikroskop!!! Wakakak.

    • Katanya nanti masih bisa nyusul…..
      Kalau Paijo Panjul mampu menghasilkan Down Payment .
      Kudu kencang iklan Galonnya….biar “Daya jual” bisa tinggi πŸ˜‚πŸ˜‚

      • Ckckck.. Efbhenyek bener2 dah.
        Kl liat artikel review hnd di blog, sampai keriting kali jarinya ngetik komen.
        Sy selalu berimajinasi tak bs nahan tawa dgn derita mereka πŸ˜…

  26. Yahhh…dah abis kah??? Gak asikk!!! Wakakak!!! Atau lagi antar galon?🀭🀭🀭

Yuk Tinggalin Jejak Lads..