GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Sebagian besar dari pembaca setia blog ini harusnya sih sudah tau ya kalau helm lokal buatan Indonesia yaitu NJS belum lama ini merilis produk terbaru mereka yang masih masuk dalam keluar ZX-1 namun dalam bentuk half face alias open face. Nah terdiri dari beberapa warna, KBY kini juga memiliki NJS ZX-1 Kairoz Warna Biru! Ternyata setelah melihat dan meraba langsung, warna birunya mevvah banget euy.. Apa alasan KBY mengatakan helm ini bakal jadi andalan untuk penggunaan harian? Cekidot

Sudah ditonton videonya? Terserah sih mau nonton dulu atau baca dulu, ini ulasan atau review versi KBY terhadap helm open face yang ternyata cocok banget buat dipakai harian! Let’s get it on lads..

baca juga: Unboxing helm baru NJS Kairoz

NJS ZX-1 KAIROZ NYAMAN BUAT HARIAN

Jika bicara pakai motor non fairing untuk harian nih, seperti skutik yang ada di rumah, mau Gendis Aerox R atau Sniego PCX 150 Vietnam dan Raras Nex II, KBY punya helm andalan yang sudah tahunan terus menerus digunakan karena sejauh ini helm tersebut yang paling cocok atau tepatnya nyaman untuk digunakan oleh KBY. Dia adalah TDR GT005, sudah pernah baca dong ulasannya?

Saking cocoknya KBY pakai si TDR tersebut, sulit banget move on, karena helm helm yang ada di pasaran ataupun yang dimiliki di rumah gada yang seenak dirinya. Sebenarnya ada satu lagi, helm ROM, tapi busanya udah tipis lama lama, nah gantinya si ROM itu ya GT005.

Helm half face/ open face yang ada di rumah selain yang KBY sebut di atas hanya sebatas pemberian, kalau gak bonus beli motor, ya gratisan, tau sendiri gratisan itu basis buatannya macam TRX lah wkwkwk.. mana ada yang nyaman, awoookk.. eh ada deng yang lumayan yaitu bonusnya Aerox dan NMax dulu. Kalau buat dekat-dekat cukup lah.

Helm yang ada di pasaran versi KBY adalah helm yang sering digunakan saat ada panggilan sesi test ride produk baru, ya merek-merek lokal lah ya. Helm tersebut biasanya disediakan panitia. Dan jujur meski ukuran sudah coba disesuaikan, misal ukuran M (karena S sangat jarang malah gada), helm helm tersebut gada yang enak wkwkw. Dipake sesi test ride aja itu helm udah turun melulu ke jidat, lama lama menghalangi pandangan dan harus sering dirubah posisinya.

Hanya si TDR GT005 lah yang terus nyaman dan sudah menemani sejak 2014 (pas punya PCX belinya), bahkan TDR Explorer aja gak bisa menyaingi kenyamanannya, karena sudah tahunan si GT busanya udah mulai kendor dan sudah kurang pas dipakai.

Hadirnya NJS ZX-1 Kairoz awalnya KBY anggap sebagai intermezzo belaka – ya karena selama pakai model open face gada yang benar benar sreg di hati – tapi cukup berharap banyak juga sih, mengingat versi full face-nya yaitu NJS ZX-1 (the winner dan Samurai) ternyata cukup nyaman digunakan dan jadi andalan buat harian pakai si Zeref CBR250RR.

NJS Kairoz

COCOK BANGET BAKAL JADI ANDALAN NIH!

Saat awal dipakai, si Kairoz memang enak dan pas di kepala, bagian kepala atas serasa terpegang tanpa terasa terjepit, bagian pipi juga cukup baik terpegang. Tapi biasanya helm open face yang selama ini di pakai memang enak pas dicoba, begitu udah jalan sekian lama mulai jeleknya datang, ya rata rata pindah posisi wkwkkw.. paling nyebelin kalau sampai turun.

NJS ZX-1 Kairoz

Nah ini lah bedanya dengan NJS ZX-1 Kairoz! Sudah dites pakai CBR, Aerox dan Nex II, dipakai nunduk nunduk, hasilnya konsisten! Helm andalan NJS di kelas half face ini layak dapat acungan dua jempol dari sisi kenyamanan dalam memegang bagian kepala secara keseluruhan. Bagian kuping juga leluasa dan tidak ada rasa terjepit lads.

Bobotnya kalau diangkat mungkin agak berat, sesuai spek beratnya 1400 + 50gram. Sebenarnya malah lebih berat TDR GT005 kalau ditenteng/ diangkat, tapi yang penting itu kan dirasakan pada saat dipakai ya, masa helm mau ditenteng terus wkwkkw..

Nah saat dipakai gada tuh terasa berat, well balance, gada condong ke satu sisi dan gak bikin leher berat ataupun pegal. Posisi helm terus konsisten bahkan saat kena angin yang cukup kencang sekalipun. Visor yang mencapai dagu juga mampu membelah angin dengan sangat baik.

NJS ZX-1 Kairoz

Soal adem, helm ini juga bisa diandalkan meskipun similir anginnya gak terlalu terasa di kepala, tapi gak panas/ gerah lads. Shellnya yang panjang hingga pinggir mulut dan nyaris sejajar dengan bagian jidat juga membuat kita merasa aman saat menggunakannya. Singkatnya, ini lah helm yang akan jadi andalan bagi KBY untuk digunakan harian, yes!!

NJS ZX-1 Kairoz

KEKURANGAN HELM NJS ZX-1 KAIROZ

Meski KBY terkesan bombastis mengungkap kelebihan NJS Kairoz ini, namun seperti biasa akan ada kekurangan yang akan disampaikan, oh iya dong, toh kekurangan ini dapat dijadikan sebagai perbaikan ke depannya ya gak lads..

Okey langsung saja, berikut adalah kekurangan NJS Kairoz menurut KBY ya.

  • Ukuran yang tidak sama dengan merek lainnya. Sebenarnya gak masalah, karena KBY punya beberapa helm di rumah juga gitu sih, contohnya Scorpion Exo R1 Air itu ukurannya M dan ngepas banget di kepala, padahal yang kaya gitu biasanya ukuran S kaya Arai. Sementara Nolan ukurannya M masih kurang jepit, Airoh kuning juga ukurannya S. Nah ukuran S di NJS itu sama dengan M di merek lokal lain.
  • Ukuran S-nya (55-56cm) menurut KBY masih sedikit agak longgar, terutama di pelipis, rahang dan pipi, ini sih subyektif ya, KBY pribadi lebih suka yang agak menekan, untuk orang lain mungkin sudah cukup jepitannya. Bagian pelipis sepertinya sengaja untuk mempermudah keluar masuk kacamata, tapi tetep sih terlalu longgar untuk diriku, loss banget batang kacamatanya hehe. Sementara pipi dan rahang mungkin karena disiapkan untuk intercom ya.
  • KBY punya dua NJS Kairoz, warna aci semen (abu Angkatan Udara) yang elegan dan Biru yang mewah dan energik banget, dua duanya ukuran S, dimana warna biru KBY rasakan lebih pas lagi karena minta diset ukuran XS hehe, sudah lebih baik sih. Nah untuk warna abu visornya bagian atas kurang rapat dengan karet, mungkin di masa kemarau ini gak masalah tapi kalau kehujanan bisa ribet, air akan bisa masuk dari celah celah tersebut.
  • Deru angin terdengar di atas kecepatan 70km/jam, di atas 90km/jam kadang muncul siulan, tidak sampai mengganggu sebenarnya, tapi dengan harga 550ribu sebenarnya masih masuk hal yang lumrah meski demikian pastinya ada konsumen yang menginginkan kenyamanan berlebih dari sisi kebisingan suara.
  • Sulit didapatkan, ini kayaknya cerita lama dari produk NJS seri terbaru ya, ZX-1 juga gitu, sama juga dengan Kairoz. Bahkan sempat disebut sebagai helm ghoib wkwkw.. Tapi konon di merek lain yang produknya happening sama ya?

Overall, NJS ZX-1 Kairoz ini value for money nya sih dapat menurut KBY, ya memang kekurangan lainnya adlaah tidak ada pembandingnya yang KBY miliki, misal KYT NFJ, Dynamic ataupun RSV SV300. Tapi jika dilihat dari gambar yang ada, secara dimensi dan look, hanya NFJ yang sepadan dengan Kairoz, imo ya.

NJS ZX-1 Kairoz NJS ZX-1 Kairoz NJS ZX-1 Kairoz NJS ZX-1 Kairoz

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

9 KOMENTAR

  1. mang kobay susah cari ukuran S, saya malah susah cari XXXL maklum besar kepala wkwwkkwkw

  2. jempol kaki maksudnya wkwkwk
    tapi beneran oom merk lokal yg ada size geda apa ya?
    soalnya merk luar yg size gede harganya serem, ini pakai helm jadi ga ganti ganti sampai buluk wkwkwkw

  3. mantab reviewnya om Kobay.. berarti masih sama ya minusnya merk ini size agak kegedean, aye jg senengnya helm yang lebih njepit, karena lebih enak kalo njepit *eh
    kalo dicompare ke NFJ kurang pas menurut aye, harganya kayaknya beda 2x lipet lebih sih, hahaha, edan em tuh helm

    btw bener ini helm yg happening pada ghoib semua, emg produksinya dikit apa marketing scheme ya? hadehh

    • Sama, kalau ada empotnya kan enak… Kepalanya .. yang atas gitu…

      Ay komper dari sisi desain mang, paling Deket ya NFJ hehe…

      Sama sama punya dimensi ¾ full face…

  4. ini bisa masuk bagasi pcx 150 ngga ya? kayaknya shellnya lebih besar dari pada helm umum macam kyt galaxy atau dj maru. mau lihat helmnya langsung susah banget nemunya di toko helm daerah bandung dan cimahi.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..