GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Siapa sih yang tidak ingin punya mobil? Kalau harganya makin terjangkau dan duitnya ada sudah pasti pilihannya setelah motor ya ingin memiliki mobil bukna? Nah menurut info dari Bisnis.com, Presiden Joko Widodo (Jokowi) diklaim telah menyetujui usulan relaksasi pajak penjualan mobil baru atau pajak mobil nol persen. Menarik bukan? Memangnya bisa jadi berapa harga mobilnya? Simak deh perubahan harga mobil jika pajak mobil menjadi nol persen, yang jelas lebih terjangkau!


Pernyataan ini diberikan oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, seperti dikutip Bisnis pada Selasa (29/12/2020). Agus mengatakan Presiden secara prinsip menyetujui usulan tersebut dan tinggal menunggu persetujuan dari Kementerian Keuangan.

Relaksasi pajak penjualan barang mewah (PPnBM) betujuan untuk mengakselerasi penjualan mobil baru di masa pandemi Covid-19. Usulan ini pun sebelumnya sangat diinginkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Alasannya, sepanjang Januari hingga November 2020 penjualan pabrik ke diler turun 49,8 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu menurut data Gaikindo. Penurunan sebesar 46 persen juga berlaku untuk penjualan ritel. Jadi wajar sih kalau wacana ini mengangkat di permukaan, bisnis lesu akibat pandemi lads!

Ketua I Gaikindo Jongkie D. Sugiarto memberikan perkiraan harga mobil tanpa pajak bisa turun sekitar 40 persen dari harga on the road saat ini. Nah lumayan banget bukan lads turunnya, hampir 50 persen loh, 10 persen lagi sudah setengah harganya tuh.. Tapi gak semuanya sebesar itu, beberapa saja, hehe..

HARGA MOBIL JIKA PAJAK NOL PERSEN

Jika pemerintah jadi memberlakukan pajak mobil baru nol persen ini, maka berikut perkiraan beberapa harga mobil tipe Low-Multi Purpose Vehicle (LMVP) serta MVP yang dijual di tanah air, yang mewah pun ada juga lads. Bahkan harganya jadi setara dengan mobil LMPV-MPV dengan harga jual saat ini.

Simulasi perubahan harga mobil ini didasarkan dari varian teratas atau yang termewah. Cekidot:

1. Nissan Livina
Harga All New Livina varian tertinggi saat ini menurut situs Nissan adalah Rp272,1 juta. untuk tipe sporty package. Harga tanpa pajak mobil baru varian teratas mobil ini bisa turun hingga kisaran Rp163,32 juta.

2. Nissan Serena
Varian teratas All New Serena dijual dengan harga Rp488,5 juta saat ini berdasarkan website Nissan. Tanpa pajak mobil, varian teratas ini akan bisa dibawa pulang dengan perkiraan harga Rp293,1 juta.

4. Honda Mobilio
Harga mobil New Honda Mobilio RS CVT yang merupakan varian tertinggi untuk on the road wilayah DKI Jakarta Rp259 juta. Jika pajak 0 rupiah berlaku, mobil ini akan dijual dengan harga berkisar Rp155,4 juta.

5. Toyota Alphard
Harga mobil on the road untuk wilayah DKI Jakarta per 8 September 2020, New Alphard varian tertinggi Rp1,95 miliar. Tanpa pajak mobil baru mobil ini akan bisa dimiliki dengan harga Rp1,17 miliar.

6. Toyota Voxy
Harga on the road untuk wilayah DKI Jakarta All New Voxy tipe 2.0 A/T adalah Rp501,8 juta. Maka jika pajak 0 rupiah pembelian mobil diberlakukan, Anda bisa membeli mobil ini dengan perkiraan harga Rp301,08 juta.

silakan bandingkan dengan Nav1

7. Toyota Sienta
Harga mobil New Sienta untuk wilayah DKI Jakarta dengan varian tertinggi saat ini adalah Rp313,55 juta. Tanpa pajak mobil baru Anda akan bisa membawa pulang mobil ini dengan uang sebesar Rp188,13 juta.

8. Daihatsu Xenia
Saat ini Daihatsu menjual Grand New Xenia untuk on the road wilayah DKI Jakarta dengan varian tertinggi Rp238,15 juta. Kisaran harga tanpa pajak mobil baru menjadi Rp142,89 juta.

9. Suzuki Ertiga
Harga on the road All New Ertiga varian tertinggi saat ini berdasarkan laman Suzuki adalah tipe Suzuki Sport AT dengan harga Rp262,5 juta. Tanpa pajak mobil, varian teratas mobil ini bisa turun harga berkisar Rp157,5 juta.

10. Wulling Confero
Mobil Confero S dengan varian tertinggi untuk wilayah DKI Jakarta saat ini dibanderol dengan harga Rp197,5 juta. Tanpa pajak mobil baru harga mobil ini berkisar Rp118,5 juta.

11. Renault Triber
Harga mobil Triber varian tertinggi untuk wilayah DKI Jakarta saat ini berkisar Rp184,9 juta. Tanpa pajak mobil, varian mobil ini turun harga berkisar Rp110,94 juta.

12. Suzuki XL7
Tipe teratasnya adalah varian Alpha AT dengan harga Rp. 269 juta untuk wilayah DKI Jakarta. Jika dihitung dikurangi 40 persen, maka Suzuki XL7 varian ini hanya akan dijual di harga Rp. 161,4 juta.

13. Nissan Magnite
Ini adalah mobil terbaru dari Nissan yang dijual dengan harga Rp238,8 juta OTR DKI Jakarta untuk varian teratasnya. Tanpa pajak mobil baru, Magnite hanya akan dibanderol sebesar Rp238,8 juta saja!

14. Honda CR-V
Tipe teratasnya adalah 1.5L Prestige Turbo yang dibanderol dengan harga Rp539,4 juta OTR DKI Jakarta. Penasaran jadi berapa mobil ini jika harganya tanpa pajak mobil baru alias nol persen? Jika dikurangi 40 persen maka CRV tipe ini bisa dibawa pulang dengan harga Rp323,6 juta! Wah mending ini dibanding Innova wkwkkw..

15. Toyota Innova
Ngomongin Innova jadi penasaran berapa sih mobil MPV-nya orang kaya ini? Saat ini tipe teratasnya adalah Venturet Diesel AT yang berharga Rp495,7 juta! Bused nih kijang lampu rem bohlam mahal amat yak wkwkw.. Tanpa pajak mobil baru? Jadi Rp297,4.. lumayan meski masih tinggi.

16. Toyota Corolla Cross
Ini SUV terbaru yang belum lama rilis, varian termahalnya adalah Corolla Cross Hybrid dengan harga Rp497,8 juta. Dengan pajak mobil baru nol persen maka tipe ini bisa lads bawa pulang dengan harga Rp298,6 juta aja tuh.. mau?

17. Toyota Fortuner
Gak afdol kalau gak menyertakan SUV sejuta umat lawan tangguh Mitsubishi Pajero ini. Kita abaikan versi 4×4, maka yang termahal adalah tipe SRZ Bensin AT di harga Rp592 juta. Dengan kortingan 40 persen, lads bisa menebusnya dengan harga Rp355,2 juta tuh

18. Honda Civic
Di jajaran sedan, gak pas kalau belum menyebut nama Honda Civic.. Ada dua varian Hatchback dan Sedan. Harga termahalnya adalah sedan 1.5L VTEC Turbo di harga Rp533 juta, dikorting menjadi Rp319,8 juta tuh lads

19. Mitsubishi Pajero
Nemesis dari Fortuner yang laris manis ini dijual oleh Mitsubishi dengan varian tertinggi non 4×4 adalah 4×2 Ultimate Dakar AT di harga Rp593,5 juta. Jika kepincut dan dengan nihilnya pajak mobil baru, tipe ini bisa diboyong cukup dengan harga Rp356,1 saja.. Uhuyy..

20. Mazda CX-5
Sebagai penutup adalah SUV terpopuler dari Mazda, yaitu sang CX5, memiliki varian tertinggi tipe Elite dengan harga Rp588,8 juta. Menarik jika kita coba hitung tanpa pajak mobil baru alias nol persen, varian ini menjadi Rp353,2 juta.. Asik ya?

So bagaimana menurut lads? Menarik bukan harga harga mobil baru jika benar pajak mobil baru ditiadakan? Pastinya plus minus efek ada, yaitu jalanan makin macet wkwkwk.. Karena masing masing kelas pasti ada konsumennya.. Lads sendiri kepengen yang mana? KBY sih bingung! Antara Civic hatchback, Pajero Sport, CR-V atau CX-5 yaaaa..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
Youtube: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSL-TV]

29 KOMENTAR

  1. Kl dsruh pilih, inget nih cm milih doangan mah mending CR-V Prestige, Mewah sama Gagah nya dpt,
    Tp bukanya wktu itu kyanya ud pernah ada beritanya kl Menkeu ga setuju ya Mang Kob?,
    Kl mobil baru pajak 0% trs apa kabar yg pd jualan mobil second???,
    Amsyong semua bisa2,

  2. Lha gimana kabar mobil bekas klo ini jadi ada??

    Lha beli nasi ayam di warung aja kena pajak… lha ini beli mobil ratusan juta mosyokk malah gak kena pajak???
    Apa pemerintah waras??

  3. Yang dipotong pajaknya mobil harga 250jt kebawah, dan buatan indonesia
    Itupun jadi 5% dari sebelumnya 10%

    Mobil mewah jangan ngarep

  4. Relaksasi pajak iya, tapi bukan yg 0%, karena sdh ditolak oleh menteri keuangan dari bulan oktober 2020. Jd entertain idea ttg pajak 0% itu sama aja Php

  5. Klo bener pajak 0% berarti bebannya ditanggung konsumen, pajak pertahun & ganti kaleng bisa bisa membengkak
    Btw brio agya ayla jadi receh dong hahahaha

  6. Hemmmm Komen apa ya, kalau beritanya adalah pajak 0%
    Bu Men Keu kayaknya gak ACC Kang,
    Beliau kemarin WA ke inyong, bilang :Kang Okey, aku ora setuju
    Gitu Kang
    Jadi sementara, harga mobil di tahun 2021 itu malah makin tinggi Kang.
    Karena masih banyak orang yang punya banyak uang,hehee

  7. Pajak nol persen itu pajak bea balik nama. Media sekarang mmg krterlaluan, kamu jgn ikut2an bay

  8. Pedagang mobil bekas pada nangis darah, pasar mobil bekas juga ikut hancur… Apa hanya ini yang bisa dilakukan pemerintah, mengatasi masalah dengan menumbuhkan masalah baru?

      • Yang namanya peraturan/kebijakan/undang-undang atau apapun itu namanya pasti tidak akan bisa memuaskan semua pihak. Di satu sisi ada yg diuntungkan, sementara sisi lain ada yang merasa dirugikan. Tantangannya adalah bagaimana membuat aturan yang “semaksimal mungkin, menguntungkan rakyat”. Karena salah satu tujuan berdirinya (merdeka) negeri kita tercinta adalah untuk kesejahteraan rakyat, sudah jelas tertulis dalam pembukaan UUD 45.

  9. Daripada langsung Joss ngurusin pajak mobil baru ,mending beresin masalah mobil listrik/hybrid, mobil hybrid/listrik itu harusnya jadi alternatif mobil terjangkau buat masyarakat sekaligus nge encourage konsumen sedikit demi sedikit untuk hidup eco-green

    hyundai ionic ,Kona ,Nissan kick, leaf, Toyota Prius, dsb itu harusnya masuk kelas mobil low end , tp gara2 pajak kita yg semena-mena itu pada melambung tinggi semua harganya… Sebuah Prius 700+ jt ???! Muke gile

    Mobil hemat tp pajak ga bersahabat , udah pula pajak nya double (yg hybrid) kena PPNBM lagi, mobil hemat yg masuk kategori mewah.CMIIW

Yuk Tinggalin Jejak Lads..