Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Yang ditunggu akhirnya hadir juga, Toyota All New Corolla Cross Indonesia sudah resmi meluncur. Tepat hari Kamis (6/8), PT Toyota-Astra Motor (TAM) memberikan kejutan (yang bukan lagi kejutan) di tahun 2020 untuk pelanggan setia di Indonesia dengan meluncurkan All New Corolla Cross, sebuah SUV High Compact yang menawarkan beragam keunggulan untuk pelanggan SUV perkotaan termasuk teknologi ramah lingkungan dengan adanya varian HEV (hybrid).

“All New Corolla Cross merupakan implementasi komitmen Toyota untuk senantiasa mewujudkan Ever Better Cars yang juga didasari semangat Let’s Go Beyond. Mengusung konsep Simple & Stylish with Urban Sleek Look, All New Corolla Cross hadir dengan style yang elegan, pengalaman berkendara yang menyenangkan, dilengkapi teknologi advance dengan keunggulan SUV Toyota yang tangguh, dan nilai fungsionalitas tinggi,” kata President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda.

Bicara desain ekterior – KBY sih belum melihat langsung – dari foto sih wow effect nya kurang ya, seperti lebih berkelas dan berkarakter Mazda CX-5 atau Honda CRV (meski tidak sekelas juga). Bukan berarti buruk tapi karakternya kurang kuat dan seperti tidak memiliki ciri khas.

Bahkan tanpa adanya emblem Toyota di bagian grill misalnya, kita bisa saja tertukar menebaknya dengan Hyundai Creta atau Santa Fe terbaru, bahkan Mitsubishi Outlander! CMIIW yes lads..

TIDAK ADA VERSI MANUAL

Tidak seperti versi Thailand (baca: Corolla Cross rilis di Thailand), All New Corolla Cross buatan Indonesia hadir hanya dalam 2 varian yang semuanya memiliki transmisi CVT yaitu All New Corolla Cross 1.8 versi Gasoline dan All New Corolla Cross Hybrid Electric Vehicle (HEV). Sudah jelas berarti tidak ada pilihan transmisi manual untuk SUV yang posisinya terhadap rival ini berada di atas HRV dan di bawah CRV.

Kehadiran Corolla Cross HEV tidak hanya menempatkan Toyota sebagai brand dengan varian kendaraan elektrifikasi terbanyak di Indonesia, sekaligus juga menawarkan pilihan yang semakin luas kepada pelanggan.

MENGAPA COROLLA CROSS SUV?

Saat ini produk SUV makin populer di dunia, termasuk di Indonesia dimana pada tahun 2019 penjualan SUV Toyota di Indonesia naik signifikan hingga 64% jika dibandingkan dengan tahun 2014 lalu. Di periode yang sama, market SUV Indonesia juga meningkat 65%.

Ini berarti bahwa produk SUV sudah kian diterima dengan baik oleh masyarakat. Oleh karena itu, Toyota memperluas jangkauan pasar dengan memperkenalkan produk SUV baru yang dapat memenuhi kebutuhan gaya hidup dan simbol status sosial yang lebih tinggi bagi pemiliknya.

SPESIFIKASI TOYOTA COROLLA CROSS

All New Corolla Cross berbahan bakar gasoline menggunakan engine 1.8L 2ZR-FE yang mampu mencapai power maksimum 140 ps/6.400 rpm dan torsi 17,5 kgm/4.000 rpm, yang menawarkan sensasi berkendara melebihi ekspektasi.

Jujur saja, soal spesifikasi mesin – maksudnya tenaga – dalam satu dasawarsa ini untuk kapasitas 1800cc seperti stagnan, coba aja cek, mau Civic atau Corolla, meski menggunakan mesin baru dan tambahan i-VTEC lah, Dual VVT-i lah, tenaganya segitu aja, kirain bakal tembus 150ps.. Apa karena peraturan emisi? bisa jadi.

Kembali ke spesifikasi Corolla Cross, mobil ini memiliki panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.620 mm. Corolla Cross memberikan ruang yang memadai antara bangku baris pertama dan kedua, termasuk ruang bahu penumpang yang lega dan nyaman. Wheelbase sejauh 2.640 mm tidak hanya membuat area kabin semakin lapang, tapi juga memastikan mobil terasa nyaman di jalan ditambah dengan volume bagasi yang luas dengan ketinggian lantai yang pas untuk mempermudah meletakkan barang.

All New Corolla Cross menggunakan platform global yakni Toyota New Global Architecture C-segment (TNGA-C) dengan pengembangan pada body rigidity yang tinggi dan sistem suspensi yang didesain khusus untuk memberikan peredaman yang empuk dan nyaman sehingga terasa pas untuk mengajak seluruh anggota keluarga melewati jalan perkotaan, tol, dan pedesaan, termasuk dengan adanya ground clearance setinggi 165 mm.

Visibilitas keluar yang tinggi membuat pengemudi All New Corolla Cross mempunyai kemudahan dan keyakinan tinggi dalam memantau kondisi sekitar mobil. Serta radius putar 5,2 meter yang memastikan pengemudi dapat melakukan manuver di ruang terbatas, seperti balik arah atau parkir dengan mudah dan cekatan.

FITUR ALL NEW COROLLA CROSS

All New Corolla Cross dimanjakan oleh beragam fitur kenyamanan terkini. Interior elegan bernuansa hitam dipadukan dengan kehadiran steering switch, AC digital dual zone, panel instrumen disandingkan dengan MID 4,2 inchi, head unit 9 inchi IPS display dilengkapi sarana radio, Bluetooth, NFC, Miracast, dan voice command, moonroof, dan rain sensor.

Sementara penumpang di baris kedua terjaga kenyamanannya berkat kehadiran kisi AC yang berada di belakang konsol tengah. Di luar, tersedia smart entry untuk buka-tutup pintu mobil tanpa perlu menyentuh kunci dan auto fold mirror.

Urusan safety, All New Corolla Cross 5 seater ini dilengkapi dengan paket fitur keamanan pasif dan aktif terbaru yang siap memberikan rasa tenang pada penumpang. Mulai dari rem ABS+EBD, 3 point seatbelt with pretensioner and force limiter, 7-airbags, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), sensor parkir di depan dan belakang, kamera parkir di belakang, serta ditambah immobilizer dan alarm.

All New Corolla Cross HEV

All New Corolla Cross HEV menjadi produk ke-7 dalam keluarga Toyota di Indonesia yang menggunakan teknologi elektrifikasi, dimulai oleh Toyota Prius HEV sebagai pelopor, dan diteruskan oleh Camry HEV, Alphard HEV, Corolla Altis HEV, C-HR HEV, dan Prius PHEV.

Pengemudi All New Corolla Cross HEV juga mendapat tambahan fitur kenyamanan dengan adanya pengaturan posisi duduk 6 arah secara elektrik dan power back door dilengkapi kick sensor yang memberi kemudahan untuk mengakses pintu bagasi. Dengan demikian, fitur ini memang hanya ada untuk versi HEV saja.

 

All New Corolla Cross memiliki mesin HEV dengan kode 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i yang sanggup menghasilkan power maksimum sebesar 98 PS dan torsi 14,5 Kgm. Motor listriknya mampu menghasilkan power maksimum sebesar 72 PS dan torsi sebesar 16,6 Kgm.

Power unit ini lebih efisien dan emisi CO2-nya juga lebih rendah dari model gasoline. Dengan berbagai benefit yang dihadirkan oleh varian HEV ini seperti salah satunya penggunaan bahan bakar yang lebih efisien, namun tetap dapat menghadirkan performa dan kesenangan berkendara bagi penggunanya.

HARGA DAN VARIAN

All New Corolla Cross tersedia dalam 7 pilihan warna. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 457,8 juta untuk varian 1.8 AT dan Rp. 497.8 juta untuk Corolla Cross HEV, perbedaannya mencapai 40 juta lads.

Bagaimana nih menurut lads sekalian si Corolla Cross ini?

speedometer Corolla Cross HEV

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

12 KOMENTAR

  1. Selisih harga varian hybrid dengan yang biasa termasuk sedikit ya bang? Coba tengok selisih corolla sedan dengan corolla sedan hybrid
    Btw yang versi tahiland ada dilengkapi Radar ya bang?

  2. Mang ari eta corolla cros HEV sistem kerja hybrid nya sama kayak si outlander PHEV ato hybrid nya dia cuman buat “boost” doang mang kayak CRZ dulu?? Sama harganya kok g d sebutin mang yg HEV??

  3. Eh sory gagal fokus, kirain yg harganya termahal ntu buat type tertinggi corolla biasa bukan yg hybrid 😂😂😂😂.

    Tp klo cara kerja HEV nya kayak si outlander PHEV berarti tu corolla murah bener buat mobil hybrid/electric beneran. Soalnya kan outlander PHEV harganya tembus 1,4M wkwkwkwkwkwwk

  4. Ya setidaknya Toyota lebih serius lah.. Bikin Cross yang bukan versi sedan dikasih popok.. Tapi beneran proper desain

Yuk Tinggalin Jejak Lads..