Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Sejak awal rumor kemunculannya, KBY sudah memperhatikan skutik Maxi dari Yamaha ini, hingga akhirnya beneran nongol di tahun 2016 akhir lalu di ajang IMOS 2016. Yang mengejutkan adalah Yamaha XMax ternyata berstatus lokal sehingga harganya bisa ditekan untuk penjualan domestik. Tak hanya itu, fiturnya pun gak main main meskipun ia hanya sebuah skutik berkapasitas 250cc. Ini adalah review dan test ride Yamaha XMax 250let’s get it on!

Beberapa episode alias berjilid artikel KBY buat untuk Yamaha XMax 250 ini, dari mengambil data dari referensi luar hingga akhirnya saat first impression melihat langsung sosoknya yang bongsor di Indonesia Motor Show (IMOS) 2016. Well, tak pelak penampilannya memang banyak memukau pecinta roda dua lads, gagah, modern dan sporty, akomodatif dan kaya fitur!

lebih lengkap: Review Harian Yamaha XMax 250

baca link artikel tentang Yamaha XMax di bawah ini

test ride xmax 250

Okeh gak pake panjang lebar deh, Yamaha XMax 250 ini milik sahabat lama KBY yang udah lama gak ketemu, masbro Indra Saputro (IG Cagiva_17) yang akrab dipanggil InTim (Indra Timur – karena ada beberapa Indra dan dia tinggal di Jakarta Timur wkwkkw), temen nongkrong jaman KBY jadi pengurus klub Honda Jazz (Jazz Fit Club) dulu. Beda nasib, dia dah maen moge kemana mana, KBY paling mentok 250cc 2 silinder wkwkkw.. Ceritanya gimana kok bisa ketemu?

nih om InTim

Waktu Sunmori hari Minggu tanggal 31 Desember 2017 kemarin, KBY dan Vandra Monkeymotoblog ikutan di panahan, trus kita riding berdua ke Patiunus buat nyabu. Selesai makan Vandra ngilang, ada sekitar 10 menit, kirain boker, taunya laporan liat Yamaha FZ8 (Fazer 800) sama Honda CB400 Super Four VTEC di sebrang. Akhirnya kita berdua nyebrang dan liat liat motor yang ada disitu.

 

Lagi asik nyoba dudukin FZ8 tau tau dari atas restoran ada yang teriak.. “Udaaahh tebus aje tebusss..!!” Wahhh taunya masbro InTim euy, pelukan mesra dulu karena dah lama banget gak tatap muka.. Ngobrol ngalor ngidul ternyata dia yang punya CB400SF Super Four dan Yamaha XMax 250! Waahh ini mah rejeki nomplok wkkwwk.. Kedua motor tersebut kebetulan belum pernah KBY Test Ride! Setelah dapat ijin geber dah dua motor itu, nah yang bakal KBY bahas test ride XMax dulu ya lads..

TEST RIDE YAMAHA XMAX 250

Saat blogger laen dah jalan jalan kemana tau pake XMax, KBY malah baru nyobain, itu juga gak jauh paling 4 kilometer doang wkwkwk.. Keliling Patiunus, RS Pertamina udah deh. Well, lebih baik terlambat daripada gak sama sekali, akhirnya kesampaian juga bawa nih skutik maxi dari Yamaha.

KBY gakan ulang dari sisi desain ya, kan udah ada tuh di artikel artikel lain, silakan diklik aja link soal review sisi desain mah yang jelas sosoknya mah ganteng lah, dari depan hingga belakang keren, paling bagi KBY pribadi sih bagian behelnya yang terlihat seperti pagar, kesannya kaku, bikin kurang keren sih IMO. Sisanya gada komplainan, juossss lah, sporty dan gagah.

ERGONOMI – FEELING SEPERTI BAWA NMAX!

Saat naik di atasnya, kok ternyata gak tinggi tinggi amat, jinjit sih tetep tapi gak nyusahin, mungkin karena selama ini nyobainnya pas lagi di standar dua ya.. Iya lah jadi tinggi huahaha..   Trus yang bikin kejutan, ternyata riding feeling nya XMAx 250 gak jauh dengan membawa NMax! Artinya ini positif lads, meskipun punya badan bongsor tapi dari sisi berkendaranya seperti membawa skutik yang lebih kecil.

 

test ride xmax 250

Tapi meskipun terasa seperti membawa skutik medium size – kita harus hati hati karena sesungguhnya dimensi XMAx 250 2017 ini tetaplah bongsor, jadi kudu waspada saat ingin selap selip diantara kendaraan lain.

Ergonominya sendiri pas bagi KBY, tegak dengan jok yang menopang tubuh bagian bawah dengan baik, lumbar support nya juga mampu menyangga pinggang belakang dengan pas. Posisi kaki bisa disesuaikan dengan kenyamanan berkendara masing masing rider. Speedometer jelas terlihat, semua tombol mudah diraih dengan jari tangan. Tapi Windshield aftermarketnya terlalu tinggi bagi KBY, pas banget di mata, jadi ngalangin.

KENYAMANAN

Sayangnya KBY belum pernah ngetes XMax 250 dalam keadaan suspensi standar, apakah empuk, biasa aja atau keras, kebetulan yang ini sudah diganti ohlins, jadi yang dirasa ya enak, pas cenderung empuk. Joknya juga pas, dibilang empuk banget busanya ya gak. Yang jelas nyaman dan minim getaran.

PERFORMA

Nah ini, KBY gak tau persis speknya seperti apa selain sudah ganti knalpot dan shock belakang ohlins. Bicara performa mesin, menurut KBY sih termasuk moderate ya, dibawa santai enak sih, tenaga bawah dan pertengahan cukup banget, tapi begitu digeber kok kurang wow yah yang dirasain, apa karena ekpektasi terlalu berlebih? Ngarep minimal kaya sport 150cc, ternyata biasa saja.

Bukan berarti buruk atau lemot, gak sama sekali, cuma kirain bakal ada sentakan gimana gitu, eh baru ngeh walau ini 250cc tapi dia skutik, bukan motor sport, apalagi KBY baru turun dari Fazer 600 4 silinder hasil tukeran sama Vandra dan baru kelar ngetes honda CB400SF Super Four VTEC wkwkkw, iyalah jadi tenaganya terasa biasa aja.

Untuk handling, XMax 250 2017 ini layak dapat acungan jempol, meski bodi dan dimensinya bongsor tapi buat menikung terasa mantap untuk ukurannya, yang KBY rasakan minim gejala understeer atau oversteer, pas lah! Performa remnya juga ok banget, lupa nih udah diganti belum yak.. Untuk konsumsi bbm gak sempat cek speedometer, soalnya udah mau pada cabut lads.

THE VERDICT

Tidak aneh dan bahkan sangat wajar kalau Yamaha XMax 250 ini laris manis di pasaran dan mampu membuat calon konsumen yang tadinya kepingin sport beralih ke skutik bongsor, dan yang sudah punya spor nambah 1 skutik. Modelnya keren, fitur berlimpah, tenaga lebih dari cukup, nyaman dan harganya itu, terjangkau!

Yamaha XMax 250 dijual dengan harga Rp. 55 juta dan tersedia dalam 4 pilihan warna, Bronze, Yellow, Grey dan White. Video sementara di Instagram dulu yak lads, Mangga

Link Instagram

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing ya lads..

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

48 KOMENTAR

  1. Malam kang.all new rush 2018 sudah keluar itu bang.yang kabar nya malah lebih murah dari yang 2017.tolong buatin artikel dong bang.perbandingan spefikasi dan harga dengan yang lagi booming,xpander.dan jangan lupa,suv harga mepet honda brv.
    Makasih bang

  2. Joss emang nih xmax.. Btw Lebih suka model xmax yg lama (sebelum ada di indo) apa yg baru ini mang?

  3. …Joknya juga pas, dibilang empuk banget busanya ya gak…

    Curiga nyindir pb yg suka bilang merk anu keras sampe kpalan hehe

  4. Punya CB400 sama XMAX

    Ni orang FBH apa FBY yaa?

    Dibilang bodoh tp punya XMAX jd termasuk smart (kata kubu onoh)

    Di bilang smart tp punya CB400 jadi bodoh ( kata kubu onoh lg)

    Biarin dah ah, duit ya duit dia…..

    Ngah ngah ngah

  5. Emang garang mang nih motor, cma belakang buat ane agak kelebaran
    Depannya garang tenan, mesin alus ya kang????
    Handling ringan khas yamaha yak….

  6. Liat judulnya kirain dibeliin ma honda buat review kejelekan exmex.. kaya opini fby yg dulu2….
    Ternyata minjem toh…
    Wakakakakaka

  7. Yang punya udah kelebihan duit ?
    Tapi kalau worthed gpp sih..
    Buat touring sptnya jas Jes jos…

  8. Pokoknya review yg bagusnya saza. Jangan ada jelek jeleknya. Kalo ada nanti ada arrikel berjilit tandingan di blog sebelah sambil bawa bawa netralitas

    Baru tau netralitas cuma muji muji pabrikan yg jualanya kolaps seolah pabrikan tersebut adalah juara bertahan. Ngah ngaj ngah

    Padahal pabrikanya sama sama kapitalis. Gak mungkin utamain pasar yg sedikit pasti ngincernya yg banyak. Bukti? Ngapa mio s dibikin setengah mateng dan buru buru saza. Terus gak laku alesanya shifting ke kelas 155. Konyol

  9. buat yg bertinggi 180 cm dan berberat diatas 100kg, sepertinya seat position nmax lebih nyaman dibanding xmax
    karena di xmax footstepnya sedikit lebih kecil dibanding nmax, jadi sedikit lebih ketekuk posisi kaki ketika pakai style selonjoran

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.