Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Saat hadir menonton ajang ARRC di Sentul hari Minggu lalu KBY berkesempatan mencoba alias test ride Kawasaki Versys X250 Tourer warna hijau buatan tahun 2017.. Tidak lama tapi sangat cukup untuk mendapatkan kesan yang cukup luas dari motor sport bergenre adventure ini.. Versys X250 yang dirasakan sangatlah halus! Ibarat bodinya bongsor dan kekar macam rambo tapi punya hati yang syahdu kaya Rinto (Harahap)..  Kok bisa? Nah ini dia yuk cari tau lebih lanjut..

Kawasaki Versys X250 Tourer
Kawasaki Versys X250 Tourer

Thanks to lek Iwan Banaran, sahabat blogger sekaligus mentor KBY selama ini.. Jauh jauh dari Pekapuran Depok membawa Kawasaki Versys X250 tourer terbaru agar kobayogas dapat merasakan impresi berkendara motor adventure terbaru dari Kawasaki ini.. Yang lucu, awalnya kita janjian pada bawa motor, tapi karena KBY agak kesiangan, gak konfirmasi lagi, gas aja pake mobil kwkwkw.. begitu ketemu di Sentul dan tau KBY bawa mobil, dia langsung misuh misuh.. “Ra bener ini leeekk” katanya dalam logat yang khas. Hahaha..

Kawasaki Versys X250 Tourer

 

Singkat kata, setelah bertemu dengan blogger yang lain, IWB dan KBY terpisah dengan yang lain karena sibuk punya “sasaran” masing masing. Karena balapan sudah akan dimulai, kami berdua langsung menuju spot alias titik terbaik untuk mengambil gambar yaitu di tikungan terakhir sebelum straight.. Nah dari paddock menuju titik tersebut KBY test ride Kawasaki Verys X250 Tourer 2017 warna hijau tersebut sekaligus untuk mendapatkan impresi seperti apa sih motor bongsor ini..

baca juga: Kawasaki Versys X250 Resmi Dirilis Cek Harga dan Variannya

DESAIN KAWASAKI VERSYS X250

Sebenarnya KBY sudah mempersiapkan artikel first impression dari Versys X250 saat berkunjung ke Otobursa beberapa bulan lalu, tapi entah kenapa gak kelar kelar wkwkwk.. So nanti fotonya dikombinasikan deh dengan foto di Sentul dan Otobursa..

Yang jelas kalau kita melihat versi Versys 250cc City standar desainnya biasa aja lads, tidak terlalu menarik mata dan hati, tapi untungnya Kawasaki cukup cerdik dengan memberikan varian Versys X250 Tourer alias full option. Nah versi full aksesoris ini lah yang dibawa oleh lek IWB, barulah untuk varian ini tampang dan penampilannya langsung naik drastik dua kali lipat. Terlihat sangat muskular alias berotot, gedenya dapet, gagahnya juga..

Apalagi dengan hadirnya box di samping yang membuat kesan lebar dari si Versys 250 terbaru ini.. Yang mengesankan juga, box Versys bawaan Kawasaki ini menggunakan sistem One Key alias satu anak kunci. Semua kunci baik untuk menyalakan motor hingga membuka box cukup menggunakan satu kunci saja lads.. Gak pake repot!

Speedometer Kawasaki Verys X-250 ini cukup modern dan atraktif, terdiri dari 3 cluster dengan tachometer alias RPM dalam bentuk jarum terletak di tengah. Memudahkan bagi pengendara untuk meliriknya tanpa harus menggeser kepala.. Di bagian tengaj ini juga ada indikator gigi, baru untuk kelas 250cc Kawasaki, afaik ya cmiiw.. Di Ninja 250FI dan Z250FI sih belum ada. Display jam juga ada di tengah. Nah sebelahnya barulah tripmeter, MID dan kecepatan..

ERGONOMI KAWASAKI VERSYS X250 TERBARU

Jinjit? Jelas! Versys X-250 2017 ini berat apalagi yang versi full option karena ada tambahan box.. Dalam keadaan statis misal memindahkan posisinya, wah peer juga deh hehe.. Seat height nya juga kurang bersahabat bagi rider bertubuh di bawah 165cm.. KBY aja jinjit nyaris balet.. Tapi kalau sudah steady dan berjalan, beratnya hilang dan stabil saja tuh lads..

Posisi mengendarainya tegak dengan jok rider cukup empuk.. Gakan cepat pegal meski kudu berjalan jauh bersamanya..

dari belakang kok mirip megapro

MESIN KAWASAKI VERSYS X250 HALUSSSS!

Kejutan hadir dari mesin Kawasaki Versys X250 warna hijau metalik ini lads.. Ketika dinalakan mesinnya menyalak dengan halus! Wah suaranya termasuk hening nih untuk 2 silinder 250cc… Begitu masuk gigi, klotak! Nah ini ciri khas transmisi Kawasaki hehe, di Ninja dan Z juga begini.. kaga bisa halus! Begitu juga setelah masuk gigi 2, 3 dst.. rada keras dan kasar. Tapi untuk mesinnya.. wah luar biasa anteng dan anyep serta enteng! Bodinya Rambo hatinya Rinto!

Beneran dah, itu mesin udah kaya mesin skutik aje, tenang banget pas digeber.. Tak hanya itu, selain senyap dan halus, getarannya juga bisa dibilang sangat sangat minim! Jangankan ke setang, ke tangki aja nyaris gada terasa kalau gak sengaja dirasa rasa.. Gemes deh benar benar halus.. Ini hal yang sangat positif lads, karena rider tidak akan merasa kesemutan untuk perjalanan jarak jauh dan akan tetap nyaman sepanjang perjalanan..

Performanya tidak istimewa namun tak juga buruk.. Cukup sih untuk menghela Versys X250 berbobot 190kg ini.. Tenaganya cenderung smooth dan tengahnya linear namun begitu masuk 9000 RPM tarikan terasa kembali.. Kudu main kopling seperti yang IWB lakukan untuk mendapatkan respon sigap dari mesin bertenaga 34 PS / 11.000 rpm dengan torsi 21.7 N.m / 10.000 rpm

HANDLING

Agak ragu ketika harus diajak menikung cepat, memang kudu rada dibanting dan badan ikut miring, karakter kawasaki lah, tapi ternyata cukup mudah dan stabil saat dilakukan.. Meskipun bongsor dan besar namun kelincahan dalam menikung masuk kategori baik.. Begitu juga ketika berboncengan.. Baik saat KBY yang bonceng IWB maupun sebaliknya.. Cukup stabil ketika diajak berbelok cepat..

 

KENYAMANAN 

Untuk berboncengan gimana? Nah sebenarnya posisinya sudah pas, sayang jok boncenger masih kurang nyaman alias busanya kurang empuk. KBY dibonceng oleh IWB saat di Sentul, sementara untuk suspensinya sudah sangat pas, empuk dalam melintasi berbagai macam jalan namun tetap stabil.

KONSUMSI BBM KAWASAKI VERSYS X250 TOURER

Kawasaki Versys X250 boros atau irit? Nah ini, kalau melihat MID di speedometernya, motor sport petualang yang sedang digunakan oleh lek IWB ini menunjukkan angka 27,7 km/l. Wah buat motor gede bongsor dan berat berkapasitas 250cc 2 silinder dapat segitu mah irit lah bagi KBY! Zeref aja 1:21-23 untuk harian. Tapi ga tau juga sih ya kalau rute yang digunakan adalah rute harian kobayogas hehe..

THE VERDICT

Kawasaki Versys X250 Tourer sangat cocok untuk menjelajah, itungannya nyaman banget lah.. Buat jarak jauh ya cocok banget. Karakternya tenang dan santai namun tetap bertenaga, konsumsi bbm nya irit pula. Harga Kawasaki Versys X250 Tourer Indonesia adalah Rp. 73.1jt, memang cukup tinggi sih ..

Nah itulah test ride dan review Kawasaki Versys X250 tourer versi KBY, lads punya pendapat lain?

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

31 COMMENTS

  1. bukannya power 32PS ya?

    soal getaran dan suara sih emang ninja rajanya deh…paling kasar dan getar ya duet r25 & mt25 dah…
    eh cbr250rr juga getarannya halus kan?

  2. Mang kobay si lek iwb rumahnya di pekapuran komplek apa namanya mang serius nanya? Sy orang pekapuran tetanggaan bloger ternama

  3. Wah, waktu ane coba pegang jok dan duduk di atas nya di pamrean IIMS yg lalu, kog jok nya mnurut ane keras ya Mang? di dudukin juga terasa keras, padahal saya 90 kg, feel nya mirip verza wktu itu,, ade ane punya verza juga dulu.. empukan jok MT25 malah.. cmiiw

  4. ane pernah disusul sama ini motor di jalur Bogor – Parung … klo kagak merhatiin ukuran body nya, emang bakalan dikira Meggy Pro …

    Mending beli Meggy trus dimodif … hahahahha just kidding Mang

  5. Klo ama DOHC Near Square sama donk, tampang OK tp spion jucung lari ala kadarnya…
    ibaratnya otot gede bak Ade Rai tapi tenaga cungkring

    wekekekeke

  6. Kang, punya 2 pertanyaan:
    1. Dengan Box Siomay gitu, yang di bonceng nyaman & enjoy juga kah ??? (U know laaaah, Kang, Menteri Keuangan ogah encok)
    Sukur-sukur Ente mau Test langsung boncengi bini keliling Ibu Kota…. Jadi biar bisa Langsunh dapet testimoni seorang Menteri Keuangan.. 😁😁😁😁

    2. Gimana kalo bener bener di pakai harian di jalanan Ibu kota, masih nyaman nyempil nyempil kaya upil di tengah tengah mobil , khususnya saay Peak Hours Berangkat / pulang kantor ???

    Tararengkiyu.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..