hanya sekedar feature pic, model adalah Yaris Cross

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Sebelum protes, gambar yang muncul hanyalah sebuah feature pict ya.. dan itu adalah Yaris Cross. Baca dulu yang lengkap jangan sewot duluan ocey wkwkkw.. Di kelas compact SUV sebenarnya jika kita menggali dari data wholesale Gaikindo selama ini ada 9 pemain di kelas tersebut. Ada Honda HRV, Hyundai Creta, Suzuki Jimny & S-Cross, Kia Seltos, Nissan Kicks, Peugeot 2008, Mazda CX-3 dan VW T-Cross.. So, tidak ada nama Toyota kan di sana? KBY pun bertanya tanya mengapa selama ini pabrikan berlogo three ellipse membiarkan HRV bermain sendirian “tanpa lawan” berarti? Jawabannya baru akan ada di tahun 2023 mendatang ternyata lads, gosipnya sih gitu, Toyota SUV Hybrid 2023.. apa mungkin dia adalah Yaris Cross? kuy kita kepoin lebih lanjut!!

Biasanya, antara Toyota vs Honda itu selalu memiliki produk yang head to head dan menjadi nemesis abadi untuk waktu yang sangat lamaaa.. Tidak semua line up memang, karena Honda sendiri pun tidak selengkap Toyota dalam jejeran produk.. Contoh yang tidak ada misalnya, Innova – atau dahulu ya Kijang, H tegak tidak pernah punya produk sejenis.. Di sini pabrikan T benar benar menikmati kuenya sendirian..

Honda pun sempat punya, yaitu Freed, lama sendirian sebelum Sienta ikutan terjun.. EH malah si Freed-nya yang stop produksi untuk pasar Indonesia. Banyak lagi sih seperti Raize, kompetitor gak punya juga, begitu juga LCGC 7 seater.

SUV HYBRID TOYOTA LAWAN HONDA HRV

Oke, perlu dicatat dulu ya kalau bisikan ini masih dapat dikatakan sangat awal, jadi jangan terlalu berharap akan benar benar terwujud. Seperti yang pernah KBY katakan, forecast atau insight alias perhitungan setiap pabrikan sifatnya dinamis, bisa berubah ubah. Bisa benar jadi diproses, dipercepat, ditunda entah sampai kapan, atau malah batal sama sekali.

Kembali ke SUV calon lawan Honda HR-V di kelas compact SUV.. Konsepnya memang akan tepat untuk head to head dengan SUV laris manis dari H tegak tersebut, artinya dari jumlah tempat duduk ya akan sama, 5 seater alias 5 tempat duduk. Kalau 7 tempat duduk ya sudah ada Rush kan.. itu pun masuknya ke Low SUV

Begitu pula dengan dimensi, pastinya tidak akan terlalu jauh dari sang rival.. Hanya saja untuk pilihan mesin, dapat dikatakan Toyota SUV 2023 tersebut selangkah lebih maju dari kompetitor karena sudah diberikan varian mesin hybrid! Perkara mesin campuran ini sebenarnya Honda juga punya, tapi kebijakan mereka memilih untuk memasang pasokan udara paksa alias Turbo di hampir semua jajaran mesin 1500cc mereka..

Terkait fitur, kalau sudah serius mau melawan kompetitor, Toyota biasanya gakan pelit.. Jadi kemungkinan besar TSS (Toyota Safety Sense) serupa dengan Raize (atau sedikit lebih advance) bisa dimasukkan ke dalamnya. Honda sendiri memberikan fitur Honda Sensing dari mulai varian terendah..

TOYOTA SUV HYBRID 2023

Perkara desain, nah ini yang masih gelap lads.. Meski nama Toyota hampir pasti bisa dijadikan jaminan produknya akan laris manis, tapi ingat, desain juga jangan aneh.. Karena ga semua produk tri elips tersebut laku banyak alias laris dari sisi jumlah yang besar.. Misal Toyota Sienta, dari sisi peringkat sih iya nomor 1 karena gada lawan, tapi jumlahnya? Mengenaskan..

Dari sisi desain, Honda nyaris gak pernah gagal (kecuali bokong Mobilio yang gak berubah sejak lahir).. Meski belakangan ini desainnya lebih memilih yang berkarakter long last, laiknya Civic Grand atau Accord Maestro jaman baheula.. Ini yang harus jadi catatan untuk Toyota.

Toyota BZ4X EV

APAKAH YARIS CROSS??

Nah ini dia lads.. Mencoba iseng cari cari gambar di internet terkait model SUV Toyota, muncul beberapa mobil concept, dari mobil listrik Toyota BZ4X hingga Yaris Cross..! Kalau Toyota ogah bikin model anyar dari nol, maka Yaris SUV yang sudah wara wiri sejak 2021 ini bisa saja menjadi cikal bakal Toyota SUV hybrid 2023 mendatang, tinggal kasih facelift, taraaa jadi deh..

hanya sekedar feature pic, model adalah Yaris Cross

Yang bikin cukup yakin adalah, selain mobil ini sudah pernah ketahuan didaftarkan di web desain industri pada tahun 2020 lalu, mesin Yaris Cross juga ditawarkan dengan beberapa pilihan. Ada yang menggunakan mesin bensin 1.5 liter Dynamic Force Engine berkode M15A-FKS dengan transmisi direct shift CVT, ada pula yang versi hybrid dengan sistem Toyota Hybrid System II. Versi mesin bensin ditawarkan opsi penggerak roda depan (FWD) dan 4WD. Sementara versi hybrid juga hadir dengan opsi FWD dan E-Four atau electric four wheel drive. Nah cocok, FWD pastinya untuk penggerak mah..

Yah kita lihat saja tahun 2023 mendatang lads, gakan lama lagi juga.. Stay tune yess..

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

8 KOMENTAR

  1. Kalo saya sih liatnya CHR tuh compact suv, kenapa masuknya compact medium suv ya.

    Ngemeng2 itu Yaris cross jelek amat ya, juke jadi keliatan mendingan 😅

  2. Nanti masuknya ke compact medium suv seperti corolla cross hybrid
    Bagaimana tuh?
    Atau turunin corolla cross ke compact suv, udah tuh jadi lawan hrv

Yuk Tinggalin Jejak Lads..