Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Toyota [Kijang] Innova memang memiliki pesona tersendiri di hati konsumen Indonesia. Di beberapa daerah, konon seseorang disebut belum “kaya” kalau belum memiliki Innova, meskipun di garasinya ada Pajero maupun Fortuner wkwkkw.. MPV 7 tempat duduk berpenggerak roda belakang tersebut memang memiliki banyak kelebihan yang gak lebih sedikit dari kekurangannya. Nah ke depannya, Toyota sudah memastikan bahwa Innova ke depannya tidak akan menggunakan lagi mesin Diesel dan penggerak roda belakang alias RWD!! Waduh siap gak nih say good bye pada mobil tangguh ini?

Berdasarkan hasil ngobrol ngalor ngidul dengan pekerja otomotif, mobil dengan penggerak roda belakang itu memang gak bisa dijual “murah”, karena selain part yang lebih banyak serta sasisnya juga harus memiliki ketangguhan tersendiri..

Itu bisa menjawab kenapa dulu Toyota Avanza/ Xenia gak bisa punya fitur keren macam saat ini, dan hingga saat ini Innova juga gak bisa dijejali segala fitur kekinian milik Toyota, sebuh saja Toyota Safety Sense, karena (selain main sendirian tanpa lawan yang bisa bikin Toyota seenak jidat atur harga) memang tanpa fitur-fitur itupun Innova Reborn sudah mahal!! Itu versi mereka tentu ihihihi..

TOYOTA INNOVA DIESEL RWD NO MORE!!

Sedihnya, meski KBY bisa dibilang gak suka sama mobil ini karena udah harganya mahal tapi fitur safety-nya standar banget, tapi kalau beneran ada duit, memang ingin punya satu wkwkkww.. Sah sih kalau dibilang mobil orang kaya, karena harganya kalau mau dapat yang ideal (AC Digital, transmisi AT, mesin Diesel), harganya sudah 471 juta!! Edan kan.. Meski kalau sekedar Innova, ada yang termurah, G MT bensin 369 juta..

Kembali ke kabar akan discontinue-nya Toyota Innova Reborn RWD dan ke depannya akan beralih menggunakan platform TNGA FWD.. kata siapa sih!!! Toyota sendiri yang bilang via Otodriver.com lads.. begini isinya:

Tahun ini Toyota Innova akan membuat lompatan terbesar dalam sejarah kiprahnya. Raja MPV Indonesia ini akan menjadi mobil berpenggerak roda depan, berbodi monokok dan punya opsi hibrida.

Sumber terpercaya OtoDriver pernah memberi informasi bahwa All New Innova Front Wheel Drive ini akan muncul pada semester kedua 2022 ini. Dan versi baru ini tak lagi memiliki varian bermesin diesel.

Nah selain jadi FWD dan berbodi monokok dari TNGA (Toyota New Global Architecture), versi terbaru Toyota Innova Reborn nantinya tak akan lagi memiliki varian bermesin diesel!! Padahal mesin 2 GD FTV 4 Cylinder in-line, 2400cc 16 valve DOHC dengan Turbo VNT Intercooler tersebut adalah mesin freak yang potensial!! Di tangan yang benar, mesin yang standarnya 149ps tersebut bisa melejit ke 200ps dengan cukup mudah!

Tidak tau apa persisnya yang ada di benak Toyota terkait pemusnahan mesin cumi cumi powerful ini.. Tapi ada kabar baiknya nih lads..catat

Walau demikian, Innova bersasis tangga dikabarkan akan tetap dipertahankan dan hanya tersedia dalam pilihan mesin diesel. Masih mengutip info dari sumber yang enggan disebut identitasnya ini, Innova penggerak roda belakang ini hanya tersedia untuk kepentingan fleet saja.

Namun ia mengatakan bahwa ada kemungkinan bahwa Innova ‘oldies’ ini tetap dijajakan secara umum, namun hanya hadir dalam versi entry level. “Masih belum terlalu jelas apakah apakah akan hadir untuk konsumsi fleet atau juga untuk masyarakat bebas. Namun sepertinya hanya akan ditawarkan dalam versi girboks manual saja,” tutur sumber rahasia tersebut.

“Bentuknya dan speksifikasi versi diesel akan sama dengan Innova yang beredar saat ini,” tutupnya.

Kabar buruknya, ya hanya tersedia versi standar dan Manual Transmisi pulak.. Mau kabar lebih buruknya? Siap siap saja Toyota Innova Reborn harganya digoreng!!!

innova

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

28 KOMENTAR

  1. Di beberapa artikel sebelumnya sudah saya tulis Mang bahwa Innova FWD akan dirilis akhir semester 2 (1122)

  2. Goreng pun bakal percuma kalo ntar aplikasi my pertamina sudah settle innova diesel ga bakalan bisa isi biosolar

  3. kenapa jadi pada beralih FWD ya? apakah dipengaruhi faktor efisiensi biaya produksi juga? soanya kan ga perlu nyiapin gardan, diferensial, dll (maaf kurang tahu mana yang lebih mahal antara FWD dan RWD)
    kalau emang biaya produksi FWD lebih rendah masa harga makin digoreng? curang nih wkwkwk harus tambah fitur berarti

  4. Untuk mesin bensin kalo inovva, ga banget. Udah terkenal boros dan loyo dibandingkan mesin bensin kompetitor. Inovva bensin 2000 cc 136 ps konsumsi bbm standar 1 l / 8km. CRV 2000 cc 156 ps, konsumsi bbm 1l/ 11 km.
    Btw. Kecuali innova pake mesin alphard 2000 cc 150 ps konsumsi bbm 1 L / 11 km

  5. Setelah ipah nanti diawal tahun (0323) r**h juga jadi FWD. Kabar baiknya ipah hybrid sangat irit 1:30, mungkin ini bisa jadi solusi di saat harga BBM terus melambung

  6. Yg sekarang aja Msh ngimpi dulu dapetinnya..dah mau di suntik mati aja..
    Emang berasa jadulnya kl liat lampu depan dan belakang yg masih bohlam 30an ribuan..hahaha
    Di kelas bawahnya aja uda mayoritas pakai led

  7. Kalau wuling sudi perbaiki model confero supaya sesuai selera orang Indo, daya tahan kaki kaki dan daya tahan ac dan daya tahan rak stir minimal selevel avanza, , naikkan ground clearance minimal setara avanza rwd, ndak papa level fitur diturunkan dab minimal disamakan aja avanza demi semua perbaikan perbaikan td. Hilangkan saja fitur jendela membuka semua kalau mau naik kalau itu tambah cost production. Juga leveling headlamp, air tire monitoring , plat body tebal, dll . Soal boros sy kira orang bisa paham.. panjang lebar ketik tentang wuling abis rwd untuk sekarang sisa dia bisa ada harapan

  8. Semua akan FWD pada waktunya, kata fans FWD.
    Konstruksi FWD lebih unggul daripada RWD, karena itu pabrikan otomotif rame2 bikin FWD.

    Salah besar!

    Pabrikan stop bikin RWD karena masalah ongkos dan kerumitan produksi.
    Itu alasan utamanya. Kalau secara rancang bangun, RWD jelas lebih unggul untuk kondisi jalanan di Negara Kesatuan Republik Indonesia Raya ini. NO DEBAT.

    Ada yang lebih unggul dari RWD? 4×4 atau all whell drive. NO DEBAT.

    Logika ini juga berlaku untuk kasus transmisi otomiatsis di mana sekarang pabrikan rame2 bikin CVT dan meninggalkan AT Konvensional (Torque Converter). Semua karena ongkos produksi. Soal keawetan jelas CVT kalah. CVT adalah transmisi ringkih. NO DEBAT.

    Tapi pada dasarnya itu semua sebentar lagi tidak akan relevan lagi. Apalagi dengan situasi perang Ukraina vs Rusia yang entah kapan akan berakhir membuat harga BBM terus meroket.

    Masa depan sebenarnya adalah KENDARAAN LISTRIK (Electric Vehicle/EV). Ingat ya, bukan hibrid, bukan turbo, bukan supercharger, bukan CVT, bukan Torque Converter.

    NO DEBAT!

Yuk Tinggalin Jejak Lads..