Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Kalau ngegosipin Suzuki memang gada habisnya yah, mungkin karena pengamat lebih ke gregetan terhadap sepak terjang pabrikan berlogo S asal Hamamatsu tersebut utamanya di sektor roda dua. Kalau gambar patent sih cukup sering muncul dari pabrikan ini, nah hot gosip yang terbaru adalah munculnya gambar patent yang ditengarai sebagai calon dari moge middle mereka yaitu All New Suzuki SV650 atau SV700, akankah hadir di tahun 2022?

Kita coba flash back terkait gambar gambar yang digosipkan akan menjadi barang atau produk baru Suzuki setidaknya dalam dua tahun terakhir, KBY sendiri sempat membuat artikelnya yaitu antara lain:

 

Untuk HaoJue sendiri sudah menjelma menjadi HaoJue UHR150 dan masih berharap Suzuki mau mengadopsi desainnya hehe. Sementara calon pesaing Ninja, CBR dan R25 di kelas sport fairing 250cc 2 silinder sendiri gak pernah nongol dari Suzuki, hanya sekedar jadi gambar patent belaka.. hhhh..

CALON SUZUKI SV650 2022?

Nah patent design terbaru Suzuki juga hadir lagi baru baru ini lads, dan dari basis desainnya sih cukup mudah ditebak, yaitu model middle big bike alias moge tengah tengah yang Suzuki punya yaitu Suzuki SV650.

Moge ini sendiri sudah pernah KBY lihat langsung di Sepang tiga tahun lalu, dan jujur dari sisi bentuk sih seharusnya Bandit 150 ambil aja dari sini, desainnya timeless soalnya. Baca deh, ketemu langsung Suzuki SV650A ABS.

Terkait model baru ini, banyak gosip beredar salah satunya dari Bennents.co.uk, bahwa produk baru Suzuki ini nantinya bermain di kelas yang lebih tinggi, tepatnya kubikasinya gak lagi 650cc melainkan naik ke 700cc. Dan ini juga seakan menjadi bocoran bahwa ke depannya, moge 650cc terutama yang bukan high-performance series akan pada naik kubikasinya, mengapa? Kemungkinan besar untuk mengakali kejamnya aturan emisi di eropa dan beberapa negara lainnya.

Iyes, makin tinggi spesifikasi aturan emisi, makin terkebiri juga tenaga kendaraan yang dihasilkan, sooo displacement mau gak mau dinaikkan, setidaknya tenaga yang dikeluarkan masih mirip dengan sebelum dinaikkan. Singkatnya, kubikasi naik, tenaga tetap alias gak turun.

Sebenarnya secara teknis ada cara lain yang masih bisa dilakukan pabrikan agar tenaga atau output tetap atau bahkan naik sedikit tanpa harus merubah displacement mesin, yaitu dengan menggunakan material yang lebih baik dari sebelumnya. Naaah tapi jatuhnya biasanya akan lebih mahal, bingung kan jualnya? So paling efisien itu adalah naikin cc mesin wkwkwk.. selesai, ga mumet.

 

Kembali lagi ke patent design lads, terlihat model calon motor baru Suzuki ini terlihat baru dan benar-benar berbeda, strukturnya sangat sederhana, dengan rangka model perimeter pipa yang cukup besar tapi tanpa saling silang seperti model motor ber-frame teralis kekinian dan model sub frame bolt-on yang disambung dengan baut. Meski sekilas seperti twin spar yang ramping.

Jika benar adanya kapasitas mesin naik, maka akan tepat jika berhadapan dengan Yamaha MT-07 yang sudah duluan sejak dulu. Apakah namanya akan menjadi Suzuki SV700? Bisa saja. Pun demikian sebenarnya Suzuki juga gak pusing amat kalau mesinnya naik displacement, kalau gak pake mesin baru, ya tinggal mesin 750cc milik GSX-R750 diturunin, misal ini mah, taraaa jadi deh. Toh Gixxer 750 setau KBY juga main sendirian ya?

Yah kita lihat aja nih patent bakal beneran jadi atau hanya menjadi hiasan laci meja kerja para desainer Suzuki belaka…

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

10 KOMENTAR

  1. Dari total 100%,
    Menurut Kang K0bay, seberapa persen, keseriusan Suzuki jualan motor di Inonesia?
    Jawab Kang…

  2. Disini kalo pake SV650.
    Honda Tiger yang baru ya bro?
    Pokoknya semua yang lampunya bulet dikira tiger dah.

  3. S biarpun pabrikan kecil tpi bernyali main di divisi r2 dan r4.
    yg onoh pernah coba2 juga terjun di r4,malah jdi bahan bulian ferrari mania

Yuk Tinggalin Jejak Lads..