Suzuki burgman 150
GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Sebagai pembuka, mungkin belum banyak yang tahu kalau merek HaoJue itu masih saudaraan dengan Suzuki, tepatnya Suzuki di Cina. Seringkali beberapa produk HaoJue atau sebaliknya, produk Suzuki, di-rebagde alias dimerek ulang, yaaa mirip Toyota-Daihatsu lah kurang lebih. Nah mengingat HaoJue UHR150 2020 sudah rilis belum lama ini, akankah ada harapan desainnya menjadi Suzuki Burgman 150 yang dinantikan konsumen terutama di Indonesia saat ini? Kepoin dulu kuy

Sebagai contoh produk HaoJue yang rencananya akan menjadi produk Suzuki di Indonesia adalah Suzuki DR150 yang berbasis NK150, namun batal hadir lads. Yak itu intermezzo saja sih hehe.

Nah, terkait skutik maxi kelas 150cc, secara resmi hanya Suzuki dan Kawasaki lah merek Jepang yang tidak memiliki produk di Indonesia. Yang main ya dua itu lagi, Honda dan Yamaha. Abaikan Kawasaki yang memang identik dengan motor sport, tapi seharusnya Suzuki bisa memiliki produk di kelas ini, bahannya ada!

HAOJUE UHR150 ALIAS SUZUKI BURGMAN 150

Suzuki Burgman 150 sudah menjadi isu hangat sekitar dua tahun lalu hingga jadi basi saat ini, karena tak kunjung hadir juga. Dari mulai Burgman 200 lokal – yang memang saat itu informasinya akan dilokalkan, hingga Burgman 180 yang disebut akan memiliki desain versi 400cc.. cape juga wkwkkw..

Suzuki burgman 150

Kembali dulu ke Haojue UHR150, menelisik pengkodean nama, ada kemungkinan besar memang bakal menjadi sebuah Suzuki Burgman 150 lads.. skutik maxi Suzuki tersebut sendiri memang memiliki kode UH, misal yang 200cc bernama UH200. Bedanya dengan Haojue, ada huruf “R”-nya di belakang.

Skutik Cina tersebut sudah diperkenalkan di Pameran Motor Tiongkok 2021 belum lama ini. Dan memang berdasarkan spy shot sebelumnya, tarikan garis desainnya ada kesamaan dengan skutik maxi Honda, yaitu PCX versi lawas sebelum 2021, terutama siluet jika terlihat dari samping, dari depan, buntut bahkan knalpot. Setangnya pun tanpa cover, mengisyaratkan kalau Suzuki Burgman 150 ini lebih ingin melawan PCX.

Suzuki burgman 150

Yappari, ada yang sama belum tentu persis lads, karena setelah dilihat lebih teliti, bagian depannya masih bernafaskan genre Burgman Family, yaitu berbentuk seperti pelindung kepala atau helm milik Samurai. Lampu sein terpisah juga Burgman banget kok. Persis di dagu bawah headlamp, ada semacam rongga air scoop yang menambah kesan sporty.

Lampu remnya, jika ditarik ke beberapa belas tahun ke belakang, shape alias bentuknya mengingatkan kita pada lampu rem Suzuki Tornado/Shogun/Satria. Bentuknya manis, meski menurut KBY pribadi sih terlalu banyak cluster di sana, keramean intinya. Andai bagian samping dibuat menyambung atas dan bawah, malah lebih cantik. Lampu sein dibuat terpisah, ini sih kembali ke selera aja.

Sebagaimana laiknya sebuah skutik bongsor alias maxi, tentu shocknya sudah dual alias stereo, dan sperti PCX juga, tanpa tabung. Rem depan dan belakang cakram dengan dual channel ABS. Ban berukuran 14 depan belakang, dimana bagian buritan dihiasi behel yang mengingatkan kita pada Yamaha XMax.

Untuk fitur, tidak diperinci secara detail, namun speedometer jelas kekinian laiknya PCX dan NMax, namun dari sisi tampilan kemewahannya selevel dengan PCX, dengan inverted display. Calon Suzuki Burgman 150 ini juga sudah memiliki socket charger dan keyless start/ smart key. Tidak disebutkan juga apakah ada konektivitas laiknya Y-Connect atau Noodoe Kymco.

SPESIFIKASI HAOJUE UHR150

Nah terkait spesifikasi mesin nih lads yang mungkin agak mengecewakan, dengan angka 14PS maka tidak ada yang istimewa dari Haojue UHR150 alias Burgman 150 ini. Bukan apa apa, lahir paling belakangan tapi spesifikasi mesin masih kalah dari NMax apalagi PCX kayaknya gimanaaa gitu ye kaann..

Untuk dimensi, skutik maxi ini memiliki panjang 1950mm, lebar 755mm dan tingi 1120 mm, jarak as roda 1315 mm, jarak terendah ke tanah 120mm, tinggi jok 760mm dan bobot basah 140kg.

Sooo baiknya gimana ya dengan produk yang sebenarnya masih “nanggung” ini kalau masuk Indonesia dan berencana melawan PCX serta NMax?

Suzuki burgman 150

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

49 KOMENTAR

  1. Bodi elegan tp setang telanjang jadi gimana gitu ya jadi berasa ada yg kurang.. malah mirip Xride jadinya

  2. Kelakuan Suzi kalau desainnya waras, Jepunnya gelok alias gak mau masukin sini. Giliran potongannya dihujat malah diterusin..wakakak capedeh #rememberSaluto

  3. ga ada aura suzukinya bang… ini mah pcx bnget… katanya mau buat mirip burgman 400.. malah muncul barang kw dah 5 taun nunggu ampe mlas tengok suzuki lg

  4. pake pricing strategy … produksi lokal ato ckd bisa menekan harga agar bandrol bisa di bawah kompetitor, kalo masup ala CBU mah bisa awto senasib ama Inazuma

    hayuklah Juki … bisa jadi ini kesempatan terakhir buat bangkit kembali di kancah roda dua Indonesia … do or die slowly

      • lah kan pajak motor sama aja sampe 250cc

        @handoyo, masuk akal sih, soalnya kalo jeroannya cuma beda2 CC aja harusnya cost sama aja tuh, dan langsung berasa beda, nih gw 200CC!

        • Ya beda atuh, ya kali pajak Ninja 250R sama kaya pajak Beat, angka NJKBnya kan pasti beda, kalo Suzuki ngeluarin versi 200cc angka NJKBnya juga bakal sulit buat mepet kelas 150cc kecuali Suzuki mau nekat ngurangin keuntungan supaya NJKBnya bisa mepet 150cc

          • nah tuh tau kalo yg nentuin pajak di NJKB nya bukan CC nya.

            emangnya yakin kalo NJKB bisa beda cuma gara2 beda CC?

  5. Ini motor patennya bocor pas PCX150 lokal pertama kali rilis tahun 2018,
    Kalo firasat gua kemungkinan motor ini emang awalnya didesain buat lawan PCX 2018 dengan harapan si PCX update miniman tiap 5 tahun sekali kaya versi sebelumnya, eh ternyata PCX 2018 umurnya pendek ya otomatis Suzuki pasti mikir buat rilis di Indo.

  6. yg jelas2 respon positive aja ga di denger (saluto)
    malah yg kaga2 di rilis … sijuki only history

  7. Masuk sini boleh asal harga 25jt…jng kaya nex harga beda 1jt sama beat fitur jauuuuh ketinggalan…ibarat hp..honda=samsung,suzuki=xiaomi…kalo yamaha=evercross maklum gampang rusak..ekekekekek

          • Itu karna samsung dan xiaomi main dikelas low – middle… Sedangkan Iphone hanya main dikelas middle – up atau bisa dibilang malah kelas up semua sih klo iphone… Krna semurah-murah nya iphone jatuhnya harga hp flagship. Jadi ya samsung, xiaomi atau merek lain selain iphone itu masih fokus dikelas low – middle sbg pangsa pasar utamanya… Kalau iphone keluarin hp versi budget mungkin beda cerita…. tp gak tahu deh apakah iphone akan tertarik..

          • Kata siapa iphone ga ada kelas low-mid? Apa kabar iphone SE? Cek mbah gugel deh wkwkwk, mungkin diplanet lu aja iphone ga jualan dipasar low-mid.

          • Serius luh wep iPhone ga pernah jualan hp kelas middle? lah itu iPhone SE, iPhone 12 mini sama yg baru iPhone 13 mini

          • Harga iphone SE = 7 jutaan ke atas
            Harga iphone 12 mini = 10 jutaan ke atas

            Gua masih belum paham sama komentar di atas yg “ngeyel” bilang iphone keluarin hp buat market low-end. 🤣 Fbh emang dungu nya kebangetan 🤣😂

            Xiaomi dan samsung saat ini masih menjual handphone baru dgn harga dibawah 2 juta
            Apakah ada iphone baru yg harganya dibawah 2 juta sperti samsung dan xiaomi ? 🤣

            Pantas sih banyak yg bilang kalau fbh itu dungu karna kenyataan lu emg dungu 😂🤣

          • @blur

            Keliatan situ gak paham segmentasi kelas hp.
            IPhone SE ini kelasnya masih low-midrange emang (>€500). Di dunia android pun ya harga segitu masih dianggep midrange. Diatas itu baru upper midrange, diisi hp kek iPhone 13 mini/Mi11i kalau di benua biru sana. Naik lagi barulah masuk kelas >€700 yg mana diisi HP flagship kek si Pro/Max, S21 series, Sony Xperia, Mi11, dll.

            Sekarang habis kalah argumen, lantas main ad hominem. Tipikal fby.

          • Ngomongin kelas seri mini dan se itu untuk pasar low mid. Oke, untuk seri se sama mini dengan rentang harga segitu worth tu buy gak?? Tlg jawab ya!! Dengan harga segitu dibandingkan dgn android di range harga segitu dah kemakan sama flagship killer. Kalau mau bilang, iphone itu tidak ada inovasi cmn ketolong image brand awareness aja. Apa beda iphone 12 dan 13? Cmn ganti stripping tapi harga naik??

  8. Emang Suzuki masih exist ya roda 2 nya di Indonesia? Sorry to say, sejak Satria Fu digempur tim 150cc Honda, udah jarang liat motor yang keluaran tahun 2021. Malah dealer nya tinggal 1 di SUkabumi, dan selalu terlihat sepi.
    Ayolahhh, suzuki mesti bangkit lagi, keluarin produk baru yang bisa nantangin merk Y lah minimal, jangan merk H yang punya Sumber Daya melimpah. Atau merk K yang terkenal segmented.

  9. wah percuma dimasukin sini sih. FBS sata2 masih pake spin untuk maticnya, shogun robot untuk bebeknya dan RGR untuk sportnya. soalnya mesin dan casing perfect semua. jadi mending ga usah dimasukin. rata2 motor lamanya masih juosss…

  10. Akibat kualitas terlalu bagus mangkanya fbs pada males ganti motor terbaru ( termasuk gw si ), ganti2 malah nyari second, beli baru juga percuma rata2 11 12 sama baru kondisinya
    Konsumen puas pabrikan ngenes ya ini lah suzuki

    • Motor S yg awet itu motor apa sih, paling yg sering liat dijalan cm satria f doang, lainya kagak ada… 🤣😂

  11. Mungkin hanya loyalis suzuki yang akan beli kalo beneran hadir disini. Tapi suzuki itu unik mang, tenaga walaupun diatas kertas gak sebesar rival, tapi secara praktik di lapangan larinya gak kalah lho bahkan bisa mengungguli.

  12. strategi price aja sih. power juga itungannya gak lemot2 amat segitu mah asal nyuaman. tpai tunggu mang kobay test ride dulu hehe

  13. Bicara awet dari penampakan dijalan ya masih honhon lah..wakakak. Ada yang pernah liat crypton di jalan?🤣🤣🤣 Itu seangkatan Astrea grand Lo..wakakak. YiaMaap sekarang baru terbukti awet..tapiiii di gudang. No offense ya 👋👋👋. Ane rasa penyebabnya karena kaum benyek milih kridit AiPon ketimbang beli GeaRott. Maklum lah “smart is everything”🤭

    • Sama lah ama sijuki, kata fenboy nya mah karena ga gampang rusak, coba liat brp byk motornya di jalan, mau yg tua atau yg muda, cuma satria fu doank kan yg keliatan.. itu juga perbandinganya 10:1, shogun,smash ama supra aja masih lebih sering lait supra

  14. Inimah asli pcx mang…
    Dilihat dr samping, ya hampir semuanya pcx 2018 baik depan, tengah, belakang.
    Trus pernak perniknya pancik’an boncengan, cover radiator.

  15. tolong sampaikan mending ga usah keluar model ini mang.. lebih baik keluarkan suzuki swish dan saluto untuk metiknya.. ane dulu FBH pake Supra 125, CS1, Beat, CBR Thailand.

    sekarang jadi FBS ada Suzuki Address rencana kl swish atau saluto keluar.. pingin minang buat ganti si address.

    oh ya mang.. kl beli mobil Suzuki Swift yg ada di india lewat Suzuki indo bisa ga ya..?
    rencana buat ganti Suzuki Splash di rumah.

  16. GC 120mm, 14 PS, 140 kg, merk suzuki, kalau mau jualan harus dibawah harga nmax dan pcx. Tapi sulit, krn ini impor. Akhirnya, gak jadi masuk Indonesia.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..