GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Masih ingat dong artikel motor buatan Malaysia, SM Sport V16 belum lama ini? Nah setelah si motor dengan model cruiser Hampir Davidson tersebut kini giliran motor sport dengan model scrambler yang akan dibahas. Masih dari merek yang sama yaitu SM Sport berkode SM3. Motor ini sudah bisa dimasukkan ke dalam kelas moge juga lads berkat kapasitas mesinnya yang 400cc dengan silinder berjumlah dua buah.

SM Sport SM3 ini sudah beberapa kali tayang di blog atau berita media lainnya, tapi tetap dong setiap orang memiliki kesan tersendiri dan kesimpulan sendiri dari hasil review yang dilakukannya, yekan.

SM3 400cc 2 silinder ini langsung tukeran dengan V16 yang sudah seminggu lebih berada di kediaman KBY, Kobayogas Manor ngah ngah. Jadi motor ini akan berada kurang lebih sama dengan pendahulunya yaitu semingguan.

Bicara desain, kalau ditanya, lebih suka mana Kang antara V16 dengan SM3? Jujurnya lebih suka yang ini, si SM3. Lantas kenapa kemarin pilih pinjam V16 duluan? Karena pinisirin, kan selama ini belum pernah nyobain yang model Harley (udah sih yang nyerempet, Rebel misalnya), sekalian buat dibawa ngantor, kali aja pada pengen nyobain kan.

Tapi gagal, karena WFH terus menerus dua minggu akibat PPKM yang diperpanjang, kalau sampai perpanjangan gak kelar juga, mungkin akan adu penalti wkwkkw.. Ya intinya kalau soal penasaran, lebih ke si V16 sih, kalau model scrambler cita rasa dan karakternya sudah bisa kebayang.

So sebelum ke versi riding, KBY mau bahas tentang desainnya aja dulu ya. SM Sport SM3 ini memang bermain di kelas model scrambler, Brat Style maupun neo classic, kaya Ducati Scrambler ataupun Royal Enfield Interceptor misalnya. Kalau masih bingung dengan model-model motor kaya gini (KBY juga sih wkkwkw), silakan klik link di bawah.

Mengenal Perbedaan Motor Cafe Racer, Scrambler, Bobber, Chopper

Yah apapun itu sebutan modelnya, yang jelas sosok SM Sport SM3 ini enak dilihat lads.. Gagah, maskulin dan cukup muskular alias berotot. Secara keseluruhan dari depan hingga belakang, garis dan desainnya masuk semua, serasi.

SM Sport SM3Lampu depannya berbentuk bulat, dihiasi dengan fitur kekinian yaitu DRL dan LED. Tidak mengadopsi model AHO (Automatic Headlamp On) tapi memiliki dua setelan saja, yaitu pada saat mesin menyala DRL saja dan kalau mau lampu utama ya geser tuasnya. Berbeda dengan saudaranya V16, ada tiga, OFF, lampu senja (DRL) dan lampu utama.

Radiatornya besar dan berefek visual kekar dengan dua kipas di kiri dan kanan, sangat efektif untuk membuat mesin yang terlihat full dan tegap – tetap adem. Lampu rem juga bulat dan semuanya termasuk sein sudah menggunakan LED.

SM Sport SM3

Dari semuanya yang bikin keren dan membuat wow effect adalah knalpotnya. SM Sport memanfaatkan jumlah silinder dua buah yang dipisah exhaustnya di kiri dan kanan hehe, jadi ingat Suzuki Inazuma ya? Cuma memang bentuknya kurang cihuy aja sih, tapi menyesuaikan bentuk keseluruhan lah.

Mud guard alias spakbor belakang model bawah, alias ada di belakang roda belakang, jadi lads tidak akan menemukan spakbor gantung di bagian buritan – ada sih tapi secuil :D. Shock breaker depan yang Upside Down menambah kesan moge-nya, sementara suspensi belakang model stereo alias dobel dibiarkan terpampang tanpa ada tabung atau cover. Oia Speedometer model analog dan digital, cukup cocok dengan desain keseluruhan.

Sooo, sampai sini dulu yes, next article akan KBY bahas dan kupas tuntas pengalaman berkendara bersama si SM Sport SM3 ini, silakan jika ada pertanyaan terkait motor sport CKD seharga 90 jutaan ini..

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

20 KOMENTAR

  1. Designnya cuma satu minusnya dimata saya… cakramnya kelihatan aftermarket banget gegara lubang2 ventilasinya yg model gitu. Otherwise it’s a gorgeous looking bike.

    Iseng nanya mang, bannya tubetype atau tubeless?

  2. V16 model ngamerica..ala² HD.

    Kalau yg ini ngeropah..seperti norton atau royal enfield.
    Walau kaga beli,gue lebih suka yg SM3 ini mang.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..