GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Di kategori motor jenis sport, tidak jarang kita membaca istilah motor jenis Chopper atau Bobber, ada lagi Scrambler, Brat Style, Tracker dan Cafe Racer. Bagi orang awam, terutama yang hapalnya motor motor yang umum, ya kayak KBY ini, perasaan sih sama semua wkwkkw, meski tentu kalau dilihat lagi ada perbedaan cukup signifikan diantara jenis jenis motor yang disebutkan di atas. Apa sih yang bikin beda? Kuy kita cari sama sama lebih lanjut

Melihat dari kacamata awam, model model motor yang disebutkan di atas sekilas terlihat sama saja, kalaupun ada beda ya tipis tipis aja. Nah biar kita lebih nambah lagi wawasan seputar jenis motor yang dikira sama, kuy kita kepoin perbedaan dari masing masing jenis tersebut yang KBY sadur dari berbagai sumber.

CAFE RACER

Cafe Racer ini ternyata memiliki banyak arti berbeda bagi beberapa orang, ada yang mengarah untuk tampilan yang keren dan ada juga kepada kemampuan mesin serta keduanya.

Nama Café-Racer awalnya adalah istilah motor yang ikut Isle of Man Racer lads, tapi pada dasarnya gaya motor ini kembali ke tahun 50-an menjadi motor trondol atau minimalis meniru style motor balap Grand Prix di tahun 50an.

Disebut sebut kalau gaya ini adalah kegemaran para penghobi di Inggris dan daratan Eropa.

tau gak motor ini aslinya apa

CIRI MOTOR CAFE RACER

Agar setidaknya kita bisa tau saat melihatnya, kita ketahui dulu ciri dari jenis ini. Ciri motor beraliran cafe racer dapat dilihat dari tampilannya yang minimalis. Modifikasinya mengacu pada tampilan motor-motor Grand Prix era 50-an.

Biasanya motor custom yang satu ini mengenakan setang jepit serta model tangki yang sejajar dengan bagian ekor motor yang mengapit jok pengendara sehingga motor ini hanya bisa ditunggangi satu orang.

Zaman sekarang, para manufaktur sepeda motor telah memperhatikan minat konsumen yang tinggi terhadap model cafe racer. Contohnya ada di bawah ini;

Model ini bisa dilihat pada motor Triumph yang memiliki dua model cafe racer yakni Thruxton dan Street Cup, BMW dengan model R nine T Racer, Ducati Scrambler Cafe Racer, Yamaha XSR900 Abarth, Harley-Davidson XL1200CX Roadster, dan Royal Enfield Continental GT.

Kalau ini tau dong aslinya ya

BRAT STYLE

Motor jenis “Brat” dapat dikatakan berasal dari Jepang, dimana orang Jepang yang suka Café-Racer tapi memodifikasi dengan gayanya sendiri. Misal gaya jok rata seperti skateboard yang sangat khas atau jok bergaya pisang.

Nah model termirip untuk Brat style yang bisa kita lihat di produksi massal adalah Yamaha XSR155 VVA lads.. Bedanya joknya masih kurang tipis aja memang.

TRACKER STYLE

Sepintas gaya Tracker terlihat sangat mirip dengan Café-Racer tapi sesungguhnya gaya Tracker adalah desain yang berasal dari balap trek tanah Amerika lads. Jadi Tracker style identik dengan dual purpose dirancang untuk menerabas tanah dan aspal sebagai lawan dari Motor Moto GP yang ditiru oleh Café racer style.

Biasanya Tracker mempunyai single jok dan posisi duduk lebih tegak bagi pengendara. Tracker yang paling terkenal adalah yang dikendarai oleh Evel Knievel, contohnya seperti di bawah ini yang dibuat dari Harley Davidson

SCRAMBLER

Dari sisi style, Scrambler sangat mirip dengan Tracker tetapi ground clearence lebih tinggi untuk menghindari lumpur atau bahaya off-road lainnya. Scrambler juga menampilkan ban knobbly untuk nuansa off-road yang lebih banyak.

Aliran modifikasi motor kustom Scrambler biasanya menggunakan ban dual-purposeScrambler biasanya memiliki stang fatbar juga ground clearance dan posisi knalpot yang tinggi untuk memaksimalkan fungsi motor ini.

Kemudian tanki biasanya berbentuk bulat memanjang posisinya agak tidak datar. Lampu depan yang biasa digunakan memakai lampu bulat. Contoh di bawah ini adalah motor yang dimodifikasi menjadi Scrambler, tau gak modelnya apa hehe, nih KBY kasih linknya (Suzuki GSX-S150 Modif Scrambler).

CHOPPER STYLE

Chopper adalah motor yang menggunakan frame rigid dan “dipotong” (chop) untuk memperpanjang garpu depan dan sering menampilkan setang melengkung tinggi sebagai ciri khasnya.

Chopper sangat mengutamakan penampilan motor dan karakter pengendaranya. Choppers juga memiliki kelebihan di bagian performa mesin.

Biasanya para builder selain mengubah total penampilan motor, mereka juga menyeting ulang performa mesin motor tersebut. Seluruh bagian motor mengalami perubahan yang signifikan terutama di bagian depan motor.

Pada bagian rangka motor diubah sudut derajat kemiringan fork depan, posisi duduk si pengendara juga diubah menjadi sangat rendah. Pada bagian handle bars motor diganti dengan beragam type bars dari yang extreme high bars hingga ke extreme low bars.

BOBBER STYLE

Bobber dikatakan mirip dengan Chopper tetapi bedanya di setang lurus dan menggunakan single jok. Menurut KBY bedanya justru langsung keliatan, ini kalau choppernya modifikasi ya. Chopper termasuk kurus, sementara bobber lebih full.

Dilansir dari Motorcycle-USA, aliran bobbed mengawali lahirnya modifikasi custom chopper di daratan Amerika Serikat (AS), yaitu negara yang memproduksi motor Harley Davidson.

Pada versi modifikasi bobber, modifikator umumnya melepas atau memotong fender depan dan belakang bertujuan membuat motor menjadi lebih ringan karena biasanya penampilan bobber terlihat bongsor dan terkesan sangat berat.

Biasanya motor ini enak digunakan untuk perjalan jauh, maka dari itu bobber juga memiliki khas menggunakan ban yang tebal dan biasanya ukuran ban depan belakang sama atau setidaknya mirip.

Seperti pada sepeda motor asal Amerika Serikat (AS), Indian Motorcycle, telah mengenalkan Scout Bobber 2018. Beberapa bagian pada motor ini didesain ulang, misalnya sepatbor depan dan belakang, velg dan knalpotnya juga baru.

Motor ini hadir dengan setang berjenis street tracker dan dilengkapi dengan spion berjenis bar-end. Sedikit ke belakang, motor ini dilengkapi dengan jok tunggal dengan lapisan kulit tipis. Dibanding versi terdahulu, suspensi belakang lebih rendah 1 inci.

Contoh Bobber yang bisa langsung kita pahami adalah Honda Rebel atau Yamaha Bolt lads.. tuh fotonya di bawah .. So semoga dapat menambah wawasan kita semua yes.. mayan kan sekarang bisa bedain hehe..

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

22 KOMENTAR

  1. Kalo dihonda sini yg lagi ngetop…herex sama mbeer…kalo yahehonya vampayer sama geol style

    • Kalau cb150 exmotion ini masuknya style apa, tangki tinggi sporty + ada shroud nya , buntut dan jok nya juga sporty banget pakai model dual split, kalau dilihat lebih cocok dijadikan motor sport fairing buat jadi pesaing R15 …

        • Wah iya jadi cb150 exmosian ini lebih cocok masuk dikelas street fighter ya dilihat dr bentuk tangki dan jok dual split, posisi riding juga mirip Mt15

        • Namanya jg xableng , motor gak jelas . Posisinya memang masuk klan MT , namun dibikin keluar dari jalur akhirnya ambroll Rontok ?.
          Exmo sangat diminati …akhirnya xambleng berubah wujud dan nama jadi Mt. Perombakan buntut yang mengarah menyamai ( kalau gak mau dibilang niru ) exmo , posisi riding yg juga mirip exmo. Pake USD kek exmo walaupun KYb KW .
          Tetap saja …lagi2 Kadaluarsa ?

  2. Kurang suka aja genre motor ginian. Mohon maaf nih kebanyakan motor ini kelihatan kesan yg keluar itu kayak rongsokan aja gitu dan kebanyakan agak ancur proporsinya yg kadang malah lebih mirip gambar karikatur, apalagi yg kustom, kayak kurang safety aja gitu. Balik lagi ini lebih ke selera masing² sih.

    • Karena si om ini jarang liat referensi yang bagus buat katergori motor klasik ni.
      Di Indonesia emang masih ketinggalan tren sih dari di luar negri. Tren classic custom di luar udah tren dari 2009-2010 dan di indo baru heboh 2014-2015 lah.

      Coba cek bikeexif.com pipeburn.com
      Itu sih biasa saya liat2

      ——-
      Jadi inget sebelum beli pcx di 2018 udah mw ambil Honda Win buat modif tracker pake harian tapi ga lolos berkas pengadaan ke ibu negara.
      Ngilu2 gimana gitu kalo liat Win mulus di jalan dan tau harganya lumayan sekarang…

      • Kalau referensi custom classic di luaran sana kayak bike.exif saya juga tau om, tapi ga bisa dibandingin juga sih, disana custom basicnya moge kayak CB750, RE, Bonneville, hasilnya pun lebih rapi dan enak dipandang dibanding custom indo yg basicnya ga jauh² dari cb/gl/scorpio/thunder.
        Btw ceritanya mirip sama saya, sebelum ngambil ninja rr juga lagi nyari Win 100 apalagi yg model semi-trail gitu asli demen banget. Ketemu yg jual Win tahun 1997 plat merah kondisi juga masih bagus warna putih merah pula, sayang udah keduluan ditawar orang 12jt.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..