GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Kemarin KBY sudah sharing penjualan mobil di Indonesia untuk bulan April 2021 bertajuk 20 mobil terlaris bulan April 2021 di Indonesia. Yang terlaris nomor satu adalah MPV medium dari Toyota, siapa lagi kalau bukan Toyota (Kijang) Innova. Nah pada artikel kali ini KBY akan berbagi penjualan masih di bulan April namun untuk kategori yang berbeda, yaitu hatchback, Low Cost Green Car (LCGC), City Car dan Sedan. Kuy kita kepoin siapa yang terlaris di masing masing kelas tersebut

KELAS HATCHBACK

Meski dari sisi akomodasi kelas hatchback alias mobil tanpa buntut bagasi ini memang kalah jauh dengan MPV apalagi 7 tempat duduk, namun peminatnya selalu ada, karena jenis ini dimensi dan akomodasinya berada diantara city car dengan MPV, mampu menampung penumpang 5 orang dengan lumayan lega, bagasi cukup lapang serta dimensi yang cenderung compact membuatnya lincah bermanuver di perkotaan.

Seperti info dari Berkendara, penjualan kelas hatchback ini di bulan April 2021 ternyata dikuasai oleh pabrikan H tegak alias Honda dengan pendatang barunya, Honda City Hatchback yang mampu menarik konsumen sebanyak 788 unit. Artinya, kehadiran penerus Honda Jazz tersebut ternyata cukup banyak disukai konsumen lads. Nomor dua secara mengejutkan ada Suzuki Baleno dengan 462 unit.

Sepertinya Berkendara hanya membatasi hingga 4 besar saja di kelas ini yang secara berurutan di nomor 3 dan 4 oleh Toyota Yaris dan Mazda 2. Silakan dicek jumlahnya pada gambar di atas.

KELAS LCGC

Ga usah pusing pusing lihat ke bawah untuk mencari Avanza dan Xenia, karena kelas mereka memang bukan di sini, jadi gakan ada sampe layar hp atau komputer digosok gosok juga wkwkwk..

Kelas Low Cost Green Car bulan April 2021 dipimpin oleh Daihatsu Sigra! Cukup mengejutkan karena bukan saudaranya – si Toyota Calya yang terlaris. Sigra memimpin dengan angka 4.086 unit sedangkan Calya sebanya 3.903 unit, tidak jauh tapi cukup membuat petinggi Daihatsu empot empotan, loh kenapa? Baca terus ya..

Posisi ketiga ada mobil yang sering disebut mobilnya PL/LC atau caddy wkwkwk.. Honda Brio Satya. Dan di posisi empat serta lima, lagi lagi bikin jejeran top line Daihatsu deg-degan, Daihatsu Alay eh Ayla melangkahi penjualan Toyota Gaya eh Agya! Biasanya kalau udah begini, Daihatsu bakal disuruh nahan penjualan, biar Toyotanya yang lebih laris, biasanya loohh hihihi..

Menjadi juru kunci ada Suzuki Kamirun haduuhh salah mulu, Karimun Wagon R yang jaauuhh banget bin jomplang angkanya dengan Agya.. cuma 171 unit!

KELAS CITY CAR

KBY baru ngeh kalau kelas atau kategori city car di Indonesia itu tidak terlalu banyak ya, sesuai gambar di atas ada tiga saja tuh lads. Posisi pertama ada mobil Caddy dan Terapis yang lebih berkelas, Honda Brio RS tanpa embel embel Satya. Kedua ada Suzuki Ignis dan terakhir ada Daihatsu Sirion. Perasaan banyak ya City Car, tapi entahlah, suka tumpang tindih juga sih secara bentuk dan dimensinya mirip.

KELAS SEDAN

Merupakan bagian penutup dari artikel ini, ya kelas sedan yang berisi lagi 3 kategori atau kelas, Small Sedan, Medium Sedan dan Big/ Large Sedan. Jadi siapa saja penguasa di masing masing kategori?

Entah apa alasan Berkendara hanya membatasi satu saja di Small sedan dan Medium Sedan. Kelas Small ada Toyota Vios, dan Medium ada Corolla Altis. Sedangkan di Large malah ada dua, yaitu Toyota Camry dan Mazda 6 (3 sedan dan 1 estate).

Nah itu dia lads informasi penjualan mobil di Indonesia bulan April 2021 untuk kategori Hatchback, LCGC, City Car dan Sedan.. So siapa yang beli di April kemarin hayo ngaku hehe.. Next artikel akan ada MPV dan SUV ya..

Oia ga usah nanya Audi, BMW, Mercedes ya, karena mereka setau KBY gak jadi member Gaikindo, jadi gada tuh..

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

46 KOMENTAR

  1. Data masih bisa diakses artinya pemain mobil gak ada yang baperan? beda ama sektor roda 2..mengapa oh mengapa???

  2. Coba usulin mang
    Masukin kategori 3 karet bundar ngikut masuk ms boil Biar beye bisa ngikut nimbrung jadi seru

  3. baru taw klo sirion sama altis masi dijual. ioniq aja masi lebi moncer dari civic hb, fbh pada kemana nih? cuman sanggup beli mobil LC(GC)?

    • Atas kamu tuh bro mulai kedinginan. Tau gak sih lo, jauh sebelum Soichiro Honda lahir, bahkan sebelum kakeknya Soichiro Honda lahir, Toyota dulu itu punya Yamaha. Cuman sengaja dijual karena Toyota gagal membikin mobil dengan kendali seruling

    • @ebul

      nah,saya juga bingung, penentuan kategorinya dari mana ya? wong dimensi sertu bentuk sama persis (CMIIW).
      apa karna beda fitur dan harga doang?

      mang kobay, dipersilahkan untuk menjelaskan?

      • Kalo LCGC mah jelas mang, terdaftar di Kemenperin karena dapet subsidi PPnBM, lha kalo Brio RS mah kaga dapet karena gak didaftarin jadi bukan LCGC. Kenapa gak didaftarin karena udah lewat batas atas harga LCGC mang…

  4. makin sini jadi makin bingung kategori mobilnya. wkwkwk…
    mang kobay barngkali bisa ada penjelasan terpisah berdasar data2 tsb

  5. saya minta rekomendasi mobil untuk keluarga kecil saya
    3 orang anak dan 1 istri ….
    baiknya pilih yg mana ya mang
    nti saya langsung bikin spk
    dan TOLONG sekalian UANG PELUNASANNYA …
    makasih mang

    • Ya memang peredaman honda payah smw, bahkan kelas civic atau crv sekalipun
      Civic hatchback itu 67,4dB loh kebisingan kabinnya
      Bahkan sama ignis kalah jauh ignis di 61,7dB
      Sama mazda 3 jauuh bgt mazda 3 56,7dB
      Road noisenya yg parah bgt
      Ternyata parah sampe 67,4dB d tes gridoto pantes berisik bgt

  6. Cuma orang gila yang beli Karimun Wagon R, dengan budget/angsuran tipe GS AGS, bisa dapat Ayla tipe X AT yang 1200cc, full power windows, dual airbags, matic normal dll.
    Btw sadis juga Civic tewas lawan Hyundai listrik wkwkwk

    • Analisa Sederhana aja ini ya.

      Yg beli mobil untuk Gaya yg harganya diatas 300 jt, pasti cari yg beda, bisa dibilang ya civic emang udah banyak yg pake dan udah obsolete.

      Si Hyundai Listrik lebih ke arah masih fresh dan untuk orang pansos lebih punya nilai jual.

  7. Kasian petinggi daihatsu kedua lcgcnya lebih dominan dari toyota , harusnya perombakan yg harus dilakukan di rnd design toyota. Yah Inilah namanya klo semua dibawah otoritas toyota!

Yuk Tinggalin Jejak Lads..