Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Alhamdulillah nih lads, keturutan juga test ride Kawasaki Ninja ZX25R 250 4 silinder, sudah gitu sesuai habitatnya pula, di sirkuit Sentul. Tentu bukan tanpa sebab KMI memilih sirkuit ini, karena genrenya sport dan digadang gadang memiliki segala kelebihan dari mulai tenaga, fitur elektronik dan handling yang mumpuni, tentu akan sangat mubazir jika tidak dites di dalam sirkuit. Jadi bagaimana hasilnya? Cekidot lads..

helm scorpion exo R1 Air perdana test di Sentul nih

KBY gakan ngulang bahas desain ya, jadi paling refresh aja seputar spesifikasi dan fitur yang berperan dan menunjang performa si Kawasaki Ninja ZX25R ini. So let’s get it on..

KBY kebagian di tim/ grup 3, grup yang isinya jagoan semua kalau gak mau dibilang master mah. Ada IWB, Den Dimas Buryam, The Jakarta Road (TJR) dan Motomobi.. Beuh secara reputasi emang orang otomotif semua.. sempet minder dah..

Tapi ya udah sih, jalanin aja, have fun. Asik juga kebagian bareng sama mereka kekeke. Grup 3 kebagian turun jam 10-an, KBY sudah ada di sana sebelum jam 10, sudah ada TMC dan Nugie, teman teman media, den Dimas nyusul kemudian setelah IWB dan Jodie. Motomobi ternyata batal ikut.. wah berkurang dah nih ancaman wkwkw..

Oia, berangkat dari rumah dalam kondisi hujan, alhamdulillah memasuki Gunung Putri sudah terang dan kering, begitu pula dengan kondisi di sekitar sirkuit Sentul. Aseeekk.. gas pol kita lads..

Setelah grup 2 yang diisi TMC dan Opa Liupol kelar, giliran grup 3 siap siap lads.. Kami yang sedang bersenda gurau dengan Mbak Riri (ada tuh fotonya wkwkw) dipanggil untuk menuju ke paddock/ pit 22.. dikasih waktu sekitar 10 menit. Untungnya kami semua dah siap wearpack, tinggal pake sarung tangan dan helm..

TEST RIDE KAWASAKI ZX25R

Semua siap, rider on the bike.. Pemanasan dikit dulu melenturkan otot otot dan wear pack alias racing suit yang kaku karena lebih dari setahun gak pernah dipakai. Mencoba beradaptasi sejenak dengan posisi riding sang ZX15R, setang, gaya tuck in, memastikan jangkauan tuas rem dan kopling (yang sebenarnya kepake cuma buat masukkin ke gigi 1 aja, suer) yang bisa disetel, semua sudah pas..

Intip semua informasi yang ada di speedometer, kali aja beda dengan model yang diliat di Abdul Muis wkwkkw.. Pada mode default, semua posisi KTRC diposisikan OFF oleh Panitia, dan power mode ada di posisi F (Full). Ini dimaksudkan agar tester mampu mendapatkan performa maksimal. Oh Yes, I’m raring to go!

Leader melesat dengan diiringi suara sirene.. IWB di depan KBY, belakang KBY ada TJR, disusul Den Dimas dan terakhir influencer pengganti Motomobil, Korekarie kalau gak salah namanya..

Waahh ini baru leader, sangat percaya pada rombongan di belakangnya dan menganggap kami semua sudah mahir bersepeda eh naik motor wkwkkw.. Dia melesat gak pake nunggu, pacenya kencang, diiringin IWB yang sudah lupa dengan alasan “punggung kecetitnya” dan KBY pun yang mencoba membalas dendam karena gak pernah menang lawan dirinya ogah kalah.. Terlihat dari spion ada TJR ngintil, den dimas dan Arie? Ah bodo amat lah wkwkw..

FITUR QUICK SHIFTER

Oia keluar pit, masuk ke gigi 2 dong, kesempatan mencoba fitur quick shifter alias auto blipper nya.. tanpa mengendurkan gas, jarum di 16000, ceklek masuk ke gigi dua dengan mulus.. memasuki R1 gak pake kendor, ceklek naek ke gigi 3.. keluar R2 kecepatan makin kencang, sudah di atas 115km/jam.. ceklek lagi tanpa kendurin gas, mulus ke gigi 4. Semua perpindahan gigi di lakukan di 17000 saat garis redline awal atau 18000 dimana titik limiter bekerja.

Masuk R1
masuk R2

Dari R2 menuju R3 itu trek lurusnya lumayan, kita bisa pacu hingga lebih dari 160km/jam di sini, ceklek ceklek, masuk gigi 5.. Sangat menyenangkan auto blipper ini, sungguh! Bagi KBY sih canggih, karena benar benar tanpa harus mengendurkan gas sedikit pun! Mengasyikkan karena meski gas gak dikendurin, gigi tetap masuk dengan mulus dan rpm dropnya pun tidak banyak.. tenaganya tetap terjaga lads..

Menuju R3

Tapi dasar belum terbiasa dengan fitur quick shifter ini, kadang KBY masih juga narik tuas kopling baik untuk up shift maupun down shift wkwkwk.. Yang kaya gini suka bikin lepas konsentrasi kekekeke..

HANDLING

Memasuki R3 dan R4, tikungan tricky belok kanan yang suka membuat KBY gelisah di sini karena jadi momok tersendiri, melintir waktu pake mobil dan masuk gravel, dan kebablasan – juga masuk gravel – waktu pertama kali nyentul bersama MV Agusta Brutale 675 wkwkkw.. Tapi seiringnya sering turun (kalau ada event doang sih) di sana, tikungan ini sudah apal triknya hehe..

Masuk R3
Masuk R4

Menurut KBY pribadi, R3 dan R4 juga dapat menjadi ajang uji coba sebuah motor apakah memiliki handling dan konsistensi kinerja suspensi plus sasis yang baik atau tidak. Bukan berarti motor gak bisa nikung di bagian ini loh, karena pada dasarnya semua juga bisa, tapi kalau mampu menjaga speed di 80-90 apalagi ada yang 100km/jam di tikungan ini tanpa susah payah, artinya ini motor punya paket lengkap! Di luar ridernya yang sudah pengalaman yah misalnya.

R3 memiliki tikungan ke kanan yang cukup panjang, di sini cukup mudah, dan kalau terbuai serta keluar dari racing line, siap siap aja kalau kekencengan akan keluar jalur hingga masuk gravel atau ya nyorosot …karena tiba tiba R4 – yang juga berupa tikungan ke kanan tapi lebih tajam sudah menghadang ..

Ninja ZX25R anteng dibawa di R3 dan R4, kalaupun sedikit kebabalasan, bodinya nurut, lakukan sedikit saja pengereman (akan dibahas terpisah) di depan, badan ZX25R akan terkoreksi dengan sangat mudah. KBY sempat mengalami skid sedikit di S kecil, tepatnya di R6 masuk R7, namun bodi sang Ninja sangat mudah dikoreksi, cukup kendorkan gas sedikit, bodinya langsung sigap anteng.

Sebagai informasi tambahan, demi keamanan para tester, KMI menyediakan ban khusus untuk sesi test ride ini dengan menggunakan Dunlop seri Alpha 13SP yang memang terbukti mantap di tikungan, sangat membantu rider dalam menikung. Performanya menurut KBY ada kemiripan dengan Pirelli Diablo Supercorsa.

Oia, sebenarnya Om Michael dari KMI sudah mempersilakan kalau ingin mencoba fitur KTRC (Traction Control), karena defaultnya kan di set Off oleh official. Tapi harus berhenti dulu dan menepi untuk merubah settingannya.. wah gada yang berenti tuh KBY liat, gas pol semua wkwkw.. Alhamdulillah juga sepanjang tes gada hujan, jadi KTRC bisa dibilang gak kepake deh.

Wah ternyata sudah kepanjangan nih lads, kentang ya? Sabar ya? KBY rilis di part II yang akan membahas lanjutan terutama performa mesin, top speed dan tentunya kesimpulan. Stay tune di Kobayogas.com ..

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

24 KOMENTAR

  1. udah baca ampe abis … dan Mba Riri cman muncul segitu doanx

    ckckckck … balikin kuota inet ane wkwkwk

  2. artikel lain bisa sampe 2 halaman …. lah ini kentang begini …
    satu lgi …. klo mo ngasih foto mba Riri tolong jgn yg pake masker … kasih yg di galeri pribadi mang kobay dong ….

  3. Katanya webe…mang kobay dah mampu melesat melebihi dia , katanya dia lagi , dia dah dikalahin sama bobotnya ( ngeless dia mang ….yesss 😂 ) …panas ki .

    Dari ulasan2 yang udah dibaca dari berbagai sumber…masih tidak ada Surpraiiiiss dari 4 cyl ini jika gua bandingkan dengan 2 cyl gua 😂
    Kayaknya perlu adu langsung dijalanan 250 cc yang ada, tapi itu pasti ada waktunya nanti .

    Untuk sekarang , yang gua tunggu adalah :
    Gambaran kasar , apakah si mang kobay ini sampe ‘ Terkaget kaget ‘ dengan mesin 4 cyl ini atau ‘ Biasa’ saja 😂 itu dihalaman berapa kek tetap gua tunggu hahaa…

  4. Mang eta mbak riri meuni jd laris kitu d komen ku pengunjung blog, udah mang sakalian kan situ bahas r2 iya, bahas r4 apa lgi, sekarang tinggal bahas r-stri orang (klo mbak ririnya udah nikah mh) wkwkwkwkwkwkwkwwk

  5. Ohh mba riri baru nikah maret, tau2an ya mang kobay, Kayanya udah mau prospek kemaren ya tapi mundur gegara tau udah merid.

    Ada peribahasa nya ni mang, jangan mundur kalo cuma janur kuning. Pantang mundur sebelum bendera kuning berkibar.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..