banner

biaya dan persiapan ikut balapan

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr… Paska artikel tentang pengalaman ikut balapan Indonesia CBR Race Day, KBY lumayan banyak kebanjiran pertanyaan nih akan seputar ikut turun balapan tersebut, misalnya seperti berapa sih biayanya? Apa saja yang harus disiapkan? Motor standar boleh ikutan gak? Saya pantasnya ikut kelas apa? Kalau motor harus dimodif apa saja yang harus diubah? Dan lain sebagainya. Nah biar terangkum dalam satu artikel, ini KBY buatkan artikel khusus ya tentang biaya dan persiapan ikut balapan. Yuks geber dulu lads. 

Tentu tiap event atau acara balapan punya ketentuan dan peraturan berlaku yang berbeda beda, tapi soal prinsip dasar sebenarnya sama atau setidaknya mirip mirip, misal di ITS (Indonesia Trackday Series) atau Indospeed Race Series (IRS), bisa juga event balap khas Yamaha yaitu YSR (Yamaha Sunday Race) dan belakangan yang dihela oleh Honda, yakni Indonesia CBR Race Day (ICE-Day).

Nah karena KBY ikut terjunnya di Indonesia CBR Race Day jadi sedikit lebih paham akan balapan khusus Honda CBR 150-250cc ini lads.. Jadi untuk artikel ini KBY akan mengacu pada CBR Race Day ya, kalau lads ikutan event lain silakan untuk peraturan dan ketentuan lebih lengkapnya bisa menghubungi panitia acara masing masing.. Okeh let’s bring it on hehe..

BIAYA TURUN BALAP

Menurut KBY bisa dibagi dalam beberapa sektor, yang pertama mungkin yang dimaksud oleh pertanyaan yang ada adalah biaya pendaftaran, kedua biaya modif motornya dan ketiga adalah biaya pernak perniknya seperti wear pack (racing suit) termasuk sepatu, sarung tangan, base layer (inner base), helm juga biasanya ada biaya patungan sewa PIT dan towing motor.

  1. Biaya Pendaftaran

KBY kurang paham dengan event lain seperti Yamaha Sunday Race misalnya, tapi kalau Indonesia CBR Race Day biaya pendaftarannya adalah sebesar Rp. 400.000, afaik ini diluar biaya sewa PIT ya. Kalau punya tim sendiri (non komunitas) ya mungkin bisa lebih besar biayanya. Biaya sewa PIT itu menurut om Paul dari Bengkel PITLINE adalah Rp. 1.5juta non event sementara saat ada event Rp. 1.750juta.

Untuk bayar pendaftarannya sendiri bisa lewat komunitas (kalau ikut kelas komunitas) atau langsung ke Panitia yang ditunjuk lads.

2. Biaya Modif Motor

Kalau lads ingin turun standar ting ting gak masalah kok, misal hanya ingin sekedar nyobain Sentul dan dapat pengalaman turun balap. Nah tapi kalau mau modif untuk balapan, berikut versi KBY yang harus diganti termasuk biayanya (asumsi kelas pemula).

  • Sepasang Ban: Rp. 1.5 – 6juta
  • Knalpot Racing: Rp. 1.5 – 18jutaan (full system)
  • Air Filter: Rp. 500ribu – 2jutaan
  • Open Looper – Piggyback: 200ribuan –  jutaan
  • Footstep Underbone: gak apa persisnya tapi kurleb 200rb – jutaan
  • Selang rem braided: ratusan ribu hingga jutaan

Biaya bisa membengkak tergantung kelas dan keinginan dari lads sendiri, misal velg ikutan diganti dengan yang lebih ringan.

baca juga: Modifikasi Honda CBR250RR

3. Biaya Perlengkapan Balap

  • Helm: Ratusan ribu hingga belasan juta
  • Sepatu balap: ratusan ribu hingga jutaan
  • Sarung tangan balap: ratusan ribu hingga jutaan
  • Wear pack: 3.5juta hingga belasan juta
  • Inner base: ratusan ribu hingga jutaan
  • Balaclava: puluhan hingga ratusan ribu

Wear pack wajib hukumnya, mau yang one piece atau terpisah bebas, yang penting bukan jaket dan celana biasa. KBY sendiri pakai wear pack buatan lokal dari Bestri.  Inner base atau pakain dalam wajib gak sih kang? Kalau menurut KBY sih wajib, soalnya kalau pakai kaos dan celana pendek biasa misalnya, susah masuk dan susah buka wear pack, lengket sama keringet hehe.. Tidak harus apparel balap sih, merek olahraga untuk lari atau renang juga bisa.

wear pack lokal bestri

4. Biaya Lain Lain

Patungan sewa PIT (1,7juta) dan towing motor (biasanya per orang 100rb pulang pergi). Patungan minuman kalau gada sponsor hehe. Kalau punya bengkel rujukan juga bisa keluar untuk biaya pengecekan motor seperti rem, ganti oli, cek air radiator hingga bongkar pasang lampu lampu.

PERSIAPAN LAINNYA

Berikutnya pertanyaan kang saya pantesnya masuk kelas apa? Hehe, lucu sih sebenarnya karena ya KBY gak tau skill lads seperti apa, hanya lads sendiri yang bisa mengukur skill dan kemampuan masing masing. Kalau baru pertama kali ikut race mending kaya KBY ikutan kelas paling bawah, buat ngasah mental dan mendapatkan pengalaman. Kalau belum pernah turun Sentul sama sekali gimana kang?

Sebenarnya tidak ada larangan, tapi KBY yakin gakan masuk untuk sesi balapan karena kalau catatan waktu terlalu pelan saat sesi kualifikasi juga ditolak, dianggap dapat membahayakan diri sendiri dan pembalap lain. Saran KBY sih turun minimal dua kali icip sentul sebelum memutuskan ikut balapan, sayang juga kan 400ribu cuma mentok di sesi kualifikasi hehe..

Selain yang disebut di atas, SIM C yang masih berlaku juga wajib ada loh lads.. Nah gimana sudah lumayan tercerahkan? Kalau ada yang lebih tahu mangga ditambahin ya, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: [email protected]
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

32 KOMENTAR

  1. klo dari nol sih emang gede jg ya biaya ny..
    berati mending di cicil dulu aja kelengkapan ny ya,sambil belajar nyentul sama komunitas.

  2. itu di werpak bagian bokong kok ada tambahan/ tonjolan “buntut” … fungsinya buat apa ya Mang ? buat nyimpen NOS kah … xixixixi

    seriusan nanya inih, soale di werpak MM93, VR46 JL99 gak pernah liat

  3. warbyasak, akhirnya brojol juga artikel ginian. tuh buat yg yg suka mereng2 di jalan umum, mending nabung dikit buat tes sirkuit beneran dprd duit diabisin di rumah sakit 😀

  4. eiscell 28/02/2013 at 14:21

    kalau kurang sak strip diarani wong miring… monggo komentator miring silahkan dikoment.. bebek tuaku spakboard nya jg miring .. tp kalau baru dah miring cacat tuh

    eiscell 28/02/2013 at 14:22

    mungkin tidurnya juga miring

    Nah klo shockbreaker mleyot cacad bukan tuh?

    ??????????????????

  5. klo pake 150cc DOHC gimana bang? masa mau nyentul? ama SOHC dijalanan aja keok mulu…

    masa DOHC keok ama SOHC jangan2 DOHC cacad…

    eiscell 28/02/2013 at 14:21

    kalau kurang sak strip diarani wong miring… monggo komentator miring silahkan dikoment.. bebek tuaku spakboard nya jg miring .. tp kalau baru dah miring cacat tuh

    eiscell 28/02/2013 at 14:22

    mungkin tidurnya juga miring

    Nah klo DOHC keok ama SOHC apa itu disebut DOHC cacad bukan tuh?

    ??????????????????

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini