Indonesia CBR Race day

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Punya motor sport fairing 250 2 silinder yang kenceng, handling superb kok kayaknya kurang afdol kalau belum dibuktiin sendiri di atas aspal panas sirkuit ya? Ngebut sejadi jadinya bebas di sirkuit, bukan di jalan raya hehe.. Sekalian nguji dan melatih skill apa beneran udah jago atau cuma jago nikung cewek eh tikungan Monasco doang? hehe.. Nah satu kesempatan datang bagi KBY untuk mendapatkan pengalaman ikut balapan di event Indonesia CBR Race Day 2018.. Aura dan suasana balapan emang jauh berbeda dengan sesi test ride biasa.. bikin tegang dan bahkan nyaris crash! Geber dulu yuk ceritanya.. 

Pada artikel sebelumnya (baca: Ikut Balapan Di CBR Race Day) KBY sudah bercerita tentang sesi kualifikasi yang gak kalah seru dimana adaptasi dilakukan karena gak biasa pakai racing suit alias wear pack dan sarung tangan kegedean wkwkwk.. Alhasil posisi ke 16 dari 26 peserta (7 pembalap dilempar ke kelas yang lebih tinggi karena catatan waktunya lebih cepat dari 2:10 – lihat foto) pun di raih.

Pada sesi kualifikasi KBY menggunakan knalpot RX8 (header) dan WRX GP6 R1 Carbon (silencer), penasaran suara dan tenaganya lads hehe. Ternyata meskipun akselerasi cepat saat keluar tikungan namun tenaganya tertahan di putaran atas.. Sialnya KBY gak bawa silencer RX8 RD yang lebih panjang, padahal om Indrawan juragan RX8 dan WRX sudah bilang, kalau nyentul pake yang RD ujarnya..  Terus gimana dong?

Bagusnya tim Pitline Racing Team memang disokong knalpot Black Devil, akhirnya KBY pinjem deh buat sesi race.. Di sisa waktu tersisa dimana race komunitas C akan dimulai setelah makan siang atau sekitar pukul 1.30, si Zeref CBR250RR pun diganti silencernya dengan yang lebih panjang untuk mengakali putaran atas..

SAATNYA BALAPAN!

Setelah mengisi perut di jam istirahat, KBY pun siap siap memantau jalannya race. CBR Race Day kelas 250cc Komunitas A selesai, giliran komunitas B, KBY pun diminta tim Pitline untuk bersiap siap menggunakan wear pack yang pembuatannya didukung oleh sponsor Bestri, WRX, RX8, Moladin, Elig dan Speedsparks.. Keren ya kaya pembalap beneran hahaha..  Tak lupa sepatu, sarung tangan dan helm Arai RX-7X juga digunakan..

Tapi KBY tak menemukan balaclava! Waduh kayaknya ketinggalan di PIT 49 dan ada yang ngambil hiks.. Padahal udah merasa nyaman kalau pakai helm menggunakan balaclava, biar gak licin, mencegah keringat langsung ke helm sekaligus mencegah kacamata turun. Akhirnya bismillah aja deh semoga kacamata gak merosot saat digunakan..

Tak lama, semua pembalap kelas Community C pun disuruh siap siap di paddock.. sambil menunggu kelas Comm B masuk ke pit masing masing.. Jreng jreng, aroma dan suasana kompetisi pun hadir, perut lumayan tegang tapi gak sampai mual, berusaha tenang dan selalu membaca doa menjelang race.. Sebelum masuk lintasan dan menuju grid masing masing, Marshall mengecek semua kelengkapan dan melarang penggunaan Video camera, yaaahh gagal deh kerekam lads. Yaudah daripada kena diskualifikasi, nurut aja deh.

Aba aba masuk lintasan pun dimulai, yak ini dia, ketegangan makin menyeruak.. hampir semua sembalap melakukan teknik teknik memanaskan ban, itu loh motor dizigzag gitu wkkwkw.. Pengen ketawa juga sih liatnya, tapi oke lah gada salahnya diikutin toh biar ban lebih lengket nantinya ke aspal..

Sudah di grid!! uhuyyy makin seru nih.. suasana kompetisi dan persaingan makin kental hadir.. Semua siap siap, knalpot digeber geber, udah kayak pembalap MotoGP! KBY sendiri serasa Marquez haha.. Semua mata berkonsentrasi ke lampu merah yang menyala.. 3..2.. 1.. padam! Nguooonggg!! Semua menggeber motor andalan masing masing secepat kilat.. KBY berhasil menyusul 3 pembalap di depan.. akselerasi Honda CBR250RR emang yahud dah..

Indonesia CBR Race day

NYARIS CRASH!!

Memasuki R1 semua mengerem dan menikung hati hati, KBY masuk lewat sisi dalam dan 2 pembalap lagi terlewati.. Keluar tikungan geber pol si Zeref CBR250RR..nguooongg.. R2 lewat dan disini drama crash nyaris terjadi.. dari R2 menuju R3 dan R4 lintasan lumayan panjang.. KBY yang sedang menggeber dan mencoba ambil sisi dalam menjelang tikungan tiba tiba dikagetkan oleh angin yang membawa debu banyak banget dari sisi kiri!!

Indonesia CBR Race day

Akibatnya ban seperti melewati genangan air lads, setang goyang bagian buritan goyang inul kehilangan traksi.. bused mana KBY deket banget sama garis lintasan, bisa bisa motor menuju rumput dan nabrak tembok lads!! Tidak panik KBY kendorkan gas dan tidak mengerem.. biarkan ban mendapatkan traksinya kembali selepas debu di aspal tadi.. Akibatnya beberapa pembalap pun menyalip KBY .. Hadeuhhh gapapa, yang penting selamat!

R3 dan R4 lewat… tikungan ini sudah mulai KBY kuasai meskipun belum bisa sekencang pembalap beneran. Nah lepas tikungan ini menuju R5 juga trek kencang lads, motor bisa digeber hingga 150-160km/jam sebelum harus mengerem di R6 – R7 alias S kecil. Lepas S kecil akan menuju S besar (R8-R9), ini merupakan tikungan cepat yang kalau tepat posisi berbelok bisa dapat 90-110km/jam untuk kelas amatir.

Menuju R10 kecepatan diturunkan tapi menuju dan sepanjang R11 sebelum straight, kecepatan bisa dipanteng 90-100 dan agar dapat kecepatan maksimum yang baik menurut KBY lepas tikungan R11 itu, kecepatan harus di atas 100km/jam..  Trek lurus.. geber pollll ngoongg ah sial brebet kena limiter.. cepet banget naeknya nih RPM.. Tuck in semaksimal mungkin, tempel helm ke tangki rapatkan semua anggota tubuh dengan motor.. Nguooong..

jangan kasih kendoorrr 😀
tuck in maksimal tapi perut ganjel hahaha

Lap 1 sudah selesai dan KBY baru berhasil menyusul 1 pembalap di straight tadi, kaga peduli ada di posisi berapa, pokoknya target menyusul pembalap di depan sebanyak mungkin.. Terlihat ada 3 pembalap di depan KBY dan semuanya kencang kencang..! Sebenarnya KBY bisa mendekati mereka setiap menjelang tikungan dengan melakukan late braking (jiyee gaya), tapi mereka sangat cepat setelah keluar tikungan, maklum badannya pada tipis tipis, lah KBY? Wkwkwk..

Di Lap 2 KBY melihat ada 2 rider crash di R3-R4, ya memang tikungan ini tricky banget sih, dulu KBY juga masuk gravel di titik ini. Cuma gak tau apakah mereka pembalap di depan atau justru yang paling belakang kena overlap? Wkwkkw.. Di lap 2 ini problem mulai kembali hadir, bener kan, gak pake balaclava kacamata merosot terus, alhasil kalau di trek lurus panjang buka visor benerin kacamata hiks..

Indonesia CBR Race day

Lap 3, di trek lurus KBY sempat mengintip top speed di dapat 176km/jam pada gigi 5, belum sampai gigi 6 harus ngerem lagi buat belok.. Di lap ini pembalap di depan makin dekat, KBY gak mau memaksakan diri daripada kenapa kenapa, pokoknya ngintil aja dulu sampai beneran ada momen buat nyalip, karena di depan pun sebenarnya gak pelan juga lads. Hingga saat lap ke 4, di sini terlihat stamina pembalap mulai drop, karena KBY sempat overlap 2 pembalap yang terlihat pelan..

Lap 4 entah saat itu di posisi berapa, yang jelas sebelum final lap KBY ingin menyusul setidaknya 1 pembalap di depan dari 3 yang terlihat.. Akhirnya selepas S besar satu kesempatan datang, pembalap di depan KBY melebar saat tikungan ke kiri, KBY masuk dari sisi dalam dan geber.. Sisa dua pembalap lagi di depan menjelang masuk lap ke 5..

Lucunya, KBY gak merasa letih lagi sejak lap 4, kerasa capeknya malah saat masuk lap 3, mungkin akibat adrenalin juga ya yang memompa semangat, buktinya 2 pembalap di depan makin dekat dan dekat hingga KBY positif di lap berikutnya 1 pembalap lagi bisa disalip.. Eh ternyata sudah berakhir.. Bendera finish sudah dikibarkan.. waaah langsung victory lap serasa Marc Marquez dah wkwkwk…

finiiisshh

HASIL RACE

Dari 25 pembalap yang berlaga, KBY finish di posisi 17 dengan best time 2:13:778 hahaha.. cupuuu.. meskipun lebih cepat dari catatan saat kualifikasi. Tapi jika dilihat dari catatan waktu (cek foto), maka setidaknya ada 9 pembalap yang kena diskualifikasi, dengan demikian secara tidak resmi – karena KBY gak dapat hasil lengkap resminya – KBY berada di posisi ke 8.. Haha lumayan lah buat pembalap gaek ala ala ini..

Sungguh pengalaman yang seru lads, mengalami sendiri atmosfir, situasi, kondisi dan suasana balapan resmi meski hitungannya bukanlah kejurnas. Sekarang KBY bisa tahu tekanan yang dialami pembalap sungguhan, gila ya, level Komunitas C aja udah kaya gitu apalagi level non komunitas alias pro dan level dewa motoGP! Pasti lebih parah lagi stressnya..

Setidaknya dengan mengalami langsung kondisi balapan kita bisa melatih mental lads, bukan podium apalagi juara yang dicari, tapi pengalaman.. Nah buat yang muda muda bolehlah tuh ikutan kalau ada kesempatan, mau di Yamaha kek, Suzuki atau Honda..

Thanks to: Wahana Honda, RX8/ WRX, Elig Brake, Moladin, Bestri dan Speedsparks. Foto foto by sahabat: Endrik Elangjalanan.net, Apip apipotoblog.com, Dayat Boyat, Irsan56, Sumarlin dan Alki Indoride.com

 

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

33 KOMENTAR

  1. Bagus gak muntah abis makan langsung balapan. Klo gw udh muntah itu hahaha…

    Yg suka koar2 DOHC kenceng udh nyoba nyentul blm? Pst blm liat DOHC dikepret SOHC ya?

    Wkwkkwkw

  2. Mang besok2 usulin ada tambahan race khusus buat pebalap dgn minimal bobot badan tertentu, yg masih di bawah 70 kg gak bisa ikut kelas tsb … Mang Kobay pasti juara dah

  3. budget buat ikut balap gitu abis brp mang..
    coba d share biar jadi bayangan buat para tikungers.

  4. Mantep mang,tidak hanya bikin artikel tapi juga praktek langsung balapan pakai motor sendiri..joss

  5. ngikutin alur cerita balapnya tuh mang kobay saya kira finish posisi 3, eh gak taunya 17 wkwkwk… maaf saya yang suudhon

  6. Wah mang ceritanya seru bener….asyik pisan jigana kalau turun langsung di sirkuit…..full throttle. Saya yakin mang kobay bisa P1 mun kacamatana henteu morosot wae……kereeen mang….

Yuk Tinggalin Jejak Lads..