banner
EcoSport
EcoSport

Kobayogas.Com – Hola lads, berita buruk dari pihak Ford Motor Indonesia mengguncang publik otomotif roda empat.. Pada situs resminya disebutkan Ford mengundurkan diri dari Indonesia lads.. Ada apa ini ya?

Ya,  setelah Chevrolet Indonesia yang menghentikan produksi Chevrolet spin secara lokal di Indonesia, kini menyusul pabrikan raksasa otomotif roda empat asal Amerika lainnya yang menarik diri dari Indonesia.. Ford Motor Indonesia melalui petingginya resmi menyatakan pengunduran diri Ford dari kancah otomotif roda empat di bumi pertiwi ini..

Entah apa latar belakang penyebab salah satu pabrikan raksasa otomotif  roda empat Amerika ini give up, waving white flag dan menyerah dengan kerasnya persaingan di kancah otomotif roda empat Indonesia.. Namun yang jelas keputusan yang diambil oleh petinggi Ford Motor Indonesia jelas mengejutkan kalangan pemerhati otomotif Indonesia.. Spekulasi pasti ada..

mirip aston martin
mirip aston martin

Misalnya,  spekulasi yang kemungkinan hadir adalah baik chevrolet dan kini Ford tak mampu berbuat banyak dalam menghadapi persaingan yang ada dengan pabrikan lain katakanlah, kompetitor terkuat di Indonesia, pabrikan Jepang!

Ya, pabrikan otomotif Jepang baik di roda dua maupun roda empat somehow memang sangat kuat. Namun yang perlu digaris bawahi adalah mereka mendapatkan reputasi tersebut tidak dalam 10 tahun lads.. butuh waktu bagi pabrikan Jepang untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen, tak hanya di Indonesia bahkan di dunia..

Kekuatan dari brand Jepang adalah durabilitas dan reliabilitas yang kemudian dipaketkan dengan harga yang masuk akal.. Sesuatu yang mungkin sulit dicapai oleh brand Amerika seperti Chevrolet maupun Ford.. Ringkih dan spare part mahal adalah pekerjaan rumah yang tidak selesai selesai bagi mereka meski tidak semua produk mengalaminya..

Padahal dari sisi produk, Ford tidaklah kalah, bahkan teknologi pun mereka merupakan salah satu pioneer di papan atas. Contoh saja Ford Fiesta Ecoboost dan Ford Ecosport. Bahkan Big SUV mereka, Ford Everest belum lama ini meluncur di Indonesia.. Sungguh mengejutkan..

Jika Ford Indonesia stop berjualan dan mundur dari Indonesia, tidak demikian dengan Chevrolet, mereka masih berjualan hingga hari ini, hanya kabar Chevrolet Spin saja yang distop berproduksi lokal.. Semoga tidak terjadi pada brand lainnya seperti dari Korea, karena sangat gak enak ketika kita hanya disuguhi produk yang itu itu saja toh?

Padahal siang waktu istirahat tadi , KBY baru saja ngobrol dengan sales Ford cabang MT Haryono, tidak ada statement apa apa tuh, apa mungkin belum tahu ya? Berikut petikan surat pengunduran Ford Indonesia yang bertajuk “Important Announcement” yang didapat dari website resmi ford.co.id. Semoga ini bukan kenyataan, cuma websitenya kena hack aja, ya gak lads?

“Sen, Jan 25, 2016

Hari ini kami telah mengumumkan keputusan bisnis yang sulit untuk mundur dari seluruh operasi kami di Indonesia pada paruh kedua tahun ini. Hal ini termasuk menutup dealership Ford dan menghentikan penjualan dan impor resmi semua kendaraan Ford.

Kami ingin memastikan bahwa Anda dapat terus mengunjungi dealer Ford untuk semua dukungan layanan penjualan, servis, dan garansi hingga beberapa waktu ke depan tahun ini. Kami berkomitmen untuk menyediakan kesinambungan dukungan pelayanan servis dan garansi setelah kepergian kami dan akan menghubungi Anda lagi sebelum proses pergantian untuk memberitahukan mengenai pengaturan yang baru.

Kami berterimakasih atas minat, dukungan dan kesetiaan Anda terhadap merek Ford. Dan kami akan terus mengkomunikasikan perkembangan yang ada melalui website ini dalam melalui fase peralihan ini.

Apabila Anda ada pertanyaan, silakan menghubungi Ford Customer Service kami di 0807-1-90-9000

Hormat kami,
Bagus Susanto
Managing Director,
Ford Motor Indonesia

Mangga digeber lads.. Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: [email protected]
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

108 KOMENTAR

  1. Iya makanya bingung, padahal jaringan dealer Ford Nusantara kn bru dibangun besar2an di Indonesia. Dan itu bukn strategi yg ecek2 bkin dealer besar serentak di Indonesia. Yg di Depok aja blum ada kisaran 1 tahun usia dealernya.

  2. Hah??? Ga nyangka gw..
    Ford ga laku karena orang indonesia belum siap dengan kecanggihannya….. Dual clutch (walau endut2an), ecoboobs, fitur lengkap…gw kira ranger itu sangat laris di daerah tambang… Mundurnya ga kira2…kirain bakalan fokus CBU kek chevy…
    Padahal pabrikan jepang cem mazda ga ada pabrik disini tapi bisa survive..

    (Untung kemaren2 batal ambil ecopot)

  3. krn pemerhati otomotif cm merhatiin ford doang..beli mah nggak..hehe

    pdhal ferrari lamborghini yg gak ada
    jaringan servis bisa laris ky kacang ya

    indonesia mmg unik

  4. whooooaaaaa Bajaj has cleverly distributed its effect to include Ford in four wheel segment. cuman ini lebih elegan aja pake surat cinta 😆
    kayaknya ford blom memahami karakter orang indonesia, jadi ingat standup-nya bang pandji, orang barat sukanya ukuran, tapi orang kita senengnya jumlah.
    ford fiesta, ford focus gak muat banyak buat orang indonesia tapi harganya udah bisa beli mobil yang muat banyak, dan itu jepang jagonya 😀

    • yah bisa dikatakan yang paling besar astra grup, Honda mobil kan dipegang HPM, Mazda sama Mazda Indonesia, Suzuki sama SIS, Nissan sama NMI, Mitsu sama KTB

  5. keget juga sih, padahal di subang udah seneng liat fiesta sama ecosport sering seliweran walau tentunya disini ga ada dealer nya.

  6. Astra Daihatsu juga lagi krisis kang, saya salah satu korban nya, phk masal buat kontrak 1 sama kontrak 2,, udah jalan dari november sampe ramadan depan (info internal),, jadi yang bikin duo kaleng cuma karyawan tetap aja, nggak tau nanti gimana nasib project, tetep jalan apa nggak,

  7. Padahal mobil dngn penumpang lebih dari 5 bahaya lhoo. Coba lihat ada gk di Eropa, Amerika, Australia yg mobilnya dngn kapasitas lebih dri 5 orang.
    Mobil besar pun bagian belakang buat naruh barang, bukn penumpang.
    Karena sasis dan suspensi tdak mendukung utk >5 orng.
    Makanya orng Jepang demi Indonesia mempertaruhkan keselamatn penumpang dngn ‘membuat’ mobil utk lebih dri 5 orang.
    Population Does Matter.

    • @little wing: Ada chevrolet zafira om…7 seater di Eropa :
      “The Opel Zafira, also as the Zafira Tourer since 2011,[1] is a compact MPV produced by the German car manufacturer Opel, since January 1999. The third generation launched in 2011.[2].
      It has also been marketed under the Vauxhall marque in the United Kingdom, the Holden marque in Australia, as well as under a number of other market-specific brands and names.
      The Opel Zafira has seven seats arranged in three rows, the back row of which can be folded into the floor to create more space, individually or together, rather than requiring that the extra seats be physically removed from the vehicle. The system was named Flex 7.” (wikipedia)

    • mobil amerika ga ada yg lebih dari 5?
      pasti belum pernah ke ngeropa / ngamerika.
      kalau susah mau kesana, nonton film saja.
      noh, banyak mobil2 minivan >5 penumpang seliweran di film holiwud.

  8. negara kita bukan negara maju.penjualan mobil dibanding jumlah penduduk masih kecil.kalo kemampuan pembelian mobil baru kurang,otomatis pasokan mobil dgn pertambahan penduduk juga kurang.coba sensus berapa banyak mobil bekas dari Kota hijrah kekota kecil.artinya Pasar Bekas selera Masyarakat Kota kecil.akhirnya Mobil Japan bekasnya laris,efeknya yg beli Mobil luar Japan mikir kalo bekasnya jatuh.orang kota dikontrol orang kampung.Ngoahahaha.

    • Sepertinya diatas sudah ditulis, durable dan reliable dibungkus harga masuk akal.
      Nah beli mobil kl buat alat transportasi bebas lah pilih mana saja, 2-3 Th ganti.
      Kl beli mobil buat yg penting punya, sewaktu2 butuh tinggal bejek, ga cengeng … you know the answer.

      Disisi lain ada orang yg sampai di tahapan capek gonta ganti mobil (selalu saja kurang dan modif), akhirnya memutuskan beli mobil ‘bahan’ yg punya reliabilitas hingga diatas 20 th, beresin interior, kaki-kaki, mesin dst hingga benar2 nyaman.
      Wong saya pernah naek daihatsu charade yg lebih nyaman dari sedan 500-600 jt kok. Hehehehe

  9. maaf bila ngak nyambung, pada akhirnya pasar dan rakyat indonesia yang rugi, dengan beberapa merek dominan anda akan di suguhi produk teknologi rendah, karena tidak ada persaingan yang sehat (apalagi lokal kita punya mati aja), ingat kasus Pulsar dan Honda +yamaha, untuk mobil Ford Focus telah membuka mata saya akan piranti keselamatannya di hantam kecelakaan di cikampek terbalik berulang kali dihantam kendaraan lain, mereka selamat tanpa cacat , janga harap mobil Jepang seharga atau sekelas focus , yakin Mati adanya- maaf bila anda tak sependapat.

  10. Chevy kurang niat jualan disini. maunya untung cepet aja, padahal bisnis otomotif disini pertama yg dilihat konsumen itu jaringan 3S-nya…tapi dia masih jualan, hanya mindahin pabrik spin, karena target produksi tidak tercapai. Padahal sebenernya Spin lebih bagus dari Mobilio. JIka pilihan makin mengerucut pada 2 pabrikan besar, yg dirugikan konsumen, karena persaingan memacu kualitas.

  11. Berani ganggu kerajaan astra dan bukan sesama jepang, maka bubar/dibubarkan/kabur/dikaburkan, apalagi ford yg semua lineupnya ngejek produk astra
    Yg udah2:
    -spin ganggu avanza
    -pulsar ganggu mgpro/tiger/suprax
    Ancaman ford:
    -fiesta 1000cc ngentutin yaris
    -focus ngentutin altis/prius, 86 jg diisengin
    -ecosport ngentutin rush
    Bubarkan sblm pembullyan berlanjut:
    -new ranger vs new hilux
    -new everest versi paling murah vs new fortuner versi paling atas
    (Blm sampe bahas detil harga dan fitur yg menang telak)

  12. “Kekuatan dari brand Jepang adalah durabilitas dan reliabilitas yang kemudian dipaketkan dengan harga yang masuk akal.. Sesuatu yang mungkin sulit dicapai oleh brand Amerika seperti Chevrolet maupun Ford.. Ringkih dan spare part mahal adalah pekerjaan rumah yang tidak selesai selesai bagi mereka meski tidak semua produk mengalaminya..”
    Sebutin dong produk amerika yang ringkih ituuh……
    Produk jepun reliabilitas? Ituh mobil jepun apa yah yang baru beberapa bulan dah banyak komplain dan petinggi mereknya senga.

    • yang ringkih? lha yang lagi dibahas ini masbro hehehe..
      orang amrik nya aja punya sebutan Forever in Road Dead buat Ford hehehe..
      Ford Focus di sini bermasalah mulu, boleh lah tanya ke yang punya.. Sori bukan BC tapi bicara kenyataannya ya begitu. Kalimat ay lebih kepada pecutan biar bisa lebih baik kalau mereka comeback (itu juga kalau comeback).
      Masbro ini kayak baru tau mobil jepang setaun dua taun, kita gak bicara mobil jepang yang saat ini doang ah.. gimana sih hehe..

      Tau gak kenapa mobil amerika kayak masuk keluar masuk keluar dibanding merk eropa (jerman)? Padahal bisa disebut GMC, Chevy adalah pemain lama di Indonesia sejak jaman belum merdeka? Karena DURABILITAS dan RELIABILITAS.. Jepang membuktikan produk mereka tahan banting, sesuatu yang orang sini suka banget.. You cant deny laaahh..

      • Yang ane quote ituh maksudnya statement itu dah terbalik sekarang.
        Seperti ford dan chevrolet sekarang memiliki durabilitas dan reliabilitas yang sudah setara ama produk jepun dan harganya pun masuk akal.
        Nah jepun justru terbalik sekarang dimana produknya gk value to money. Orang beli mobil jepun cuman ngejar merek dan harga jual kembali. (Ane gk masalahin ituh, pilihan ditangan anda. No offence. )
        Moga ngerti klo ane cuman sental sentil

      • Soalnya belum liat ford atau chevrolet tua (kecuali chevrolet luv 80an) yang masih hidup di th 2000an kl bangkai ford telstar banyak dipinggir2 gang.
        Berbeda dgn nasib kijang kotak, hijet zebra, katana, bahkan colt ‘gundul’ dll masih sering ketemu dijalan kl keluar kota.
        Mau mobil dgn reliabilitas seperti diatas?

        Ya kemungkinan dimiliki sama mobil2 jepang 400 jt keatas. Ngarep mobil < 300 jt kayanya sulit. Wong udh kaya kaleng semua.
        Kl yg dinilai mobil 100 – 250 jtan ya miris, krn bagi merk jepang mereka adalah tambang uang (semua fitur dan kualitas dikurangi) ngandelin nama besar dan…… LAKU
        Bagi merk negara lain, kelas 100 – 250 jt adalah kesempatan utk membuat product yg sedikit melebihi jepang dan diklaim sekualitas.

        Maaf no off ya….bukan belain mantan penjajah hehehe…tapi di th 2050 nanti kl msh ada umur saya pengen lihat mobil2 buatan 2010-2015 mana yg masih jalan?
        Apakah fortuner/pajero (menjadi hardtop nya 2050) atau everest?
        Apakah innova (menjadi kijang lgx sekarang) atau spin yg msh hidup…begitu saja.

    • Om kalau cuma punya mbit udah lah gak udah ngomongin mobil apalagi kalau sim A aja belum punya.
      Sini duduk manis dan nonton aja sama aku..
      hik hik

      • Ya gpp lah kita komen, asal gk komen kotor aja.
        Belum waktunya aja punya mobil.
        Sini liat dompet ku nangis *hik hik

    • setuju deh. japs skrg gak ad yg bisa dibilang durable bahkan untuk level mid sekalipun… tp klo RELIABILITY, yes is true, ini wajib di bold, underscore dan double quote. bengkel pinggir jalan aja pada bisa benerin mobil jepang. bahkan dengan trik trik kacrut sekalipun, dimana beres matok harga 18jt ganti part, bawa ke pinggir jalan abis 500rb, cuman ngurut wiring doank

      jadi ya wajar klo japs disebut tahan banting, tapi bukan berarti awet yah, beda lho. ato bahasa jermannya “BANDEL”

  13. Kalo baca pengumumannya kok bernuansa “frustasi” ya…..
    “…… menutup dealership Ford dan menghentikan penjualan dan impor resmi semua kendaraan Ford.”

    Chevy masih lumayan, dimulai dari grafik menurun disisi pabrik, akhirnya tutup produksi, tapi masih tetep jualan dan support after sales service.
    Lah ini, ujug2 langsung declare “tutup dan bye.. bye……”, makanya nggak heran kalo muncul pemikiran nakal di sebagian kalangan soal sebab tutupnya Ford Indonesia.

    Terlepas dari kondisi ekonomi nasional (bukan global ya) yg makin tidak pasti (lihat komentar vario sumedang diatas), memang faktor persaingan juga turut kontribusi.

    Dan kalau ada yg khawatir “monopoli” menimbulkan produk berteknologi rendah (yg itu-itu aja), saya sih sudah denger ini sejak 10 thn lalu bahwa spek dari RnD Jepang memang sengaja diturunkan utk market Indonesia demi jangkauan daya beli masyarakat (inipun sudah dibantu perang diskon sama sales leasing). Produk full spek ori dari Jepang, meskipun dibuat dg quantity mass-pro, harganya tetep nggak kejangkau sama masyarakat disini.

    • Sebenarnya ada kok pabrikan jepang yg produknya betul2 bagus dan bisa head to head dgn pabrikan amerika, contohnya mazda 2 vs ford fiesta. Sedangkan honda jazz dan toyota yaris, sorry to say… fitur yg ada kalah telak dibanding mazda dan ford. Tapi market di Indonesia menentukan lain, walaupun kalah fitur tapi terbukti jazz dan yaris adalah penguasa pasar.

  14. asli komentarnya keren2,,,,, bagi orang awam langsung berfikir bahwa produk otomotif Amerika gak akan bisa bertahan di mari

  15. heran baca komen disini
    asu trah dilawan ? ya harus dilawan cui..
    dikasih barang” downgrade dengan harga upgrade masih pada mo beli ?
    yg beli yg oon dah 😆
    Chevy kemarin tutup alasannya dapat komponen” dari rekanan asu trah dengan harga “tinggi” sehingga walaupun produksi di indon tetap kalah bersaing dengan di impor CBU !!!
    Bajaj u know lah teknologi 2 busi 3 busi 😉
    Ford ntah ditekan apa lagi ama si asu trah ini 😉

  16. tambahan lg protong yg setahun jual nga sampe 1000 unit bisa survive, kenapa si ford / chevy nga bisa ya ?
    Mungkin si protong tidak bergabung dgn sarang penyamun yg bernama gabungan induk kirik se indonesia sehingga bebas dari tekanan asu trah 😉

      • ford impor dari thailand om 😉
        harga metal / minyak terjun bebas dibanding kurs dan pajak naik mana yg lebih besar ? 😉

      • yg punya pabrik di ina, tdk kena pajak,

        misal astra impor fortuner dari thai, ngak kena pajak, karena toyota punya pabruik di mareh

        ford impor dari thai kena pajak,

        yach kali aja unitnya, terasa lah

        kalu harga metal dan minyak turun, khan biaya produksi blm tentu turun om?

      • iya brp persentasenya om dibanding harga koomoditas yg terjun bebas ? 😉
        biaya produksi bisa naik ditengah pasar lesu dan penangguran yg bertambah banyak ? :mrgreen:

      • persentase tdk tau,

        tapi hal itu khan tdk bisa terus menerus dan selamanya, kecuali ford bikin pabrik dimareh

        biaya produksi bisa saja naek walu pasar lesu, makanya banyak pabrik yg tutup

      • ngahaha
        ini sebenarnya buka borok asu trah jg..
        produksi dalam negri nga kena pajak, komoditas turun mo naikin harga ?
        :mrgreen:

        om bikin mobil, perlu ngecor blok mesin dan ngelas kan ?
        Klo mo ngecor blok mesin panasin baja atau aluminiumnya pk minyak atau gas kan ? Klo minyak dan gas turun biayanya gimana ? 😆
        Ngelas pk listrik klo harga listrik turun gimenong ? 😆
        Om mo minta gaji naik ? banyak yg nanggur neh berani ? 😆
        Banyak pabrik tutup karena produksinya tidak terserap pasar AKA stok numpuk digudang jd inget siapa ya ? 😉
        Jadi masih berani naikkan harga lg ?
        Ngahhaha

      • enga usa bingung, itu namanya ulah PDG
        PDG nya bisnis gaya mafia kaya asu trah malah disupport ama “customer” yg oon dah 😉
        ngahahaha

  17. Ini yg bikin image produk non-Jepang jadi jelek. Bentar masuk bentar minggat. Konsumen udah jadi takut duluan mau beli. Gak heran kl produk Jepang tetep berjaya di market sini, karena komitmen jangka panjang, dan ini yg bikin konsumen jadi tenang.

  18. Sienta yg berMerk Toyota aja masih ragu dijual disini.habis baca komen gue diartikel Sienta diwarung ini petinggi TAM takut Kualat sama aki2,jadi masih dipelajari lagi kemungkinan Produksi.nyombong dikit napa.Ngoahahaha.jadi jualan Mobil diIndonesia jangan kePeDean patok Target Jualan.Ngoahahaha.

  19. Chevy nggak angkat kaki dari negeri ini, om. Mereka ‘cuma’ nutup pabrik, masih jualan barang impor.
    Kalo ford 100% tutup bisnisnya di Indonesia, termasuk layanan purna jual.

  20. Kt pepatah : proses tdk mengkhianati hasil. Yaa klo mlht sepak terjang menerjang (hahaha) pabrikan jepun d indonesia yaa pantas lah mrk bertahan.. semua merk jepun memulai industri otomotifx jg ga bs dblg gmpg,klo menyimak sjrh otomotif dunia,produk merk jepun dianggap konyol,krn memakai kubikasi mesin yg kecil,sdgkn merk usa n eropa pk kubikasi bsr utk produkx. Lalu merk jepun mempopulerkan jns mobil kecil klrg,ehh pabrikan lain ngikut. Intix inovasi ada d tangan pabrikan jepun. Bs dikatakan mrk menang scr adil,mrk lbh dlu berinovasi mngikuti selera psr kdpn. Jd sy rd bingung dgn ad yg mgtkn produk jepun dr kaleng,lalu mgtkn mesin jlek lah,pmbodohan konsumen lah,konspirasi lah.. tlong deh lht sejarahx.. pabrikan jepun mjd spt skrg itu bkn spt membalik telapak tangan. Dlu pabrikan usa & eropa yg mnguasai psr,pabrikan jepun bru mulai diperhitungkan pd awal 1990 an..

  21. Jepang durable kan reliabilitynya tinggi karena = SEDERHANA
    beda sama eropa atau amrik yang beribet di elektronik. Didukung oleh kebiasaan orang indonesia yang hampir 70% sukanya make doang dan kalo benerin selalu bandingin harga sparepart jepang kw 200 dengan sparepart asli eropa/amrik.

    • yoih… dulu jaman kuliah sempet takut punya Honda, karena sering dibilang spare part nya mahal… setelah ditanya tanya kenapa sih mahal? ternyata dibandinginnya Civic sama kijang, jiaaahhhhh

  22. ford ranger itu adalah mazda bt50 yg di rebadge?
    jadi cuma sebuah mazda bt yang di facelift dan diganti merk menjadi ford ranger
    http://en.m.wikipedia.org/wiki/Mazda_B-Series

    apa itu rebadge?
    jawabnya disini http://en.m.wikipedia.org/wiki/Badge_engineering

    mau tau mobil jepang lain yang dirubah jadi merk amerika?

    dodge stealth yang aslinya adalah mitsubishi 3000 gt gto
    http://en.m.wikipedia.org/wiki/Dodge_Stealth

    chevrolet trooper aslinya adalah isuzu trooper
    http://en.m.wikipedia.org/wiki/Isuzu_Trooper

    chevy luv aslinya adalah isuzu faster
    http://en.m.wikipedia.org/wiki/Isuzu_Faster#KB

    mesin duratec ford adalah sebuah mesin mazda l series
    http://en.m.wikipedia.org/wiki/Mazda_L_engine

    Jangan khawatir…tinggal beli sukucadang mazda

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini