Yamaha MT25 kuning

Kobayogas.com – Hola lads.. Melakukan test ride kendaraan untuk mendapatkan review yang lengkap memang dibutuhkan waktu yang cukup panjang.. Akhirnya KBY berhasil mengumpulkan review harian Yamaha MT 25 ini lads..

Beginilah usaha seorang antusias otomotif lads, berusaha mendapatkan pinjaman unit test ride, gak dapat dari pabrikan ya dari kawan-kawan hehe..Beruntung KBY memiliki sahabat-sahabat yang percaya akan kredibilitas dan kemampuan KBY. Dari mulai moge eksotis beneran, MV Agusta, Ducati, Triumph, motor legendaris Honda NSR, Aprillia, Suzuki RGV, Kawasaki dll…

Nah kali ini KBY dipercaya dipinjamkan oleh bro Novan, pemilik Yamaha MT 25 berkelir kuning yang tempo hari pernah KBY ulas secara singkat pada turing ulang tahun D’Gujubar yang pertama. Karena area test ride kurang memadai, KBY penasaran akan performa sesungguhnya si MT 25 ini apalagi kalau di tes untuk pemakaian harian..

Alhamdulillah, beliau mengijinkan, dan kita tukeran motor selepas kembali dari ajang IIMS di daerah Kemayoran. So, di awal KBY sudah mendapatkan impresi awal Yamaha MT 25 sejauh 20.9 kilometer. Cukup mewakili trek yang variatif juga ada kemacetannya lads.. namun biar lebih afdol KBY gabungkan saja sekaligus dengan penggunaan harian ke kantor, deal ya?

DESAIN

KBY sudah kupas tuntas soal desain ini pada artikel sebelumnya, so agar tidak terjadi pengulangan, lads dapat membacanya di sini: First Ride Yamaha MT 250, Dua Lima Memang Istimewa

bro Novan bersama MT 25 nya
bro Novan bersama MT 25 nya

PERFORMA

Perlu dicatat, motor milik bro Novan ini standar ting ting kecuali warnanya. Akselerasi Yamaha MT 25 pada gigi 1 bisa mencapai 92 km/jam sebelum shift light menyala! Gak percaya? Sama, KBY juga gitu sebelum mencobanya langsung, aje gile.. Dilakukan selepas kemacetan di Jl. Gunung Sahari, persis menjelang flyover Atrium Senen lads.. dalam kondisi menanjak sang MT 25 ini sama sekali tidak kehabisan nafas!

Sayang ketika mencoba mengulangi hal yang sama dengan Yamaha MT 25 kuning ini, beberapa kali percobaan situasi tidak memungkinkan, sehingga top speed setiap gigi (mulai dari gigi 2) yang dapat diabadikan adalah sebagai berikut:

gigi 2: 87 km/jam
gigi 3: 118 km/jam
gigi 4: videonya burem jadi percuma di capture 😀
gigi 5: 131 km/jam (top speed)

Jika kondisi jalan memungkinkan, menurut KBY top speed si Yamaha MT 25 ini dapat mencapai sekitar 160-170 km/jam…

Perpindahan giginya cukup halus, meski belum sehalus New CB150R, namun lebih baik dari Kawasaki Z250. Hanya kadang kalau mau menurunkan ke gigi 2, suka nyangkut diantara 1 dan netral. Entahlah ini hanya terjadi pada Yamaha MT 25-nya Novan saja atau gimana…

Dapat disimpulkan, Yamaha MT 25 ini memiliki performa yang terbaik dari semua motor 250 cc tipe naked yang pernah KBY tes, Kawasaki Z250 FI, Suzuki Inazuma dan Benelli TNT 250. Torsinya sudah siap sejak RPM 4000, tidak besar namun berasa cukup padat, sehingga memudahkan untuk ngacir saat berakselerasi, tambah melesat ketika jarum RPM sudah mencapai 6000 dan terus hingga redline.. mantap!!

top speed MT 25

HANDLING & KENYAMANAN

Ini dia yang bikin mantap.. Secara paket suspensi KBY sangat terpukau akan racikannya.. Yamaha MT 25 ini mirip dengan sang kakak, Yamaha R25, yakni suspensi belakang Monocross tanpa link, sementara rivalnya hanya Kawasaki Z250 FI yang sudah menggunakan link.

Mengapa terpukau? Karena ternyata racikan suspensi Yamaha MT 25 ini sangat pas, ayunannya lembut tapi tak mengayun di kecepatan tinggi, agak berbeda dengan sang kakak yang dulu pernah KBY tes.. Melewati jalan jelek pun suspensinya nyaman, padahal setiap melewati jalan jelek yang tak terhindarkan, KBY sudah siap bokong bakal bergetar seperti yang terjadi pada Yamaha NMax.. 😀

Namun ternyata tidak lads.. enelan deh ciyus 😀 Begitu pula ketika menikung cepat, suspensinya mampu menahan gaya ayun sehingga tetap stabil.. membuat menikung bersama Yamaha MT 25 ini sangat nikmat dan bikin ketagihan karena stabilnya sasis dan suspensinya..

Tinggal ban standar merek IRC tipe Road Winner yang cenderung ngesot dilengserkan dengan yang lebih nge-grip, pasti tikung menikung bersama Yamaha MT 25 ini akan terasa lebih pede dan lebih menggigit kaya tokek 😀

Bobotnya yang ringan dan cukup ramping serta sasis dengan geometri yang baik, membuat Yamaha MT25 mampu meliak liuk di kepadatan lalu lintas tanpa merepotkan pengendaranya. Radius putar yang pendek juga mampu membuat sang MT25 ini keluar dari himpitan kendaraan di kemacetan.

KONSUMSI BBM

Loh? Kelas sport 250 cc bahas bbm? Penting gitu? Hahaha..bukan masalah penting atau gak nya sih, ini sekedar menginfokan saja kalau dengan metode riding standar (santai dan geber), Yamaha MT 25 menghasilkan konsumsi BBM sebanyak 1 liter untuk 24 km sebagaimana tertera pada MID.

Menurut KBY sudah cukup baik ya, dibandingkan dengan Kawasaki Z250 FI milik KBY dulu yang mentok di 1:21 untuk harian hehehe.. itu pun sudah diwoles wolesin gaya ridingnya 😀

konsumsi bbm mt25
konsumsi bbm mt25

HARGA

Yamaha MT 25 dijual resmi oleh YIMM dengan harga on the road Jakarta Rp. 46 juta. Sebenarnya bisa lebih murah lagi jika dibandingkan dengan kualitas material bodynya. Namun KBY rasa harga tersebut sudah cukup bagi street fighter 250 cc 2 silinder ini. Dan dengan trik marketing yang jitu, KBY beropini MT 25 dapat memimpin penjualan di kelasnya.

THE VERDICT

Bicara performa, handling, fitur serta kenyamanan, Yamaha MT 25 sesungguhnya adalah moge entry level 250 cc yang nyaris sempurna.. 9.5 dari 1o. Akselerasi dan tenaga yang sangat mumpuni, agility atau kelincahan yang luwes serta bantingan suspensi yang pas, tidak keras tidak pula terlalu lembut. Bahkan Yamaha NMax pun seharusnya malu karena MT 25 dapat lebih nyaman saat melintas di jalanan buruk, padahal dirinya bukanlah skutik melainkan pure sport.

Cacat alias kelemahan Yamaha MT 25 ada dua, yang pertama desainnya, yang kedua adalah kualitas material body. Desainnya kurang menyiratkan sebuah moge, sehingga acap kali salah tebak disebut sebagai Byson modifan. Beberapa parts bodi juga kurang mewah, membuat aura luxurynya tidak menonjol.

Jika lads tidak terlalu peduli soal desain ataupun kualitas material, Yamaha MT 25 adalah street fighter yang sangat memukau yang siap menemani kemana pun lads pergi, belum lagi konsumsi BBM-nya yang cukup bersahabat untuk sebuah motor berkapasitas 250 cc dan 2 silinder. Tidak heran jika MT 25 dapat memimpin penjualan di kategori street fighter 250 cc nantinya..

special thanks to: Novan Saputra

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

110 COMMENTS

  1. SEtuju bro, borok motor ini cuma di disain (relatif sih ya) dan material yg kaga menyiratkan aura mini moge kyk Z250. R25 aja ok utk dipake harian, apalagi ini yg kaga ada fairing. Utk hrgnya yg segitu, menurut saya sih layak dibeli lah.

    • sebenarnya kekurangannya itu subyektif, tapi kalau sudah banyak orang yang setuju sudah jadi obyektif hehehe.. toh area lain dapat mengungguli kekurangannya

  2. Lama di tunggu akhirnya kelar artikelnya.. wkwkw..

    R15 ane juga sering nyangkut om. Sama Beres di stel koplingnya di panjangin jd agak jarang nyangkutnya..
    Emang gitu kali karakter mesin yamaha. :v

  3. Kang kobay, nanya dong.. Dibandingin sm 250cbr yg 1 silinder utk pemakaian commuter torsinya enak mana..? Karakter mesinnya lebih pas yg mana? Nuhun kang.. 😘

    • sebenernya beda tipis untuk di bawah – bicara si MT ya, si CBR 1 silinder terasa lebih “tebal” torsinya..
      tapi atasnya lebih terasa melejitnya si dua silinder

  4. Ms’ gigi 5 top speed cm 131?
    sbagai prbandingan yamaha R25 saya standart.
    gigi 2 89
    gigi 3 120
    gigi 4 149
    gigi 5 160 (blm limiter )
    gigi 6 176 (blm limiter)

  5. om saran saja, bagian komparasi monoshock MT25 dan R25 kan dirasa bantingan MT25 lebih enak dibanding R25,mustinya di foto atau disebutkan setting shock nya, apakah masih seperti set pabrikan yaitu di level medium, karena seting shock kan ada 3 level.

    kalau misalkan level nya sama di medium, kalo berbeda rasa itu mah feeling om aja hahaha.

    ya setuju riding position nya enak tapi memang ga moge look, not bad laaah

  6. Nih om biar yakin,mantan ovi, nvl n r15 ane juga suka nyangkut om. Entah dah memang begitu kayake.

      • emang gitu om, ane juga sering nyangkut di netral pas nurunin dari 2 ke 1. ane baru make sebulananlah kurang lebih, kudu lebih mantep pas shiftingnya, ga boleh ragu2. malah nyangkut. *koreksi masalah desain ni om, memang klo udh masalah desain selera masing2. ini motor emang gak dapet moge looknya, head lamp punya andil besar disini (gak dpt moge look). tapi menurut saya secara keseluruhan desain mt25 “tidak berlebihan” dan masih sangat nyaman diliat. dpt kesan mature nya, ceilah.. hahaha.. nice review mas KYB.

      • Tom Bule, pisa bahasa indonesia hanya sedikit. Ya, mungkin ada salah paham. Minta maaf.
        MT25 saya, kalau di 130, hidup memulai, mesin mau naik lebih cepat 🙂

        Top speed gigi…., thom juga heran. top speed di MT25 saya, conto gigi 4 ini 140km/h

      • hi tom, sorry for inconvenience caused… saya pikir tom orang lokal hehe..

        Dalam beberapa kesempatan, mungkin saja top speed MT25 bisa lebih cepat dari apa yang sudah saya lakukan… i got my top speed at limited area..

        in my opinion, it could be faster, more than 160 km/h
        jadi kalau tom bisa dapat 170, it is possible…

      • haha, sama. Di Bali takut ada sapi yang masuk di jalan. Di Gilimanuk, saya mencoba sampai 150, my Darling MT would like go faster, tapi bos bilang:
        Kita mau 150 dan hidup
        atau 170 dan mati?

      • LOL… bos om Tom very wise wkwkwkkw…
        kalimat yang mantap…
        mau 150 dan tetap hidup atau 170 ujung ujungnya mati wakakakakaka

      • Di Suzuki Service kurang bagus. Dan mungkin semua mahal? Bola lampu di depan??????? 400’000.- !!! Betul!!!

        Tapi naik. O god. Sama di Paradis. Juga di 2500 sampai 4000, naik di suara keeeciillll tpi baaaguuus. Dan karna Nm lebih turun, kurang harus ganti gigi dari di MT.

        Whitch is the better one? Two are the better ones, haha.

        Oh, yes. I like to drive. But we know. It is damned dangerous. So I m very very strong with my Ego. My Ego has to SLEEP when I’m driving.

      • WTF, bulb 400 ribu? Bisa cepat going pilgrim tuh pemilik dealer Suzuki LOL…

        wakakakak be careful with the ego.. 😀
        I have comment on your blog, Inazuma article..

      • wowww.. swiss.. wrong guess again wkwkwkkk

        Suzuki Inazuma, one of the best touring bike i’ve ever ride.. dia nyaman untuk cruising 90,100-120…

        Sulit ke apanya? Spare parts? Maintenance? Accessories?

  7. one Question.

    Kalian naik sama gila? Perlu 4,5Liter / 100km???
    Saya naik cepat, tpi tak perna perlu lebih dari 3,5 Liter.

    Oh, the Vixion was great. If I drived as quick as possible to Java, selalu Vollgas (gasoline full open), she consumed only 2,6Liter/100km. Incredible but benar.

    • ya mungkin karena saya lebih sering juga kena stuck (traffic jam)..
      begitu bertemu empty road, vollgas…hahaha..
      jadi memang lebih boros..

      Well, if you have rode Vixion, i think you should try New CB150, at least for your own comparison..

  8. Teman saya punya Repsol 150. tpi saya nanya naik 20 Menit, tak pisa bicara yang penting dan betul di Honda ini.

    Tpi CB150R dulu saya punya. Ini seperti terbang! Tak barat. Mesin 1A.

  9. Oh jelek. Jakarta. Ja. Kalau naik di kota, MT paling hauss. Betul. Juga perlu 4 Liter klau hanya di Denpasar.
    Harus tukar. Honda Spacy!

    Ok, thom pergi, terima kasih untuk main2 !
    Sp jumpa lagi!

  10. Om, itu beneran ori ting-ting mesinnya? Kok bisa gigi 1 sampe 90an KM/jam? Saya mencoba pasti shift light akan menyala.
    Minta tips-nya donk…

    1 lagi, bagaimana membuat rasio pemakaian bensin jadi km/L? Di MT25 saya soalnya L/100km

    Thanks

Yuk Tinggalin Jejak Lads..