first impression kia carens 2022

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. First Impression KIA Carens 2022.. Waduh telat nih kelewat, salah satu mobil yang bikin penasaran di GIIAS 2022 kemarin ini adalah mobil Korea saudaranya Hyundai yang kini punya logo anyar, yak KIA. Menampilkan MPV yang secara dimensi dan harga dapat dikatakan – sejak dulu – cocok dibenturkan dengan Toyota Kijang Innova, kali ini KIA Carens 2022 tampil lebih mewah, dalam arti dihadirkan apa adanya, tidak lagi down grade atau spec down seperti model mereka yang terdahulu.. So apakah worth to buy? Mendingan kita kepoin aja bareng bareng dan silakan tinggalkan komentar lads di bawah ya..

KIA Carens cukup diminati sejak kehadirannya di Indonesia pada pertengahan tahun 2000-an lads.. Statusnya CBU langsung dari Korea saat itu. Bukan cuma digunakan sebagai kendaraan keluarga, generasi pertama Carens ini juga sempat dipakai sebagai mobil polisi untuk melakukan kegiatan patroli sehari-hari.

Hanya sanggup bertahan selama dua tahun, Carens II hadir menggantikan pendahulunya, lebih manis pada dasarnya meskipun bukan selera banyak konsumen Indonesia. Masih menggunakan mesin “nanggung” yang umum di era itu, yaitu 1800cc.

Generasi ke 3 ternyata mengejutkan, karena cukup banyak dinantikan penggemar MPV yang merindukan “rival” untuk Toyota Innova. Di luar negeri, KIA Carens Gen 3 mendapatkan banyak applause dan impresi yang sangat baik. Apakah hadir di Indonesia? Yak hadir, sayang down grade alias spec down dilakukan habis habisan untuk membuat harganya terjangkau. Akhirnya? Ya layu boro boro berkembang. Padahal modelnya oke punya loh, kaya Kia Rio dipanjangin hehe.

FIRST IMPRESSION KIA CARENS 2022

Kini di 2022 KIA Carens generasi ke empat hadir di Indonesia, dan sepertinya KIA Indonesia sudah “kapok” dengan mengandalkan spec down untuk mengail atau mengakali harga yang lebih terjangkau, karena karakter orang Indonesia itu, harga harus sesuai fitur!! So ini dia first impression KIA Carens 2022 yang KBY lihat langsung on the spot.

first impression kia carens 2022

Secara desain, no big issue di sini meskipun penempatan panel chrome di beberapa bagian bodinya terkesan berlebihan dan alih alih membuat kesan mewah, di mata KBY malah terlihat cheapy.

first impression kia carens 2022

Desainnya sih enak dan indah dilihat juga memiliki kontur garis yang cantik, elegan sekaligus gagah. Hanya memang kalau ngomongin kesan tough alias tangguh, MPV berdesain laiknya Innova masih terlihat lebih kokoh.

INTERIOR

Apa yang KBY ingin lihat dari first impression KIA Carens 2022 adalah interiornya, apakah ada down grade dan spec down di sana seperti pendahulunya si generasi ketiga yang gagal total? Ternyata tidak!! Kemewahan dan kenyamanan langsung terlihat di dalam kabinnya.

first impression kia carens 2022

Apalagi ketika kita melihat ke arah atas alias atapnya, langsung kemewahan tersebut berlanjut dengan adanya sun roof, iyes sun roof. Fitur yang sebenarnya gak kepake di Indonesia tapi very very very nice to have donk!!

Meski masih terlihat lebih besar dan bongsor Toyota Innova tapi sejatinya ruangan kabin KIA Carens terbaru 2022 generasi 4 ini cukup lega dengan pelipatan mudah ala one touch tumble, sekali tarik, jok tengah akan melipat ke depan secara otomatis, katanya sih ada bantuan elektriknya juga.

first impression kia carens 2022

KBY coba duduk di paling belakang, jika jok tengah dihabiskan ke belakang oh jelas kaki menekuk habis, dengkul mentok jok depannya. Tapi jika disesuaikan seperti jok tengah geser ke depan dengan space cukup lega, maka baris ketiga masih meninggalkan ruang sekitar 10cm ke lutut bagi penumpang dengan tinggi 165cm.

Video Kia Carens 2022

FITUR

Sebelum ke fitur KBY bahas dulu sekilas tentang kualitas material kabinnya, sebenarnya sudah hampir sempurna, tapi entah memang aslinya seperti itu atau ada downgrade untuk versi Indonesia? Di beberapa bagian ada plastik yang seharusnya bisa lebih baik lagi. Tapi overall sih sangat baik apalagi imbuhan plastik berkilau black piano banyak terlihat di beberapa bagian. Nice!!

Sebagai “penebus dosa” generasi ketiga, Kia Indonesia memberikan banyak fitur yang hadir di Carensi generasi terbaru 2022 ini, apa saja?

  • Sun roof
  • Kursi depan dengan ventilasi (cooler)
  • under tray (laci) di bawah jok depan
  • Lampu depan dan rem LED dengan DRL
  • 6 Airbags
  • Driving mode (Eco, Normal, Sport)
  • 4 Cakram
  • Tire pressure monitoring system
  • Parking sensor depan belakang
  • wireless smartphone charging
  • AC Auto Climate Control Digital
  • Speaker bose
  • and many more

SPESIFIKASI

Di versi terbaru ini, Kia Carens 2022 ditenagai dengan dua sumber mesin yang secara kapasitas menurun, yaitu dari 2000cc di generasi ketiga, menjadi 1400cc (1,353) plus Turbo dan 1500 (1,497) n/a di versi terbaru ini. Wah yang 1.4 bisa isi Pertalite!! hihihi.

Untuk 1400cc T-GDi (Turbo Gasoline Direct injection) mampu memuntahkan tenaga sebesar 140Ps di 6000rpm yang terkesan B aja tapi dengan torsi dahsyat 242Nm di 1.500-3.200. Dipadukan dengan sangat cocok dengan transmisi DCT 7 Speed!! Mantap

Sementara yang 1500cc n/a punya tenaga 115Ps/6300 dan torsi 144Nm/4500. Tidak istimewa sama sekali, malah bisa boyot nih mengingat dimensinya lumayan bongsor. Sayang tidak ada info terkait bobotnya.

HARGA KIA CARENS 2022

Tipe 1.4 Turbo dihargai Rp 449 juta, dimana sebenarnya masih sangat value loh ini dengan segala fitur yang diusungnya, sedangkan tipe 1.5 7 seater dihargai Rp 389 juta. Tapi memang kendalan merek ini masih sama, sulit tempat servis dan biaya maintenance lumayan, belum lagi terkait parts slow moving.. Pastikan lads tidak ada masalah dengan hal ini sebelum memutuskan untuk membeli yes.

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

7 KOMENTAR

  1. Masih kurang serius jualan, wuling dan DFSK aja udah bikin pabrik di mari. Biar terjamin sparepart dan kecepatan distribusinya.

  2. “Tapi memang kendalan merek ini masih sama, sulit tempat servis dan biaya maintenance lumayan, belum lagi terkait parts slow moving”

    Dari atas sangat memikat, sampai tengah sangat menggoda, agak ke bawah makin nikmat, ehhhh,,,,, paling bawah malah ada kesimpulan yang bikin ter-engah-engah hehehe
    Yang intinya:
    – merk
    – servis
    – maintenance
    – parts
    Gak jadi jual si-rush, kalau kek gini Kang, hehe

    • Indomobilnya sih gak masalah,
      Tapi kalo penetrasi pasarnya mau agresif, KIA sebaiknya berbagi dealer/service dg Suzuki, bukannya Nissan

      • Lah mereka mah sharing tempat aja bro, ga masalah ditaro dimana, dealer/service suziku juga banyak yg tutup.

        seakan2 suziku di Indonesia tuh dalam keadaan oke, kenyataannya cuma penggembira doang.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..