Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Pada artikel Harga BBM Terbaru 2020, memang Pertamax tidak disebutkan akan ada kenaikan , namun PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) mengatakan kedepannya akan ada penyesuaian harga Pertamax. Saat ini, Pertamina masih menyesuaikan harga hanya untuk Pertamax Turbo, Dex Series, dan Elpiji 12 Kg yang mulai berlaku pada Minggu (10/7/2022) kemarin. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menjelaskan seiring dengan kenaikan harga minyak dunia, harga Pertamax juga dimungkinkan akan mengalami penyesuaian harga. Waduh naik lagi dong harga Pertamax..??

“Namun kedepan, sesuai dengan perkembangan harga minyak dunia, (Pertamax) masih tetap memungkinkan adanya penyesuaian (harga Pertamax),” jelas Irto kepada Kompas.com, Senin (11/7/2022).

Adapun, harga minyak ICP per Juni menyentuh angka 117,62 dollar AS per barel, lebih tinggi sekitar 37 persen dari harga ICP pada Januari 2022. Begitu pula dengan LPG, tren harga (CPA) masih di tinggi pada bulan Juli ini mencapai 725 dollar AS per Metrik Ton (MT) atau lebih tinggi 13 persen dari rata-rata CPA sepanjang tahun 2021.

Harga BBM Terbaru, Naiknya Edan, Buntutnya Bakal Panjang..!!

Namun demikian, saat ini BBM jenis Pertamax masih memiliki daya beli yang cukup baik. Hal ini menjadi pertimbangan Pertamina untuk tidak melakukan penyesuaian harga berbarengan dengan BBM jenis Pertamax Turbo, Dex Series, dan Elpiji 12 Kg. Catat kalimatnya lads, berbarengan..!! 😀

dilarang memotret di SPBU

Dalam pernyataan resmi sebelumnya, Irto mengatakan penyesuaian harga BBM terus diberlakukan secara berkala sesuai dengan Kepmen ESDM 62/K/12/MEM/2020 tentang formulasi harga jenis bahan bakar umum (JBU). “Saat ini kami juga masih mempertimbangkan daya beli masyarakat,” ungkap Irto.

Nih Daftar Mobil Yang Boleh Minum Pertalite dan Solar!!

Sebagai informasi, Pertamina kini menjual harga Pertamax Rp 12.500 per liter. Sedangkan harga keekonomiannya adalah Rp 17.950. Dengan demikian, pemerintah memberikan kompensasi (tidak disebutkan sebagai subsidi) senilai Rp 5.450 untuk menutup gap harga Pertamax yang dijual Pertamina denga harga keekonomiannya.

Radikal! Platform Toyota Innova 2023 Akan Selevel Lexus!!

Namun pakar ekonomi energi dari Universitas Gadjah Mada, Fahmy Radhi, mengatakan penetapan harga Pertamax di bawah harga keekonomian sangat tepat, kalau perlu malah diturunkan mendekati Pertalite!! Wah setuju ini wkwkwkw..

“Bahkan masih perlu diturun mendekati harga Pertalite,” ujar Fahmy saat dihubungi pada Senin, 11 Juli 2022.

Fahmy mengatakan tujuan penetapan harga Pertamax di bawah harga pasar ini untuk mendorong migrasi konsumen bahan bakar. “Ini untuk migrasi Pertalite ke Pertamax pada saat pembatasan Pertalite diterapkan,” ucap Fahmy. Masuk akal sih, kalau gapnya ga terlalu jauh masyarakat juga akan dengan senang hati pakai Pertamax.. gak usah dipaksa, ya kaya kemarin aja sebelum naik..

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

3 KOMENTAR

  1. Kalo bisa sih pertamax di bawah pertalite ya. Biar gada penumpukan konsumen berlebih di pertalite. Rakyat kecil selaku pemilik matik 2020 Keatas merasa terbantu dlm merawat motornya

Yuk Tinggalin Jejak Lads..