iklan gma

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Mengetahui bahwa calon skutik terbaru Honda yaitu Vario 160 akan mendapatkan spesifikasi berupa rear disc brake alias rem belakang cakram saja sudah cukup kaget. Apalagi ketika mendapatkan bisikan, bahwa tak sekedar cakram belakang, skutik dek rata andalan AHM di kelas 150cc tersebut ternyata akan menuju next level, yaitu dengan sistem rem anti mengunci alias ABS (anti-lock Braking System)! Kalau benar begitu siap sambut Honda Vario 160 ABS dong?

Terkait sistem keselamatan aktif, Honda memang dapat dikatakan tertinggal dari kompetitor, ah masa? Lah bener lads.. Gak percaya? Kuy kita adu kelas 125cc medium aja dulu, dimana disitu ada Honda Vario 125 sementara kompetitor punya Lexi dan Freego. Mana yang punya opsi ABS? Cuma Lexi dan Freego!

Naik kuy ke kelas 150cc, Honda cuma punya PCX yang ABS, itupun satu channel, sementara rival ada dua yang ber-rem ABS, NMax dan Aerox. Vario 150? Gada, andalannya mentok cuma CBS. Jadi kalau dari sisi ini Honda mengekor Yamaha, valid no kecot.

HONDA VARIO 160 ABS

Memang dapat ditemui kebijakan yang berbeda dari tiap pabrikan, misal kenapa Yamaha punya deretan skutik ABS dari 125 dan 150, karena memang kebutuhan ekspor juga dimana beberapa negara dedicated wajib ada ABS, sementara untuk Honda meskipun sama melakukan ekspor tapi kemungkinan tidak sebanyak garputala dan ke negara yang tidak mewajibkan adanya rem ABS. Ini hasil pengamatan pribadi KBY loh, tentu tanpa data wkkww…

Lantas kenapa ada opsi rem ABS kali ini untuk Honda Vario 160 ABS? Baik, sebelum ada jawaban yang pasti dari pihak AHM nantinya, ini adalah opini pribadi KBY dulu ya, deal? Lanjut? Kalau gak, ya gak jadi nih wkwkkw..

Yang pertama, Honda Vario juga diekspor ke berbagai negara, dengan adanya mesin baru yang lebih powerful, ada kemungkinan negara yang dikirim menjadi lebih banyak dan beberapa diantaranya mensyaratkan adanya rem ABS. Masuk ya?

Kedua, memang sudah saatnya pihak pabrikan lebih peduli pada keselamatan pengendara. Meskipun skutik 150-160cc itu sekencang apa sih dari sisi tenaga, namun karakter rider itu berbeda beda lads. Itu mengapa piranti keselamatan semacam ABS menjadi lebih penting untuk disematkan. Istilah KBY sih, very nice to have, meski kembali lagi, kalau butuh, ya sebenarnya sih gak.

Nah berdasarkan hasil pengamatan di atas, KBY memprediksi akan ada tiga varian untuk All New Vario 160 nantinya. Varian pertama adalah standar, termurah dengan rem belakang masih drum alias teromol dengan fitur keyless dan ISS serta CBS. Varian kedua sudah Disc Brake belakang, keyless dan ISS. Yang tertinggi memiliki spek varian kedua  ditambah rem ABS.

PREDIKSI HARGA VARIO 160

Dengan asumsi banyak yang berbeda, dari desain terutama dan ketambahan disc brake belakang, prediksi harga Honda Vario 160 menurut KBY akan naik sekitar 1-1,5 juta dari harga sekarang yang ada di 24 jutaan. Sementara untuk ABS-nya tambah saja 3,5 juta. Wew dah selevel Maxi Yamaha nih!

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

21 KOMENTAR

  1. Pinter banget Hnd , yang ditonjolkan vario160 , namun yang ngacak2 pasar siVario 125 ( Pasukan bayangan ) dengan disain baru

  2. beli lah 1 klo beneran yg di blg mang kobay …
    bwt nyumbang MS ngaruh ga mang beli 1 …. hehehe

  3. kalo liat dari selisih harga line up honda, emang dari kemarin ga ada tuh produk yang harganya ditengah2 antara vario150 ke PCX.

    perkiraan saya sih

    vario 125 start from 22,5jt
    vario 160 start from 25,5jt
    vario 150abs start from 27,5jt

  4. Kalo vario 160 mah emang udah inevitably datang mang, yg jadi misteri itu yg 125. Apa dia tetep cuma jadi versi cc lebih kecilnya si 160 ataukah ttp pake mesin&desain vario current yg dibikin abadi, macam bbrp prediksi sblmnya?

    • ngeliat sepakterjangnya astra di sini sih, kemungkinan mesin sama kaya 160, tapi dibuat CC lebih kecil, lebih hemat cost karena sharing mesin sama vario160 & pcx160 (kemungkinan besar adv160 juga)
      dan bodynya pun saya yakin sama kaya 160nya juga.

    • kalau vario 125 pake mesin sh125 (bore down dari pcx160). bisa saja mesin 125 yang lama dipake scoppy.

  5. Nunggu yang versi V-Tecnya aja,,, plus ABS,,, Insyallah sempurna di kelasnya…

    coba Yamaha ga pakai Diasil silinder yang terkenal VAMPIR OLI, bakal sempurna juga tuh… mau gimanapun, silinder besi cor (cast iron) lebih awet

  6. Mocil pake fitur rem ABS gak guna(CUMA GIMMICK) UJARNYAH.
    Rem CBS baru fitur berguna nan canggih (UJARNYAH)

Yuk Tinggalin Jejak Lads..