GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Telat 2 tahun! Itulah komen awal saat dapat kesempatan menjajal moge skutik yang keren belum lama ini. Bagaimana gak? Melihat moge 530cc 2 silinder pertama kalinya adalah saat melakukan sesi test ride NMax versi 2 (shock tabung) di Sentul kecil, artinya itu sudah dua tahun lalu! Well better late then never yes? Kesempatan gak disia-siakan, ini dia Review Yamaha T-Max DX Indonesia yang akan diulas tentunya versi KBY.. cekidot..

Sebelum dilanjut, video unboxing Yamaha TMax DX bisa lads tonton di bawah ini, hasil test ride atau first ride-nya juga ada di bawah yes.. KBY berharap videonya dibuat tidak sia sia alias lads dengan ikhlas mau menontonnya hehe..

Iyes, setelah diingat ingat, Yamaha TMax DX 530 itu resmi dirilis oleh YIMM di Indonesia pada akhir tahun 2017, tepatnya 5 Desember 2017, silakan diklik link berikut (Harga Yamaha T-Max DX Di Indonesia, Langsung Ludes!). Tapi pertama kali bertemu itu adalah 6 hari berikutnya, 11 Desember 2017, saat ada sesi test ride Yamaha NMax Shock Tabung alias versi 2 dengan subtank di Sentul kecil.

So.. melihat lagi secara langsung Yamaha T-Max DX di depan mata bagaikan nostalgia lads, jadi teringat 3 tahunan lalu di Sentul, hanya warna yang berbeda tapi produksi tahun yang sama yaitu 2018! Betul, moge skutik yang ditebus oleh TDR Racing alias om Yudo ini adalah VIN 2018 lads, dibeli dengan harga Rp. 303 juta saja.. alias cuma naek 3 juta dari harga rilisnya.

Moge tersebut pas banget datangnya saat KBY akan mengambil Yamaha WR155 milik TDR untuk dilakukan review.. Jadi sekalian aja review 360 derajat dulu, sementara sesi test ride-nya beberapa hari kemudian, di bilangan Cakung.

Tapi ada yang aneh juga, pada saat perilisan akhir tahun 2017 lalu, disebutkan 40 unit TMax DX yang datang di Februari 2018 sudah ludes dibeli, nah ini kok masih ada VIN 2018? Kemungkinan sih ini salah satu unit dari 20 unit yang datang di Maret 2018 kali lads.. dah ga usah dipikirin yes.. mending mikirin yang di bawah ini aja..

FIRST RIDE YAMAHA T-MAX DX 2018 INDONESIA

Langsung saja lads, setelah diijinkan ngetes oleh sang pemilik, berbekal hasil tutorial beberapa hari sebelumnya saat om Yudo unboxing sang TMax, jadi gak perlu lagi terlalu lama ngapalin fitur dan fungsi yang ada.

Pada dasarnya, menyalakan T-Max DX ini sudah selaiknya mobil dengan smart key, yaitu selama kunci dekat dengan motor, maka tinggal tekan starter mesin pun menyala. Bedanya dengan smart key di motor, masih ada tutorial tekan tuas, geser ke On, baru start. Ini gada lagi..

Yang unik adalah mematikan mesinnya, terpisah dari tombol starter dan lumayan jauh jaraknya. Tombol off berada di cover setang atas. Tinggal tekan off, maka mesinpun mati.. Asik sih wkwkkw.. Kenapa gak dijadiin satu aja ya tombolnya, kaya di mobil gitu? Mungkin pertimbangan safety, misal takut kepencet pas lagi jalan, trus mati, kan bahaya..

Lads, bisa melihat tombol yang banyak di sebelah kiri setang TMax DX, bagi KBY yang demen hitech – hitech gitu lihatnya sumringah banget, kaya mobil-mobil mewah ala eropa yang banyak tombol! Hehe.. Bedanya kalau 3 tahun lalu cuma bisa nebak doang fungsinya, kali ini sih udah tau!

Saking excited-nya berada di atas Yamaha T-Max DX 2018 ini, sampai sampai hanya dua fitur yang KBY coba, electric windshield (which is udah gak aneh karena di Forza udah nyoba berkali kali) dan D-Mode (Riding Mode). Padahal moge skutik ini punya beberapa fitur lainnya seperti:

  • Heater Jok dan grip (tapi kurang guna juga di Jakarta atau kota panas lainnya)
  • Cruise control
  • MID

Kalau heater memang udah ogah nyoba, lagi panas udaranya, yang penting tau cara nyalainnya. Terus awalnya mau nyoba cruise controlnya tapi lupa saking keenakan riding wkwkw.. Riding Mode-nya juga lupa mau dicoba ke mode D (economic), di S terus biar tarikan sporty.. Ah banyak lupa deh.

T-MAX DX GEDE TAPI BOONG

Nah yang KBY maksud gede tapi boong ini adalah, TMAx secara dimensi memang fix gede, tentu lebih besar dari XMax.. Intinya ukurannya memang sudah masif.. Saat pertama kali diduduki juga terasa gede-nya, terasa dari bagian dashboard yang luas serta kaki yang dipaksa ngangkang akibat bodi dan jok yang lebar, jadinya jinjit. Namanya juga moge..

Tapi begitu mesin nyala… ya ampun, halus beudddd.. tanpa getaran saat idle! KBY pikir namanya moge, mesin gede 530cc 2 silinder, kalaupun ada getar dikit wajar lah.. tapi ini mah halus pisaaann.. mesinnya menggeram merdu, ciri khas dua silinder terdengar sayup sayup dari knalpot standarnya. Tinggal ganti tip-nya doang udah keluar nih suaranya..

Pindahin riding mode ke Sport alias S, gas dikit, wuiihhh gada provokasi dari mesinnya, responsif tapi smooth alias halus.. kirain bakal nyentak nyentak gitu, ternyata gak tuh lads. Artinya dibawa jalan pelan juga oke nih meski posisi D-Mode ada di S.. Betul kan, begitu dibawa jalan pelan mesinnya nurut aja.. santai aja lad, seakan TMax DX berucap pada KBY wkwkkw..

Tadinya mau langsung di bawa ke jalan raya, tapi begitu keluar TDR, ada dua trailer baru keluar, wah lama nih pikir KBY, yaudah melipir aja dulu ke jalan sebelah, sekalian ngetes kelincahannya.. Naaah bener kan, ternyata T-Max DX itu gede tapi boong!

Ketika KBY coba meliak liuk putar putar di lapangan, beuhhh bodinya enteng dan nurut banget! Serasa ga bawa motor gede lads! Beneran deh, ini sih kaya bawa NMax aja, badan yang besar seakan hilang dan meresap bersama pengendara.. Mudah banget, ini sih yang cuma sering bawa skutik juga bisa, easy to ride banget!!

JOK EMPUK, SUSPENSI NYAMAN!!

Setelah dirasa cukup di lapangan, KBY bawa keluar, si trailer terlihat sudah gada, mungkin sudah di ujung gang.. Kebetulan jalan sepanjang menuju TDR itu bisa dibilang rusak, banyak lobang juga benjolan. Cocok dong ngetes kinerja kaki kaki-nya, di depan sudah USD alias upside down, konon kalau USD itu keras.. menurut KBY sih gimana racikannya, ya gak.

Betul saja, aihhh.. cess, cess.. suara shock anyar naik turun saat melewati lobang dan gundukan.. Amboiiii empuknya.. tapi lembutnya shock ini menurut KBY ada juga andil dari joknya yang empuk laiknya sofa ruang tamu.. Ah bikin betah pokoknya.. Tak terasa jalan raya sudah ada di depan mata.. Saatnya mengetes performa mesinnya.

Yamaha T-Max DX versi 2018 ini dibekali mesin dengan kapasitas yang sama dari T-Max generasi sebelumnya, yaitu 530cc 2 silinder, namun tenaganya turun sedikit, dari 34.2 kW (46,5 PS) @6,750 rpm dengan torsi sebesar 52.3Nm @5,250 rpm menjadi 33.8 kw (44.6PS) sedangkan torsi naik menjadi 53Nm, semua di rentang RPM yang sama.

Begitu di gas, T-Max DX biru yang tadinya kalem, sontak berubah beringas.. Kalau gas gak ditahan, sudah pasti melesat banget ini moge wkwkkw.. Jalanan Cakung tidak memungkinkan untuk gas seenaknya, banyak perempatan, banyak putaran balik juga. Tapi impresi ini sudah lebih dari cukup untuk mengetahui performanya..

Begitu mencoba putar balik, level moge itu biasanya agak nyusahin, selain berat dan tinggi, radius putarnya juga pendek pendek, namun KBY tidak menemukan kesulitan dengan TMAx DX ini lads.. Pengereman dengan dual cakram di depan juga bikin tenang, padahal motor belum lagi genap 100KM, tapi respon rem-nya sudah dapat!

Dengan harga 320 juta untuk tahun 2021, memang dirasa masih ketinggian, tapi sebenarnya harganya murah, sayang duit KBY kurang banyak.. Semoga review Yamaha T-Max DX 2018 brand new ini bermanfaat lads.. jangan lupa ditonton videonya di bawah ini yes…

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

109 KOMENTAR

  1. Mantab juga juragan TDR koleksinya, di vlog juragan TDR bilang tmax nya khusus buat touring…

  2. “….moge skutik yang ditebus oleh TDR Racing alias om Yudo ini adalah VIN 2018 lads, dibeli dengan harga Rp. 303 juta saja.. alias cuma naek 3 juta dari harga rilisnya…”

    Menurut ane sih koq gak logis yah??
    Apa besaran diskon dirahasiakan???

    • Memang sedang lagi diskon, wah ente ketinggalan info…, padahal perihal diskon sudah muncul di artikel tmc, iwb, pertamax7, warungasep, dll, juga di berbagai media seperti gridoto, kompas, kumparan, motorplus, automagz, dll…

      Kalau cek di website resmi yamaha harga tmax dx adalah 320 juta, berarti dpt potongan 17 juta…

      Gimana?

      • Sebenarnya sih bukan sedang lagi diskon…aslinya itu memang Obral all de time ? berhubung ini tahun 2021 dan masih gak keluar2 dari gudang …lalu di promo in deh ?

      • Kalau dari om Yudo TDR dia bilang gada diskon… Wkwkww…
        Helm aja ga dapet, jaket juga gak.. dalam arti helm dan jaket spesial mksdnya

        Kalau masih diskon berarti lama juga nih diskonnya sejak 2019 ya…

        Harganya 303jt itupun Vin 2018…

        • Fixed.gak ada diskon ini. Di artikel lama disampaikan harga 299.9jt alias 300. ViN 2018 masuk (anggaplah) 2019 dijual Tahun 2021 harga 300+3jt (upah ngelap+kemoceng selama 2 tahun). ????. Di website pasang harga 320…waw?

    • Om yudo berarti punya semangat buat Menyelamatkan motor2 yhm yang lahir untuk Mangkrak diGudang .
      Jiwa sosialnya tinggi ?
      Gak koar2 kosong kek SonWet ?

    • Gw nanya sih gada diskon kata yang beli ..

      Di video gw tanya sama yang ngirim, gamblang nyebut 303, dia gak nyebut itu diskon, tapi saat itu gw belum cek juga harga website sih wkwkwk …jadi gw gak nanya juga deh ..

      Jadi yg gw inget 300 juta naek 3jt…

      Harga website saat ini 320…

      • Harga moge CBU itu rerata abu2 mang. Gamblangnya sih tergantung dollar , tapi kalau ada duit segini…dan harga masih diatasnya, kadang dikasih jg sih ?

  3. Kalo sore pulang kerja sering barengan sama tmax juga, persis kayak gini
    Enak banget selap selipnya di arteri pondok indah

  4. Nah..Ay setuju tread2 sebelah gini nih mang , lebih Afdol strategi Menggempurnya ?

  5. Moga angka2 diatas Brosur Akur dengan angka diatas dyno ?
    Jangan sampe terucap Gede tapi Boong versi gua.
    Weeeeeetttt ????? ?

  6. Blogmu lama2 mirip2 blognya monolog kang..yg komen attack dog semua, klo disono nyerang merah disini kebagian nyerang biru..sungguh serasi, apakah memang sebetulnya berjodoh..wkwkwkwk.?

    • Kalau di Monologhhh…. Yang komen Fby doang ? Fbh diblog , atau Fbh kudu ganti Nick dan nyanjung2 dulu biar lewat moderasi ?? Anal-isis Cemen

      • Kagak mirip siapapun juga mau diliat dari sudut sempit sekalipun??? anyway..apa bahan berikutnya? Bensol dah ready nih??? wakakak. Untuk yang fanatik ampus atau laskar bayaran dijamin meriang disini, kalau gak ya..tareek lagi Mang…???

  7. Well3x..dari sudut pandang mana blog Mamang mirip Monoblock? Disini tempat brawling dan bersenang2..with no heart feeling?. Monoblock? Setau ane disono tempat kumpul pecinta sesama (merek) yang saling muji dan elus2an dan gak bakal ada gokil2an kek disini. If you easily feel surrounded by attack dogs, means there is stilll lot to learn pussy???

  8. Beda jauh banget ahh… ? , disono nyinyir dari sudut kamar doang , mainannya permen lollipop dan mimik Cucu.
    kalok disini bisa lintas kota lintas pulau dan lintas negara…mainannya 2 3 4 ( mau nambahin terserah ) plus kopi item ??

  9. Tmx 2019 kena recall…yang 2020 juga kena Recall.
    Hmmm… apakah menghindari produk tsb om yudo ambil versi 2018 ? ?

    • Kelonjotan terus nih liat juragan TDR beli tmax…. Berarti koleksi maxi om yudo sudah lengkap ya, dr mulai lexi, aerox, nmax, xmax, dan tmax…

      Smart ?

      • Wah iya tuh, om yudo memang dr dulu adalah fans yamaha… Sama juga seperti juragan one3motoshop ( koh beny saputra) ,harald dan jodie motovlog HD ?

        • Betul.. salute ??
          Ditangan merekalah yhm bisa keluar dari gudang , disaat Fby sendiri hanya koar2 ?

  10. Kelonjotan terus nih liat juragan TDR beli tmax…. Berarti koleksi maxi om yudo sudah lengkap ya, dr mulai lexi, aerox, nmax, xmax, dan tmax…

    Smart ?

          • Gua sih biasa saja.. wong Kadaluarsa MY 2018 yang katanya sudah habis saat itu ( yhm bilang ludes ) eeeh malah masih bisa dibeli di 2021 ?

          • ngaku biasa aja? biasa aja tp kok sambil nyinyir terus,

            Haha kasian sales satu ini….

          • Om yudo lagi syukuran bikin sate kambing habis beli Tmax, lah disini pada kojel-kojel bin nyinyir ??????

          • Ayolah soundwave aka vision stop melakukan ketidakjelasan ini
            Ayo ambillah cangkul mu!!
            Semen dan pasir itu tak bisa mengaduk dengan sendirinya….

    • Kan gua emang nyinyir olWeeeeeis .
      Nyinyir gua yang bikin lu berserta habitat lu meradang ?

    • Betul bro Sw
      , Om yudo memang wajib syukuran..karena yg dipilih bukan yang MY recall ?
      Harapan kita semua untuk Om yudo , moga dalam Syukuran ini…Om Yudo tidak Lupa untuk mendoakan yahama agar semakin Sukses jualan…supaya Yahama makin dihargai oleh Fby2 diluaran sana , jangan hanya mengandalkan seuprit orang untuk mengeluarkan Mesin2 tsb dari Gudang ?

  11. Vision
    01/04/2021 At 15:52
    Wkwkw kelonjotan liat deretan maxi skutik laris manis ???.

    Justru gua sangat TerNgakak Ngakak baca ungkapan ente ini ?
    Mau dirinci 1 per 1 ataupun dibungkus jadi 1….tetap saja angkanya 600 ribuan unit , Separuh lebih dikit dari jualan Mbeat !!! Itu namanya Laris manisss ? ?
    Dari motor entri lepel sampe moge yang dijual dalam teritori Indo ( domestik ) ya itulah jumlahnya ?

  12. Bulan February jualan Yahama njeblok lowh ? apakah itu pengaruh si pCX ? It kut bi ?
    Mugo2 bulan Maret bisa naik lagi…gegara Trondol MAXimum diboyong Om yudo ??

  13. Yang beli syukuran pake sate Kambing .
    Yang jual ( yhm ) urut dada syukuran pake ceker goreng , karena harus di Obral tuh motor ?

  14. Larisss maniss… Ludesss , eh 2021 masih jualan barang Kadaluarsa .
    Weeeeet ?

    • Anggap deh wajar tuh moge kadaluarsa , lah…Nyemex jadul saja masih dijual ?

      • Hahaha, old nmax masih diproduksi karna peminatnya masih buanyaak…. termasuk old aerox juga masih ada di website, jadi konsumen bisa lebih banyak punya pilihan sesuai selera ???

        Lariss manis cak,
        Smart ,?

        • Mirip kasus old vixion yg stop produksi tahun 2012 tapi karena peminat masih banyak waktu itu diproduksi lagi beriringan dengan nvl bahkan saat nva udah brojol, old vixi masih diproduksi

          • Betul, desain old nmax memang everlasting, bagian stoplamp tampak seksi dan padat dilihat dr samping dan belakang… Tp banyak juga sih orang yg lebih demen dan ambil versi new, jadi semua kembali keselera masing2..

            Lariss manis cak,
            Smart ,?

          • Yang reffres wajib dilaksanakan , yang Mangkrak kudu mbonceng yang baru biar bisa laku…nyatanya ? Amsyong Kabeh ?

        • Justru itu tandanya model barunya downgrade atau jelek kurang diterima masyarakat, gini nih pabrikan budeg yg gak mau denger konsumennya. Di Hodna juga kejadian yg tiger asymetris yg ga laku.

          • Desain nvl dan nva downgrade? Salah besar.
            Jaman nvl dan nva penjualan vixion tembus 30ribu unit perbulan yg mana saat itu cb150 aja ga berkutik. Yg desain downgrade itu vixion current model

    • Desain vixion generasi nvl dan nva memang masih terbaik sejauh ini, tapi mesinnya kabarnya downgrade dari yg lama, bukannya yg vampire oli itu generasi yg ini gan ? Dimana yg gen sebelumnya ngga ada kasus vampire oli

      • Sayang…zamannya udah diKandaskan oleh si Cb ? stock lama masih numpak numpuk buat diDaurUlang ?

        • Udah diDaurUlang…masih saja Nasibnya sama ?
          Kemudian refres lagi dengan Lakban warna baru …Barang Kadaluarsa yang diCap MY 2020 atau MY 2021 ?

  15. Iya betul contohnya kawan sy kemarin ambil yang new nmax, model lama doi tidak cocok… Jadi kalau kita bicara model sifatnya itu subjektif.. saya pribadi sih lebih suka yang nmax lama, karena menurut sy model lama itu mengalir desain nya… Jadi sesuikan selera masing2 aja sob ??

      • Semuanya betul….yang salah itu yang masih numpuk Kadaluarsa dan harus dihabiskan atau DaurUkang ?

      • Kawan lu ambil punya tetangga atau ambil yang mana Wet ? Karena yang lama sangat gampang diputer pake obeng ?

        Nah lu sendiri kaga ngambil? Gimana bisa ngomong Lariss Wet ? ?

        Maklum sih elu suka yang lama…karena yang baru muka Macho vantat Bahenol , alirannya bukan furistik Wet….tapi Transgendaaar ?

Yuk Tinggalin Jejak Lads..