gambar hanya ilustrasi

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Kumaha daramang baraya? Semoga kita semua sehat sehat saja di masa COVID19 ini ya. Ada kabar terbaru dari Toyota Indonesia selain yang baru dibahas si Fortuner face lift. Kali ini adalah MPV medium yang laris manis dari versi ke versi, gak pernah surut penjualannya, bahkan saat harganya sudah jauh dari kata merakyat sekalipun. Siapa lagi kalau bukan Toyota Innova Reborn face lift 2020 terbaru.. kuy kepoin lebih lanjut.

Toyota Innova (dulunya pakai embel embel Kijang) merupakan generasi penerus genre Kijang kapsul di tahun 2004. Dengan menggunakan paltform IMV seperti saudaranya Hi-Lux dan Fortuner, desainnya benar benar berubah total sehingga tidak ada lagi DNA Kijang yang tersisa.

Sejak 2004 Toyota Innova sudah berkali kali berubah desain alias facelift dan kemudian Innova reborn lahir dengan bentuk lebih lancip mengotak di tahun 2016 namun tetap menggunakan mesin 1TR-FE hingga kini untuk versi bensinnya, sedangkan untuk versi mesin diesel memakai 2GD-FTE dengan VNT (Variable Nozzle Turbo) Intercooler.

INNOVA REBORN FACE LIFT 2020

Sudah 4 tahun mengudara eh mengaspal, facelift kecil kecilan sudah dilakukan termasuk memberikan varian termahal yaitu Innova Venturer. Kini di tahun 2020 Innova reborn akan kembali mendapatkan sentuhan teranyar, apa saja yang katanya berubah? Cekidot.

Yang pertama dari sisi eksterior, sebagaimana yang diilustasikan oleh beberapa pihak, Innova Reborn face lift akan memiliki bahasa desain universal ala Toyota termasuk pada adik paling kecilnya yaitu Toyota Agya kemarin ini (baca: Ini Dia Toyota Agya Face Lift 2020) yaitu di sektor fascia.

Jika melihat pada ilustrasi yang ada, Toyota Innova Reborn facelift akan makin mirip dengan Fortuner Face Lift (dan Agya juga sih) serta beberapa produk Toyota lainnya seperti RAV-4 dan Raize. Bagian Grill terlihat menyambung atas bawah dengan lampu menyipit mengkurva berisi DRL dan proyektor, sudah gak mirip lagi dengan All New Ertiga dong hehe.

Sisi bumper kanan kiri kurang jelas nih, diisi lampu fog lamp berbentuk bumerang? Kalau dari ilustrasi bisa jadi LED. Sektor belakang makin lebih mirip Fortuner saat ini, lampunya horisontal berwarna merah dan (seharusnya) sudah LED, masa bohlam 30 rebuan wkwkw, mobil 400 juta lebih loh.

Bentuk bumpernya lebih manis sekaligus sporty dengan di bagian sudut masing masing ada “mata kucing”. Kaca belakang masih sama begitu juga dengan pilar D.

Sementara ilustrasi buatan Indian Autos Blog sedikit berbeda, bagian hidungnya masih mempertahankan ciri khas genre Innova, namun mata atau headlampnya ikut berubah, terlihat dengan dua cluster lampu plus DRL di samping yang membentuk huruf L. Bentuknya lebih seperti Land Cruiser.

Di ujung bumper kiri kanan terlihat tekukan berotot yang mencerminkan air duct, tapi tentu gada fungsi apa apa. Fog lamp masih terlihat berbentuk normal di bawah berbentuk horisontal.

INTERIOR

KBY gak yakin akan berubah banyak, sama aja lah kan bukan All New. Tapi konfirmasi adanya perubahan di sektor tata audio KBY dapatkan dari narasumber. Plek ketiplek akan sama Head Unit-nya dengan milik Toyota Fortuner Face Lift nantinya, tapi foto di bawah ini konon hanya untuk grade G saja lads.

Fitur lampu rem juga dikonfirmasi berubah dengan menggunakan LED, khas Toyota Astra, ubahannya dipirit pirit harga naik kekeke.. Bicara kapan tayang, sumber KBY mengatakan di bulan Mei 2020, itu kalau tidak ada perubahan jadwal. Soal harga? Ah kaya gak tau aja, ya pasti laaahh..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

33 KOMENTAR

  1. Rem belakang wajib ganti cakram laah, masa mobil 400 jutaan masih tromol.
    Sama kaya f*rt*n*r yang kata petingginya gak perlu cakram belakang, rem tromol udah pakem katanya, eeh jilat ludah sendiri, akhirnya upgrade cakram belakang juga.

    • biasa, mereka kudu jawab diplomatis wkwkw.. cuma kadang jadinya ya konyol.. coba kalau jawabnya dulu kek gini.. cakram ya? Kayaknya bisa dipertimbangkan.. kan enak ya wkwkkww

  2. Hmmmmm Toyota bener2 jor2an taun ini ya keluarin semua facelift nya dr segment LCGC, MPV sampe SUV nya. Apa karna mau ada pergantian desain buat kaum millenial??? Ato karna ada yg mau d suntik mati produknya??

  3. Mungkin gua satu2nya orang didunia yang,

    Punya uang 400 jutaan pasti prefer allnew crv kemana2 dibanding si ipah,
    – sama sama 3 baris penumpang
    – kabin lebih premium
    – driving experience
    – performa menang telak
    – ganteng seganteng2nya
    – dua alam ability, on road dan mild off road
    – stoplampnya aduhai, desainnya jauh diatas desain stoplamp fortupajenova

  4. kabarnya ini Innova terakhir yg masih sharing platform dengan Hilux (via platform IMV).
    Innova yg berikutnya kabarnya bakalan pakai platform TNGA.
    jadi kalau cari MPV Toyota yg tahan banting karena pakai chassis truk legend, ini kesempatan terakhir kalian.
    karena kalau nanti sudah pakai platform TNGA gak yakin bakal sekuat chassis Hilux.

    BTW, sampai sekarang namanya masih ada Kijang -nya kok, lebih tepatnya Toyota All New Kijang Innova.

    dan setuju sama Ncex, orang-orang kaya yg beneran kaya (bukan OKB, apalagi pasukan mendang mending), memang biasanya punya satu Innova di rumah.
    entah kenapa, mungkin karena mobilnya cukup nyaman untuk dipakai perang, tapi tidak terlihat mencolok kalau dipakai di jalan.

    • Imo sih sudah sepantasnya mobil penumpang sasisnya bukan ladder frame…

      Kalau buat perang ya ada sesuai peruntukannya..

      Jujur aja gw aneh apa yang bikin Innova ini mahal banget sampe 400 jutaan… Sasis?

      Nama sih yang bikin mahal wkwkwkw

  5. mobil orang kaya nih, buat bawa si mba ke pasar . . .

    sedangkan nyonyah n tuannya naik (minimal) fortuner/pajero semprot, atw mercedes benz.
    its trueee, bos saya mobilnya banyak, Big boss pake mercy S class atw pajero sport, anaknya bos pake mercy ML atw fortuner atw tuker2an sm istrinya naek alprat.
    nah inopah ada 2 yang ditaro kantor buat operasional kantor, dan ada juga dirumah buat anter2 mbak . . .

  6. @apaansih,
    Fakta yg unik, Utk unit baru inova main di 400-420 sementara crv 460-500.
    Begitu masuk ke pasar seken umur 3 thn, inova jadi 230-an sementara crv manteng di 370

  7. Tergantung ….
    Kalau punya 400 jt prefer ini itu… berarti mindset adalah mobil satu2nya….

    400jt pertama gw jadiin fortuner vnt 2kd.. all around car (7 seater, banjir no prob, reliability ga bawel)
    200 jt kedua gw jadiin brio (antar jemput sekolah anak2)
    400 jt ketiga gw jadiin civic turbo hatcback (buat nikmatin rasa sedan)

    So ketiganya dipakai pas butuhnya apa….

  8. Gw ikutan follower lu mang, jd nambah 3 org,
    Tp kl masih dsruh opsi lain lg budget 400jt an,
    Voxy pastinya, heee,

  9. Kalau menurut saya, ini salah satu mobil yang kalau di jejerin sama mobil yang harga diatas nya masih gak kalah keren dan mewah.

  10. Kagak tuh sodara ane yang punya aset 10m mobilnya bukan innopah tapi grand vitara 2008 beli di 2010. Pernah mau beli baru pajero sport tapi ga jadi pajaknya mahal.

  11. Meluruskan dikit, om

    Secara harga, CRV head to head nya dengan Innova Venturer, bukan Innova biasa.
    Kalau Innova biasa, tipe G, V, harganya 300an, dan ga ada direct competition kayaknya di rentang harga tersebut.

    Kalau punya duit 300an, Innova, pilihan paling realistis.

    Kalau punya duit 400 mepet ke 500, gw juga setuju, banyak pilihan lebih menarik, ada CRV, CX-30, CX-5

  12. Coba cek lebih teliti lagi om, Innova baru harganya ada yang mulai dari 300an, dan justru tipe ini yang paling laku.

  13. Teringat satu quote nya mang kobay,, kalo satu benda (mobil) harga nya kemahalan buat kita, berarti kita bukan pasarnya mereka. Wkwkwk

  14. @apaansih

    Tetep Innova sih, lega kabin nya sampe belakang. Bisa buat selonjoran. Klo dibanding Odyssey ya tetep Odyssey. Tp CRV vs Innova ya tetep Innova.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..