Kobayogas.com – Hola laaadss, salam geberrr.. Belakangan ini ada satu produk otomotif yang sedang viral di kalangan pecinta mobil, saking viralnya, unit bekasnya sedang banyak dicari orang. Adalah Toyota Etios Liva, sosok sedan dari Etios Valco hatchback yang populer dijadikan sebagai armada Taxi. Iyes, mobil tersebut saat ini sedang banyak dicari oleh konsumen roda empat yang memang sedang membutuhkan transportasi di luar motor. Nah ini adalah sharing dari pembeli Toyota Etios Liva eks taksi, dari mulai saat hunting, harga jual, deal dan apa saja yang harus diperhatikan sebelum dan sesudah menebus unit yang dibeli, hingga total biaya yang dikeluarkan.

Yang bercerita adalah Mang Ato Suprapto yang sudah menebus unitnya sekitar dua minggu lalu, dulur yang dulu sempat jadi blogger tapi sekarang pensiun dan fokus bekerja di sektor riil sebagai PNS hehe. Semoga artikel ini bisa membantu lads yang sedang mencari mobil bekas dengan harga di bawah 45 juta dengan Toyota Etios Liva eks Taksi sebagai pertimbangan utama. Kuy kita kepoin kisahnya yang sudah KBY edit tata bahasanya agar lebih nyaman dibaca. 

HUNTING ETIOS LIVA EKS TAKSI

Berangkat dari desakan kebutuhan karena anak udah mulai gede (5th), meskipun baru 1, tapi suka kasihan kalo naek motor bertiga, apalagi kalo jalan jauh. Punya tabungan sekitar 25jt, dan approval pinjaman dr mertua (ngahahaha), maka diniatkanlah untuk beli mobil.

Dicari lah mobil dengan budget sekira 40jutaan, pilihan jatuh kepada Hyundai Avega, karena tahunnya masih agak muda, tapi ternyata Avega pun ga dapet harga segitu, wkwkw. Sempet nglirik limo gen2 bahan, udah tanya2 pun.

Kemudian ada info etios kilometer rendah eks taksi dijual murah (saat itu belum viral sama mas wahid), tapi belum sreg, karena belum lihat unitnya, tapi kemudian viral gegara mas wahid, yg ternyata, di poles doang sudah bagus, jadi ya sudahlah, madep mantep pilih etios eks taksi buat mobil pertama.

Hari sabtu ajak istri ke pool bekasi jl kodau untuk nunjukin ke istri, seperti apa etios itu, tp karena bentuknya masih busuk semua, jd istri juga iya iya enggak enggak, lalu sekalian aja k cipayung, disana liat yg dr bahan busuk, baru di cuci doang, sampe sudah di poles, jadi deh dia sreg.

Dari situ langsung cari seller, gamau ke deka karena sortirannya udah abis di cipayung, jd ketemu sama seller micky, udah janjian liat unit d jagakarsa, tapi gada yg sreg unitnya,

Akhirnya sambil pulang mampir pool cakung depan pasar sukapura, ada yg sreg, tp harganya beda, lebih mahal sejuta, telpon istri, istri bilang udah ambil aja, drpd dpt zonk, akhirnya jadi deh ambil d pool cakung dpt unit di km 61.900an (Etios Liva MY 2013, pemakaian Januari 2014). 

PARTS YANG DIGANTI 

Hari Selasa deal unit, kasi DP, janji diambil hari sabtu, hari besoknya langsung cari part di online shop mulai dari busi, filter filter, V-Belt, Wiper, Mur Roda, sekalian cari ban copotan juga, dpt Velg Oem Etios copotan plus ban di harga 2,8jt, jd pengennya pas ambil unit pas pake ban layak jalan, ban aslinya sungguh sungguh miris kondisinya.

Sabtu diambil, sambil pengecekan terakhir, sambil di cuci alakadarnya. di cek terakhir, mesin halus, ac dingin, extra fan nyala, body bagus (ada penyeok dikit beberapa bagian, dan ada karat beberapa titik karena cat nya kelupas, normal) kaki kaki sehat, tapi sok keras.

VELG ETIOS VALCO

yaa saya sadar, ambil unit bahan, eks taksi pula, ya sadar diri nanti dapetnya kaya apa, toh dengan budget segitu (40an jt) beli yg bukan eks taksi pun dpt apa, belum tentu sehat juga, ya kan?

hari minggunya (ke esokan hari) langsung masuk bengkel, tune up mesin, cek kaki-kaki, dikasi grease, diganti oli dan filter2nya, cek arang extra fan (akhirnya ganti, karena sudah pendek), orang di bengkel pada heran, bekas taksi koq km nya cuma segini (62rb), kebetulan di bengkel juga ada orang baru ambil ayla, tipe terendah, dpt harga 50, ban kaleng, botak semua, bearing roda oblak, kampas abis semua, hahaha (menyenangkan diri)

BIAYA TOTAL RESTORASI ETIOS LIVA EKS TAKSI

Mang Ato juga melakukan rekapitulasi biaya yang sudah dikeluarkan selama membuat nyaman sang Etios Liva eks Taksi yang sudah ditebusnya tersebut. Biaya termasuk bersihin total interior (bongkar karpet segala) dan jasa yang dikeluarkan untuk bengkel. Berikut hasilnya:

Bandingkan dengan hasil rekap biaya perbaikan/ restorasi Ridwan Hanif di bawah ini (belum termasuk jasa):

biaya restorasi etios liva ridwan hanif

Namun menurut mang Ato, total biaya yang sudah dikeluarkan sebesar 40 jutaan tersebut belum termasuk perpanjang STNK (BPKB dan surat pelepasan hak – SPH – masih dalam proses di armada Express Taksi) dan belum balik nama. Untuk biaya balik nama angkanya relatif tergantung daerah masing masing, mungkin kena tambahan sekitar 5-8 juta? 

Menurut mang Ato yang sudah menggunakannya, saat ini tidak ada kendala apapun terhadap mobil besutannya tersebut, karena dipakainya memang jarang hanya saat keluar weekend (lebih untuk keluarga), harian tetap sebagai biker.

Konsumsi BBM-nya dipakai dari Bekasi ke Condet, Balaraja PP diisi Pertalite 100 ribu masih sisa. Sayang mang Ato belum melakukan metode full to full. Untuk performanya mantap ujarnya, lebih enak dari Avanza (karena ini 1500cc) dan pernah geber 140km/jam hehe. 

HARGA ETIOS LIVA EKS TAKSI TERBARU

Untuk unit Etios Liva nya sendiri saat ini konon tidak tersisa banyak, dari total 1500-an unit yang ada digunakan armada taksi, infonya yang dijual hanya sekitar 700-800 unit saja. Dan harga Toyota Etios Liva eks Taksi terbaru saat ini menurut mang Ato sudah naik sekitar 1-2 juta gegara banyak yang nyari hehehe.. 

Silakan digeber lads, siapa tahu bermanfaat dalam mencari mobil bekas agar keluarga tidak dipaksa berdesak desakan menggunakan motor. Selain jauh lebih aman, pastinya lebih nyaman.. 

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

32 KOMENTAR

  1. gw pernah ada di armada Taxi mang, 61.500 kekx itu odo kilikan. Karena Taxi itu kan mobile kek sales motoris. Pernah di tawarin ex taxi sekitar 30jt an waktu itu (mgkn skrg jd 40jt x ya). Tp istri ora minat seken taxi, padahal mekanik nya kepercayaan disitu. Dan gw kenal deket ama si Kepala Mekanik di Pool itu dan berani kasih harga murah dan di jamin bagus (dia service dulu).

    Wkwkwkwkwk

  2. nah … akhirnya diangkat jadi artikel …..
    mungkin yg blm liat vidoenya berasumsi itu km nya boongan …. tp coba di liat video2 nya di youtube banyak kok …. itu karna mobil banyak nganggur tp ya wallahi ya itu beneran segitu km nya atau boong …. saya pribadi sih percaya aja ….
    malah saya yg tadinya ga/blm tertarik beli mobil (dana ga ada) malah jadi kesem sem …. awalnya malah istri yg ngasih tau di youtube …. kesini2 malah jadi suka liat canel eks taksi ….dana minim = mobil thn tua / mobil eks taksi thn muda …suka2 sih
    mantabs mang …..

  3. Kalo aku mending Vios Gen 1 yg harganya sama2 40 juta-an.. Lebih ganteng dan lebih mudah dijual.. Komunitasnya juga rame

    Btw, itu beli 40 juta, restorasi 7 juta, balik nama 5 juta total 52.. Di harga 52 banyak lho Avega yg siap pakai (tapi ya masih atas nama orang)

  4. barusan cek OLX sih rata2 yg ane liat byk yg jual <40jt Mang.. tergantung lokasi jg, tp byk yg segitu

  5. Ngeliat foto mobilnya kok mengerikan ya kondisinya. terlihat sudah capek dan jauh dari kata segar. KM baru 60rb kondisi memprihatinkan. masih enak lihat mobil pribadi yang udah 180rb KM.
    Masalah reset atau tidak , melihat kondisi fisik serta pemakaian 60.000/ 5 tahun artinya per bulan mobil ini hanya jalan 1000km, kurang masuk akal ya, Supirnya nya pasti nombok terus setoran.

  6. ane sblumnya jg sempat minat ex taxi. Tapi males mobil jenis sedan,blum ngurus2 surat2 ribet,.ahirnya pilihan jatuh ke jazz gd3, klo ada lagi rejeki up ge8,

  7. iya mang, tp penyakitnya itu rembes oli.bahkan yg trbaru gk5 jg.Seal kruk as yg kena,partnya murah,tp ongkosnya yg mahal krn harus turun trnmisi.

    • Rembes oli dari mana yah? 12 tahun pake GD3 dari 2005 ga pernah ngalamin rembes..

      Penyakitnya cuma bushing lower arm yang 2-3 tahun pasti minta ganti.. di unit gw sih hehehe

  8. sebenernya ambil mobil ex. taxi (bluebird) worth it ga sih?
    nanya2 temen, banyak yang bilang oke (terjamin karena bluebird mobilnya prima bla3).
    tapi ga sedikit yang bilang itu partnya banyak dioplos ma imitasi bla3.
    klo yang saya tahu sih masalah minum premium (termasuk alphard & mercy) sama kaki2 uda tinggi odometernya. boleh nih di bahas kang

  9. dulu sempet minat eks taxi, karena tetangga udah ada yg pernah beli eks taxi dan hasilnya kurang puas akhirnya sampai sekarang nggak minat lagi. lebih percaya ke tetangga sih yg udah pasti dan jelas tau

  10. Sebetulnya beli ex taxi klo km rendah itu boong, kecuali itu mobilnya nganggur tp kayaknya gak mungkin karena klo nganggur pasti part mobil nya di pretelin buat kanibal.

    Memang ada yg seperti itu tp jarang. Karena otomatis akan di perbaiki oleh pihak Taxi kemudian di jual. Bukan jual model begitu.

  11. nice artikel,

    semangat terus buat papa2 pekerja yang berjuang terus buat keluarga supaya tetep kering kalo hujan, dan tetep adem kalo terik.
    ga semua orang beruntung bisa dapet approval pinjaman mertua, atau dikasih mobil sama ortu buat pake sama keluarga.

    saya termasuk beruntung bisa dapet lungsuran livina dari bokap 5 tahun lalu, dengan cuma bayar cash 50jt, sisanya nyicil seikhlasnya . . .

    —-
    karena gaya nomer kesekian kalo udah punya anak 🙂

    • Wkwkwkw begitulah, saat keluarga udah jadi yang utama, di sisi lain kita gak berlebihan, jadi prioritas pasti lari buat keluarga. Ga egois lagi

  12. Maksudnya adalah msh model taxi, karena rerata yg gw liat itu udh di perbaiki dan di cat ulang.

    Gw sih ragu ama mobil ex taxi yg msh berupa taxi. klo beruntung dpt yg bagus klo apes ya dapet yg busuk.

  13. Titik rembes biasanya di tutup flywhell yg item kecil itu mang, cek aja di forum fb hjci byk kasusnya,trmasuk ane tp rembes aja g smpek netes.wajar sih mobil dah brumur sealnya sdh getas.

  14. Kata si deka (penjual) kenapa etios ex taksi ini KM nya rendah karena penumpang pada ga suka sama mobil ini jadi driver taksi nya sering kurang setoran dan mereka lebih milih pake vios limo terus si etios ini di anggurin deh di pool dan akhirnya di jual.

  15. Padahal bentuknya kurang enak dilihat ya, agak heran kok jadi booming.. emang semua tergantung influencernya sih kadang wkwkw.. tapi mungkin bener kalo case nya gini pasti gaya nomor sekian, yang penting fungsinya.

    Total sama restorasi + balik nama > 45 jt berarti ya mang… Emang di angka segitu susah cari mobkas dengan taun yang agak muda, menurut saya emang eks taksi selama merk t*yota + sedikit keberuntungan ya aman2 aja.. tapi kalo mau agak tuaan + jarang dijalan bisa cari maven/every… Tentu dengan kenyamanan dibawah etios kayaknya.

  16. Ya agak menggoda sih, 33jt bahan dapat Toyota km rendah under 100rb dan tahun muda, kapan lagi coba?
    Di channel nya mas Wahid, 55-60jt udah beres semua kayak mesin, cat, kaki2, power window, audio, head unit, kamera mundur, surat2 dll.
    Limo bahannya 40-50an keatas tapi km nya 300rban, benerin mesinnya aja 7jt, di total dll jadi 60-70jt. Sama2 beres tapi km nya beda jauh banget.
    Mobil mobil pribadi gak mungkin juga dapat sehat 33jt, tahun pasti tua banget, jajan juga gak jauh beda sama bangun etios.

  17. Menurut info mobilnya emang ngga dipake2 mang, lamaan jogrok di lapangan penuh rumput, hewan sama tangan2 jahil jd aja jelek gtu. Itu mobil jogrok juga karena sopir pada ngga mau pake, kalah sama taksol alesannya, dan barangnya ada ratusan itu, klo bisa filternya bisa dpt yg masih mulus cuma kotor sama karat aja

Yuk Tinggalin Jejak Lads..