Avanza punya resale value tertinggi

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Apa mobil keluarga 7 tempat duduk yang paling fenomenal di Indonesia saat ini? Kalau jawabannya Kijang sebenarnya gak salah, tapi kurang tepat hehe.. Mobil tersebut adalah Toyota Avanza yang memiliki saudara kembar Daihatsu Xenia. Sudah lebih dari satu dasawarsa, sejak Avanza Xenia diciptakan sebagai mobil murah entry level hingga kini menjelma sebagai mobil yang sudah mahal tapi sudah kadung dicintai konsumen Indonesia. Nah ada yang menarik dari info yang KBY dapatkan seputar duet maut kembar tersebut lads, yaitu keduanya akan selesai masa baktinya dan digantikan dengan produk yang lebih modern, fitur mutakhir serta memiliki dua grade untuk masing masing produk. Ah yang bener? Makanya simak dulu yes..

Sejak hadirnya duet kembar maut baru dari Astra Group di kelas entry level yaitu Calya Sigra, otomatis membuat kasta Avanza Xenia menjadi naik karena posisinya digantikan kedua produk baru tersebut. Dan seperti dugaan KBY sebelumnya, keduanya memang menjadi tambang uang kedua setelah duet nomor 1, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

KBY sempat memiliki teori akan gerakan dari Astra Group ini lads, perlahan tapi pasti produk level bawah mereka akan terkerek naik levelnya seiring dengan adanya produk baru yang diset sebagai produk entry level mereka. Saat ini kelas bawah tersebut diisi oleh duet Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, namun pembenahan dan perbaikan yang terlihat membuat keduanya perlahan terlihat naik kelas.

PENGGANTI ATAU PENERUS AVANZA XENIA?

Nah hubungannya dengan bocoran yang KBY terima sepertinya sih ada yah hehe.. Pertama, sumber KBY belum yakin apakah produk baru ini nantinya benar benar sebagai pengganti dari Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia atau sebagai generasi penerus yang artinya akan tetap menggunakan nama legendaris tersebut namun hadir dengan sosok yang jauh lebih baik.

Kedua, KBY sih akan memilih opsi ini, yaitu tetap mempertahankan nama Avanza maupun Xenia mengingat keduanya sudah memiliki akar yang sangat kuat menancap di benak konsumen. Soal desain berubah total gak masalah. Tapi tidak menutup kemungkinan opsi pertama tetap ada, mengingat kejadian tersebut kini dialami oleh Innova yang – setahu KBY sih – tidak lagi menggunakan embel embel Kijang di depan namanya.

Dan bisa jadi – ini sih opini pribadi – namanya akan menjadi Veloz saja tanpa ada embel embel Avanza untuk produk Toyota, sementara untuk produk Daihatsu, KBY belum menemukan nama mengingat tidak ada Xenia yang memiliki produk seperti Veloz, cmiiw.

FITUR MUTAKHIR

Yang membuat penerus Avanza nantinya akan jauh lebih modern salah satunya adalah sektor fitur! Di kelas MPV 7 seater medium, hanya Avanza yang memiliki fitur paling minim, meski begitu, soal penjualan sih boleh diadu wkwkwk.. Tobat sektor ini mah.

Fitur pengganti atau penerus Avanza dan Xenia yang punya kode D26A dengan platform TNGA/DNGA tersebut nantinya akan memiliki fitur yang kayaknya sih menjadi yang pertama dan satu satunya di kelasnya untuk pasar Indonesia, meski masih bersifat fifty fifty alias maybe yes maybe no akan dipasang, tapi berikut bocoran fiturnya:

  • Auto Parking
  • Back up camera
  • Camera 360
  • Dash cam
  • 9″ Monitor

Edan juga kan fiturnya? Tapi ingat ini masih dalam wacana, jika dianggap masuk harganya maka bisa jadi semua ditempel atau mungkin hanya 2 atau 3 fitur saja dari yang disebut di atas.

Avanza punya resale value tertinggi

DUA GRADE HARGA MEPET XPANDER

Sumber KBY meneruskan, bahwa penerus (kita sebut saja begitu yes) Avanza dan Xenia tersebut akan dibenturkan langsung dengan Xpander. Loh memang sekarang ini gak kang? Dari sisi harga lumayan jauh bedanya, plus fitur juga kalah banyak. Nah di versi terbaru nanti harganya akan mepet dengan Xpander, kemungkinan sih yang tipe tertinggi (bukan Cross keknya).

Untuk grade nya ada dua, High sama Mid. Hanya saja dari dua grade tersebut sepertinya akan ada turunan varian lagi, misal grade High jadi G dan V, yang Mid menjadi E dan E+, kalau untuk Daihatsu ada M, M Deluxe dst. Kita geber aja dulu yes sambil mendapatkan informasi berikutnya, so stay tune di kobayogas.com!

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

31 KOMENTAR

  1. Ya bener berarti, sienta di sunmat mungin buat dana avanza super major change *padahal sienta q facelift ok jg

  2. Klo dibenturin harga xpander. Rush terios gimana ya?

    Nah klo avanza xenia klo diubah ke raize rocky kyknya cucok mang kobay.

  3. Keluarin fitur baru, tapi fitur yang sebelumnya dikurangin/ dihilangkan, harganya lebih mahal pula. Ya sama aja boong.

  4. udh kaya emak2 aja seneng gosip mang ……
    jgn2 nongkrong nya di tkg sayur nih …. hehehe
    @peace_ah

  5. Kayaknya tetap pakai platform (sasis) lama alias ganti body doang, soalnya RWD di TNGA cuma ada di kelas Crown/Lexus (yg lain FWD/AWD semua), mana mungkin dong, siapa juga yg mau beli sekelas Avanza seharga Lexus?

  6. AvXen dipensiunkan?
    engga sih kayanya.. brand imagenya dah kuat soalnya, dan ga mudah bangun brand image baru, butuh biaya dan waktu yg ga sedikit..

    Naik kelas mungkin iya, nanti CalSig dinaikin juga kelasnya..
    CalSig naik, Avxen kesundul naik juga.. kl dah naik tentu ada perbaikan tampang dan fitur..

    Atau memang akan nongol varian baru yang akan mengisi celah antara Avanza-Inopa buat H2H sama expander..

  7. Fitur gak seberapa tp naiknya menggila contoh kya xpanter apalagi vavanza, kenapa harga di Indo selalu paling tinggi dengan fitur pas-pasan. “””emotsedih”””

  8. tetep aja mang, julukanya g akan hilang yaitu “Mobil Rental” wkkkk. Hilang deh kebanggaan memiliki papanza.

  9. Avanza Xenia saat ini di suntik mati gantinya Veloz dan Deluxe
    Rush dan Terios suntik mati gantinya Rocky dan Raize

    Catet

  10. gen awal masih pake Kijang Innova. babeh masih miara soale. skrg sih udah innova aja. jgn2 bentuknya yg dulu prototype toyota DN multisix?

  11. sampai tahun 2020 ini nama resminya masih Toyota All New Kijang Innova, ada kok emblemnya di pintu bagasi belakang (kecuali tipe Venturer).

    Avanza / Xenia mungkin bakalan tetap diproduksi jadi mobil fosil macam Panther atau L300 untuk pasar fleet.
    karena gosipnya pengganti Avanza di kelas family LMPV bakalan pakai FWD.

  12. Ganti jd The All New Avanza Reborn,wkwkwkk,

    Kyanya lbh masuk akal kl AvXen ttp ada krna brand image nya itu lho, trs yg baru dgn tambahan fitur2 itu nya buat gantiin Rush,

Yuk Tinggalin Jejak Lads..