Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Bagaimana cara memilih ukuran helm yang pas buat kepala? Beragam jenis dan merk helm yang ada di dunia ini, bahkan di Indonesia saja ada banyak merek helm buatan lokal, sebut saja KYT, INK, MDS, NJS, NHK, Cargloss, Hiu, Gix hingga TRX yang legendaris kekekeke.. Meski berbeda material dan teknologi serta harga, tapi pada dasarnya tujuannya sama, melindungi kepala dari benturan. Helm juga punya bentuk/ desain berbeda dengan polesan warna warna yang beragam. Nah, kalau sudah mengincar satu helm, lantas bagaimana memilih ukurannya biar ketika digunakan terasa nyaman sekaligus tetap aman? cekidot

Sebenarnya ada cara yang paling mudah alias gampang, yaitu langsung aja tes pakai hehe.. Kan bisa terasa tuh enak apa gaknya, pas apa gaknya.. Ya betul banget sih wkwkw.. Tapi bukan itu yang akan KBY bahas, melainkan cara memilih ukuran helm yang pas di kepala secara teknikal atau perhitungan yang menjadi standarisasi internasional dimana dipercaya berdampak untuk keamanan dan kenyamanan si pengguna.

Terdapat standar ukuran yang digunakan secara internasional begitu juga di Indonesia, secara huruf, ukuran helm juga sama seperti pakaian yaitu diwakili oleh huruf XS, S, M, L, XL hingga XXL.

CARA MENGUKUR KEPALA

Cara ini memang ribet, tapi setidaknya kalaupun gakan dipraktekkan tapi bisa tau begini loh yang benarnya mengukur kepala dan akhirnya memilih helm yang pas di kepala sehingga terasa nyaman sekaligus aman. Sumber KBY ambil dari website Scorpion Exo.

Langkah pertama dalam proses pengukuran kepala adalah mengukur lingkar kepala, posisinya dari pelipis, jidat di atas alis mata. Ini adalah pedoman, sebagai titik awal perhitungan, lebih mantap lagi kunjungi toko helm untuk mendapatkan bantuan dalam memilih helm yang tepat. Tapi kayaknya susah kalau toko helm pada umumnya yes wkwkw..

N605 vs N64

Kalau sudah ketemu berapa panjang atau diameter kepala lads, silakan di lihat ukuran kepala yang diterjemahkan ke dalam ukuran internasional di bawah ini

Adult Sizing Chart – Ragam Ukuran Kepala Dewasa

SizeMetricInchesHead circumference
XS53-54cm0 7/8 – 21 1/4″6 5/8-3/4
S55-56cm21 5/8 – 22″6 7/8-7
M57-58cm22 7/16 – 22 13/16″7 1/8-1/4
L59-60cm23 1/8 – 23 5/8″7 3/8-1/2
XL61-62cm24 – 24 3/8″7 5/8-3/4
XXL63-64cm24 13/16 – 25 3/16″7 7/8-8

MELAKUKAN FITMENT

Setelah memilih ukuran sesuai ukuran di atas, langkah berikutnya adalah fitment alias pengepasan dari helm yang dipilih. Tes pengepasan berikut ini harus dilakukan dengan tali pengaman terpasang dengan benar alias terkunci. Gerakan pada helm juga harus ikut menggerakkan kulit di wajah dan kulit kepala.

Arai RX-7X Davide Giugliano

Helm baru akan terasa ngepas busanya dan mulai mengendur ketika sudah beberapa kali digunakan. Helm jangan sampai terasa ketat/ menjepit karena dapat mengakibatnya ketidaknyamanan. Pertama, coba dulu helm yang sesuai ukuran, jika terasa longgar atau ketat, coba turun atau naik ukuran.

MENCOBA HELM

How your helmet fits perfectly
  1. Saat sedang mencoba, gelengkan kepala ke kiri dan kanan. Jika helm bergerak terlalu mudah maka ukurannya terlalu besar. Rasakan pergerakannya pada kulit kepala maupun wajah, meskipun menggunakan balaclava. (Beberapa toko mewajibkan tester menggunakan balaclava).

How your helmet fits perfectly

2. Taruh satu tangan di belakang kepala (helm) dan coba dorong si helm. Gunakan tangan lain untuk memasukkan jari ke depan dahi, kalau jarinya masuk apalagi gampang banget, berarti helmnya kegedean.

How your helmet fits perfectly

3. Terakhir, ini buat mengetahui apa si helm gampang terangkat dari kepala. Taruh satu tangan di bagian dagu helm dan dorong ke atas (kunci dagu wajib terpasang), kalau helm terangkat dengan mudah berarti kegedean. Satu lagi, dari belakang, dorong ke atas, kalau helm ngangkat lagi, berarti ya kebesaran.

Nah itulah cara memilih ukuran helm yang pas untuk kepala dengan metode perhitungan dan percobaan yang benar. Memang sih akan dikembalikan kepada selera masing masing, karena ada yang gak suka ngepas, demennya agak longgar, tapi dari sisi keamanan hal tersebut justru salah. Ini kita membahas yang benar yes.

Bagaimana kalau udah beli kadung kekecilan kang? Seberapa parah kekecilannya? Kalau parah ya mending jual lagi aja, tapi kalau cuma sedikit, saran KBY mending dipake aja sering sering, kan nanti juga busanya menyesuaikan. Mending kekecilan daripada kegedean hehe. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

27 KOMENTAR

  1. foto dengan helm koneng bikin ay kagettt … sempet ngira ini blog nya Lek Yudi wakakakakak … bcanda yah Mang

    nah … seriously klo beli helm via daring alias online, tips nya gak cucok nih Mang … kecuali COD, dan klo gak cucok gak beli seller nya ngambek dah

    cman ane mah type konservatif, klo beli barang yg dipake di badan yaaa kudu cobian langsung yes biar maknyess getoh

  2. Ukuran helm di mana mana paling kecil M,ukuran XS,S jarang banget.kalo rambut gondrong sih ngepas di pala coba kalo di cukur pendek apalagi cukur botak ya ngoplak itu helm.lebih nyaman half face jadi kalo mau ngeludah tinggal ngeludah,beda cerita kalo helm full face

  3. apakah klo ukuran shell luar L busa dalam juga ukurannya harus L juga … mang
    karna dulu waktu saya beli helm K*T MINE itu shellnya size L tp busa dlm di ganti M …. mang

  4. Maap OOT
    Mang, itu gsx di indo ada yg FP gk? Kalau iya harga brapa dan tahun paling muda tahun brapa ya?

  5. Masalahnya di Indo jarang banget helm merk mainstream di range harga middle-low end yg ukurannya S dan XS. Rata-rata paling kecil size M. Mungkin bisa jadi pertimbangan buat brand helm lokal buat produksi size M kebawah

  6. kalo kekecilan sedikit bisa diservis di tempat reparasi helm kang. sy pernah beli half face ukurannya M lingkar kelilingnya muat eh pas di jidat sempit banget sampe bikin pusing. yausd bawa ke tukang servis minta gedein 1 ukuran. Alhamdulillah nyaman dan pas ukuran kepala. jahitannya juga rapih ngga keliatan ky abis di papas

  7. Pernah beli online ukuran kekecilan..dipaksa pakai siapa tau lama-lama kendor..eh malah kepala jadi pusiiing tiap naek motor..kapok dah beli online..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..