Home Helmet Hati Hati Blind Spot Pada Helm Full Face!

Hati Hati Blind Spot Pada Helm Full Face!

4

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Blind spot pada helm full face. Bagi bikers yang selalu melakukan aktivitas menggunakan sepeda motor, pastinya wajib menggunakan riding gear atau perlengkapan berkendara lengkap ketika mengendarai sepeda motor. Tujuannya untuk membuat pengendara tetap aman dan nyaman ketika berkendara. Selain aman dan nyaman, menggunakan riding gear juga dapat menjadi stylish atau gaya ketika kita sedang berkendara. Salah satu jenis helm adalah model Full Face alias full tertutup penuh. Helm jenis ini sangat aman namun juga memiliki blind spot alias titik buta! Kuy kenali lebih lanjut!

Helm merupakan salah satu perlengkapan berkendara yang paling penting untuk selalu digunakan saat berkendara. Berbagai macam jenis helm bisa digunakan mulai dari jenis full face dan open face alias yang sering disebut sebagai half face, namun yang paling penting adalah untuk melindungi kepala bagian belakang dan rahang dari kepala kita.

helm scorpion exo R1 Air perdana test di Sentul nih

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ludhy Kusuma, menjelaskan. β€œSaat memilih helm, pengendara wajib memastikan bahwa ukuran helm yang digunakan pas dengan ukuran kepala. Tidak terlalu kecil ataupun terlalu besar, karena jika tidak nyaman akan mengurangi kenyamanan dari helm itu sendiri.”

Pengendara juga dapat memilih model helm sesuai dengan selera ataupun menyesuaikan dengan jenis motor yang digunakan. Apabila menggunakan motor dengan tipe sport, helm full face merupakan pilihan yang tepat untuk digunakan.

Dalam menggunakan helm jenis helm full face, pengendara harus memperhatikan beberapa hal khusus ketika berkendara karena ada beberapa kondisi yang harus disesuaikan dengan visibilitas penglihatan pengendara dan mungkin dapat berbahaya apabila salah reaksinya.

BLIND SPOT HELM FULL FACE

Helm full face merupakan helm yang paling aman karena melindungi keseluruhan kepala kita, namun ada bagian kiri dan kanan pengendara yang menjadi blind spot atau titik buta yang tidak terlihat oleh mata pengendara secara jelas karena terhalangi oleh bagian helm. Maka dari itu, untuk antisipasi yang bisa pengendara lakukan adalah selalu menjaga pandangan saat berkendara.

Pastikan bahwa mata dan kepala kita melihat menuju arah yang akan di tuju agar bisa mengetahui kondisi jalan atau potensi bahaya yang mungkin ada di sekitar pengendara. Sehingga pengendara akan tau keputusan yang akan di ambil dan tidak akan mengakibatkan salah saat prediksi keadaan.

Apapun jenis helm yang digunakan, hal yang paling penting adalah pastikan bahwa helm digunakan nyaman untuk kepala pengendara dan sudah berlabel Standar Nasional Indonesia (SNI), apalagi kalau sudah DOT dan ECE.

KBY pribadi kalau pakai helm full face memang terbatas view nya, terutama selepas riding ya. Kalau turun dari motor saat melangkah pun benar benar liat ke bawah, terutama di lokasi yang emang gak kita kenal alias belum familiar, daripada kesandung? Hehehe..

PT Astra Honda Motor (AHM) bersama dengan Main Dealer Sepeda Motor Honda di seluruh Indonesia turut memperkuat kampanye keselamatan berkendara melalui tagline #Cari_Aman kepada seluruh lapisan masyarakat. #Cari_Aman merupakan bentuk kampanye keselamatan berkendara yang diusung oleh AHM dalam upaya menyuguhkan perspektif baru bagi generasi muda untuk ikut berkontribusi dalam kampanye keselamatan berkendara di Indonesia. Jangan lupa untuk selalu menggunakan Helm dan Jaket saat berkendara dan tetap menerapkan perilaku berkendara yang baik di jalan raya.

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing πŸ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

4 COMMENTS

  1. Saya dari awal harian bawa motor selalu pake fullface, justru malah kagok kalo pake helm open face,
    Rasanya kaya gak pake helm, belom lagi distraksi kiri kanan gara2 biasanya sudut pandang lebih luas. Kalo pake full face malah lebih konsen liat depan + spion.

    Dan aneh nya ini gak berlaku buat kalo warawiri deket2 rumah gak pake helm πŸ˜…

  2. dulu mah selalu pake helem pulpes … sempet nolong banget pas accident sampe gasrut terkikis itu cat dan body helm

    sekarang malahan pake half face terus, soale udah gak berani ngebut dan lebih luas juga area pandang visor helm nya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here